KONSERVASI KEANEKARAGAMAN HAYATI (BIOLOGICAL DIVERSITY

)
Sains-teknologiSains-teknologi-kemasyarakatan

Arti Biodiversity
‡ The variability among living organisms from all sources including terrestrial and aquatic systems and the ecological complexes of which they are a part; diversity within species, among species, and of ecosystems; ‡ interactions at all levels among organisms

ASPEK-ASPEK BIOLOGI KONSERVASI ‡ Bagaimana Keanekaragaman Biologi di distribusikan ‡ Bagaimana melindungi dan menggunakannya sehingga bisa berkesinambungan .

BENCANA WASIOR .

MENTAWAI .

.

Erupsi MERAPI .

.

artefacts.energy atau benda-benda lain apapun yang bernilai . natural resources.Definisi Konservasi ‡ Action to secure the survival or preservation for the future of building. cultural.

Inventarisasi dan Monitoring biologi ‡ Penelitian Konservasi ‡ Informasi yang dibutuhkan ‡ Sumberdaya Manusia .ASPEK-ASPEK BIOLOGI KONSERVASI ‡ Survey.

Survey. Inventarisasi dan Monitoring Biologi ‡ Untuk mencapai pengetahuan tentang keanekaragaman biologi standart ² ² ² ² Inventarisasi biologi Nasional Survey biologi global Menyaring organisme Monitoring .

Inventarisasi Biologi Nasional ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Harus diorganisasi Harus dibiayai Riset mengenai biodiversity Pengembangan komunitas Pengelolaan biological diversitas .

Survey Biologi Nasional ‡ Suatu strategi untuk menera kelimpahan dan pola distribusi biodiversity di bumi ² Multidisiplin ilmu tentang organisme tropika ² Survey ini dapat menyediakan indeks pola distribusi spesies ² Menyediakan indeks tentangkeadaan alami komunitas ² Menyediakan korner tentang upaya-upaya global .

fungi dan mikroorganisme guna mengetahui corak potensinya yang menguntungkan bagi manusia harus disistematikkan melalui program-program yang kuat . hewan.Menyaring Organisme ‡ Memfilter tumbuhan.

mengukur dan menaksir diperlukan metode monitoring yang tepat. menggunakan indikator biodiversitas spesifik.Monitoring ‡ Untuk mendeteksi. ² Untuk mengetahui jejak status perubahan biodiversitaqs secara berkesinambungan ² Dilakukan secara terpadu .

Penelitian Konservasi ‡ Untuk memahami berhasilnya strategi konservasi. diperlukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut ² ² ² ² Penelitian tempat yang khusus Prinsip-prinsip dan metode konservasi biologi Penggunaan sumberdaya biologi berkelanjutan Merestorasi dan menggunakan lahan-lahan terdegradasi .

menggunakan pengetahuan ini dikaitkan dengan penelitian dasar dan terapan. penggunaan lahan secara berkelanjutan. dan menyediakan data base untuk memantau lingkungan. konservasi biodiversity. Meningkatkan pemahaman tentang komposisi. penelitian ekologi jangka panjang harus didukung oleh pemilihan tempat pada negara-negara sedang berkembang. .struktur dan fungsi ekosistem.Penelitian Tempat ‡ Unt.

menghadirkan suatu kesempatan untuk menguji konsep konservasi secara berkelanjtan (bagaiman kondisinya antara daerah sedang dan tropika) .Prinsip-prinsip dan metode konservasi biologi ‡ Penelitian biodiversitas di negara-negara berkembang difokuskan pada aplikasi dan pengembangan metodologi dan prinsipprinsip konservasi biologi ² Pemantapan cadangan biologi dan tamantaman.

Penggunaan sumberdaya biologi berkelanjutan ‡ Penelitian harus dikaitkan dengan strategi penggunaan keanekaragaman hayati secara berkesinambungan ‡ Berkelanjutan memberi implikasi bahwa kebutuhan manusia saat ini tidak merusak sumberdaya dasar bagi generasi yang akan datang. Meskipun berbagai strategi pemenuhan mengalami kemajuan. baru sedikit yang mengalami/merasakan penelitian dengan cermat ‡ Hasil-hasil penelitian sangat diperlukan untuk ditunjukkan kepada pengambil kebijaksanaan .

Merestorasi dan menggunakan lahan-lahan terdegradasi ‡ Menggunakan lahan-lahan yang telah mengalami degradasi meskipun dalam area kecil dapat menekan atau mengurangi pembukaan hutan untuk kegiatan pertanian .

Informasi yang Diperlukan ‡ Untuk menambah ketersediaan dan aplikasi informasi ilmiah untuk tujuan pengelolaan dan mengawetkan keanekaragaman hayati diperlukan kegiatan-kegiatan berikut. ² Komputer data base dan inventarisasinya ² Remote sensing dan GPS ² Penguatan jaringan scientifik .

Sumberdaya Manusia ‡ Pengembangan keahlian taksonomi ‡ Penguatan institusi lokal ‡ Memperluas program penelitisan kerjasama .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful