System Inventory Gudang : Mutasi Barang

Dalam bisnis proses pergudangan, perpindahan barang antara lokasi maupun antar gudang sangat memungkinkan. Jenis Mutasi Barang : a. Mutasi antar gudang Aktifitas ini biasa terjadi jika terjadi perluasan gudang, movement by plan atau kasus yang tidak terduga. Barang harus didaftarkan untuk identifikasi lokasi gudang yang baru. b. Mutasi antar cabang Jika perusahaan mempunyai cabang lebih dari satu, aktifitas ini dibutuhkan untuk mencatat pergerakan/tracking posisi barang. c. Mutasi barang rusak/claim Mutasi barang juga bisa disebabkan barang rusak atau barang yang harus diclaim kepada vendor. Status mutasi disini untuk memisahkan barang mana saja yang available digunakan, barang mana saja yang tidak bisa digunakan karena rusak/proses claim. d. Mutasi barang atas permintaan Mutasi barang ini sering dan merupakan aktifitas harian di dalam transaksi gudang. Seorang requestor melakukan request berdasarkan requirement di lapangan dengan mengisi sebuah surat. Dan atas dasar ini mutasi barang bisa dimutasi ke lapangan. Dan ada dua sifat kepemilikan yang bisa diaplikasikan dalam sistem. a. barang yang sudah dipindah masih menjadi inventaris gudang lama Sehingga jika ada penjualan atau transaksi pada barang tersebut, billing akan mengacu pada gudang yang lama. b. barang yang sudah dipindah masih menjadi inventaris gudang baru Billing akan mengacu pada posisi gudang yang baru. Laporan pergerakan barang diperlukan untuk analisa dan planning ke depan. Karena melihat kebutuhan di lapangan dan di cabang lain, kita pasti akan bisa menganalisa kebutuhan barang mana saja yang harus dipenuhi. Dan barang2 mana saja yang tidak pernah bergerak. Sehingga langkah2 penanganan bisa direncanakan.

Storage Location
Di setting awal sebuah sistem inventory gudang, kita harus mendifinisikan nama dan storage location tempat menyimpan barang. Storage location ini berguna : 1. Identifikasi letak 2. Mengetahui sifat barang, Ada model prosedur pemisahan lokasi berdasarkan sifat barang, misal barang ini tidak layak dipakai di tempatkan di storage yang tersendiri.

barang keluar.Laporan Harian Outgoing Product . Inventory System Kepada teman-teman yang pengen belajar tentang sistem pergudangan atau yang mau membuat sistem inventory yang bagus. Available location Tempat yang disediakan bagi barang yang siap dipakai. jika ada pencarian dalam sebuah kasus. akan dibuat : a. mungkin anda bisa membaca pengalaman saya di bawah ini. lokasi rak dan sub rack. b. Dalam sistem saya. d. Tracking perjalanan barang. Karena titik utama pembahasan adalah masalah operasional logistik dan administrasi . On going/On movement Status tempat bagi barang yang sedang dalam proses pengiriman atau pemindahan. Laporan Laporan terdiri dari : . storage location akan sangat berguna. sehingga mudah diubah jika dibutuhkan. kalau di inventory adalah data product. Claim Tempat yang disediakan bagi barang2 yang tidak bisa dipakai karena dalam proses claim. Peningkatan produktivitas dan pelayanan pergudangan akan sangat berpengaruh pada performansi perusahaan secara keseluruhan. Pengalaman ini saya dapatkan ketika mendapat proyek untuk membangun sistem gudang di sebuah perusahaan tekstil. setup menu setiap group user. stok barang di gudang.Laporan Harian Incoming Product .3. Barang yang disimpan di gudang bisa dalam bentuk bahan baku. suku cadang maupun produk jadi. Transaksi data Data yang dihasilkan dari proses inventory yang terjadi. Data barang masuk . Pelatihan ini akan membahas aspek operasional sistem manajemen pergudangan. Block Storage Tempat yang disediakan bagi barang2 yang tidak bisa dipakai karena hal2 tertentu. Master Data. c.Laporan Harian Stock . setiap group user memiliki susunan menu yang berbeda dan diset dinamis.Laporan Akhir Bulan WORKSHOP DESCRIPTION Manajemen logistik dan Pergudangan memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan sebuah perusahaan. Setup Authentifikasi Setting ini terdiri dari maintenance user aplikasi. barang setengah jadi. Master data ini data primary dalam sebuah sistem.

maka pelatihan ini sangat cocok untuk para eksekutif perusahaan di tingkat operasional dan menengah.Destructive dan Non destructive test.Dokumen penerimaan barang.Pembuatan Berita Acara Pemeriksaan Barang. .Inventarisasi dan auditing persediaan . . . HAL-HAL YANG AKAN DIBAHAS ANTARA LAIN: 1.Pengukuran performansi sistem pergudangan dan distribusi. . .Pembentukan team penerimaan barang.Fungsi fungsi manajemen logistik dan pergudangan.Penentuan ukuran sample. .Konsep inventory control. .Objektif Manajemen logistik dan Pergudangan.Akuntansi Persediaan. . Di dalam pelatihan ini.selain aspek manajemen juga akan dibahas secara terinci sistem dan prosedur administrasi pergudangan.Aktivitas gudang . . . . .Berita Acara Penerimaan Barang. Manfaat setelah mengikuti seminar ini : . . . . .Kriteria Pemeriksaan total dan sampling. .Prasyarat penerimaan barang.Evolusi sistem manajemen logistik. Administrasi Penerimaan Barang.Struktur Pergudangan .Administrasi Penerimaan Barang. studi kasus dan konsultasi interaktif. . . laporan yang harus dihasilkannya beserta contoh setiap jenis formulir yang diperlukan.Penentuan Acceptance Level.pergudangan.Administrasi Penyimpanan Barang. .Peran manajemen logistik dan Pergudangan dalam kehidupan Perusahaan.Pergudangan sebagai Subsistem dalam sistem logistik. 3.Berita Acara Penerimaan Sementara.Kriteria penerimaan barang.Sistem dan Prosedur Penerimaan Barang. workshop. . METODE PELATIHAN : Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur. . . Pemeriksaan/Pengujian Barang.Sistem Informasi dan Komputerisasi Sistem Manajemen Pergudangan .Pemeriksaan/Pengujian Barang. Peran manajemen logistik dan Pergudangan dalam kehidupan Perusahaan. . .Dasar Pemeriksaan Barang. .Rekomendasi pembayaran.Administrasi Distribusi Barang. . .Penyusunan laporan transaksi barang.Siklus manajemen logistik. .Fungsi Pelayanan Sistem logistik dan Pergudangan. .Laporan Sistem Pergudangan.Pemilihan Lokasi Gudang 2. .

Tatacara Pengisian Kartu Barang. Reorder point dan Safety Stock untuk Independent – . Administrasi dan Teknik Penyimpanan Barang.4. Laporan Sistem Pergudangan. . • Pengendalian kualitas dan kuantitas. .Sistem pengendalian persediaan. Pengelolaan barang yang disimpan menggunakan karton (full-case) • Manfaat penyimpanan barang menggunakan karton.Laporan persediaan yang diperlukan akuntansi. • Aktivfitas unloading barang ukuran kecil.Laporan status persediaan.Klasifikasi Barang. . . • Teknik pengaturan penyimpanan menggunakan karton.Sistem dan Prosedur Penyimpanan Barang.Kontrol intern dilihat dari segi organisasi serta sistem dan prosedur administrasi pergudangan. • Authomatic identification method 6. dan AVERAGE.Klasifikasi persediaan. • Teknik penyimpanan dan pelayanan pelanggan • Pengendalian persediaan. Inventory Control Techniques . Teknik Penyimpanan Barang Berukuran Kecil. .Biaya persediaan. . . . 7. • Multi – echelon distribution system • Pull system • Push system • Illustrasi order – point system • Solusi order point • Base – stock system • Illustrasi perhitungan DRP • Studi kasus DRP dengan menggunakan Software. • Identifikasi posisi karton dan pallet. . 9.Economic order quantity. 10. . .Peran akuntansi dalam pengelolaan persediaan.Laporan Perhitungan Inventory Control.Dokumen yang digunakan untuk penyimpanan barang. • Packaging. 8.Tatacara perhitungan nilai persediaan barang 5. .Statistik Pemakaian Barang. .Laporan Transaksi Barang. • Order-pick methods. . . Manajemen Pergudangan dan distribusi • Konsep dasar Distribution Requirement Planning (DRP). Akuntansi Persediaan.Perhitungan biaya material dengan metoda FIFO (First in First Out). LIFO (Last in First Out).Tatacara Pengisian Kartu Administrasi Persediaan . . • Identifikasi produk.

Pembentukan Master File Kodifikasi Barang. 14. . .Perbedaan data dan informasi pergudangan. .Lokasi barang.Teknik Pencatatan Transaksi Barang.Latihan perhitungan optimasi persediaan .Teknik inventarisasi persediaan.Penentuan Kode Lokasi Barang.Optimasi Persediaan. . 11. Peragaan software manajemen pergudangan dan distribusi yang mencakup aspek : .Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen.Manfaat inventarisasi persediaan. 12. . .Laporan Hasil inventarisasi.Fixed order period inventory system . . . Sistem Informasi dan Komputerisasi Sistem Manajemen Pergudangan . .Penerimaan barang. .Inventarisasi total dan inventarisasi sebagian. .Administrasi penyimpanan. Studi kasus sistem manajemen pergudangan.DRP dan optimasi distribusi barang. 13.Pembentukan item master file. .Pembentukan Master File Persediaan di Gudang.material . Inventarisasi dan auditing persediaan . . .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful