P. 1
SDA Mineral dan Bahan Tambang di Indonesia Power Point

SDA Mineral dan Bahan Tambang di Indonesia Power Point

|Views: 4,685|Likes:
Kajian presentasi tugas ilmu lingkungan UNJ tentang sumber daya alam mineral dan bahan tambang di Indonesia
Kajian presentasi tugas ilmu lingkungan UNJ tentang sumber daya alam mineral dan bahan tambang di Indonesia

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Nur Fadli Hazhar Fachrial on Feb 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/16/2014

pdf

text

original

Dibuat Oleh : Mulsiani Nur Fadli H.

F Risky Nuri Amelia 7416100272 7416100274 7416100990

ySUMBER DAYA ALAM ADALAH SEMUA KEKAYAAN BERUPA BENDA MATI MAUPUN BENDA HIDUP YANG BERADA DI BUMI DAN DAPAT DIMANFAATKAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP MANUSIA.

y BERDASARKAN DAYA PAKAI DAN NILAI KONSUMTIFNYA, SUMBER DAYA ALAM INI DIBEDAKAN MENJADI DUA GOLONGAN BERIKUT: A. SUMBER DAYA ALAM YANG TIDAK CEPAT HABIS B. SUMBER DAYA ALAM YANG CEPAT HABIS

Jenis-jenis Barang Tambang
1. MENURUT SIFATNYA y BARANG TAMBANG PADAT, MISALNYA NIKEL, BATU BARA, BAUKSIT, DAN TEMBAGA. y BARANG TAMBANG CAIR, MISALNYA MINYAK BUMI. y BARANG TAMBANG GAS, MISALNYA GAS BUMI ATAU GAS ALAM.

2. MENURUT KEPENTINGANNYA * BARANG TAMBANG ENERGI, YAITU BARANG TAMBANG YANG DIPERLUKAN SEBAGAI SUMBER ENERGI. MISALNYA, MINYAK BUMI, BATU BARA, DAN GAS BUMI. *, BARANG TAMBANG INDUSTRI YAITU BARANG TAMBANG YANG MENJADI BAHAN DASAR UNTUK SUATU INDUSTRI. MISALNYA TEMBAGA, BAUKSIT, DAN KAOLIN.

SDA MINERAL/TAMBANG
y Batu bara y Minyak Bumi y Gas Alam

Pengertian umumnya adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Unsurunsur utamanya terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen.

‡Antrasit adalah kelas batu bara tertinggi,

dengan warna hitam berkilauan (luster) metalik, mengandung antara 86% - 98% unsur karbon (C) dengan kadar air kurang dari 8%. ‡Bituminus mengandung 68 - 86% unsur karbon (C) dan berkadar air 8-10% dari beratnya. Kelas batu bara yang paling banyak ditambang di Australia.

‡

bara yang sangat lunak yang mengandung air 35-75% dari beratnya. ‡ Gambut, berpori dan memiliki kadar air di atas 75% serta nilai kalori yang paling rendah.

‡ Lignit atau batu bara coklat adalah batu

Minyak bumi merupakan campuran berbagai macam zat organik, tetapi komponen pokoknya adalah hidrokarbon. Minyak bumi disebut juga minyak mineral karena diperoleh dalam bentuk campuran dengan mineral lain. Minyak bumi tidak dihasilkan dan didapat secara langsung dari hewan atau tumbuhan, melainkan dari fosil. Karena itu, minyak bumi dikatakan sebagai salah satu dari bahan bakar fosil

Gas alam dihasilkan dari sisa-sisa organisme yang diendapkan dalam batuan sedimen berbutir halus bersama dengan butir mineral batu-batu. Dapat terbentuk secara biogenik dan thermogenik.

Masyarakat pemakai batu bara baik untuk keperluan pembangkit listrik tenaga uap, bahan bakar industri semen, Briket batu bara dan sebagainya menyadari bahwa pemanfaatan batu bara mempunyai beberapa kelebihan yaitu:

y Adanya penekanan biaya karena harga persatuan energi yang dihasilkan batu bara lebih murah dibandingkan dengan bahan bakar lainnya.

Persediaan batu bara tersebar di seluruh dunia dan umumnya Negara-negara industri memiliki sumber daya alam tersebut.
y Diantara bahan bakar hidrocarbon,

batu bara menempati persediaan yang paling melimpah di dunia dan masih dapat diandalkan sebagai sumber energi hingga memasuki abad ke-22 nanti.

y Teknologi untuk pertambangan dan penggunaan batu bara sudah sangat dikuasai dan dapat diandalkan. y Bahan bakar batu bara dapat ditimbun maupun didistribusikan ke berbagai tempat dengan cara yang cukup mudah dan aman.

BERDASARKAN UU NO. 11 TAHUN 1967, BAHAN TAMBANG (MINERAL, DAPAT DIKELOMPOKKAN MENURUT PERANANNYA BAGI NEGARA, YAITU:

y Pertama, golongan bahan galian strategis untuk pertahanan keamanan dalam perekonomian negara (Golongan A) yang mencakup minyak bumi, gas bumi, batu bara, mineral radio aktif.

Kedua, golongan bahan galian yang penting untuk memenuhi hajat hidup orang banyak (Golongan B) yang terdiri dari emas, perak, tembaga, nikel, dan timah.
y Ketiga, golongan bahan galian yang tidak

termasuk golongan A atau golongan B (Golongan C) yang mempunyai sifat tidak memerlukan pemasaran secara internasional. Penambangan pada bahan tambang golongan C ini dapat dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan teknologi tinggi seperti bahan galian industri, batu gamping, batu andsit, pasir kuarsa, dan dolomit.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Mineral atau Barang Tambang
Usaha pertambangan dan galian dalam pembangunan Indonesia mempunyai peranan sebagai berikut: y Menambah pendapatan negara karena bahan tambang dapat diekspor ke luar negeri. y Memperluas lapangan kerja. y Memajukan bidang transportasi dan komunikasi. y Memajukan industri dalam negeri.

Solusi Mengatasi Kerusakan Lingkungan karena Pertambangan
y Mengembangkan sistem peralatan

berteknologi tinggi yang mampu menjinakan gas-gas seperti SOx dan NOx dalam gas buang yang dikeluarkan melalui cerobong. y Pembakaran batu bara dengan teknologi pembakaran terfluida atau fluidized bed combustion (FBC), teknologi pulverized coal combustion (PCC), dan teknologi pressurized fluidized bed combustion (PFBC) merendam secara drastis emisi gas-gas polutan seperti SOx dan Nox.

Reklamasi daerah bekas tambang.
y Melakukan pembersihan lokasi perairan yang

tercemar minyak bumi melalui biremediasi alamiah yaitu proses yang memberikan zat-zat hara pada lahan-lahan yang rusak. y Pada minyak bumi melakukan proses penenggelaman, dengan menambahkan serbuk halus pada permukaan minyak sehingga dapat menyerap minyak yang terapun di atas permukaan laut.

Prinsip Kegiatan Pertambangan
y Total Mining, dalam arti recovery

penambangan harus maksimal sehingga tidak ada cadangan yang tersisa sesuai dengan kemajuan tambang

y Pembukaan lahan dilakukan secara bertahap y Menerapkan tatacara penimbunan kembali

bekas tambang/back filling air proses (clossed circuit)

y Menerapkan sirkulasi tertutup air kerja dan y Segera melakukan reklamasi lahan bekas

tambang

20

KARAKTERISTIK KEGIATAN PERTAMBANGAN 
Berada di bawah tanah  Keterdapatan di muka bumi tidak dapat memilih tempat  Tahapan harus dilalui :
Penyelidikan Umum Eksplorasi Eksploitasi Pasca Tambang
$ +

Speculative Capital Investment

Operating Revenue / Profit

Guaranteed Reclamation Fund

Preliminary Exploration

Detailed Mine Production, Processing, Marketing, Sales Exploration Feasibility

Mine Site Rehabilitation

Avg. Time

8 yrs

4 yrs

2-5 yrs 5-10yrs

5 - 40 yrs 

Sumberdaya tak terbarukan (non renewable)  Padat modal dan teknologi  Dapat difungsikan sebagai penggerak pembangunan  Dapat memberikan efek ganda yang besar  Risiko finansial sangat besar
21

Mine Closure

ENERGI TAK TERBARUKAN: Bahan Bakar Fosil
SUMBER ENERGI KEUNTUNGAN MASALAH ‡ Pencemaran lingkungan akibat proses eksplorasi, ekstraksi & pemanfaatan (ingat: pemanasan global) ‡ Terpusat di beberapa bagian dunia konflik politis ‡ Di Indonesia: diperkirakan pasokan akan segera habis apabila tidak dikembangkan teknologi eksplorasi untuk mendapatkan sumber minyak baru

1. MINYAK BUMI
Berasal dari bahan mati organik yang ‡ Mudah diangkut/dipindahkan ‡ Energi netto* tinggi *energi netto adalah energi bersih yang dapat dimanfaatkan (=energi total sumber daya tsb. Dikurangi jumlah energi yang hilang atau digunakan untuk proses ekstraksi, pengolahan, pengangkutan dll.) hewan/tumbuhan selama jutaan tahun Mengandung hidrokarbon & unsur S, O, N

terdedah suhu & tekanan tinggi

Pengetahuan Lingkungan © 2004 Departemen Biologi ITB (dnc/rre)

Ilustrasi: Art Explosion® 1998, Newsweek 2002

ENERGI TAK TERBARUKAN: Bahan Bakar Fosil
SUMBER ENERGI 2. BATUBARA ‡ Bahan batuan; terkubur bakar rawa dengan padat purba seperti sisa yang & ‡ Berpotensi untuk diubah menjadi bentuk cair atau gas terbentuk dari

KEUNTUNGAN
‡ Terdapat dalam jumlah banyak ‡ Energi netto tinggi

MASALAH
‡ Merusak/mencemari lingkungan (melalui proses ekstraksi, pengolahan & pemanfaatan) ‡ Risiko tinggi bagi pekerja tambang ‡ Bahan bakar fosil yang paling µkotor¶ ‡ Pembakarannya sangat membahayakan kesehatan manusia

tumbuhan suhu tinggi.

tekanan

‡ Terutama mengandung karbon (40-98%) dan air, S.

3. GAS ALAM
‡ Campuran berbagai gas ‡ Cadangan lebih besar daripada minyak bumi & ‡ Mudah dipindahkan ‡ Energi netto tinggi ‡ Tidak banyak mencemari ‡ Dapat melepaskan senyawa toksik dalam proses pengolahan ‡ Perlu dicairkan untuk pengangkutan jarak jauh proses yang mahal & berbahaya ‡ Kebocoran pipa produksi hidrokarbon, mis. Metana 8-5 ‡ Terbentuk logam minyak) dimana suhu

tekanan tinggi atau katalisator memecahkan menjadi senyawa (mis. senyawa hidrokarbon kompleks

lingkungan

hidrokarbon sederhana
Pengetahuan Lingkungan © 2004 Departemen Biologi ITB (dnc/rre) Ilustrasi: Art Explosion® 1998, Newsweek 2002

Pertambangan Batubara Di Kalsel

Daerah Reklamasi
24

Siklus eksplorasi migas Indonesia

Keterdapatan Sumber Gas Alam

Cadangan Minyak Bumi Indonesia

Penyebaran sumber Batubara di Indonesia

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->