BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Masalah Indonesia merupakan suatu negara yang memiliki latar belakang geografis yang terdiri dari kepulauan yang terpisah oleh luasnya lautan. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam jarak tempuh baik dekat maupun jauh, antar kota dan antar propinsi, dalam hal kebutuhan akan pelayanan jasa seperti pengiriman barang-barang, surat-surat, kabar berita, pengiriman uang untuk daerah yang sangat terpencil sekalipun memerlukan pelayanan jasa yang cepat, tepat dan terpercaya. Disini PT. Pos Indonesia Yogayakarta memiliki peranan penting sebagai suatu perusahaan ekspedisi skala nasional yang melayani jasa antaran barang antar kota dan antar propinsi yang memiliki cabang yang terletak di seluruh penjuru Indonesia, salah satunya adalah PT. Pos Indonesia Yogayakarta. PT. Pos Indonesia Yogayakarta sebagai salah satu fasilitator tertua di Indonesia yang masih bertahan sampai sekarang dengan semakin berkembangnya kemajuan tekhnologi dan persaingan yang ketat. Deskripsi dari keadaan yang idealnya terjadi saat ini dimana PT Pos Indonesia Yogayakarta merupakan faktor penting di dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Setelah mengalami beberapa kali era perubahan pemerintahan dengan berbagai kebijakan masing-masing, namun PT. Pos Indonesia Yogayakarta tetap mempertahankan peranannya sebagai perusahaan jasa milik negara yang melayani kebutuhan masyarakat sesuai dengan fungsi PT Pos Indonesia Yogayakarta itu sendiri. Ada hal yang menarik untuk di ketahui, bagaimana PT Pos Indonesia Yogayakarta dapat mempertahankan eksistensinya di dalam melayani masyarakat dan tidak terpengaruh dengan persaingan oleh kompetitor yang menawarkan pelayanan yang sama, bahkan lebih dari PT Pos Indonesia Yogayakarta itu sendiri. Pasti ada strategi kebijakan yang dimiliki oleh PT Pos Indonesia Yogayakarta sehingga menjadi pilihan utama masyarakat. Oleh

1

karena hal yang telah kami paparkan di atas menjadikan alasan bagi kami memilih PT. Pos Indonesia Yogayakarta sebagai objek penelitian. B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Bagaimana upaya PT Pos Yogyakarta untuk memepertahankan eksistensinya di era globalisasi? C. Tujuan Penelitian Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka dapat dirumuskan tujuan dari penelitian ini, yaitu : “Untuk mengetahui upaya PT Pos Yogyakarta untuk mempertahankan eksistensinya di era globalisasi”. D. 1. Manfaat Penelitian Bagi siswa a. Merupakan suatu wacana perluasan wawasan yang merupakan penerapan disiplin ilmu yang di dapat selama duduk di bangku SMA . b. Dapat menambah pengeetahuan siswa tentang keberadaan PT Pos di Yogyakarta, secara khusus dan peranan PT Pos bagi Indonesisa secara umumnya. c. Siswa dapat mengasah keahlian dalam observasi dan studi lapangan. d. Siswa dapat melatih interaksi dengan lingkungan dalam mengembangkan kemampuan untuk menganalisis masalah.

Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah :

2

3. 3 . Bagi pemerintah Sebagai bahan masukan dan evaluasi bagi pihak-pihak terkait supaya terus dapat meningkatkan kualitas pelayanan PT Pos di Yogyakarta.2. 4. Guru dapat menilai kemampuan siswa dalam melakukan observasi dan studi lapangan serta wawancara dengan masyarakat. Bagi guru a. Menjadi literature bagi guru dalam pengembangan penelitian yang akan datang. b. Bagi masyarakat Sebagai sumber informasi dan masukan untuk penelitian lebih lanjut.

PT. Dari sejarahnya kantor pos pertama yang di dirikan di Indonesia pada tanggal 26 Agustug tahun 1746 adalah di Batavia dan didirikan oleh Gubernur Jendral GW Baron. PT. administrasi pos seluruh dunia menjalin kerjasama jaringan internasional dalam penyelenggaraan layanan pos. Pos Indonesia tetap memiliki peranan penting dalam ekspedisi skala nasional dan internasional. Pos juga merupakan anggota organisasi Universal Pastal Union (UPU) yang merupakan organisasi pos dunia. pada tahun 1945. Setelah melewati beberapa decade dan perkembangannya yang berhubungan dengan kehidupan politik dan pemerintahan yang selalu mengalami pancaroba maka pada tahun 1906 berkembng menjadi Posts Telegraafend telefoon diensts. yang dapat dilihat dari jumlah cabang di seluruh Indonesia dan pelayanan prima yang diberikan terhadap masyrakat. Pos Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesat. Di tinjau dari sejarahnya PT. Indonesia mengalami perjuangan untuk membebaskan diri dari penjajahan dan akhirnya mendapatkan kemerdekaan 4 . Pos Indonesia PT. Upaya Menurut kamus lengkap bahasa Indonesia upaya adalah usaha atau syarat untuk menyampaikan suatu maksud.BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Walaupaun memiliki persaingan yang ketat dan bebas di era globalisasi ini. Upaya juga di artikan sebagai usaha untuk melakukan suatu hal atau kegiatan yang bertujuan. Pos Indonesia merupaka solusi handal dalam mail. PT. Melalui organisasi ini. logistic dan jasa keuangan denganm menggunakan jejaring bisnis dan infrastruktur terluas dan terpadu serta mengembangkan hubungan kolaboratif. B.

Pos Yogyakarta berlokasi di Malioboro. Pada tahun 1978 berdasarkan peraturan pemerintan No. dimana dalam Peraturan Pemerintah RI No 5 tahun 1995 tentang pengalihan bentuk perusahaan umum (perum) Pos dan Giro menjadi perusahaan (persero) ( Lembaran Negara RI tahun 1995 : No 11). PN Pos dan Telekomunikasi dibagi menjadi dua : PN Pos dan Giro berdasarkan peraturan pemerintah No. 30 tahun 1965. PT. SH No 117 tanggal 20 Juni 1995 tentang Pendirian Perusahaan Persero PT. Oleh karena itu tanggal tersebut diperingati sebagai nHari Bhakti Postel. Pos Indonesia sampai dengan decade sekarang. Pos Yogyakarta merupakan bangunan yang bersejaran dan masih bertahan dan tetap beropoerasional sampai dengan sekarang. 29 tahun 1965 dan PN Telekomunikasi berdasarkan peraturan pemerintah No. Anggaran dasar PT.Pada tanggal 27 September 1945 menjadi jawatan PTT Republik Indonesia yang ditandai dengan pengambilalihan kantor pusat PTT di Bandung oleh angkatan muda PTT dari pemerintahan Jepang. Pos Indonesia. Pos Indonesia ( persero) yang tercantum dalam Akta Notaris Sutjipto. 5 . Kantor PT. Dengan undang-undang No 1 1995 tentang perseroan. Pada tahun 1961 berdasarkan peraturan pemerintah No.SH No 89 tanggal 21 September 1998 dan No 111 tanggan tanggal 28 Oktober 1998. dan inilah yang menjadi dasar hukum pelaksanaan kerja PT. 9 1978 status PN Pos dan Giro berubah menjadi Perusahaan Umum (perum) Pos dan Giro. Dengan perkembangan dalam pemerintahan dan menimbang beberapa hal yang di anggap dapat meningkatan efektifitas kinerja maka pada tahun 1965. 240/1961 status jawatan PTT menjadi Perusahaan Negara (PN) Pos dan Telekomunikasi. Peiode pemerintahan yang mengalami perubahan struktur dan pemikiran untuk menjaga asset bangsa dan demi kepentingan Negara maka pada tanggal 20 Juni 1995 Perum Pos dan Giro mengalami perubahan yang signifikan berdasarkan aturan hukum yang jelas sehingga menjadi Persero. sebagaimana telah diubah dengan akta Notaris Sutjipto. Sebaga unit pelayanan ekspedisi namun juga menjadi asset untuk tujuan wisata.

6 . 1/1995. Pos Indonesia merasakan adanya kebutuhan serikat kerja dilingkungannya. PP tersebut menyatakan perlu adanya serikat pekerja di suatu BUMN ( state owned enterprise ) sebagai pengganti KORPRI. pasal 38 menyebutkan “ pegawai PERSERO merupakan pekerja PERSERO yang pengangkatan dan pemberhentian. 12/1998 tentang peraturan pelaksanaan perseroan terbatas yang merupakan peyunjuk pelaksanaan undang-undang No. hak serta kewajiban ditetapkan berdasarkan perjanjian kerja sesuai dengan perundang-undangan dibidang ketenagakerjaan” Dengan dasar tersebut maka PT. ketika itu pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah No.Struktur Organisasi Kantor Pos Serikat Pekerja Pos Indonesia A. kedudukan. Dasar Pendirian Serikat Pekerja Pos Indonesia Gagasan pendirian serikat pekerja khususnya dilingkungan BUMN telah ada sejak tahun 1998.

khususnya SPPI 3. Memberikan layanan yang prima kepada masyarakat pengguna jasa pos 5. Berhimpun pada bersatunya pekerja PT. independent. selalu. membela dan mempertahankan hak-hak serta kepentingan pekerja pada umumnya. Mensukseskan program-program organisasi dan perusahaan 3.B. demokratis. Pos Indonesia demi terwujudnya rasa kesetiakawanan serta solidaritas diantara sesama pekerja 2. apalagi dengan skala jaringan yang sangat luas dan dengan anggota yang 20. Terciptanya kehidupan dan penghidupan pekerja PT. Untuk memberi arah dan tujuan organisasi ini maka pada Rakernas yang diselenggarakan di Malang pada tanggal 16-19 Juli tahun 2001 maka disusun visi dan misi organisasi. syarat-syarat kerja dan kondisi kerja 4. serta memperjuangkan perbaikan nasib. Tujuan SPPI 1. kesatuan. Pos Indonesia yang layak sesuai dengan keadilan manusia yang adil dan beradab serta melindungi. tanggungjawab dan persamaan. Tercapai dan terjaminnya kesejahteraan karyawan dan keluarga. 1.000 orang lebih sudah pasti masalah koordinasi menjadi sangat penting dan strategis. Visi SPPI menjadi organisasi pekerja yang efektif dan profesional dalam memperjuangkan hak dan kepentingan anggota dalam tatanan kehidupan masyarakat pekerja nasional dan internasional dengan semangat solidaritas. Memperjuangkan hak dan kepentingan anggota 2. Memiliki kepedulian lingkungan terhadap masyarakat nasional dan internasional C. Misi SPPI. Visi dan Misi Sebagai suatu organisasi. Mewakili anggota di dalam hubungan bipartite da tripartite 4. Mantapnya hubungan industrian yang harmonis guna terwujudnya ketenangan kerja dan katenangan usaha demi meningkatakan 7 .

Melaporkan hasil pemeriksaan secara objektif. catalyst. jelas. menganalisis. mencari informasi pendahuluan tentang kegiatan atau objek yang akan diperiksa. Memonitor dan melakukan tindak lanjut (follow-up) untuk memastikan bahwa terhadap temuan pemeriksaan yang dilaporkan telah dilakukan tindakan yang tepat. singkat. Pos itu sendiri memiliki satuan pengawasan intern. namun berdasarkan aturan perundang. 8 . Satuan pengawasan intern juga memiliki strategi demi terciptanya hubungan kerja yang positif dan profesional. memberikan pelaporan secara lengkap. Mengembangkan sistem pengembangan pengawasan yang efektif dan dengan biaya yang wajar. Mendiskusikan berbagai kesimpulan dan rekomendasi dengat tingkat manajemen yang tepat 6. Pos tidak lah lepas begitu saja. Satuan Pengawasan Intern Di dalam menjalankan operasional fungsi PT. jumlah kopetensi personil yang diperlukan. Satuan pengawas intern merupakan penilai profesional bagi kepentingan manajemen dalam mencapai tujuan perusahaan.undangan. Dimana membantu manajemen melalui kegiatan penilaian aktifitas perusahaan yang objektif dan tidak memihak. yaitu : 1. 2. consultant. Mengorganisasikan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan 4. 3. Namun di dalam tubuh PT. menginterprestasikan dan membuktikan kebenaran informasi untuk mendukung hasil pemeriksaan dan mengajukan saran-saran perbaikan 5. competence dan colleague. konstruktif dan tepat waktu 7. Mengumpulkan. akurat dan tepat waktu sebagai informasi kepada manajemen serta mengoptimalkan peran compliance. Merencanakan pemeriksaan yang meliputi tujuan dan lingkup pemeriksaan.produktifitas menuju terwujudnya taraf hidup dan kesejahteraan karyawan serta keluarganya. D.

di kirim dalam jaringan internet dan data yang dikirim di cetak di pusat. fright forwarding yaitu pengiriman barang dari laut atau udara untuk tujuan perdagangan antarnegara. Mengidentifikasikan kebutuhan pengembangan SDM di internal auditor group 10. E. 9 .8. dilaksanakan secara rutin (tahunan) berdasarkan program kerja pengawasan tahunan (PLPT).Pos Indonesia PT. Trasporting atau memindahkan barang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Pos sebagai pelopor ekspedisi di Indonesia memiliki produk layanan inti yaitu : 1. Kedua. cepat pelayanannya dimana bisa diterima dalam waktu yang sama dengan waktu bisnis perusahaan. Pos selama ini memberi tiga layanan penting dalam bidang logistic. Layanan financial Layanan keuangan di mulau dari pengiriman uang sampai pembayaran. Surat menyurat (mail) Layanan surat menyurat konvensional mulai dari surat pribadi dan surat 2. Ketiga. Wesel pos prima. Menyelenggarakan administrasi dan dukungan umum internal auditor group 9. 3. Pertama. Wesel pos instant. Mengendalikan sumberdaya di internal auditor group Semua akan tercapai dengan dukungan kegiatan pemeriksaan rutin (RIKTIN). Pemeriksaan khusus juga dilakukan untuk mendalami atau mengklarifikasi sesuatu “permasalahan” atas perintah Direktur Utama. Menyusun rencana kerja dan anggaran di unit kerjanya 11. Logistic PT. Dengan layanan surat standard dan post express (jaringan tertentu dengan kota-kota yang bisa di jankau). warehousing atau pergudangan. Produk Pelayanan PT.

Pos mengalami kondisi turn around. Pos bahkan mendapatkan penghargaan sebagai tempat pembayaran pajak terbaik Nasional. Hal yang kedua adalah konsolidasi dimana PT. Hampir semua tagihan dapat di bayar di kantor pos. kredit rumah. Pos Indonesia juga melakukan peningkatan pelayanan. Dalam perwujudannya PT.pengiriman. teknologi informasi sangat diperlukan untuk menunjang segala aktifitas. Pos menekan pengeluaran untuk hal yang tidak terlalu penting dengan kata lain mengurangi variabel cost. dengan proses yang tidak lama dengan standar keamanan terjamin. G. PT. Dengan adanya teknologi sms atau email. maka PT. Termasuk dalam dunia ekspedisi pengiriman barang. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan nasib PT. Pos Indonesia yang notabene memilki bisnis inti dalam bidang layanan surat menyurat konvensional. Dalam sisi bisnis yaitu menetapkan mana yang bisnis inti dan mana yang bukan. telefon. Pos Indonesia Seiring kemajuan zaman dan kemajuan teknologi serta kebutuhan konsumen pemakai jasa pos semakin bertambah dan berkembang. tampaknya layanan surat menyurat konvensional mulai bergeser. dahulukan prioritas. PT. Pos Indonesia yaitu kostraksi dan konsolidasi. Pos merancang berbagai program smart sesuai kekuatan internal dan peluang eksternal. Wesel luar negeri. Ada dua hal yang dapat membantu PT. kredit motor. pembayaran pajak sampai pelayanan pembelian tiket kereta api dan pesawat terbang. dengan mengendalikan biaya. air. Ibarat sedang berlayar di depan ada pusaran air yang besar. Think first thing. jika berjalan seperti biasa jelas akan ditelan pusaran. Kontraksi artinya stop bleeding atau menghentikan pendarahan dalam tubuh perusahaan. Pos 10 . Perkembangan dan Inovasi PT. Dalam persaingan teknologi yang terus berkembang. memang PT. Revolusi teknologi informasi sedang menggiring manusia pada perubahan baru dan telah mewarnai hampir di segala aspek kehidupan manusia. dari tagihan listrik.

sekarang ini financial services menjadi bisnis inti PT. maka tidak ada lagi blangko yang di kirim. Hal ini karena PT. Jadi berbagai perkembangan dan kemajuan zaman PT. Karena tersebar dan tidak mungkin untuk mengup-date data setiap hari maka memamfaatkan internet dengan berbasis web. Sehingga dapat mengikuti segala perkembangan yang menghubungkan pusat dan cabang-cabang yang ada. Teknologi serupa di terpkan untuk pembayaran berbagai tagihan yang di layani PT. MPC merupakan perusahaan sentral pengolahan pos yang berfungsi sebagai pusat layanan jasa antaran paket. Sama dengan sistem realtime pada perbankan. Mail Processing Center Yogyakarta memiliki daerah operasional dan cabang sebanyak 25 kota di pulau Jawa. Bahkan sejak tahun 1990 sampai tahun 2010 PT. Pos Indonesia tidak ketinggalan kemajuan pelayanannya. Pos selalu berinteraksi dengan lingkungan. Pos tetap terdepan untuk mempertahankan keberadaannya. Pos Indonesia telah memiliki Mail Processing Center (MPC) di antaranya bertempat di Yogyakarta. Dengan adanya teknologi pelayanan jasa keuangan pos meningkat dan bukannya mati.Indonesia sebagai suatu perusahaan ekspedisi skala nasional yang melayani jasa antaran barang antar kota dan antar propinsi yang memiliki cabang yang terletak di seluruh penjuru Indonesia. Ini dinamakan wesel instan. Hal ini juga memberi kemudahan pada konsumen untuk melacak keberadaan barang yang di kirim. PT. Salah satu inovasi yang ada dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Pos dengan pertumbuhan terbesar. teknologi dan kebutuhan masyarakat pelayanan PT. Pos yang kini diberi nama System Online Payment Point (SOPP). dimana wesel pos dikim dan dapat diterima pada hari dan waktu yang sama. Pos Indonesia semakin baik didalam pelayanannya dan tidak mengalami kemunduran. Teknologi juga berdampak pada pelayanan financial. Dengan mengubah sistem manual menjadi digital. Apapun perubahan dalam struktur. Walaupun animo masyarakat terhadap pelayanan surat menyurat konvensional mengalami penurunan 11 .

Pos tersendat. Secara keseluruhan teknologi memang sempat membuat bisnis inti PT. Pos menjadikan teknologi sebagai pendukung potensi PT. D. sehingga sulit untuk disaring atau dikontrol. karangan dari Hardi Richki. c. Adapun konsep globalisasi menurut pendapat para ahli adalah : a. Namun dengan kejelian. Friedman 12 . Dimana masyarakat dapat menggunakan email melalui internet dan biaya murah sms melalui telefon selular. Eksistensi Eksistensi adalah sejauh mana keberadaan sesuatu agar tetap bertahan dari dulu hingga sekarang . b. Pos yang telah ada. . Dengan segala fenomena yang terjadi PT Pos Indonesia tetap dapat menyiasati permasalahan dan melakukan perubahan strategi serta lebih peka terhadap perubahan. Sumber informasi ini berasal dari buku yang berjudul system Ekspedisi paket sentral Pos Yogyakarta . PT. yang terjelma didalam kesadaran orang. Era Globalisasi Globalisasi merupakan suatu proses yang mencakup keseluruhan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batasbatas yang mengikat secara nyata.sejak tahun 2002 yang disebabkan kemajuan teknologi informasi. Thomas L. Emanuel Ritcher Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia. C. Malcom Waters Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting.

sehingga memunculkan kelompok spesialis diluar negeri dari pada dinegaranya sendiri. 13 . d. pembangunan sosial. Dampak Globalisasi Globalisasi telah menimbulkan dampak yang begitu besar dalam dimensi kehidupan manusia. cara bergaul. Lyman Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara-negara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan. dapat menimbulkan rasa simpati masyarakat namun bisa juga menimbulkan kesenjangan sosial. e. seperti meniru gaya punk. Terjadinya perubahan nilai-nilai sosial pada masyarakat. dan pergerakan wanita Proses Globalisasi Perkembangan yang paling menonjol dalam era globalisasi adalah globalisasi informasi. Sehingga terjadi dampak yang beragam terutama pada aspek sosial dampak positif nya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi mempermudah manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya. Leonor Briones Demokrasi bukan hanya dalam bidang perniagaan dan ekonomi namun juga mencakup globalisasi institusi-institusi demokratis. karena globalisasi merupakan proses internasionalisasi seluruh tatanan masyarakan modern. Princenton N. Dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas. sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia. Serta hal ini dapat dipicu dari adanya penunjang arus informasi global melalui siaran televise baik langsung maupun tidak langsung. demikian juga dalam bidang sosial seperti gaya hidup.Globlisasi memiliki dimensi ideology dan teknlogi. hak asasi manusia.

banyaknya nilai dan budaya masyarakat yang mengalami perubahan dengan cara meniru atau menerapkannya secara selektif. Selain itu juga timbulnya sifat ingin serba mudah dan gampang (instant) pada diri seseorang. terjadi perubahan ciri kehidupan masyarakat desa yang tadinya syarat dengan nilai-nilai gotong royong menjadi individual. 14 .Sedangkan dampak negatifnya. juga sudah banyak yang mengikuti nilai-nilai budaya luar yang dapat terjadi dehumanisasi yaitu derajat manusia nantinya tidak dihargai karena lebih banyak menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi. salah satu contoh dengan hadirnya modernisasi disegala bidang kehidupan. Pada sebagian masyarakat.

Menurut Neuman “ Descriptive research present a picture of the specific details of situation. Untuk memperoleh gambaran secara utuh. keterangan dan penjelasan data. Konsekuensi penelitin kualitatif teknik analisis data yang digunakan bukan lagi dengan teknik statistik tapi dengan non statistik/analisis prinsip logika. Berdasarkan tujuannya yang ingin menggambarkan proses maka penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian deskriptif. Dimana subjek penelitian langsung datang ke lokasi untuk melakukan pencarian data yang dibutuhkan. C.BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. B. “ ( penelitian deskriptif menampilkan gambaran situasi. Populasi dan Sampel Penelitian Pada penelitian ini yang merupakan populasi penelitian adalah PT. maka digunakan pendekatan kualitatif. Pos Indonesia. latar belakang sosial. Pos Indonesia cabang Yogyakarta. menurut Sudarsono (1988). atau hubungan yang lebih rinci ). Jenis Penelitian Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Dan yang menjadi sampel penelitian adalah PT. social setting or relantionship. Subjek dan Objek Penelitian 15 .angka sebagai perwujudan gejala yang diamati. namun subyek bekeja dengan informasi. pendekatan kualitatif adalah pendekatan dimana subyek tidak lagi bermain dengan angka .

Instrumen Penelitian Untuk membantu dalam proses pengumpulan data. maka kami menggunakan instrumen penelitian berupa : angket F. Waktu dan Tempat Penelitian 16 . digunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut : 1. Teknik Pengumpulan Data Untuk mempermudah pengambilan data dan penganalisaan. Survei Lapangan Tahap pertama yang dilakukan dalam survei adalah mendatangi lokasi yang diteliti. Sedangkan objek penelitian yang dipilih adalah PT.Pada penelitian ini siswa kelas XC SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta berperan sebagai subjek penelitian. yaitu PT. Pos Indonesia Yogayakarta. 3. D. Observasi Lapangan Observasi lapangan merupakan tahap ketiga yang dilakukan untuk memperkuat data yang telah diperoleh melalui survey maupun wawancara yang bertujuan untuk memberikan gambaran utuh dan menyeluruh mengenai objek penelitian. 2. E. Wawancara Kemudian tahap kedua yang dilakukan dalam adalah wawancara dengan mendatangi PT. Pos Indonesia Cabang Yogyakarta untuk mempermudah dalam pemetaan permasalahan penelitian.Pos Yogyakarta kemudian kami melakukan wawancara dengan bagian humasnya sehingga kami dapat memperoleh data secara lisan dan tulisan.

Sehingga segalanya bisa menjadi mudah walaupun pada saat itu masih menggunakan sistem manual dan memiliki banyak kendala. Peranan PT.1. Namun PT. Secara luas PT. Secara khususnya misi Pt. Pos Yogyakarta yang berlokasi di daerah Malioboro ini tetap berusaha memberikan layanan prima. Setiap kurun waktu PT. PT. logistic dan jasa keuangan dengan menggunakan jejaring bisnis dan infrastruktur terluas dan terpadu serta 17 . Pos di dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Waktu penelitian 2. Pos Indonesia Yogyakarta memiliki misi yang ingin menyediakan solusi handal dalam mail. Sejak dulu masyarakat sangat tergantung pada jasa pelayanan pos yang terhubung ke seluruh cabang di seluruh Indonesia. Pos Yogyakarta selalu melakukan inovasi yang bertujuan untuk memajukan dan meningkatkan kinerja PT. Sebagai pelopor jasa pengiriman surat atau barang yang terdepan setelah beberapa periode sejak pendiriannya. Pos Indonesia Cabang Yogyakarta yang di lakukan melalui wawancara dan observasi lapangan diperoleh data sebagai berikut : 1. Pos Indonesia Yogyakarta adalah menjadi pemimpin pasar perposan di Yoyakarta. Pos Indonesia Yogyakarta PT. 19 desember 2009 : Kantor PT. Pos Indonesia Cabang Yogyakarta BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Tempat penelitian : Sabtu. Hasil Penelitia Dari hasil penelitian kami di Kantor PT. Pos Indonesia Yogyakarta juga memiliki Visi dan misi ke depan. Pos Yogyakarta dalam beberapa decade telah memberikan kontribusi yang besar kepada masyarakat.

Pos Indonesia Yogyakarta memiliki visi yang jelas dan bertahap sebagai berikut : a. PT Pos Indonesia Yogyakarta di dalam keberhasilannya di dukung oleh banyak faktor. Para pekerja dilindungi hak dan kepentinganya dalam naungan Serikat Pekerja Pos Indonesia. PT. Lembaga ini menjaga agar hak dan kepentingan karyawan tidak diabaikan. Selain itu para pekerja dibina untuk membentuk kemandirian dan tanggungjawab dalam bekerja.mengembangkan hubungan kolaboratif. Mengelola bahan-bahan buku atau diklat ketenagakerjaan. Menyelenggarakan pelatihan dasar (basic training) tentang serikat pekerja f. c. khususnya untuk meninggkatkan sumber daya manusia di sektor postal. 2011-2013 Indonesia’s leader in the mail logistics and financial services c. yaitu: a. logistic dan financial services 18 . PT. Selain itu SPPI juga memiliki sasaran program kerja sehingga dapat memberikan kontribusi pada perusahaan. Pos juga memperhatikan kesejahteraan pekerja yang menjadi SDM penring dalam mencapai kesuksesan. Menata sistem penyelenggaraan pendidikan/pelatihan. Menggalakan dibentuknya perpustakaan dan media organisasi. seminarseminar dibidang ketenagakerjaan. Pendidikan dan peletihan SPPI harus tegas dan jelas penjenjangnya e. workshop. b. Pos Indonesia sadar betul bahwa para pekerja merupakan asset berharga yang harus di lindungi hak dan kepentingannya. Menggalakan pelatihan bidang advokasi (Advocacy training) Jadi jelas bahwa keberhasilan PT. 2014-2018 ASEAN Champion of postal industries Sehingga dapat memberikan layanan untuk nilai tambah dalam jasa perposan dengan demikian konsumen mendapat kepuasan maksimal. Dimana PT. 2009-2010 infrastructure b. intergrated mail. d. Pos Indonesia Yogyakarta tidak lepas dari profesionalitas para pekerja yang merasa puas atas kesejahteraannya yang terlindungi.

Satuan pengawasan interen ini menjadi penilai profesional bagi kepentingan menajemen dalam mencapai tujuan perusahaan. Karena secara operasional PT. yaitu: a. Pos Indonesia Yogyakarta tidak bisa melakukan kebijaksanaan yang dapat merugikan perusahaan. Pos Indonesia Yogyakarta secara profesional sangat kompeten karena memiliki satuan pengawasan intern. Pos Indonesia di awasi oleh sebuah badan pengawan intern. Pos Indonesia Yogyakarta Sebagai perusahaan pengiriman barang dan jasa ekspedisi yaitu sentral pengolahan Pos. memberikan pelaporan yang secara lengkap.Di dalam menjalankan operasinya PT. Ada bebrapa masalah yang di hadapi. 19 . PT. e. Namun keterbatasan karena luasnya cakupan operasi serta banyaknya konsumen yang menggunakan jasa tersebut. d. tuju. Perusahaan mengalami masalah yang berhubungan dengan pengolahan data yang tersebar di beberapa kantor cabang. b. akurat dan tepat waktu sebagai informasi kepada manajemen. maka perusahaan akan memiliki masalah yang berhubungan dengan data. c. Kesulitan konsumen untuk memperoleh informasi mengenai status Terjadinya keterlambatan pengiriman paket yang tidak sesuai Terjadinya kehilangan paket yang tidak jelas atau status hilangnya Terjadinya kesalahan pengiriman atau salahnya alamat yang di dengan waktu yang ditentukan dimana. Membantu manajemen dalam penilaian aktifitas perusahaan yang objektif dan tidak memihak. Pos Indonesia Yogyakarta dalam upaya peleyanannya memiliki masalah yang dihadapi terutama bagaimana bisa mempertahankan eksistensinya di era globalisasi yang berbasis internet dan persaingan pelayanan mutu. Sehingga PT. Di Yogyakarta terdapat Mail Processing Center yang merupakan perusahaan sentral pengolahan pos yang berfungsi sebagai layanan jasa antaran paket. 2. Masalah Yang Dihadapi PT. paket.

Pos Indonesia. kantor cabang akan dapat menginput data pengirim suatu paket yang akan masuk langsung ke database di kantor pusat. Dengan demikian persaingan di serahkan penuh ke mekanisme pasar. pelayanan pengiriman paket menggunakan teknologi berbasis web melalui internet dan jaringan telekomunikasi Ini juga menjadi dilema dalam mempertahankan 20 . Meningkatkan selular Dengan demikian akan mempermudah dalam pelayanan prima terhadap konsumen. Pos Indonesia kehilangan peran dalam beberapa hal. Namun hal ini memicu PT. Dapat meng up-date posisi paket-paket yang berada dalam armada tersebut. Selain itu PT. 2. karena hal ini tuntutan dalam mempertahankan eksistensinya. Dengan sistem ini. Hal ini dapat memberikan pelayanan langsung di antaranya : 1. PT. Pos Yogyakarta di dalam menghadapi permasalan yang terjadi : a. dengan undang-undang yang baru bahwa menghapus hak monopoli pelayanan pos yang selama ini di pegang oleh PT. Pos untuk terus maju dan berinovasi. Yaitu penurunan penggunaan jasa layanan surat menyurat konvensional terutama surat perseorangan. Pos sendiri menghadapi masalah intern yang berhubungan dengan kenyamanan pelanggan terhadap jasa pelayanan. 3. Strategi PT.f. Strategi yang dilakukan PT. Kantor cabang dapat menentukan paket apa saja yang dikirimkan dalan satu armada serta menentukan waktu tibanya di tempat tujuan. 3. Secara keseluruhan data dapat di up date setiap saat. Belum lagi menghadapi kemajuan teknologi. Pos Indonesia Yogyakarta Menghadapi berbagai kondisi persaingan bebas. Di mana hal ini yang dimanfaatkan oleh para pesaing untuk meningkatkan pelayanannya. eksistensinya.

Perusahaan dan konsumen dapat mengetahui berita yang up to date tentang perusahaan. mulai dari tagihan telefon. Perlu di ingat. Karena penerima akan langsung dapat mengambil pada waktu yang sama dengan waktu pengiriman. Konsumen dapat mengetahui daftar tarik yang harus dibayar sesuai dengan berat paket yang akan dikirim. Teknologi serupa di terapkan untuk pembayaran berbagai tagihan yang dilayani PT. Tidak ada lagi blangko yang di kirim. 21 . pembayaran pajak sampai dengan layanan pembelian tiket kereta api dan pesawat terbang. Pos memiliki service point paling banyak. kredit motor. Sistem yang digunakan sama dengan sistem realtime di bank. kredit rumah. blangko hanya untuk data entry ini di kenal dengan wesel pos instant. Sekarang hampir semua tagihan (billing) bisa dibayar di kantor pos. dimana kantor pos tersebar di seluruh wilayah nusantara sampai ke tingkat kecamatan bahkan ke pelosok perdesaan. Dengan memamfaatkan teknologi sehingga mengubah sistem dari manual ke digital. 5. 6. PT. Meningkatkan jasa pelayanan keuangan secara online Meliputi layanan keuangan (financial services)melai dari pengiriman uang sampai pembayaran ( payment point). Siapa saja dapat memberikan pesan singkat atau kritik serta saran yang akan diproses demi kemajuan perusahaan dan juga mengikat tali silaturrahmi antara perusahaan dan konsumen. 7.4. listrik. b. Ketersebaran tersebut telah di dukung dengan teknologi yang sekarang sudah online dan realtime menjadi keunggulan (advantage value) di mata konsumen. air. Konsumen dapat melacak dimana posisi paket yang mereka kirimkan pada saat tertentu. Pos kini di beri nama System Online Payment Point (SOPP). dulu orang mengirim wesel pos memakan waktu seminggu sampai dua minggu karena yang di kirim blangkonya.

TAHUN % 1999 6 2000 4 200 1 5 200 2 5 200 3 5 200 4 15 200 5 6 200 6 9 200 7 12 200 8 15 2009 18 Pada tahun 1999 sampai 2003 turun dari (6%) ke (5%) namun angka tersebut tidak berhenti pada titik tertentu dengan perkembangan kemajuan tekhnologi serta informasi kantor pos dapat mempertahankan serta meningkatkan eksistensinya di dalam pelayanan terhadap konsumen. wesel instant. Pos Indonesia Yogyakarta dapat dilihat perkembangan ke arah yang lebih baik. menutupi kekurangan dengan meningkatkan pelayanan dalam bidang yang lain. Membuka Post One PT. Strategi penekanan bisnis yang semakin tajam. Pos Indonesia Cabang Yogyakarta membuka post one di Ramai Mall. Mensosialisasikan ke setiap sekolah-sekolah dan pertemuan denagn aparat Pemda. Pos Indonesia Yogyakarta d. Ambarukmo Plaza. Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh PT. SOPP. seperti post express. Pos Indonesia Yogyakarta yang diuraikan di atas telah membuat PT. dari presentasi tersebut tampak bahwa pengunjung semakin meningkat.c. B. Bahkan sekarang teknologi mendukung potensi PT. Dengan persaingan bebas yang berbasis teknologi komunikasi. Pos yang telah ada. Berdasarkan data statistik konsumen penggunaan jasa PT. serta mensosialisasikan ke masyarakat. Pos Indnesia Yogyakarta bertahan bahkan meningkat kinerja pelayanan serta produktifitas di era globalisasi. Mencetak brosur tentang layanan pos. Pos Indonesia Yogyakarta mampu melewati tahapan tersebut dengan menyiasati segala kendala dan permasalahan. Pembahasan 22 . e. Hal ini dapat dilihat dengan angka presentasi yang meningkat pada tahun 2004 ( 15%) menjadi (18%) pada tahun 2009. PT. menginformasikan dan mempromosikan segala layanan PT.

5. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. maka dapat di buat beberapa kesimpulan. Mencetak brosur tentang layanan pos. PT. seperti post express. menginformasikan dan mempromosikan segala layanan PT. yaitu : 1. wesel Membuka Post One instant. Pos Yogyakarta dapat bangkit kembali dari masamasa sulitnya dengan memberikan pelayanan prima pada masyarakat dengan dukungan kemajuan teknologi informasi. Di mana PT. SOPP.Berdasarkan fakta yang terjadi maka dapat dinyatakan bahwa PT . 4. 2. 2. seperti : 1. selular. 3. Mensosialisasikan ke setiap sekolah-sekolah dan pertemuan Meningkatkan pelayanan pengiriman paket menggunakan teknologi berbasis web melalui internet dan jaringan telekomunikasi denagn aparat Pemda. PT. Pos Indonesia Yogyakarta. Meningkatkan jasa pelayanan keuangan secara online. Pos Indonesia Yogyakarta memiliki pelayanan prima yang yang menggunakan teknologi informasi komunikasi berbasis web sebagai salah 23 . Pos Yogyakarta mengalami kenaikan jumlah penguna ( konsumen) dari 15% di tahun 2004 menjadi 18% pada tahun 2009 dan tetap eksis di era globalisasi sekarang ini. KESIMPULAN Dari penelitian yang telah dilakukan terhadap PT. Pos Indonesia Yogyakarta merupakan salah satu perusahaan perusahaan ekspedisi skala nasional yang melayani jasa antaran barang antar kota dan antar propinsi yang memiliki cabang yang terletak di seluruh penjuru Indonesia. Pos Indonesia Yogyakarta.

(2009). halaman 3.. Pos”. PT. Dalam hal ini penulis ingin menyarankan: 1. Rineka Cipta. Kompas. PT. 16 September. 2. (2007). Pos Indonesia Yogyakarta diharapkan lebih mempererat hubungan sosial dengan masyarakat agar tidak terlupakan oleh masyarakat. Jakarta. 24 .pikiranrakyatbandung. Save M. Basuki. dengan keterbatasan yang dimiliki namun penulis ingin memberikan kontribusi yang maksimal. Pos Indonesia Yogyakarta diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan sehingga konsumen merasakan kepuasan yang maksimal. PT. B. SARAN Karena masih banyak kekurangan di dalam penelitian ini. diakses dari htttp:/www. PT. DAFTAR PUSTAKA Anonim. Dagun.satu upaya untuk dapat mempertahankan eksistensinya di era globalisasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai pendukung terhadap potensi yang telah ada. 3. Pos Pasti Berdampak Positif bagi Pt. Filsafat Eksistensialisme. Pos Indonesia Yogyakarta diharapkan dapat memberikan sosialisai yang jelas mengenai jasa atau pelayanan yang dimiikinya kepada seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai media yang ada. Pos Indonesia Siasati Kemajuan Teknologi.com pada tanggal 18 Februari 2007. 1990. “Undang-undang PT.

Jakarta : Balai Pustaka.blogspot.Hardi. Sistem Ekspedisi Paket Sentral Pos Yogyakarta PT. STMIK AMIKOM Purwodarminto. Pos Indonesia (Persero) Berbasis Web. Richki. http://sobatbaru. Yogyakarta: Jurusan Manajemen Informatika.15 WIB LAMPIRAN 1.com/2008/05/pengertian-globalisasi. Apa status hukum kantor Pos besar Yogyakarta dan apa dasar Hukumnya ? c. Kamus lengkap Bahasa Indonesia. Angket Daftar pertanyaan dalam angket a.html Diakses pada Sabtu. Bagaimana sejarah berdirinya kantor Pos Besar Yogyakrta ? b. (1984). 13 Februari 2010 jam 12. Bagaimana struktur organisasi/manajemen kantor Pos Besar Yogyakarta ? 25 . (2008). Skripsi S1.

d. Bagaimana upaya kantor Pos Besar Yogyakarta meningkatkan pelayanannya agar tetap eksis ? 2. Pelayanan Pos Expres 1 hari sampai 26 . Foto-foto Foto 1. Apa saja jenis pelayanan kantor Pos Besar Yogyakarta ? f. Apa visi dan misi dari kantor Pos Besar Yogyakrta ? e. Bagaimana perkembangan pelayanan kantor Pos Besar Yogyakarta sejak tahun 1900an sampai sekarang ? g.

 JUDUL  MENU  LATARBELAKANG ( KANTOR POS SECARA LUAS / UMUM )  RUMUSAN MSALAH  TUJUAN MASALAH  MANFAAT PENELITIAN 27 .Pos Indonesia Yogyakarta Yang harus di powerpointkan . Ruang berbagai loket pelayanan jasa di Kantor PT. Bangunan PT. Pos Indonesia Yogyakarta Foto 3..Foto 2.

TINJAUAN PUSTAKA   UPAYA ( PENGERTIANNYA ) PT POS ( PENGERTIAN NNYA BESERTA ISINYA EKSISTENSI ( PENGERTIANNYA ) ERA GLOBALISASI ( PENGERTIANNYA BESERTA JENIS PENELITIAN POPULASI DAN SAMPEL PENELITIAN SUBJEK DAN OBJEK PENELITIAN TEKHNIK PGMPULAN DATA WAKTU DAN TEMPAT PENELITIAN HASIL PENELITIAN SINGKAT PADAT DAN JELAS )   MANFAAT DI ERA GLOBALISASI )       28 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful