Upaya Meningkatkan Penyaluran KUR di Bank Pembangunan Daerah

Menengah dan koperasi ( UMKMK) yang melakukan usaha produktif dan layak namun belum bankable serta untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan pengembangan sektor riil guna penanggulangan dan pengentasan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja maka BPD ditunjuk oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai salah satu Bank Pelaksana Penyaluran Kredit Usaha Rakyat ( KUR) sesuai Surat Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor KEP07/M. Latar Belakang Sebagai salah satu respon kepedulian Bank Pembangunan Daerah untuk menyediakan dan memberikan akses pembiayaan Usaha Mikro.BAB I PENDAHULUAN ‡ 1. Kecil.EKON/01/2010 tgl 26 Januari 2010 perihal penambahan Bank Pelaksana Kredit Usaha Rakyat sebayak 13 BPD yang ada di Indonesia. .

ketiga belas BPD yang telah ditunjuk tersebut sesuai surat Mentri Koperasi diberikan target seperti Bank bank besar lainnya sehingga perlu upaya bagaimana meningkatkan penyaluran KUR di BPD.‡ Keikut sertaan BPD dalam penyaluran KUR ini diharapkan mampu mendorong pengembangan UMKMK yang pada akhirnya dapat membantu program pemerintah daerah dalam membangun perekonomian daerah . ‡ Tidak seperti Bank Bank Besar yang telah lebih dulu menyalurkan KUR. .

Persyaratan sederhana . Upaya meningkatkan penyaluran KUR di BPD 2. Identifikasi Masalah 1. Bunga yang bersaing sebagai daya tarik debitur 3.2.

‡ Pembatasan Masalah Pada makalah ini dibatasi pada permasalahan yang menyangkut upaya meningkatkan penyaluran KUR di Bank Pembangunan Daerah ( BPD) .

3. Perumusan Masalah Berdasarkan uraian tersebut diatas maka perumusan masalah ini adalah : 1. Kendala kendala yang dihadapi dalam penyaluran KUR di BPD . Bagaimana upaya meningkatkan penyaluran KUR di Bank Pembangunan Daerah ( BPD ) 2.

Disamping itu bertujuan untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti Pendidikan Pemimpin Capem Angkatan 12 di LPPI . pengalaman dalam pencapaian target penyaluran KUR oleh 13 BPD sebagai tambahan Bank penyalur KUR.4. Tujuan dan Kegunaan Studi Penulisan makalah ini ditujukan untuk memberikan sumbangan pemikiran.

) . media masa saat ini ( real time ) dan SOP salah satu Bank XX ( tunggu SOP dari Kelp kami.BAB II ‡ Kerangka Teori teori yang relevan ( cari di internet dan referensi lain yang mendukung makalah ) seperti SE ( Surat Edaran BI). SK Kementrian Koperasi & UMKM.

BAB III PEMECAHAN MASALAH ‡ ‡ ‡ ‡ Penyaluran dengan sistim berkelompok Pemungutan /pembayaran angsnya dijemput Pembinaan berkesinambungan Lain lain tolong cari di literatur .

KESIMPULAN DAN SARAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful