P. 1
TINDAK PIDANA KORUPSI

TINDAK PIDANA KORUPSI

|Views: 330|Likes:
Published by Annas Tupank
Materi Kuliah PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
UNISI 2008/2009
Materi Kuliah PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
UNISI 2008/2009

More info:

Published by: Annas Tupank on Feb 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2013

pdf

text

original

Fenomena Korupsi

1.

2. 3.

Telah membudaya di berbagai sektor Orang tidak lagi merasa malu Uang korupsi kadang bisa mengatasi oknum aparat

Asas Praduga tak bersalah sesuai KUHAP masih banyak yang kurang memahaminya

Undang ± Undang yang berlaku di Malaysia 
Prevention

of Corruption Act 1961 ( act 57 )  Emergency (Essential Powers) Ordinance no: 22, 1970  Anti Corruption Agency Act 1982 ( act 271 )

Pemberantasan Korupsi di pelbagai Negara 
Malaysia  Thailand  Singapura  Hongkong  Korea

Selatan  Australia

Korupsi di Thailand
Korupsi di Thailand dituntut berdasarkan KUHP ( The Thai Penal Code 1956 ), dan UU anti korupsinya disebut Counter Corruption Act 1975. Thailand membatasiruang lingkup UU korupsinya meliputi pegawai negeri dan pejabat. Ancaman pidananya ada di dalam KUHP nya.

Ketentuan anti korupsi di Singapura hampir sama dengan yang di Malaysia, hanya diperluas sehinga korupsi dikalangan swasta dapat pula dituntut penjara.

Di Hongkong terdapat UU yang disebut Independente Commission Against Corruption, dikepalai oleh seorang Commissioner yang diangkat oleh Gubernur.

Pasal 27
Yang dimaksud dengan Tindak Pidana ang Korupsi yang sulit pembuktiannya , antara lain tindak pidana korupsi dibidang Perbankan, Perpajakan, Pasar Modal, Perdagangan dan Industri, Komoditi Berjangka, dan bidang Moneter dan Keuangan.

Pasal 2 ( 1 )
Yang dimaksud dengan secara melawan hukum mencakup perbuatan melawan hukum dalam arti formil maupun materiil, yakni meskipun perbuatan tersebut tidak diatur dalam peraturan perundangperundang-undangan, namun apabila perbuatan tersebut dianggap tercela karena tidak sesuai dengan rasa keadilan atau norma-norma normakehidupan sosial dalam masyarakat, maka perbuatan tersebut dapat dipidana.

Tindak Pidana Korupsi
1. 2. 3. 4.

Masalah Pembuktian Terbalik Penerobosan Rahasia Bank Peradilan in absentia Pembayaran Uang Pengganti

Masalah Pembuktian Terbalik
Dari Pasal 18 Undang Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi ( UUPTPK ), dapat disimpulkan bahwa : di Indonesia ( UUPTPK ) tidak dianut pembuktian terbalik karena tetap harus ada alat bukti seperti keterangan saksi. Menurut Undang Undang Anti Korupsi Malaysia ( Prevention of Corruption Act ) yang pada pasal 14 mengatakan bahwa semua pemberian ( hadiah ) dianggap suap sampai terdakwa dapat membuktikan uang itu bukan suap.

Penerobosan Rahasia Bank
Dengan izin Menteri Keuangan Bank wajib memperlihatkan surat surat Bank dan memberi keterangan kepada Bank tentang keadaan keuangan terdakwa. Keterangan itu wajib diberikan dalam jangka waktu 14 hari sejak tanggal penerimaan permintaan izin itu. Tetapi dalam prakteknya, izin tersebut sering terlambat keluar sehingga terdakwa sempat mengalihkan keuangan di Bank sebelum disita oleh penyidik.

SOLUSI   

Program kurikulum pendidikan diharapkan dapat dimasukkan dalam mata pelajaran di SD SMA Mata Kuliah Kewarganegaraan dijadikan mata kuliah wajib di seluruh Jurusan Fakultas Materi dakwah/ Khatib Jumat hendaknya menyampaikan tentang Pandangan Agama terhadap Korupsi, bahwa Korupsi itu HARAM

Perlakuan didalam penjara 
 

Tempatnya dianggap istimewa Keinginan Napi dapat terpenuhi apabila ia memiliki uang Bila ada Napi yang memiliki uang, maka ia dapat memperoleh fasilitas yang berbeda dari Napi yang lain

Kasus Korupsi dan Kendalanya  



Pelakunya rata-rata dominan rataberpendidikan tinggi Resiko sudah diperhitungkan sebelumnya Aparat penegak hukum harus lebih profesional

Di daerah Propinsi dan Kabupaten dan Kota, ada Perwakilan KPK

Korupsi dan Politik
Memang kedengarannya berbeda namun powernya kadang-kadang melampaui hukum, hasilnya warna abuabu

Peradilan in absentia
Sesuai dengan pasal 23 UUPTPK, terdakwa dapat diadili tanpa hadir. Seseorang yang telah meninggal dunia yang melakukan tindak pidana korupsi, maka hakim atas permintaan Penuntut Umum, dapat memutuskan perampasan barang barang yang telah disita.

Pembayaran Uang Pengganti
Pembayaran uang pengganti merupakan pidana tambahan. Menurut pasal 34 c yang mengatur tentang uang pengganti itu menyatakan bahwa cara penagihan uang pengganti berlaku ketentuan tentang pidana denda.

Beberapa persamaan antara UU Pencegahan Korupsi 1961 dan UUPTPK Indonesia 1971 : 
     

Keduanya mempunyai ketentuan hukum pidana materil dan formil Keduanya memuat ketentuan yang bermaksud melindungi informan Keduanya memberi wewenang Jaksa untuk memeriksa Bank Keduanya memperluas subjek ( pelaku ) yang meliputi pegawai negeri maupun pegawai swasta Keduanya menentukan percobaan dan permufakatan untuk melakukan korupsi Keduanya mengancam dengan pidana orang yang menghalangi penyidikan terhadap korupsi Keduanya mengancam pidana terhadap pegawai negeri yang menerima atau ditawari hadiah tanpa melaporkan kepada yang berwajib

Perbedaan UUPTPK dan UU Pencegahan Korupsi Malaysia :   

Tentang Pidana, menurut pasal 28 UUPTPK ancaman bagi koruptor ialah penjara seumur hidup dan / atau denda 30 juta rupiah ( Indonesia ), sedangkan di Malaysia menurut pasal 3 dan 4 ialah denda 10ribu ringgit atau penjara tidak lebih dari 5 tahun atau keduanya. Tentang Rumusan delik, semua rumusan delik di dalam UUPTPK Malaysia disusun sendiri, sedangkan di Indonesia sebagian besar rumusan delik diambil dari KUHP ( 13 pasal ), yang dibuat sendiri pembuat UU hanya 4 rumusan delik. Ruang Lingkup berlakunya UU, orang yang ikut serta membantu korupsi di luar negeri Malaysia dianggap delik korupsi.

Pasal 2 ( 2 )
Yang dimaksud dengan keadaan tertentu dimaksudkan sebagai pemberatan bagi pelaku tindak pidana korupsi apabila tindak pidana tersebut dilakukan pada waktu negara dalam keadaan bahaya sesuai dengan Undang-Undang Undangyang berlaku, pada waktu terjadi bencana alam nasional, sebagai pengulangan tindak pidana korupsi atau pada waktu negara dalam keadaan krisis ekonomi dan moneter.

Pasal 4
Pengembalian kerugian keuangan negara atau perekonomian negara, tidak menghapuskan pidana terhadap pelaku tindak pidana tersebut. Hal ini merupakan salah satu faktor yang meringankan.

Pasal 20 ( 1 )
Yang dimaksud dengan Pengurus adalah organ korporasi yang menjalankan kepengurusan korporasi yang bersangkutan sesuai dengan anggaran dasar, termasuk mereka yang dalam kenyataannya memiliki kewenangan dan ikut memutuskan kebijakan korporasi yang dapat dikualifikasikan sebagai tindak pidana korupsi.

Pasal 29 ( 4 )
Yang dimaksud dengan rekening simpanan adalah dana yang dipercayakan masyarakat kepada Bank berdasarkan perjanjian penyimpanan dana dalam bentuk giro, deposito, sertifikat deposito, tabungan, dan atau bentuk lain yang dipersamakan dengan itu, termasuk penitipan ( custodian ) dan penyimpanan barang atau surat berharga ( safe deposit box ). Rekening simpanan yang diblokir adlah termasuk bunga, deviden, bunga obligasi, atau keuntungan lain yang diperoleh dari simpanan tersebut.

Pasal 32 ( 1 )
Yang dimaksud dengan secara nyata telah ada kerugian keuangan negara adlah kerugian negara yang sudah dapat dihitung jumlahnya berdasarkan hasil temuan instansi yang berwenang atau akuntan publik yang ditunjuk.

Pasal 42 ( 1 )
Penghargaan kepada masyarakat yang berjasa alam mengungkap tindak pidana korupsi dengan disertai bukti-bukti buktidiberikan penghargaan baik berupa piagam maupun premi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->