Sumber Perencanaan : Sebagai seorang pimpinan atau pembantu pimpinan seperti sekretaris dan manajer kantor, selain dituntut

mengetahui sifat dan fungsi perencanaan, dia juga dituntut mengetahui sumber-sumber perencanaan. Maksudnya adalah titik tolak yang menjadi dasar untuk membuat satu perencanaan. Ada beberapa macam sumber perencanaan , antara lain adalah : (i) Kebijaksanaan dan pengarahan dari pimpinan. (ii) Kebutuhan yang mendesak untuk mengatasi suatu masalah. (iii) Hasil evaluasi yang menuntut perbaikan atau penyempurnaan. (iv) Akibat dari usulan yang diajukan pihak-pihak tertentu yang terkait. Keterangan : 1. Pimpinan yang dimaksud di sini adalah atasan langsung atau orang lain yang berwenang. Pimpinan itu mengeluarkan kebijaksanaan yang menuntut perlu penyusunan satu perencanaan dengan tujuan yang dijelaskan lebih dulu. 2. Muncul masalah, akibatnya masalah itu perlu diatasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu penyusunan satu perencanaan yang matang dan pimpinan atau orang yang berwenang menyadari hal tersebut, sehingga keluarlah keputusan untuk menyusun satuperencanaan. 3. Ada usaha atau kegiatan yang sudah dan / atau sedang berjalan, tetapi hasilnya tidak memuaskan, akibatnya keluar kebijaksanaan dari pihak pimpinan untuk menyusun satu perencanaan baru yangbertujuan untuk memperbaiki usaha tersebut atau menyempurnakanusaha itu. 4. Pihak-pihak tertentu yang dimaksud di sini ada kemungkinan adalahpihak yang berwenang (pemerintah), atau masyarakat terkait, atau pegawai kantor sendiri dan sebagainya. Mereka dengan inisiatif sendiri mengajukan usul kepada kantor agar membuat sesuatu perencanaan dengan tujuan tertentu.

3. Sebagai alat pengawasan kerja. tetapi yang paling penting adalah sebagai berikut : (i) Sebagai pedoman kerja (ii) Sebagai alat koordinasi (iii) Sebagai alat pengawan kerja Keterangan : 1. perencanaan dapat dijadikan patokan bagi mereka yang ditugasi sebagai pengawas untuk memeriksa para pekerja yang diikutsertakan apakah mereka semua bekerja sesuai dengan ketentuan yang digariskan di dalam perencanaan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. perencanaan dapat menjadi pegangan sekaligus petunjuk bagi semua yang diikutsertakan di dalam perencanaan bagaimana semestinya pekerjaan yang dimaksud di dalam perencanaan dikerjakan secara benar untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sebagai pedoman kerja. 2. Koordinasi yang dimaksud adalah penguasaan sekaligus pengarahanoleh atasan kepada bawahan.Fungsi Perencanaan : Perencanaan mempunyai berbagai fungsi. . Perencanaan dapat digunakan olehseorang pimpinan sebagai alat untuk mengkoordinasi bawahannya dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful