SOAL DAN JAWABAN no 1dan 2 mohon dicek n koreksi ya, apalagi yang dibold merah PERTANYAAN : 1.

Pendaftaran NPWP & PKP serta kewajiban jenis PPh & PPN a. Di KPP mana saja PT. Fiskalindo harus mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan NPWP & pengukuhan PKP pada waktu pendirian usaha? b. Bagaimana PT. Fiskalindo bisa berpindah tempat terdaftarnya domilisi perusahaan dari KPP Pratama Cibinong menjadi KPP Madya Bekasi? Apa konsekuensi dari perpindahan ini? 2. Terkait SPT 1771 tahun 2008 dan pembetulannya; a. Sampai kapan batas waktu perpanjangan dapat diberikan? Apa konsekuensi dari kekurangan bayar atas perpanjangan penyampaian SPT? Jika ada denda/sanksi bunga hitunglah denda/sanksi tersebut. b. Sampai batas kapan SPT dapat di betulkan? Apa konsekuensi dari pembetulan SPT. 3. Pemeriksaan, ketetapan pajak, penagihan, keberatan, dan banding sebelum tahun pajak 2008 (tahun 2007 dan sebelumnya) a. Apa saja yang menjadi hak & kewajiban WP yang sedang diperiksa baik sejak awal hingga akhir pemeriksaan? b. Hitung kembali jumlah SKP/STP hasill pemeriksaan tahun pajak 2007 oleh KPP Madya Bekasi? c. Bagaimana proses penagihan yang dilakukan KPP dan bagaimana jika PT Fiskalindo tidak mampu melunasi SKP/STP hasil pemeriksaan tahun 2007! d. Apa yang harus dipenuhi oleh PT Fiskalindo agar dapat mengajukan keberatan atas surat ketetapan pajak (SKP) hasil pemeriksaan dan banding atas surat keputusan keberatan terkait dengan hasil pemeriksaan tahun pajak 2007 yang tidak disetujui?

4. Pemeriksaan, ketetapan pajak, penagihan, keberatan, dan banding mulai tahun pajak 2008 dam seterusya a. Bagaimana proses penagihan yang dilakukan KPP dan bagaimana jika PT Fiskalindo tidak mampu melunasi SKP/STP hasil pemeriksaan tahun 2008?

2. karena tahun pajaknya adalah tahun 2006. dan tempat kegiatan usaha dilakukan untuk dikukuhkan menjadi Pengusaha Kena Pajak. merujuk kepada UU diatas maka menururt kelompok kami. kami mengacu kepada UU no 16 tahun 2000. Setiap Wajib Pajak wajib mendaftarkan diri pada kantor Direktorat Jenderal Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan Wajib Pajak dan kepadanya diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak. wajib melaporkan usahanya pada kantor Direktorat Jenderal Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan Pengusaha. Apa yang harus dipenuhi oleh PT Fiskalindo agar dapat mengajukan keberatan atas surat ketetapan pajak (SKP) hasil pemeriksaan dan banding atas surat keputusan keberatan terkait dengan hasil pemeriksaan tahun pajak 2008 yang tidak disetujui? JAWABAN 1. pada saatt pendirian usaha. Pendaftaran NPWP & PKP serta kewajiban jenis PPh & PPN a. Jakarta.memiliki pabrik di daerah cibinong. selain itu PT fiskalindo juga memiliki kantor perwakilan atau kantor cabang di Jalan Setiabudi. Setiap Wajib Pajak sebagai Pengusaha yang dikenakan pajak berdasarkan Undang-undang Pajak Pertambahan Nilai 1984 dan perubahannya. Di KPP mana saja PT. Fiskalindo harus mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan NPWP & pengukuhan PKP pada waktu pendirian usaha? Dalam UU no 16 tahun 2000 Pasal 2 (1 ayat 1 dan 2). Pada bagian penjelasan pasal 2 ayat 2 UU tersebut menyebutkan : Dengan demikian Pengusaha orang pribadi atau badan yang mempunyai tempat kegiatan usaha di wilayah beberapa kantor Direktorat Jenderal Pajak wajib melaporkan usahanya untuk dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak baik di kantor Direktorat Jenderal Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan Pengusaha maupun di kantor Direktorat Jenderal Pajak yang wilayah kerjanya PT Fiskalindo didirikan pada tahun 2006 . menyatakan bahwa: 1.b. untuk mendapatkan NWP dan .

maka Wajib Pajak wajib mengajukan permohonan pindah dengan menyampaikan surat pernyataan pindah beserta persyaratannya. atau setelah menerima Surat Pindah dari Wajib Pajak yang berasal dari Kantor Pelayanan Pajak lama. Pasal 7 Dalam hal surat pernyataan Pengusaha Kena Pajak. b. kami mangacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP . 2. dalam hal surat pernyataan pindah beserta persyaratannya secara lengkap disampaikan ke Kantor Pelayanan Pajak baru.Pengukuhan PKP. Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak dan Surat Keterangan Terdaftar. Kantor Pelayanan Pajak baru menerbitkan Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak dan bila diperlukan sekaligus menerbitkan Kartu Nomor Pokok . Surat Pindah. Bagaimana PT. paling lama pada hari kerja berikutnya. b./2001 Pasal 6 (1) Dalam hal Wajib Pajak terdaftar pindah tempat tinggal atau tempat kedudukan atau tempat kegiatan usaha ke wilayah kerja Kantor Pelayanan Pajak lain atau terjadi perubahan status perusahaan yang mengakibatkan Kantor Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar harus berubah. maka : pindah berisikan pernyataan pindah sebagai 1. maka PT Fiskalindo harus mendaftar di KPP Cibinong dan juga KPP Setiabudi Satu . untuk diberikan kepada Wajib Pajak paling lama pada hari kerja berikutnya setelah surat pernyataan pindah diterima. Fiskalindo bisa berpindah tempat terdaftarnya domilisi perusahaan dari KPP Pratama Cibinong menjadi KPP Madya Bekasi? Apa konsekuensi dari perpindahan ini? Untuk menjawab pertanyaan ini. dalam hal surat pernyataan pindah beserta persyaratannya secara lengkap telah disampaikan ke Kantor Pelayanan Pajak lama. Kantor Pelayanan Pajak lama menerbitkan Surat Pindah paling lama pada hari kerja berikutnya setelah menerima surat pernyataan pindah beserta persyaratannya secara lengkap dari Pengusaha Kena Pajak atau pemberitahuan adanya surat pernyataan pindah dari Kantor Pelayanan Pajak baru. guna diserahkan ke Kantor Pelayanan Pajak baru.161/PJ. (2) Kantor Pelayanan Pajak wajib menerbitkan : a.

Sampai kapan batas waktu perpanjangan dapat diberikan? Apa konsekuensi dari kekurangan bayar atas perpanjangan penyampaian SPT? Jika ada denda/sanksi bunga hitunglah denda/sanksi tersebut. Pasal 9 Dalam hal terjadi pemindahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 dan atau Pasal 7. 3.Wajib Pajak dan Surat Keterangan Terdaftar paling lama 3 (tiga) hari kerja setelah menerima Surat Pindah dari Kantor Pelayanan Pajak lama. Permohonan pengembalian kelebihan pembayaran pajak atau keberatan Wajib Pajak atau Pengusaha Kena Pajak yang belum diselesaikan. Kantor Pelayanan Pajak lama menerbitkan Surat Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak setelah diterimanya tembusan Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak baru paling lama pada hari kerja berikutnya. dan Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak diterbitkan secara bersamaan paling lama 3 (tiga) hari kerja setelah diterimanya Surat Pindah dari Wajib Pajak yang berasal dari Kantor Pelayanan Pajak lama. a. 2. Terkait SPT 1771 tahun 2008 dan pembetulannya.seerti supplier atau distributor mereka terkait perubahan nomor NPWP dam juga NPPKP 2. 3. Pasal 8 Dalam hal surat pernyataan pindah selain berisikan pindah tempat tinggal atau tempat kedudukan juga menyatakan pindah tempat kegiatan usaha. Jumlah tunggakan pajak yang masih harus ditagih. Surat Keterangan Terdaftar. Kantor Pelayanan Pajak lama harus mengirim berkas Wajib Pajak dan atau berkas Pengusaha Kena Pajak yang bersangkutan berikut uraian singkat mengenai hal-hal yang dianggap perlu kepada Kantor Pelayanan Pajak baru yang isinya antara lain : 1. maka Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak. . KONSEKUENSI PINDAH Melakukan proses pengurusan pindah Memberitahukan kepada mitra bisnis. Tindakan penagihan yang telah dilaksanakan atas tunggakan pajak.

Dari UU diatas. sehingga SPT dapat dibetulkan sampai batas paling lama 2 tahun sebelum daluwarsa penetapan (daluwarsa penetapan adalah Jangka waktu 5 (lima) tahun setelah saat terutangnya pajak atau berakhirnya Masa Pajak.Untuk pembetulan SPT yang menyatakan kurang bayar. dapat dibetulkan sampai batas paling lama 2 tahun sebelum daluwarsa penetapan Keadaan yang terjadi pada PT FISKALINDO.Sesuai dengan Pasal 3 Ayat 4 (KUP 28 thn 2007) . wajib Pajak dapat memperpanjang jangka waktu penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan untuk paling lama 2 (dua) bulan setelah batas waktu penyampaian spt tahunan. dengan syarat Direktur Jenderal Pajak belum melakukan tindakan pemeriksaan. bagian Tahun Pajak. Dalam Pasal 8 (KUP 28 Tahun 2007) disebutkan bahwa (1) Wajib Pajak dengan kemauan sendiri dapat membetulkan Surat Pemberitahuan yang telah disampaikan dengan menyampaikan pernyataan tertulis. Pembetulan SPT menyebabkan Pembetulan SPT 1771 tahun 2008 PT fiskalindo menyebabkan utang pajak yang harus dibayar menjadi lebih kecil.. dimana batas waktu penyampaian SPT tahunan untuk pajak penghasilan bagi wp badan adalah 4 (empat) bulan setelah akhir Tahun Pajak yaitu 30 april 2009. pembetulan Surat Pemberitahuan harus disampaikan paling lama 2 (dua) tahun sebelum daluwarsa penetapan. batas waktunya adalah sebelum dilakukan pemeriksaan . Sampai batas kapan SPT dapat di betulkan? Apa konsekuensi dari pembetulan SPT. (1a) Dalam hal pembetulan Surat Pemberitahuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyatakan rugi atau lebih bayar. atau Tahun Pajak.Untuk pembetulan SPT yang menyatakan lebih bayar. sehingga batas waktu perpanjangan adalah sampai dengan tanggal 30 juni 2009 Tidak ada informasi basis 4 bulan pada pasal 3 ayat 4 kup 28 / 2007 b.pembetulan SPT ada 2 jenis. ) sehingga batas waktu pembetulan SPT PT Fsikalindo adalah 31 desember 2011 . yaitu yang menyebabkan SPT menjadi lebih bayar dan yang membuat spt menjadi kurang bayar: .

000 menjadi Rp 100.000. sehingga tidak ada konsekuensi bagi PT fiskalindo . dan bagian dari bulan dihitung penuh 1 (satu) bulan. dihitung sejak saat penyampaian Surat Pemberitahuan berakhir sampai dengan tanggal pembayaran.000. dari semula Rp 700.Konsekuensi dari pembetulan SPT Dengan adanya pembetulan Surat Pemberitahuan Tahunan atas kemauan sendiri membawa akibat penghitungan jumlah pajak yang terutang dan jumlah penghitungan pembayaran pajak menjadi berubah dari jumlah semula.000. Dalam pasal 8 UU no 28 tahun 2007 pasal 8 ayat 2 dinyatakan bahwa : Dalam hal Wajib Pajak membetulkan sendiri Surat Pemberitahuan Tahunan yang mengakibatkan utang pajak menjadi lebih besar. Pembetulan SPT 1771 tahun 2008 PT fiskalindo menyebabkan utang pajak yang harus dibayar menjadi lebih kecil. kepadanya dikenai sanksi administrasi berupa bunga sebesar 2% (dua persen) per bulan atas jumlah pajak yang kurang dibayar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful