Resensi Novel Ayat-Ayat Cinta

11May2010 Posted by rumah_kotak in May 11,2010 Uncategorized

Judul : Ayat-Ayat Cinta Pengarang : Habiburrahman El-Shirazy Tebal Buku : 411 halaman Diresensi oleh : Shelvi Novianita SINOPSIS “Mencintai-Nya Menuntunku Pada Cintamu” Fahri bin Abdillah adalah pelajar Indonesia yang berusaha menggapai gelar masternya di Al Ahzar. Berteman dengan panas dan debu Mesir. Berkutat dengan berbagai macam target dan kesederhanaan hidup. Bertahan dengan menjadi penerjemah buku-buku agama. Belajar di Mesir, membuat Fahri dapat mengenal Maria, Nurul, Noura, dan Aisha. Maria Grigis adalah tetangga satu flat Fahri, yang beragama Kristen Koptik tapi mengagumi Al Quran. Dan menganggumi Fahri. Kekaguman yang berubah menjadi cinta. Sayangnya, cinta Maria hanya tercurah dalam diary saja. Sementara Nurul adalah anak seorang kyai terkenal, yang juga mengeruk ilmu di Al Azhar. Sebenarnya Fahri menaruh hati pada gadis manis ini. Sayang rasa mindernya yang hanya anak keturunan petani membuatnya tidak pernah menunjukkan rasa apa pun pada Nurul. Sementara Nurul pun menjadi ragu dan selalu menebak-nebak. Sedangkan Noura adalah tetangga Fahri, yang selalu disika Ayahnya sendiri. Fahri berempati penuh dengan Noura dan ingin menolongnya. Hanya empati saja. Tidak lebih! Namun Noura yang mengharap lebih. Dan nantinya ini menjadi masalah besar ketika Noura menuduh Fahri memperkosanya. Dan yang terakhir adalah Aisha. Si mata indah yang menyihir Fahri. Sejak sebuah kejadian di metro, saat Fahri membela Islam dari tuduhan kolot dan kaku, Aisha jatuh cinta pada Fahri. Dan Fahri juga tidak bisa membohongi hatinya. Lantas, siapakah yang nantinya akan dipilih Fahri? Siapakan yang akan dipersunting oleh Fahri? Siapakah yang dapat mencintai Fahri dengan tulus? Mari kita cari jawabannya dari sinopsis “Ayat-Ayat Cinta” berikut. Fahri sedang dalam perjalanan menuju Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq yang terletak di Shubra El-Kaima, ujung utara kota Cairo, untuk talaqqi (belajar secara face to face pada seorang syaikh) pada Syaikh Utsman, seorang syaikh yang cukup tersohor di Mesir.

Fahri pun bersedia untuk menikah dengan Aisha. Mereka pun berkenalan.Dengan menaiki metro. Fahri berharap ia akan sampai tepat waktu di Masjid Abu Bakar As-Shiddiq. Fahri tidak tega melihat Noura diperlakukan demikian oleh Bahadur. Aisha rupanya jatuh hati pada Fahri. melainkan gadis Jerman yang juga tengah menuntut ilmu di mesir. Noura berkulit putih dan berambut pirang. Mereka adalah Siful. Selain bertetangga dengan keluarga Tuan Boutros. paman Eqbal mengenal Fahri dan Syaik Utsman. Dan ternyata Aisha bukanlah gadis Mesir. dan Suzanna sering menyiksa noura karena rupa serta warna rambut Noura yang berbeda dengan mereka. sedangkan yang lanai atas ditemapati oleh keluarga Kristen Koptik yang sekaligus menjadi tetangga mereka. Ia membawa Noura ke flatnya. Ia meminta pamannya Eqbal untuk menjodohkannya dengan Fahri. Pertolongan tulus Fahri memberikan kesan yang berarti pada Aisha. Dan benar. Suatu malam Noura diusir Bahadur dari rumah. Sementara itu. Aisha tidak dapat melupakan pemuda yang baik hati mau menolongnya di metro saat itu. Di metro itulah ia bertemu dengan Aisha. ditolong oleh Fahri. Melalui bantuan Syaik Utsman. Bagaimana tidak. Tangisannya memilukan. Fahri dan Maria berusaha mencari tahu siapa keluarga Noura sebenarnya. nasib Noura memang malang. dimana lantai dasar menjadi temapt tinggal Fahri dan empat temannya. taitu Maria dan Yousef. dan Noura. Rudi. Mereka tinggal di sebuah apartemen sederhana yang mempunyai dua lantai. dan Misbah. . Fahri juga mempunyai tetangga lain berkulit hitam yang perrangainya berbanding seratusdelapan puluh derajat dengan keluarga Boutros. Maria pun bersedia menolong Noura malam itu. Ya. Mereka yakin Noura bukanlah anak Bahadur dan madame Syaima. Istrinya bernama madame Syaima dan anak-anaknya bernama Mona. Noura diseret ke jalan sembari dicambuk. Kepala keluarga ini bernama Bahadur. tapi antara keluarga Fahri dan Tuan Boutros terjalin hubungan yang sangat baik. Ia meminta Maria melalui sms untuk menolong Noura. Noura bukan anak mereka. Ia sangat berterima kasih pada Fahri dan Maria. madame Syaima. Bahadur. Di Mesir Fahri tinggal bersama dengan keempat orang temannya yang juga berasal dari Indonesia. Terlebih Fahri dan Maria berteman begitu akarab. Noura yang malang itu akhirnya bisa berkumpul bersama orang-orang yang menyayanginya. Maria mampu menghafal surat Al-Maidah dan surat Maryam. Suzanna. Keluarga ini terdiri dari Tuan Boutros. Mona. Kebetulan. Madame Nahed dan dua oranga nak mereka. Hamdi. Walau keyakinan dan aqiqah mereka berbeda. Fahri menyebut Maria sebagai gadis koptik yang aneh. Fahri tidak bisa menolong Noura secara langsung karena Noura bukan muhrimnya. Aisha yang saat itu dicacimaki dan diumpat oleh orang-orang Mesir karena memberikan tempat duduknya pada seorang nenek berkewarganegaraan Amerika.

Mendengar kabar pernikahan Fahri. dan ajaran agama yang ia pegang teguh. Fahri dapat meninggalkan penjara yang mengerikan itu. Dari buku kita tahu bahwa Fahri selalu “menjaga diri” di tengah wanita-wanita yang dekat dengannya. dan Maria mampu menjalani rumah tangga mereka dengan baik. Namun Maria tampak lebih kurus dan murung. Maria tersadar dari koma panjangnya. saat Fahri dan Aisha menikah. Fahri mendapat kejutan dari Maria dan Yousef. Marialah yang bersama Noura malam itu (malam yang Noura sebut dalam persidangan sebagai malam dimana Fahri memperkosanya). Dengan kata lain. Atas desakan Aisha. Nurul menjadi sangat kecewa. Fahri. demikian pula Maria yang menghormati Aisha selayaknya seorang kakak. Dan. Namun terlambat! Fahri akan segera menikah dengan Aisha. Tidak ada jalan lain. Namun Maria beruntung karena sebelum ajal menjemputnya. dengan mendengar suara dan merasakan sentuhan tangan Fahri. Di persidangan. Memang. Fahri memaafkan Noura. Maria dan adiknya itu datang ke rumah Fahri untuk memberikan sebuah kado pernikahan. Paman dan bibinya sempat datang ke rumah Fahri untuk memberitahu bahwa keponakannya sangat mencitai Fahri. begitu mendengar Fahri telah menjadi milik wanita lain dan tidak lagi tinggal di flat. Dan pernikahan Fahri dengan Aisha pun berlangsung. Pengacara Fahri tidak dapat berbuat apa-apa karena ia belum memiliki bukti yang kuat untuk membebaskan kliennya dari segala tuduhan. Fahri pun harus mendekam di bui selama beberapa minggu. Tapi Maria sedang terkulai lemah tak berdaya. Aisha. keluarga Boutros sedang pergi berlibur. Noura menyesal atas perbuatan yang dilakukannya. Fahri dan Aisha memutuskan untuk berbulanmadu di sebuah apartemen cantik selama beberapa minggu. ia telah menjadi seorang mu’alaf. Alhasil. Maria dapat membuka matanya dan kemudian bersedia untuk memberikan kesaksian di persidangan. Luka hati karena cinta yang bertepuk sebelah tangan membuatnya jatuh sakit. Noura yang tengah hamil itu memberikan kesaksian bahwa janin yang dikandungnya adalah anak Fahri. Fahri berusaha konsisten dengan prinsip. Sepulang dari ‘bulanmadu’nya. Kebahagian Fahri dan Aisha tidak bertahan lama karena Fahri harus menjalani hukuman di penjara atas tuduhan pemerkosaan terhadap Noura. Aisha berharap. Noura teramat terluka saat Fahri memutuskan untuk menikah dengan Aisha. Dengan jiwa besar. Cinta . Satu-satunya saksi kunci yang dapat meloloskan Fahri dari fitnah kejam Noura adalah Maria. Maria sangat terpukul. Fahri pun terbebas dari tuduhan Noura. Aisha menganggap Maria sebagai adiknya. terungkaplah bahawa ayah dari bayi dalam kandungan Noura dalah Bahadur. Alhasil. Dan harapan Aisha menjadi kenyataan. Tidak ada yang menduga jika maut akhirnya merenggut Maria. Fahri pun menikahi Maria. Hal itu Fahri lakukan karena rasa cintanya pada Yang Maha Kuasa.

Ia lantas memfitnah Fahri dengan tuduhan yang kejam. RESENSI NOVEL AYAT-AYAT CINTA RESENSI NOVEL AYAT-AYAT CINTA Judul Buku : Ayat-Ayat Cinta Pengarang : Habiburrahman El-Shirazy Tebal buku : 411 Halaman Diresensi Oleh : Erna Pranata Putri Cerita : Berkisah tentang pemuda bernama Fahri bin Abdillah yang menimba ilmu di Al-Azhar. dan Nurul menginginkan Fahri menjadi suaminya. Dimana ia bertemu dengan Aisyah. rasanya aneh jika ada pria yang di”gilai” oleh empat orang wanita sekaligus. Beruntung sekali tokoh Fahri! Mungkinkah hal yang demikian ada dalam kehidupan nyata? Noura frustasi karena tidak mendapatkan cinta Fahri. Noura. Tidak akan berubah menjadi pisau yang dapat menusuk dari belakang. Memberikan contoh pada kita tentang sebuah pernikahan yang baik dan sesuai syariat Islam. Fahri yang menaruh hati pada Aisyah seorang wanita bercadar dan bermata indah. Mesir. KELEBIHAN • • • Ceritanya begitu menyentuh dan mengalir seakan pembaca mengalami berbagai problema yang melilit sang tokoh Penulis mengajak pembaca mendalami Islam dengan bahasanya yang menyejukkan Kisah-kisah hubungan antar manusia (kisah cinta) digambarkan secara menarik dan utuh tanpa harus terasa vulgar. Maria. Atas izin Allah Fahri dan Aisha bersatu di bawah payung cinta yang tulus mengharapkan ridhaNya.Fahri pada agama dan Sang Khalik menuntunnya pada cinta Aisha.Maria. dan Nurul. Baik Aisha. dan Aisyah pun juga mempunyai rasa yang sama terhadap Fahri.Noura. Benarkah ada seorang wanita yang seperti Noura dalam kehidupan nyata? Cinta tetaplah cinta. KEKURANGAN • • Seorang pria dicintai empat orang wanita. Mungkinkah? Jika dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. KEBERMANFAATAN • • • Merupakan media penyaluran dakwah kepada siapa saja yang ingin mengetahui lebih banyak tentang islam Dengan membaca novel ini kita dapat mengetahui geografi kota Mesir serta sosial budaya Timur Tengah tanpa harus pergi ke sana. .

Dalam kehidupan nyata hal ini mustahil terjadi. tidak akan sampai berminggu minggu. Tetapi Noura mengharap lebih dari itu sampai Noura menuduh fahri telah memperkosanya.yang hanya laki-laki biasa dan anak seorang petani digilai oleh empat orang wanita sekaligus. Hanya berempati saja. tetangga fahri di apartemen nya yang beragama Kristen koptik tetapi diam-diam menaruh hati pada fahri. Lalu siapakah yang akan menjadi pilihan hati Fahri? Kelebihan : 1. Resensi Novel: Ayat Ayat Cinta Detail Novel Judul: Ayat Ayat Cinta ISBN: 979-3604-02-6 Penulis: Habiburrahman El Shirazy Penerbit: Republika Terbit: Desember 2004 Isi: 419 halaman . Kalaupun sakit. Kebermanfaatan : 1. Kesannya Fahri digambarkan sebagai laki-laki yang hampir sempurna. Kisah cinta yang apik digambarkan secara menarik dan tidak terkesan vulgar Kekurangan : 1. tetangga sebelah apartemen Fahri yang selalu disiksa ayah nya sendiri yang membuat Fahri berempati padanya. tidak lebih. Sebagai media dakwah Islam bagi semua orang yang ingin mempelajari Islam lebih jauh. Noura. Sang tokoh utama Fahri. Sebenarnya Fahri menaruh hati pada Nurul tetapi karena minder Fahri enggan melamar wanita ini. Maria yang jatuh sakit berminggu-minggu karena ditolak cintanya oleh Fahri. Dan Nurul. 2. 2. Memberikan contoh pernikahan yang baik dalam Islam. Memberitahukan bahwa Islam tidak menganjurkan pacaran melainkan ta’aruf. 3. 2. Penulis mampu mengajak pembaca mendalami Islam dengan menggunakan bahasa yang indah. Tak bisa dipungkiri Fahri juga menaruh sedikit rasa kepada Maria. Dalam kehidupan nyata hal ini terlalu berlebihan. 3. Alur cerita yang ringan dan mudah dipahami pembaca.Maria. wanita manis yang juga menimba ilmu di Mesir bersama Fahri. Padahal Nurul juga menaruh hati pada Fahri.

semula saya hanya ingin menyimpan novel AAC beberapa hari di dalam kamar dan mengembalikannya kepada teman saya dengan membaca sekilas cerita AAC.. . karena saya fikir mungkin novel ayat-ayat cinta sama dengan novel-novel lainnya.. Diselingi oleh kisah-kisah hubungan antar manusia yang digambarkan secara menarik dan utuh tanpa harus terasa vulgar. Ceritanya begitu menyentuh dan mengalir seakan kita menjadi tokoh yang mengalami berbagai problema yang melilit sang tokoh. Salut bwt keunikan dari novel ini.Bila buku/novel yang bertema agama biasanya terkesan kaku dan menggurui. Islami. islami tapi realistis 19/12/07 21:40 Anonim menulis: pertama kali mendengar ayat-ayat cinta saya tidak tertarik sama sekali.. Digores oleh Endah pada pukul 16:03 Kategori: Buku / Novel. tetapi lihatlah Islam dari ajarannya.. saya mengiyakan...menjadi seseorang yang menghargai waktu. Fahri. Pkke karya selanjutnya qt tunggu. sang tokoh mengajak kita mendalami Islam dengan bahasanya yang menyejukkan dan mampu mengubah paradigma kita bahwa Islam janganlah dilihat dari orang atau negara Islamnya. Roman Hidup 3 komentar up2 menulis: the bezt bwt Kang Abik. saya di tawari oleh teman saya untuk membaca AAC. cobalah nikmati novel "Ayat Ayat Cinta" ini. mulai dari orang yang tidak menghargai waktu. Anda akan terkejut karena Anda tidak akan mampu melepas buku ini dari genggaman Anda. Dilatarbelakangi kota Cairo yang megah dan modern... AAC mengubah hidup saya... tetapi ketika membaca bab pertama saya merasa penasaran karena di novel ini di bubuhkan beberapa hal yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

terimakasih Ya ALLAH.Mengandung arti yang indah dalam cinta. ketika novel ini di film kan. menjadi memiliki keinginan untuk mengenal cerita-cerita novel..... Cinta memang ada di dunia ini hanya karena Allah semata.. 11/3/08 16:30 tatHa menulis: Subhanallah.."JADWAL ADALAH JANJI" Saya akan terus mengingat secarik tulisan dalam novel tersebut. melalui novel yang telah di tulis oleh kang abik saya dapat berubah menjadi orang yang lebih baik.. kang abik sukses ya.. membuat banyak orang yang pada dasarnya tidak suka dan tertarik pada novel.. terimakasih kang abik. 27/4/08 13:41 Tulis Komentar » RSS Feed untuk Poskan Komentar (Atom) þÿ Cari Web Situs ini Kategori • • • • Artikel / Berita (7) Buku / Novel (4) Cerita / Kisah (3) Database / Aplikasi (2) . AMIN.hanya jalannya bermacam-macam. semoga engkau selalu di berikan kemudahan dalam menjalankan sesuatu..cerita novel yang luar biasa....

..ini)  Mulai Posting Lagi.. o ► Juni (1)  Farrell 'Wisuda' TK o ► Mei (2)  Membuka File Konfigurasi (*..• • • • • • • • • • • • • • Diari (15) Ekspresi / Opini (14) Finansial (1) Islami (7) Jaringan / OS (10) Keluarga (11) Motivasi / Inspirasi (6) Olahraga (4) Potret / Momen (10) Roman Hidup (5) Sosok / Tokoh (5) Teknologi Informasi (12) Tips dan Trik (7) Umum... (14) Senarai Goresan • ► 2008 (7) o ► Oktober (1)  Minal Aidin Wal Faizin o ► September (1)  Ultah Feldy ke-3. o ► Februari (1)  Soeharto dan Pinochet o ► Januari (1)  Jangkrik ▼ 2007 (46) o ► Desember (1)  Baksos Kagama Sengata di Kenyamukan o ► November (1)  Bung Hatta dan Kisah Sepatu Bally o ► Oktober (1)  Mohon Ma'af Lahir & Batin o ► September (2)  2 Tahun Usia Feldy!  Berhala Kupu-Kupu... o ► Agustus (1)  Bekalilah Anak dengan Agama yang Kuat • .

...  Refleksi Perkembangan Dunia  Renungan Tragedi  Akhir Pekan ke-9 Tahun 2007  Teori Intranet (1): Apa itu Intranet? ► Februari (6)  Resensi Buku: Ahmadinejad!  Teori Intranet (0): Prakata  Sinopsis Buku: Enneagram of Parenting  Pantang Menyerah ► Januari (1) ....  Buku-Buku Baru..  Resensi Novel: Ayat Ayat Cinta  Duo Farrell & Feldy  Teori Intranet (2): Intranet dan E-mail  Mengembalikan Ikon "Safely Remove Hardware" pada T.Penulisan Data Angka  Tour de Mahakam  Teori Intranet (4.  Ayo Kibarkan Merah Putih!  Indonesia Menang!  Kenapa AS ingin Menyerang Iran?  SQL untuk Memilih Data Secara Acak ► Juni (3)  Farrell 'dah 5 tahun!  Teori Intranet (5): Aplikasi Intranet  Kunci Kebahagiaan ► Mei (5)  Makna Pekerjaan Anda  MS Excel 2002 .1): Manajemen Informasi  Pertemuan Kagama Sangatta ▼ Maret (13)  Ary Ginanjar Agustian: Sarjana Barat Keliru Pahami..o o o o o o o ► Juli (5)  Kalah Terhormat...2): Akses Informasi  Just In ► April (7)  Farrell 'Kartini'-an  Pengetahuan vs Kebijaksanaan  Parlemen Israel Najis  Tanding Futsal  Hebatnya Jepang!  Teori Intranet (4.  Teori Intranet (3): Intranet dan Groupware  Tips Menabung Efektif  Modifikasi Widget Link List Supaya Tampil Mendatar.

Pariwara ANTARA . Maranatha Gelar Kompetisi Robot Selebriti Baru di Twitter.0 Robot Edukasi dari Negeri Gajah Putih 'Pilih Robot.Berita Terkini • • • • • Aceh Tunggu Kado Akhir Tahun dari SBY Kejaksaan Agung Kembalikan Berkas Gayus Terkait Suap Si Seksi Cynthiara Alone Merambah Dunia Musik Pencabulan Nodai FFI Batam Airasia Ditawari Buka Rute Kuching-Jakarta detik@net • • • • • RoboBOX 3. Jangan Terpaku Merek' Maranatha Siap Bagi-bagi Ilmu Robot Uji Hasil Belajar. Seekor Kucing! Data Kunjungan & Sindikasi Dukung Mereka .

net endah[at]robbiesfamily..) » Endah Wulandari (. tepatnya di kota Sangatta.com . Alamat & kontak kami: Panorama E-153 Swarga Bara Sangatta 75611 +62 (549) 24534 robbie[at]robbiesfamily..com .net ..Universal Currency Converter Kerabat • • Donny Oktavian Syah Emil Harry Dewantara Tentang Kami Keluarga Robbie terdiri dari: » Robby Yoga Prakasya (.Com Oracle Technology Network Republika Online saft7.) » Muhammad Aydin Farrell (7) » Muhammad Feldy Saladin (4) Tinggal di pelosok pulau Kalimantan.Automotive Tips and Sharing Tabloid BOLA XE..Taut Referensi • • • • • • • Bisnis Indonesia Harian IlmuKomputer.

com/?robbiesfamily">Tampilkan <i>shoutbox</i></a> Dapatkan shoutbox @ ShoutMix! Kanal Musik .net penasaran? Papan Pesan <a href="http://www2.Galeri Foto robbiesfamily.shoutmix.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful