BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Islam dibangun oleh 5 rukun atau tiang.

Rukun Islam yang kedua yaitu mendirikan shalat. Shalat merupakan sarana seorang hamba untuk berkomunikasi dengan sang Khalik yakni Allah SWT. Di dalam shalat terdapat syarat-syarat yang telah ditentukan. Adapun syarat-syarat tertentu yang dimaksud yakni rukun sholat, syarat wajib, syarat sah, sunnah dan hal-hal yang membatalkan shalat. Semua itu harus kita pahami agar shalat yang kita lakukan sesuai dengan syariat yang telah diatur oleh Islam. Perintah sholat hendaklah ditanamkan ke dalam hati dan jiwa kita sejak kecil sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:

Artinya : Perintahkanlah anak-anakmu mengerjakan sholat diwaktu usia mereka meningkat tujuh tahun dan pukullah (kalau enggan melakukan sholat) di waktu mereka meningkat usia sepuluh tahun )HR. Abu Dawud) B. Rumusan Masalah Apakah arti sholat itu? Sholat menurut AlQur’an adalah alat yang sesungguhnya untuk hati manusia agar dapat berhubungan dengan Allah. Sebagaimana dalam surat Al-Ankabut ayat 45 yang berbunyi :

                                                     

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan. Jika kita menjalankan shalat maka ibadah kita yang lain akan diterima oleh Allah SWT. maka ibadah kita yang lain tidak akan diterima oleh Allah.perbuatan) keji dan mungkar. walaupun penduduknya hanya 4 orang (HR. tetapi jika kita meninggalkan sholat. Artinya : Jum’ah itu wajib bagi tiap-tiap desa yang ada padanya seorang imam. (Surat Al-Ankabut : 45) Apakah sholat jum’at itu? Sholat Jum’at ialah sholat yang dilakukan bersama-sama pada hari Jum’at sebagai pengganti sholat dhuhur. Selain itu agar kita mengetahui syarat-syarat apa saja yang harus kita penuhi agar sholat kita sempurna dan diterima oleh Allah SWT serta kita dapat membaningkan antara sholat jamaah dan sholat sendirian ternyata lebih baik berjamaan karena pahalanya akan dilipatgandakan 27 derajat oleh Allah SWT. dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. Tabrani) C. dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Karena sholat merupakan ibadah yang sangat utama sekali. Yaitu Al kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. . Tujuan Agar kita mengetahui betapa pentingnya arti sholat dalam hidup kita.Artinya : “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu.

Barang siapa yang mengerjakan sholat maka telah mendirikan agama. Pengertian Sholat 1.BAB II PEMBAHASAN A. Sesungguhnya sholat adalah tiang agama. Sholat juga dapat menghindarkan kita dari perbuatan keji dan munkar. Shalat secara istilah berarti menghadapkan diri kepada Allah sebagai ibadah dengan perkataan yang dimulai dengan niat dan perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam sesuai dengan syarat-syarat tertentu. Oleh karena itu kita sebagai orang muslim harus menjalankan sholat 5 waktu karena hukumnya wajib dikerjakan dan apabila meninggalkan sholat maka kita akan mendapat dosa. Dengan melaksanakan sholat hati kita akan merasa tentram dan damai. dan barang siapa meninggalkan sholat maka telah merobohkan agama. hidup kita akan lebih terarah. Dalil yang Mewajibkan Sholat                 Artinya : . 2. Sholat merupakan rukun Islam yang ke-2 bukti keislaman seseorang adalah dengan menjalankan sholat. Pengertian Sholat Sholat secara bahasa artinya berdoa. Oleh karena itu marilah kita semua mendirikan sholat agar mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

7. 12. Rukun sholat ada 13 yaitu : 1. 10. 13.“Dan dirikanlah shalat. 9. Rukun Sholat Rukun sholat adalah segala sesuatu yang harus dikerjakan pada waktu melaksanakan sholat. (surat Al-Baqoroh : 43) B. 4. 8. C. 11. 2. tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'”. 5. 6. 3. Ketentuan-Ketentuan Sholat 1. Niat Takbirotul Ihram Berdiri jika mampu Membaca surat Al-Fatihah Rukuk dengan tumakninah I’tidal dengan tumakninah Sujud 2 kali dengan tumakninah Duduk antara 2 sujud dengan tumakninah Duduk tasyahud akhir dengan tumakninah Membaca tasyahud akhir Membaca Sholawat nabi pada tasyahud akhir Mengucap salam yang pertama Tertib 2. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful