Pengertian dan Fungsi

1. Internet Explorer Beragam pengertian yang bisa diperoleh untuk mendefenisikan apa itu Internet Explorer. Menurut Wikipedia, Internet Explorer disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah penjelajah web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft. Internet Explorer sangat terkenal dan banyak digunakan orang-orang di seluruh dunia untuk mengakses internet, karena software ini didukung oleh teknologi baru untuk membuat tampilan web lebih dinamis dan lebih hidup serta kompetibel. Tercatat lebih dari 59% lebih pengguna internet menggunakan web browser ini. Walau terus disaingi oleh web browser yang banyak bermunculan, Internet Explorer tetap masih menjadi pilihan utama untuk berselancar di dunia maya. 2. Winamp Winamp adalah suatu pemutar media buatan Nullsoft, yang sekarang merupakan suatu cabang Time Warner. Winamp merupakan perangkat lunak freeware atau shareware yang dapat memainkan berbagi codec dan tipe audio dan juga dapat dikostumisasi. Winamp pertama diluncurkan Justin Frankel pada tahun 1996. Pengembangan Winamp terkini mendapat pujian dari Ben Allison (benski), Will Fisher, Taber Buhl, Maksim Tyrtyshny, Chris Edwards dan Stephen (Tag) Loomis. Winamp adalah software, untuk mendengarkan musik, yang sangat akurat. Software ini mendukung WAV, Audiosoft, MOD, dan format audio lainnya. Di dalamnya juga terdapat editor daftar software dan equalizer grafis 10-band. Di sini ICW memperkenalkan hal yang menarik dari Winamp versi 2.60 (http://www.winamp.com), yaitu disediakannya feature untuk mengubah tampilan program melalui Skins. Anda dapat memperoleh dari internet atau anda edit sendiri. Dengan Plug-Ins anda juga bisa menambahkan efek seperti gema (echo) pada musik secara realtime. Dalam versi ini winamp bahkan mampu menampilkan file WMA (Microsoft Window Media)

1

serta Java ME. FreeBSD dan Linux. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo. Solaris. mIRC diciptakan tahun 1995 oleh Khaled Mardam-Bey. Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel. bermain. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web. Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar browser komputer pribadi di seluruh dunia. serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. dan personal digital assistant. baik dalam kelompok konferensi multi-user atau dalam diskusi pribadi. Opera Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan Maemo. 2 . smartphone. Siapapun di dunia dapat dengan mudah berkomunikasi. Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh penjelajah web lainnya. atau bekerja dengan orang lain pada jaringan mIRC di seluruh dunia. Nielsen-Net [1] memasukan mIRC ke dalam daftar "10 applikasi internet terbaik" tahun 2003. dan sistem operasi iPhone. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi.3. berbagi. miRC mIRC merupakan perangkat lunak berbayar untuk Internet Relay Chat atau percakapan daring yang beroperasi di sistem operasi Windows. Perangkat lunak ini memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting. Dengan mIRC. Mac OS X. Meskipun memiliki berbagai kelebihan. Windows Mobile. 5. Norwegia. Versi 3. 4. BlackBerry. Symbian. Mozilla Firefox Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.129. terbukti setelah perangkat lunak ini diunduh sebanyak 9.0 dirilis pada 17 Juni 2008. Android. berguna untuk berbincang (chatting) antar sesama pengguna mIRC di seluruh dunia. termasuk Microsoft Windows.578 kali dari CNET pada Oktober 2007. Namun.

Desain Grafik. land developers. Program ini dapat digunakan dalam semua bidang kerja terutama sekali dalam bidang-bidang yang memerlukan keterampilan khusus seperti bidang Mekanikal Engineering. Program ini sering digunakan oleh para 3 . 7. Pada versi 2. desainer interior dan lain-lain. Sipil. 8. Ms. Autocad AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. AutoCAD merupakan sebuah program yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu dalam menggambar serta merancang dengan bantuan komputer dalam pembentukan model serta ukuran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali sebagai “Computer-aided drafting and design program” (CAD). insinyur mesin.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis. arsitek. Firefox 1. Excel Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Nero Scare Smartexential Nero Scare Smartexential berfungsi sebagai aplikasi burning cd / dvd pada computer.Sebelum rilis versi 1. secara keseluruhan. Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah user dalam memburning cd agar lebih cepat. namun hal ini telah diperbaiki. adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004. sumberterbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. Keluarga produk AutoCAD. 6. termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. dan semua bidang yang berkaitan dengan penggunaan CAD. Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media.0-nya pada 9 November 2004. Arsitektur. .AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil. Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan "crash" jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript.0 ini.

Microsoft Excel. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix. Word Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu. dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Ms. 10. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks. dan Microsoft PowerPoint. OS/2. Ms. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine. SCO UNIX. Acces Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Para ahli computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita. Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. dan Microsoft Windows (1989). misalnya DOS (1983). versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi. Microsoft Jet Database Engine. Microsoft SQL Server. sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. 9. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office. selain tentunya Microsoft Word. Oracle Database. Apple Macintosh (1984).akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. 4 . Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access.

2136. tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail. Power Point Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka. 5 .Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS. yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007. 11. Yahoo! telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Yahoo Masenger Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. seperti Yahoo! Mail. meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis. Pada Februari 2009. 12. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya.0. dan trainer. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006. Access dan beberapa program lainnya. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007). Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. selain Microsoft Word.0. Microsoft Office. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003. para pendidik. Excel.NET Messenger milik Microsoft. Ms. versi terbaru Yahoo! Messenger untuk Microsoft Windows adalah 9. Aplikasi ini sangat banyak digunakan. siswa. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful