P. 1
untuk kulit

untuk kulit

|Views: 281|Likes:
Published by florida_benstravel

More info:

Published by: florida_benstravel on Feb 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2013

pdf

text

original

Kemiri Berseri

Kemiri merupakan salah satu rempah - rempah yang sering di jadikan sebagai bumbu dalam masakan, kemiri memberikan keragaman rasa tersendiri dalam masakan yang menggunakannya sebagai bumbu. Namun ternyata banyak juga manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan selain tentunya bisa membuat lidah kita terpesona dengan rasanya dalam masakan. Kemiri mengandung vitamin B1, protein, asam linoleat, gliserida dan asam minyak. Bagian yang bisa di manfaatkan untuk kesehatan yaitu biji , kulit dan daunnya. Berikut pemanfaatannya untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan :

Mengobati Sakit gigi

Caranya : Teteskan 3 tetes getah daun kemiri kebagian yang sakit, dan laukan 3 kali dalam seminggu.

Mengobati Diare

Caranya : Tumbuk 20 g kulit batang kemiri segar kemudian rebus dengan 600 cc air hingga airnya tersisa setengahnya. Setelah digin saring dan minum 2 kali sehari masing - masing 150 cc.

Mengobati Gatal Akibat di Gigit Serangga

Caranya : Panggang 2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking, kemudian tumbuk hingga halus dan oleskan ke bagian tubuh yang gatal.

Menyuburkan Rambut

Caranya : Tumbuk 6 biji kemiri hingga halus kemudian tambahkan air secukupnya dan panaskan hingga mengeluarkan minyak. Kemudian minyaknya di gosokkan ke kulit kepala 3 kali seminggu.

Menghitamkan alis

Caranya : Sangrai 3 butir kemiri kemudian di tumbuk hingga halus. Lalu tambahkan sedikit air dan oleskan pada alis.

Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak
Memiliki kulit wajah yang cenderung berminyak memang membuat kita jengkel, apalagi dengan wajah yang berminyak akan membuat penampilan kita jadi kurang menarik. kulit berminyak ditandai dengan penampilan yang megkilap dan kusam, Hal ini disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang sangat aktif. Umumnya, bagian yang berminyak akan terlihat mengkilap, dan warna kulit tampak lebih mencolok. Pori-pori berukuran lebih besar dari normalnya. Akibatnya, orang yang mempunyai jenis kulit ini akan mudah sekali jerawatan. Sel kulit mati pada wajah akan terlihat lebih gelap jika terkena udara luar, hingga membentuk komedo Faktor penyebab kulit berminyak :

1.

Pola makan yang yang tidak sehat akan menjadi penyebab lebihnya kadar minyak, seperti terlalu banyak mengkomsumsi makanan berlemak. Faktor Hormonal yang bisa menjadi salah satu pula mengapa kulit menjadi berminyak, hormon yang tidak seimbang atau pada saat masa puber yang bisa menjadi pemicu. Pemilihan jenis kosmetik yang tidak tepat bisa menjadi kadar minyak di wajah menjadi meningkat. Faktor keturunan, biasanya orang tua yang mempunyai

2.

3.

4.

masalah kulit berminyak akan diwariskan kepada keturunannya. Untuk mengatasi kulit berminyak saya akan memberikan tips yang dapat membantu anda lepas dari problem kulit berminyak yaitu dengan menggunakan ramuan tradisional daun seledri. Daun Seledri atau bisa dikenal dengan nama Apium Graveolens sangat berkhasiat selain untuk menurunkan tekanan darah tinggi juga ampuh untuk mengatasi problem kulit minyak berlebih. Cara Penggunaanya : 1. Ambil daun Seledri secukupnya lalu dipotong hingga kecil-kecil, dan setelah di potong kecilkecil, potongan seledri tersebut dimasukan ke dalam panci yang sudah dimasuki air yang mendidih, dan biarkan rendaman seledri panas tersebut selama 15-20 menit lamanya, setelah itu dinginkan selama 20-30 menit. 2. Oleskan air Seledri yang sudah direbus dan sudah dingin tadi ke bagian seluruh wajah, biarkan hingga air Seledri tersebut meresap dan mengering. Setelah air Seledri meresap dan mengering bisa dibilas atau dibersihkan dengan air hingga bersih. Gunakan 2 hari 1 kali pemakaian untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Khasiat Bengkoang

Bengkoang ternyata memiliki khasiat sebagai obat. Kegunaan bengkuang antara lain untuk mengatasi penyakit kulit, demam, eksim, dan wasir. Bengkoang mulanya berasal dari Amerika tropika, kemudian menyebar ke seluruh daerah tropika lainnya. Tanaman ini masuk ke Indonesia dari Manilamelalui Ambon pada abad ke-17. Sejak itu, bengkoang dibudidayakan di seluruh negeri. Bengkoang merupakan tanaman terna merambat yang dibudidayakan terutama untuk mengambil umbinya. Daun tanaman ini majemuk, beranak daun tiga. Bunganya tersusun dalam tandan yang panjangnya 15 sampai 25 centimeter. Buahnya berbulu halus, berbentuk polong yang berisi empaat sampai sembilan biji. Umbi akarnya berwarna putih, berbentuk gasing, kulitnya mudah dikupas. Perbanyakan tanaman dilakukan dengan stek batang, umbi, maupun biji. Bengkoang banyak dibudidayakan di Jawa dan Maduraa, di dataran rendah. Untuk memperoleh umbi yang baik bunga harus selalu dibuang. Setelah satu sampai tiga minggu ditanam, biji mulai berkecambah. Pada beberapa varietas seperti bengkoang gajaha, bengkoang sudah dapat dipanen ketika berusia empat sampai lima bulan. Tetapi, ada yang dipanen sampai berusia tujuh bulan yaitu bengkoang badur. Umumnya, bengkoang dipanen ketika berumur enam sampai sebelas bulan. Bengkoang bisa digunakan untuk pemakaian obat luar dan dalam. Untuk pemakaian luar, bengkoang secukupnya dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Pada pemakaian dalam, bengkuang dikupas kulitnya lalu dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan. Khasiat bengkoang 1. Mengatasi penyakit kulit. Bbiji bengkuang dan belerang (masing-masing secukupnya) dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

2. Jika mengidap diabetes. satu atau dua bengkuang diparut lalu disaring dan diminum setiap
pagi dan malam hari.

3. Sebagai obat demam. umbi bengkuang dikupas kulitnya lalu dibuat manisan dan dimakan. 4. Mengatasi eksim. umbi bengkuang dikupas kulitnya dan dimakan secara langsung. Lakukan
secara rutin empat kali seminggu.

5. Mengatasi wasir. satu buah bengkuang dijus lalu diminum tiap bangun tidur pagi.
Lulur Bengkoang Bengkoang memiliki sifat kimiawi dan fermakologis yang manis, dingin, sejuk, sehingga memiliki khasiat mendinginkan kulit. Kandungan antiseptik dalam bengkoang mampu mengatasi gatal-gatal di kulit, selain itu lulur bengkoang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalannya dapat terjaga. Kandungan kimia bengkoang adalah pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan C. Campuran jeruk nipis dalam lulur bengkoang menyegarkan kulit, dan olive oil nya melembabkan(Pachyrrhizus erosus) dikenal baik oleh masyarakat kita. Umbi tanaman bengkoang biasa dimanfaatkan sebagai buah atau bagian dari beberapa jenis masakan. Umbi tersebut bisa dimakan segar, dibuat rujak, ataupun asinan. Bengkoang ternyata memiliki khasiat sebagai obat. Kegunaan bengkoang antara lain untuk mengatasi penyakit kulit, diabetes, demam, eksim, sariawan, dan wasir. Lulur bengkoang berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih/terang. Dengan lulur Bengkoang seluruh kulit mati akan terangkat bersama – sama dengan lulur Bengkoang ini Cara pakai : 1. Bagian yang akan di beri lulur di olesi Message Oil yang berfungsi untuk mencegah gesekan / lecet pada kulit dan memberikan kelembutan pada proses peluluran.

2. 3. 4. 5.

Campurkan lulur bubuk dengan air atau messeage oil Ratakan kesuluruh tubuh Diamkan 1-2 menit Kemudian gosok perlahan sampai kotoran pada kulit ikut terbawa bersama

Leci Manis dan Tentunya Bermanfaat

Di makan langsung enak, di buat es atau apapun tetep aja enak, itulah buah leci. Buahnya tidak begitu besar, tapi rasanya yang manis dan unik menciptakan kenikmatan di lidah yang beuhhh mantap. Buah lecikaya akan vitamin C dan kalium yang dapat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit seperti batuk, luka lambung danhipertensi. Kandungan sukrosa danglukosanya yang cukup banyak bisa memberikan tambahan energi dalam tubuh untuk tetap fit dalam menjalani aktifitas kita sehari - hari.Leci juga merupakan sumber serat panganyang baik, yang dapat membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi leci secara rutin, di percaya juga dapatmenghaluskan kulit. Asik bukan, sudah buahnya enak kulit kita jadi halus pula :). Baik anak - anak maupun orang dewasa sekalipun dapat mengkonsumsi buah ini, tanpa ada efek yang merugikan. Untuk anak - anak, leci sangat baik untuk pembentukan tulang dan kerangka tubuh, karena dalam leci terkandung kalsium, magnesium dan fosfor yang sangat di butuhkan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang. Kandungan ke 3 mineral tersebut juga sangat bermanfaat bagi orang dewasa untuk memperlambat laju osteoporosis yang menjadi ancaman bagi setiap orang di usia lanjut. Dalam sebuah penelitian di cina menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam leci bermanfaat baik untuk mencegah pembentukan sel - sel kanker payudara, bahkan kandungan polifenolnya lebih tinggi sekitar 15 % dari buah anggur. polifenol bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan melindungi tubuh dari serangan kanker. Bener - bener manis dan bermanfaat si buah leci.

Manfaat Lain Dari Urang Aring

Mungkin banyak yang mengenal tanaman urang aring sebagai tanaman yang hanya bermanfaat sebagai penyehat rambut, tidak salah memang, karena urang aringmemang banyak di manfaatkan menjadi salah satu suplemen penyehat dan penghitam rambut. Di pasaran dapat kita jumpai urang aring dalam bentuk minyak ataupun sudah di ambil ekstraknya menjadi bahan dalam shampo dan juga gel penata rambut. Namun dalam dunia pengobatan , tanaman yang mempunyai nama latin Eclipta alba ini ternyata juga mempunyai khasiat yang bermanfaat buat kesehatan kita. Apa saja manfaat lain dari urang aring? ayo langsung kita simak :

Mengobati Gusi bengkak

Caranya : Panggang daun urang aring secukupnya sampai kering, kemudian tumbuk hingga menjadi bubuk. Selanjutnya oleskan bubuk tersebut ke bagian gusi yang sedang sakit.

Mengobati diare

Caranya : Rebus 30 g daun urang aring dengan air secukupnya hingga mendidih, setelah dingin saring dan minum airnya.

Mengobati Batuk darah

Caranya : Lumatkan 60 g daun urang aring segar dan peras airnya, kemudian seduh air perasan dengan air hangat secukupnya dan minum selagi hangat.

Menyuburkan rambut

Caranya : Lumatkan segenggam daun urang aring dengan 2 gelas air, kemudian saring dan diamkan satu malam. Selanjutnya gunakan air tersebut untuk membasahi kulit kepala sambil di pijat - pijat secara merata.

Punya Masalah Kulit Siku Hitam ???

Masalah kulit memang bukan melulu cuma jerawat aja, banyak juga yang bikin beberapa orang jadi ga pede alias ganggu penampilan. Salah satunya adalah kulit siku hitam, apalagi untuk orang yang berkulit putih pasti bakalan nampak jelas banget. Kalau aku ga putih - putih banget jadi ga keliatan ( g ada yang nanya ). Namun jangan khawatir, masih ada cara kok buat ngatasin masalah ini. So pasti dengan cara alami biar lebih sehat.

Kita bisa menggunakan jasa darijeruk lemon, jeruk lemon mempunyai tingkat keasaman yang sangat tinggi dan juga dapat berfungsi sebagai exfoliant yang dapat membantu mengelupaskan dan menghilangkan kulit kasar pada siku . Tapi jangan di gunakan untuk wajah loh, karena kulit wajah cukup sensitif dan kadar keasaman pada jeruk lemon dapat menyebabkan iritasi. Jadi bukannya bikin bagus malah merusak wajah nantinya.

Ok untuk caranya langsung ja di simak, cukup sediakan 1 buah jeruk lemon kemudian potong menjadi 2 bagian. Kemudian masukkan siku ke dalam belahan jeruk lemon ( seperti kalau memeras jeruk dengan alat pemeras ) diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu cuci hingga bersih, ulangi ke esokan harinya apabila belum di dapatkan hasil maksimal.

Nih Cara Alami Atasi Keriput di Wajah

Kulit wajah yang kencang dan ga adakeriputnya pasti semua pada suka dunk, klo ga ada keriput kan wajahjadi tampak segar dan nampak lebihmuda. Namun seiring bertambahnya umur biasanya keriput memang pasti menghampiri, tapi masih bisa kita cegah biar keriput tidak cepet datang. Di pending dulu datangnya, tentu saja

dengan cara yang aman, alami danmurah. Bisa saja kita operasi atau pakai obat - obatan kimia tapi kan mahal plus beresiko pula. Ada beberapa cara alami untuk mencegah keriput, di postingan sebelumnya ada beberapa cara mulai dari pakai beras, kentang. Nah sekarang ada tambahan lagi kalau tidak suka dengan cara - cara kemaren.

Bahan yang di gunakan merupakan bahan - bahan yang mudah kita dapat di sekitar kita, jadi tidak perlu ribet - ribet kita buat nyarinya. Nah apa saja itu, ayo langsung aja di simak :

Nanas

Nanas merupakan buah yang kaya vitamin C yang bermanfaat sangat baik untuk menghilangkan keriput pada wajah. Caranya : Kupas kulit luar dari nanas, selanjutnya oleskan daging buah yang menempel pada kulit yang tadi di kupas ke bagian wajah yang terdapat keriput. Diamkan selama 20 menit hingga cairan dari olesan tadi mengering. Selanjutnya bilas wajah dengan air hangat.

Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni atau yang sering di sebut dengan VCO ( Virgin Coconut Oil ) sekarang sangat mudah kita jumpai di pasaran, minyak kelapa murni di percaya dapat mengangkat kulit kering yang dapat menyebabkan keriput. Caranya : Hangatkan sejenak minyak kelapa murni , selanjutnya cukup di balurkan ke permukaan wajah. Untuk hasil maksimal dapat di lakukan secara rutin setiap hari.

Pisang

Kandungan nutrisi pada pisang ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah kulit keriput. Caranya : Lumatkan hingga menjadi krim 1 atau 2 buah pisang, kemudian balurkan krim pisang ke seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat, sambil tepuk - tepuk dengan lembut kulit wajah.

Madu

Madu merupakan salah satu nutrisi alami yang multi fungsi, baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kesehatan kulit. Salah satunya untuk membantu mengatasi keriput di kulit. Caranya : Sebelumnya basuhlah wajah dengan air hangat, hal ini untuk membuka pori - pori kulit. Kemudian balurkan sedikit madu dan diamkan sekitar 30 menit. Selanjutnya basuh wajah dengan air hangat lalu segarkan dengan es batu yang di usapkan ke seluruh wajah.

Kulit Wajah Berseri dengan Beras

Beras yang merupakan sumber makanan pokok di indonesia, selain bisa mengenyangkan dan merupakan sumber karbohidrat yang menjadi sumber energi kita, juga mempunyai manfaat yang baik untukkulit wajah kita. Beras ternyata dapat membantu melembabkan dan mampu meningkatkan produksikolagen kulit yang dapat membantumeningkatkan elastisitas kulitsehingga kulit terlihat lebih cerah dantampak lebih muda . Struktur kimia dalam beras mampu membantu meregenerasi sel kulit yang telah rusak atau mati. Beras mengandung zat oryzanol yang mampu membantu memperbarui pigmen melamin dalam kulit dan dapat menangkal sinar ultraviolet. Untuk mendapatkan manfaat dari beras dalam menjadikan wajah cerah , kencang dan tampak lebih muda, kita bisa mengolahnya menjadi masker. Pembuatannya pun tidak terlalu sulit, cukup dengan menumbuk halus beras dan kemudian embunkan ( diamkan di ruangan terbuka selama satu malam ). Selanjutnya kita tinggal oleskan ke wajah dan diamkan hingga kering, kemudian bersihkan dengan air hangat. Dapat di lakukan seminggu sekali. Untuk kulit normal sebaiknya menggunakan beras putih, kandungan asam ferulat dalam beras putih berfungsi sebagai antioksidan dan dapat melindungi kulit dari berbagai jenis polutan, peroksida danradikal bebas. Sedangkan untuk kulit yang cenderung berminyak gunakan beras merah, beras merah di percaya dapat mengurangi minyak pada wajah. Untuk beras hitam dapat di gunakan untuk semua jenis kulit, baik normal, kering ataupun berminyak.

Atasi Flek Hitam di Wajah

Wajah dengan hiasan flek hitam tentu ga asik dunk, kalo bisa kulit wajah kan bersih dari hiasan - hiasan yang bisa merusak pemandangan bukan. Mungkin banyak sekali yang mengalami masalah ini, flek - flek hitam seakan betah banget nempel dan ga mau pergi - pergi juga. Cukup menyebalkan memang, khususnya buat para wanita bisa - bisa buete minta ampun and boros bedak buat nutupin tuh flek hehehe........ di pasaran pasti banyak produk yang di khususkan untuk membantu menghilangkan flek hitam di wajah. Namun buat yang lebih suka pakai bahan alami, tenang saja ada kok caranya. Flek hitam dapat di sebabkan dari bermacam - macam hal, mulai dari sinar matahari, bekas jerawat, pemakaian obat antibiotik yang berlebihan dan juga pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri dan asam salisilat. Memang bukan perkara mudah untuk menghilangkan flek hitam secara instant, tapi untuk menghindari efek yang lebih banyak dari produk kimia yang kita pakai, ga ada salahnya kita coba cara alami berikut ini untuk membantu menghilangkan flek hitam pada wajah :

Daun Turi

Caranya : Pilin ( gosok perlahan ) daun turi muda ke tempat yang terdapat flek hitam, lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Jeruk Nipis ( untuk usia di atas 40 th )

Caranya : Iris tipis - tipis jeruk nipisnya kemudian tempelkan secara merata di kulit wajah, diamkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat agar pori - pori terbuka selanjutnya bilas lagi dengan air dingin.

Alpukat

Caranya : Haluskan daging alpukat matang secukupnya kemudian gunakan untuk masker setiap siang hari. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air bersih

Teh dan Bengkuang

Caranya : Seduh 1 sachet teh herbal dengan air mendidih kemudian tambahkan perasan jeruk nipis dan madu secukupnya. Minum tehnya pagi hari, untuk ampasnya seduh dengan air panas lagi dan tambahkan parutan bengkuang secukupnya. Diamkan semalam dan gunakan sebagai masker ke esokan harinya. lakukan 3 kali seminggu.

Daun Katuk

Caranya : Pilinkan daun katuk yang masih muda ke bagian wajah yang terdapat flek hitamnya, dan lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Lamtoro alias Petai Cina Biar Kecil Tapi Bermanfaat

Lamtoro alias petai cina kalau di daerah jawa tengah sering di olah menjadi makanan yang namanya botok, botok merupakan salah satu masakan tradisional favorit termasuknya. Tiap ada kondangan biasanya selalu di hidangkan. Tapi bukan mau bahas si botok nih, walaupun menjadi salah satu bahan pokok masakan tradisional, ternyata lamtorobukan berasal dari indonesia melainkan dari daerah tropis amerika.Tanaman lamtoro bisa berfungsi sebagai tanaman pengikat nitrogen, selain itu dalam buah lamtoro juga terkandung beberapa zat penting di antaranyaprotein, kalori, hidrat arang, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 , C dan zat besi.

Lamtoro juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita, dan berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari lamtoro atau petai cina :

Mengobati Disentri

Caranya : Rebus 15 g biji lamtoro, 30 g krokot dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian setelah dingin saring dan minum airnya.

Mengobati Diabetes

Caranya : Sangrai biji lamtoro yang sudah tua dan kering secukupnya, kemudian ambil satu sendok makan dan campur dengan satu gelas air panas. Kemudian minum airnya satu gelas setiap hari.

Mengobati Cacingan

Caranya : Tumbuk biji lamtoro yang sudah tua dan telah di keringkan secukupnya hingga halus, kemudian ambil 5 gram bubuknya dan seduh dengan 100 cc air panas dan minum selagi hangat.

Meningkatkan Gairah Seksualitas

Caranya : Rebus 5 g bubuk lamtoro ( caranya bikin bubuknya seperti mengobati cacingan ), 5 g merica bubuk dengan 200 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian tambahkan 2 butir kuning telur ayam kampung dan 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata dan minum.

Mengobati Luka akibat tertusuk bambu dll

Caranya : Haluskan daun lamtoro secukupnya, kemudian tempelkan pada bagian yang luka. Diamkan dan ganti dengan yang baru setelah beberapa saat.

Tanaman Pacar Air yang Bermanfaat

Pacar air yang mempunyai nama ilmiah impatiens balsamina di beberapa daerah di kenal sebagai tanaman untuk mempercantik kuku, dengan menempelkan daunpacar air yang telah di tumbuk di atas kuku dan membiarkan hingga kering akan memberikan warna kuning tua alami pada kuku. Di beberapa daerah pula ada yang menggunakannya untuk melumuri jari, kaki dan tangan pengantin wanita sehari sebelum hari pernikahan agar kulit terlihat lebih indah. Pacar air mempunyai sebutan berbeda - beda di setiap daerah, seperti di nusa tenggara di sebut pacar foya, di sulawesi di sebut gofu, di jawa di sebut pacar banyu, sementara di betawi di sebut dengan kimhong.

Dalam pengobatan cina dan india , pacar air juga merupakan salah satu bahan yang sudah sejak lama di gunakan. Karena pacar air memang mempunyai manfaat yang cukup baik untuk membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Namun perlu di perhatikan bahwa ibu hamil tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi ramuan berbahan pacar air untuk menghindari keguguran dan pamakaian yang terlalu lama akan membuat mulut tersa kering, nafsu makn berkurang dan perut mual. Namun bila pemakaian di hentikan selama 3 hari, efek tersebut akan hilang dengan

sendirinya.

Berikut beberapa ramuan berbahan pacar air :

Mengatasi Keputihan

Caranya : Rebus 30 g daun pacar air dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya, setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari masing - masing 1/2 gelas.

Mengatasi Bengkak Akibat Gumpalan Darah (Hematoma)

Caranya : Giling sampai halus 8 kuntum bunga pacar air kemudian tambahkan arak putih secukupnya, lalu tempelkan ke tempat bengkak dan balut dengan kain. Ganti balutan 2-3 kali sehari.

Mengobati tertusuk duri atau tulang di kerongkongan

Caranya : Potong akar pacar air yang telah di cuci secukupnya, kemudian kunyah dan telan dengan air hangat.

Mengobati Radang Usus buntu

Caranya : Rebus 30 g daun pacar air, 30 g daun sambiloto dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya, setelah dingin saring dan minum. Lakukan secara rutin.

Menyehatkan Kuku

Caranya : Haluskan seluruh bagian pacar air secukupnya, kemudian tempelkan pada kuku dan balut dengan kain kasa hinngga kering. Lakukan beberapa kali dalam seminggu.

Mengatasi Hipertensi

Caranya : Rebus 10 g bunga pacar air, 100 g seledri dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum airnya.

Sehatkan Diri Dengan Jus Buah dan Sayuran

Jus , siapa yang ga suka? pasti hampir semua suka, selain segar dan nikmat pastinya menyehatkan. Jus merupakan salah satu cara untuk menikmati buah dan sayuran agar terasa lebih asik dan menyenangkan tanpa kehilangan manfaat dari vitamin - vitamin yang terkandung. Terkadang kita malas makan buah ataupun sayuran , tapi klo sudah dalam bentuk jus laen deh ceritanya. Ok langsung ke pembahasan sehatkan diri dengan jus, dalam tubuh kita pasti terdapat racun - racun yang terbawa entah dari makanan, minuman ataupun udara yang kurang sehat. Dewasa ini terdapat satu cara untuk membuang racun racun dalam tubuh yaitu dengan cara detoksifikasi. Dalam detoksifikasi terdapat beberapa tahap yang secara spesifik saya tidak begitu memahami :) namun kita juga bisa melakukan detoks dengan memanfaatkan buah - buahan dan sayuran di sekitar kita dengan cara di jus, dan pastinya ga terlalu ribet. Kita pun bisa melakukan detoks dengan cara yang menyenangkan.

Berikut beberapa contoh resep detoks dengan menggunakan jus buah dan sayuran untuk mengatasi beberapa masalah dalam tubuh. Perlu di perhatikan bahwa jus yang di buat tanpa gula dan jus yang di buat harus segera di minum agar nutrisinya tidak hilang :

Mengatasi Sakit Kepala

Caranya : Konsumsi jus masing - masing @ Pagi : Jus wortel 1 gelas, jus bayam 1/2 gelas

@ Siang : Jus seledri 1/2 gelas, jus wortel 1 gelas, jus bayam 1/3 gelas @ Malam : Jus wortel 1 gelas, jus timun 1/3 gelas

Mengatasi Aphoni ( Kehilangan Suara )

Caranya : Konsumsi jus masing - masing @ Pagi : Jus wortel 1 gelas, jus bayam 1/2 gelas

@ Siang : Jus wortel 1 gelas, jus lobak cina 1/4 gelas @ Malam : Jus wortel 1 gelas, jus selada 1/2 gelas, jus peterseli 1/3 gelas

Mengatasi Nafas Bau ( Halitosis )

Caranya : Konsumsi jus wortel 1 gelas dan jus bayam 1/2 gelas 3 kali sehari

Melancarkan Pencernaan

Caranya : Buat jus 100 g pepaya, 100 g apel, 100 g nanas, 2 sendok makan air jeruk nipis, 2 sendok makan madu. Minum sebelum sarapan pagi.

Menurunkan Tekanan Darah dan Kadar Gula darah

Caranya : Buat jus 300 g wortel, 1 genggam seledri, 1 ulas bawang putih dan 1 sendok teh merica bubuk. Saring jus dan ambil airnya saja kemudian minum airnya 1 kali sehari.

Mengatasi Insomnia

Caranya : Konsumsi jus masing - masing @ Pagi : Jus wortel 1 gelas, jus bayam 1/2 gelas @ Siang : Jus wortel 1 gelas, jus seledri 1/2 gelas @ Malam : Jus wortel 1 gelas, jus timun 1/3 gelas

Mengatasi Alergi, sakit punggung dan Menjaga kesehatan Usus

Caranya : Buat jus 150 g wortel, 100 g bayam, 100 g timun, 50 g seledri, 3 sendok makan madu, 1 sendok makan air jeruk nipis. Selanjutnya minum 1 kali sehari.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->