A. Dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara .

1.

Globalisasi adalah suatu perubahan social ,berupa bertambahnya dari keterkaitan di antara elemen-elemennya yang terjadi akibat perkembangan teknologi di bidang transformasi dan komunikasi yang menfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional .

2. Globalisasi sangat penting bagi Indonesia karena sering digambarkan sebagai sebuah gejala ekonomi , yang di tandai dengan munculnya banyak perusahaan multinasional ,yang beroperasi melintasi batas-batas wilayah Indonesia . 3. Semua bidang yang digerakkan oleh perkembangan informasi dan teknolagi komunikasi telah mampu meningkatkan kecepatan dan lingkup hubungan manusia di seluruh penjuru dunia .
4.

Arti penting globalisasi bagi Indonesia ,yaitu : dengan mengambil manfaat dari kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh bangsa atau negara lain ,dapat di terapkan di Indonesia , akan tetapi sesuatu modern tidak boleh menghilangkan nilai-nilai yang sudah berakar dalam diri bangsa Indonesia . Tanpa adanya globalisasi suatu Negara dapat juga maju dan berkembang ,contohnya : jepang .jepang sangat berkembang di dalam bidang otomotif dan juga dapat menguasai asia .

5.

ulet. Hukum globalisasi bagi Indonesia . salah satu cara negara mempersiapkan diri adalah membangun system pendidikan yang baik yang bertujuan untuk menciptakan SDM-SDM yang berprestasi . • Sikap warga indonesia terhadap globalisasi Warga Indonesia menyikapi globalisasi secara positif maupun negative . Bersikap bijaksana dengan membuka diri terhadap pengaruh globalisasi 2. Adapun sikap-sikap itu ialah : 1.dan setiap bangsa atau negara mau tidak mau harus masuk ke dunia yang global yang disebut dengan globalisasi .yaitu : 1. sedangkan sisi negatifnya adalah teknologi informasi dan komunikasi di jadikan sarana prasarana bagi pelaku dibidang kejahatan . kita harus tanggap dan peka terhadap sesuatu yang akan atau sedang terjadi . Apapun yang terjadi di Indonesia bias menimbulkan reaksi di dunia internasional . Apapun yang terjadi di dunia internasional bias memengaruhi Indonesia .tekun. Bersikap waspada dan antisipasif .• Sikap Indonesia terhadap globalisasi Globalisasi adalah sebuah realita . sisi positif nya adalah teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita mencari berbagai informasi yang kita butuhkan .artinya globalisasi tidak bias dihindari . 2.jujur dll .

3.dengan meneliti dan mengamati pengaruh suatu perubahan atau kebudayaan pada diri seseorang atau masyarakat untuk kemudian dijadikan pedoman di dalam menentukan tindakan dengan senantiasa mempertahankan jati diri bangsa . yaitu : liberalisme ekonomi ( kapatisme pasar bebas )yang berarti suatu system ekonomi yang mengatur proses produksi dan pendistribusian barang dan jasa . Mempertebal ideologi dan rasa nasionalisme bangsa melalui berbagai kegiatan yang sesuai . DAMPAK GLOBALISASI • Dampak globalisasi ekonomi Bagi negara berkembang . Bersikap selektif .yaitu dengan cara memilih yang baik dan membuang hal-hal yang berpengaruh negative . 4. • 3 ciri pokoknya adalah : . 6. sangat merugikan karena produknya tidak mampu bersaing dengan produk negara maju . Menjalankan nilai-nilai dan ajaran agama dengan benar . bagi masyarakat umum dapat mengikuti pola hidup yang konsumtif . Mempertahankannilai-nilai pergaulan sesuai dengan kepribadian bangsa 5. C . Mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dengan keimanan dan ketaqwaan . Sedangkan . • Dampak globalisasi di dukung oleh sebuah kekuatan yang luer biasa . 7.

• Dampak globalisasi social budaya Dampaknya dapat meningkatkan individualisme . Kesadaran akan perlunya jaminan perlindungan HAM 3.1. 2. • Dampak politik Dampak positifnya : 1. Menimbulkan pertentangan karena tidak semua masyarakat berpendidikan tinggi . . perubahan pola kerja dan pergeseran nilai kehidupan masyarakat . Perubahan system kepartaian yang dianut . 3.l Dampak negatifnya : 1. Modal yang di iventariskan ke dalam usaha menghasilkan laba . Barang dan jasa yang diperdagangkan bersifat kompetitif .pemilu d. Perubahan system ketatanegaraan . Sebagian besar sarana produksi dan distribusi milik individu . memunculkan partai baru 2.l.