P. 1
KDK

KDK

|Views: 39|Likes:
Published by Edwin Jonathan

More info:

Published by: Edwin Jonathan on Feb 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/09/2012

pdf

text

original

A.

Latar Belakang Orlando
Orlando dilahirkan pada 1926,lulusan diploma pada medical college new york tahun 1947,memperoleh gelar B.S pada perawatan kesehatan publik, Di universitas st.joya,Ohns Brooklyn tahun 1951 dan memperoleh gelar M.A bidang konseling kesehatan mental pada Universitas New York tahun 1954.Setelah menyelesaika pendidikan terahirnya di New Haven Coneticut,selama 8 tahunan.Pada tahun 1958,ia menjadi asosiasi peneliti dan investigataor untuk proyek Negara mengenai kinsep kesehatan mental pada kurikulum dasar.setelah 3 tahun ia mencatatkan hadil penelitian dan ia menhabiskan waktu selama 4 tahun untuk menganalisa data yang diperolehnya pada penelitian tersebut,kemudian ia melaporkan pelaporkan penemuan tersebut pada buku pertama yang diluncurkan pada tahun 1958.Namun buku ini baru dipublikasikan 1961.Buku inilah yang menformulasikan teori dasar Orlando.Pada tanun 1962-1972 orlando berkerja sebagai kosultan bidang keperawatan klinik di rumah sakit Mc Lean Belmont.Dan ia memberikan hasil kerja laporanya selama 10 tahun dirumah sakit tersebut melalui buku ke 2-nya.Orlando memberikan beberapa kontribusi penting dalam teori dan praktek keperawatan.Mengenai proses keperawatan yang ia berikan meliputi beberapa kriterian antaralain : “memberikan konsep hubungan secara sistematik mengenai fenomena keperawatan”.Menspeksifikasi hubungan antar konsep keperawatan menjelaskan apa yang terjadi selama proses keperawatan dan mengapa hal itu terjadi.Mendeskrifsikan bagaimana fenomena keperawatan dapat dikontrol.Menjelaskan bagaimana mengontrol guna memprediksikan hasil dari keperawatan.

. Tanggung jawab seorang perawat dalam memenuhi kebutuhan pasien baik melalui usaha sendiri maupun menggunakan bantuan tenaga orang lain.B. Konsep Utama Dan Definisi Teori Orlando mendeskripsikan model keperawatannya sebagai pegembangan dari 5 faktor konsep yang berhubungan yaitu: 1.respon langsung yang diberikan oleh perawat 4.disiplin dari proses keperawatan 5.fungsi dai keperawatan yang professional 2.tingkah laku yang ditunjukan oleh pasien selama proses keperawatan 3.improfisasi dalam melakukan proses keperawatan Tanggung jawab dari seorang perawat meliputi “bagaimana menolong seorang pasien dengan memenuhi kebutuhannya” Misalnya:kenyamanan fisik dan mental yang harus diupayakan sedapat mungkin selama proses keperawatan berlangsung.

untuk berinteraksi dengan klien untuk memenuhi kebutuhan klien secepat mungkin serta reaksi perawat dan tindakan keperawatan yang dilakukan.Peranan Dalam Dunia Keperawatan Teori proses keperawatan Orlando dapat dikembangkan dan dipraktekkan secara langsung. • Tujuan keperawatan Orlando Untuk berespons terhadap perilaku klien dalam memenuhi kebutuhan klien dengan segera. • Pengalaman dan keterampilan Suatu pengetahuan diri. Asumsi Pokok Teori Orlando Asumsi dari hasil tulisan Orlando mencakup 4 bidang mengenai pandangan Orlando.asumsi mengenai situasi hubungan yang terjadi antara pasien dan perawat F. Pelatihan dari penerapan teori Orlando sangat berguna bagi perawat untuk mengontrol proses keperawatannya dan meningkatkan pekembangan dari reaksi seorang pasien. • Gambaran klien menurut orlando Suatu kebutuhan individu yang dipenuhi agar stress berkurang dan dapat mencapai sehat yang optimal. Setelah perawat melakukan kebutuhan klien mereka mendapatkan Dampak kebutuhan pada tingkat kesehatan klien dan akan bertindak Otomatis atau direncanakan untuk memenuhi kebutuhan yang pada Akhirnya untuk menurunkan tekanan atau stress yang dialami oleh klien.asumsi mengenai reaksi seorang perawat 4. D. .4 asumsi tersebut adalah: 1.asumsi mengenai keperawatan 2.Kegunaan dari seorang perawat adalah untuk memberikan bantuan apa saja dalam rangka memenuhi kebutuhan pasien untuk sembuh. dan merupakan hal penting untuk memahami Klien dan mengetahui masalah klien tersebut agar dapat sebisa mungkin Kita sebagai perawat membantu menyelesaikan masalah klien tersebut.asumsi mengenai kebutuhan pasien akan pertolongan 3.

Sedangkan keterampilan adalah • Pegertian Keperawatan Proses interpersonal proses pemberian bantuan untuk Memenuhi kebutuhan dengan menggunakan seni perawatan individu askep sebagai pengarahan orang untuk dapat mencintai .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->