Karakter Pemimpin

Saat seseorang memutuskan (baik secara sadar atau tidak) untuk mengikuti kepemimpinan anda, keputusan itu terutama karena satu atau dua hal berikut: karakter anda atau kemampuan anda. Mereka ingin memastikan apakah anda adalah seseorang yang pantas mereka ikuti, atau apakah anda memiliki kemampuan untuk membawa mereka pada keberhasilan. Tentu ada banyak pertimbangan, namun kali ini kita akan memusatkan perhatian pada diskusi untuk mengetahui macam-macam karakter yang membuat orang lain mengikuti kepemimpinan anda. 1--Integritas. Integritas adalah melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang anda katakan akan anda lakukan. Integritas membuat anda dapat dipercaya. Integritas membuat orang lain mengandalkan anda. Integritas adalah penepatan janji-janji anda. Satu hal yang membuat sebagian besar orang enggan mengikuti anda adalah bila mereka tak sepenuhnya merasa yakin bahwa anda akan membawa mereka menuju ke tujuan yang anda janjikan. Apakah anda dikenal sebagai seseorang yang mempunyai integritas? Bila ya, maka anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa. 2--Optimisme. Takkan ada orang yang mau mengikuti anda bila anda memandang suram masa depan. Mereka hanya mau mengikuti seseorang yang bisa melihat masa depan dan memberitahukan pada mereka bahwa di depan sana terbentang tempat yang lebih baik, dan mereka dapat mencapai tempat itu. Apakah anda melihat gelas itu separuh kosong? Bila ya, anda adalah seorang pesimis. Apakah anda melihat gelas itu separuh berisi? Bila ya, anda adalah seorang optimis. Apakah anda melihatnya sebagai segelas penuh; yaitu separuh berisi air dan separuh lagi berisi udara? Maka anda adalah seorang yang super optimis. Apakah anda dikenal sebagai seorang yang optimis? Bila ya, anda layak menjadi

Seorang pemimpin adalah seseorang yang secara luar biasa mampu menggerakkan orang . bahkan mereka bersedia untuk memicu perubahan itu. 4--Berani menghadapi resiko. Mereka mengkomunikasikannya pada pengikut mereka dan melangkah pada hari esok yang lebih baik. Ketika mereka mencoba untuk yang ke dua atau ke tiga kalinya dan gagal. 5--Ulet. tangguh. mereka bukan pemimpin. karena mereka bukan pemimpin. anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa. Karena itu. kita mengambil resiko.seorang pemimpin yang luar biasa. Apakah anda dikenal sebagai seseorang yang ulet. Para pemimpin itu tahu apa yang ada di balik tembok batu. Apakah anda anda dikenal sebagai seseorang yang memicu perubahan? Jika ya. Kebanyak orang menghindari resiko. Lalu mereka mengajak orang lain untuk terus berusaha. anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa. "Jika anda gagal di langkah pertama. 3--Menyukai perubahan. Sedangkan pengikut lebih suka untuk tinggal di tempat mereka sendiri. Kecenderungan dari pengikut adalah mereka menyerah saat sesuatunya menjadi sulit. mereka lalu mencanangkan motto. Pemimpin melihat adanya kebaikan di balik perubahan dan mengkomunikasikannya dengan para pengikut mereka. anda takkan tumbuh. sudahlah menyerahlah dan lakukan sesuatu yang lain. Apakah anda dikenal sebagai seorang yang berani mengambil resiko? Jika ya. dan berdaya tahan tinggi? Jika ya. anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa. Jika anda tidak berubah. dan mereka akan selalu berusaha menggapainya. Kapan pun kita mencoba sesuatu yang baru. Pemimpin adalah mereka yang melihat adanya kebutuhan akan perubahan. Keberanian untuk mengambil resiko adalah bagian dari pertumbuhan yang teramat penting. Para pemimpin menghitung resiko dan keuntungan yang ada di balik resiko. 6--Katalistis." Jelas saja mereka melakukan itu.

anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa. dan tindakan dari para pengikut.lain untuk melangkah. anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa. Apakah anda dikenal sebagai seseorang yang mampu menggerakkan orang lain? Jika ya. antusiasme. Apakah anda dikenal sebagai seseorang yang komit dan senantiasa mencurahkan perhatian anda pada tujuan? Jika ya. . Mereka mampu membangkitkan gairah. Mereka bisa mengajak orang lain keluar dari zone kenyamanan dan bergerak menuju tujuan mereka. Pengikut akan mengikuti pemimpin yang senantiasa bekerja dan berdedikasi karena mereka melihat betapa pentingnya pencapaian tugas-tugas dan tujuan. Para pengikut menginginkan seseorang yang lebih mencurahkan perhatian dan komit ketimbang diri mereka sendiri. 7--Berdedikasi/komit.

dalam outbound training May 10. Sebaliknya. maka kini dalam suatu pekerjaan diperlukan kontribusi dari suatu tim kerja (team work) yang bekerja secara terpadu. Pemimpin (leader) yang sinergik perlu memahami tatakrama dan budaya kerja yang berlaku diperusahaannya dan mampu mengambil tindakan yang tepat untuk memfasilitasi . Para manajer selaku pemimpin di dalam perusahaan dewasa ini menghadapi banyak tantangan baru. dunia kerja menjadi semakin kompleks. Mereka harus mampu menjadi pemimpin transformasional yang mampu menggerakkan para pengikut agar memiliki motivasi tinggi mewujudkan cita-cita ideal perusahaan. Harus mampu mempertemukan kepentingan banyak pihak. Pada saat ini. setiap individu peserta outbound dipicu untuk belajar menjadi seorang pemimpin (leader). Peserta outbound training juga diajak untuk berusaha menciptakan pengetahuan baru yang bersumber dari pengetahuan yang berbedabeda. sehingga mereka semua akan memperolah bagian yang adil dari usaha dan jerih payah keringat mereka. Dalam pelatihan outbound training. Mereka harus mampu mendorong anak buah mereka untuk memunculkan seluruh motivasi insani yang ada agar menimbulkan kinerja yang bernilai tinggi dan jauh melebihi ekspektasi perusahaan. Peserta outbound training juga diajak agar berusaha menjadi pemimpin yang sinergistik. seorang manajes juga harus mampu meningkatkan kesejahteraan anak buah mereka. 2010 By: yudho Category: Uncategorized Sukses sebuah organisasi sangat tergantung dari kemampuan si pemimpin dalam menggerakkan seluruh anggota perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Para manajer sebagai leader juga harus mampu menghadapi masalah dunia bisnis yang semakin kompleks. Suatu tim kerja yang efektif memerlukan pemimpin yang tepatyang mampu memadukan kompetensi individual dari masing-masing anggota team menjadi kompetensi team yang sinergik dan berkualitas. Jika dulu setiap karyawan dapat bekerja secara individu berdasarkan petunjuk yang baku.Leadership (kepemimpinan).

Memahami peran kepemimpinan 5. Memahami fungsi komunikasi dalam proses interaksi yang sinergik 6. Kerja dalam tim. dan aliansi strategik 3. Memahami proses penyelarasan yang sinergik 7. dengan fasilitator yang berpengalaman dan tahapan-tahapan dalam kegiatan outbound benar-benar dilaksanakan . kolaburasi. hal ini hanya akan berhasil bila kegiatan outbound training dilakukan oleh lembaga professional. Memahami perbedaan dapat menjadi sumber inovasi 4. dinamik dan penuh perubahan 2. Memahami lingkungan dunia bisnis yang kompleks. Memahami iklim kerja yang transformasional 8. Memahami makna dan hakekat aliansi strategik. untuk melatih jiwa leadership peserta outbound training sangat diperlukan. Dalam kegiatan outbound training. Pemimpin di dalam era perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat ini harus memiliki kompetensi sebagai berikut : 1.komunikasi intra dan antar tim yang serasi sesuai dengan tatakrama dan budaya kerja perusahaan team tersebut berada.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful