Pengertian Permintaan dan Penawaran, Hukum & Faktor Yang Mempengaruhi

Mon, 05/10/2009 - 12:05am ² godam64

Dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain. A. Pengertian/Arti Definisi Permintaan dan Penawaran Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau di inta pada suatu harga dan waktu tertentu. m Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. Contoh permintaan adalah di pasar kebayoran lama yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot. B. Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran Jika semua asumsi diabaikan (ceteris paribus) : Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya. Semua terjadi karena semua ingin mencari kepuasan (keuntungan) sebesar-besarnya dari harga yang ada. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membeli sedikit karena uang yang dimiliki terbatas, namun bagi penjual dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau diproduksi agar keuntungan yang didapat semakin besar. Harga yang tinggi juga bisa menyebabkan konsumen/pembeli akan mencari produk lain sebagai pengganti barang yang harganya mahal. C. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand) 1. Perilaku konsumen / selera konsumen Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno. 2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya. 3. Pendapatan/penghasilan konsumen Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.

Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang renda h dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen. sirup. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya. produk masker pelindung akan sangat laris.4. 5. 3. kurma. cincau. . akhirnya penawaran pun dikurangi. Pajak Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun. D. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga. Tujuan Perusahaan Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. 5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila. 2. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan. maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin. es batu. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran (Suply) 1. 4. Perkiraan harga di masa depan Barang yang harganya diperkirakan akan naik. Prediksi / perkiraan harga di masa depan Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor. timun suri.

b. jumlah barang yang diminta per unit waktu akan bertambah. contohnya sebagai berikut. semakin sedikit barang yang diminta. Sebaliknya. 3) Pada saat harga tempe naik. yaitu saling mengganti (substitusi) dan saling melengkapi (komplementer). Hal ini berarti. konsumen tersebut akan meminta jumlah barang yang lebih tinggi per unit waktu. Penggunaan barang yang saling mengganti. Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan. semakin banyak permintaan terhadap barang tersebut. Adapun penggunaan barang yang saling melengkapi. Permintaan terhadap barang ditentukan oleh preferensi kons umen. dalam barang inferior. 1) Pada saat harga gas elpiji (LPG) naik. 1. turunnya pendapatan konsumen akan menyebabkan permintaan terhadap barang tersebut bertambah. Penggunaan yang saling berhubungan antara barang konsumsi dapat dibedakan menjadi dua macam. semakin turun harga suatu barang. Jadi. Harga Barang Substitusi dan Komplementer Pada umumnya. . Harga Barang Itu Sendiri Semakin tinggi tingkat harga suatu barang. datangnya dari pihak rumah tangga konsumen yang membeli dan mengonsumsi sebagian besar barang konsumsi atau jasa. konsumen akan membeli lebih banyak daging kambing atau daging ayam. ibu-ibu rumah tangga menggantikannya dengan minyak tanah. Sebaliknya. yaitu permintaan (demand) dan penawaran (supply). jumlah barang yang diminta per unit waktu akan berkurang. Pendapatan Konsumen Hubungan antara pendapatan dan jumlah barang yang diminta bersifat searah (positif). ceteris paribus (keadaan lain tetap sama). Begitupun sebaliknya. 2) Pada saat harga daging sapi naik. Adapun penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan. Hal ini sesuai dengan hukum permintaan yang menyatakan bahwa jika harga barang naik. datangnya dari pihak produsen (perusahaan) yang menjual dan memproduksi jumlah barang atau jasa. barang konsumsi memiliki penggunaan yang saling berhubungan. dan sebaliknya.Dalam ilmu ekonomi terdapat konsep dasar yang penting. Pernyataan ini berlaku terhadap barang normal. jika pendapatan konsumen naik. contohnya sebagai berikut. konsumen akan membeli lebih banyak tahu. Faktorfaktor tersebut secara bersama-sama akan menentukan tingkat dan jumlah berbagai barang yang diminta oleh setiap individu. Adapun penawaran terhadap barang ditentukan oleh biaya produksi. jika harga barang turun. naiknya pendapatan konsumen akan menyebabkan permintaan terhadap barang tersebut berkurang per unit waktu. c. Adapun pada barang inferior yaitu barang yang rendah kualitasnya. Faktor yang Memengaruhi Permintaan Permintaan seorang konsumen terhadap suatu barang dipengaruhi oleh beberapa faktor. a. Permintaan adalah sejumlah barang atau jasa yang diminta. yaitu sebagai berikut. hubungan antara pendapatan dan jumlah barang yang diminta bersifat berlawanan arah (negatif).

permintaan Anda terhadap makanan fast food akan turun. Faktor yang Memengaruhi Penawaran Konsep penawaran menunjukkan berbagai jumlah (kuantitas) barang yang akan dijual di pasar oleh seseorang atau beberapa orang penjual. c. yaitu sebagai berikut. Dalam ilmu ekonomi. Sebaliknya. jika harga faktor produksi tinggi. jika harga turun. permintaan konsumen akan gula turun. jika selera Anda terhadap makanan tradisional naik. selera juga dipengaruhi oleh unsur tradisi dan agama. Selera konsumen menunjukkan adanya kebutuhan psikologis dan kebutuhan yang terkondisi. akan lebih banyak permintaan terhadap pakaian dan makanan dibandingkan penduduk Indonesia yang jumlahnya lebih kurang 220 juta jiwa. jika selera konsumen turun. e. semakin murah harga faktor produksi. 2. Tingkat Teknologi . Faktor-faktor produksi tersebut harus dibeli oleh produsen dari pemilik faktor -faktor produksi (konsumen). Kesediaan produsen atau tu perusahaan memproduksi dan menawarkan berbagai jumlah barang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sebaliknya. b. barang yang ditawarkan produsen akan menurun pada setiap tingkat harga. jika selera Anda terhadap makanan fast food turun. penawaran (supply) diartikan sebagai berbagai jumlah barang yang akan dijual di pasar oleh seseorang atau beberapa orang penjual pada berbagai tingkat harga selama periode wak tertentu. jumlah penduduk Republik Rakyat Cina (RRC) yang lebih dari 1 miliar jiwa. Hal ini sesuai dengan hukum penawaran yang menjelaskan hubungan antara harga suatu barang dan jumlah barang yang ditawarkan. d. Begitupun sebaliknya. permintaan konsumen akan berkurang. Begitupun sebaliknya.1) Pada saat harga telepon seluler turun. 3) Pada saat harga kopi naik. Jumlah Penduduk Semakin besar jumlah penduduk suatu daerah atau negara. Selera konsumen dapat memengaruhi permintaan terhadap suatu barang. a. permintaan Anda terhadap makanan tradisional juga akan naik. semakin tinggi permintaan suatu barang untuk harga tertentu. Oleh karena itu. jumlah barang yang ditawarkan akan semakin sedikit. biaya produksi akan sed ikit sehingga produsen dapat lebih banyak memproduksi barang yang ditawarkan. Biaya Produksi Produsen membutuhkan berbagai faktor produksi untuk dapat menghasilkan barang dan jasa. 2) Pada saat harga roti tawar turun. Harga Barang Itu Sendiri Produsen atau perusahaan akan menawarkan lebih banyak barang jika harga n aik. Di samping itu. permintaan konsumen akan telepon seluler akan naik sehingga permintaan voucher pulsa akan naik pula. Sebagai contoh. Selera Konsumen (Taste) Selera konsumen bersifat subjektif karena selera konsumen bergantung pada penilaian terhadap barang tersebut. Misalnya. permintaan konsumen akan mentega naik. Naiknya selera konsumen terhadap suatu barang mengakibatkan naiknya permintaan terhadap barang tersebut.

Faktor Alam Pengaruh alam terutama akan memengaruhi penawaran produk pertanian dan perikanan. jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah. perusahaan dapat melakukan proses produksi dengan biaya yang relatif lebih murah. biaya produksi meningkat dan jumlah barang yang ditawarkan perusahaan menurun. penggunaan teknologi yang tinggi juga akan menyebabkan biaya produksi semakin murah. Semakin besar p ajak. Kebijakan Pemerintah Kebijakan pemerintah di antaranya dalam hal pajak dan subsidi. e. d. bagi para petani. Setelah kebijakan subsidi BBM dikurangi. . Perusahaan yang menggunakan teknologi pada tingkat yang lebih tinggi dapat meningkatkan hasil produksinya dengan cepat.Penggunaan teknologi memiliki peranan penting dalam kegiatan produksi. jumlah barang yang ditawarkan akan menurun. Sebagai contoh. Peningkatan hasil produksi dan biaya produksi yang semakin murah akan menyebabkan jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak pada tingkat harga tertentu. Adapun semakin besar subsidi. iklim yang tidak menentu dapat menyebabkan gagal panen sehingga jumlah barang yang ditawarkan (contohnya beras) akan berkurang. pada waktu pemerintah masih memberikan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Di samping itu. begitu pula sebaliknya. Misalnya.