Pendahuluan

Menyandang predikat guru tak harus lulusan universitas jurusan keguruan atau yang sejenisnya. Namun dengan tekad luhur dalam berbagi ilmu, apapun bisa dilakukan siapa pun orangnya. Sebab pendidikan berlaku untuk semua orang. Kepedulian sesama dan kebangkitan menularkan kecerdasan mungkin menjadi ujung tombak dari pada menanti uluran tangan pemerintah. Seperti yang dilakukan oleh pemuda di Tangerang, Banten bernama Solihin. Dia mendirikan komunitas Anak Langit. Komunitas Anak Langit adalah lembaga swadaya masyarakat yang berkonsentrasi memberikan layanan pendidikan dan pembelajaran pada anak jalanan. Persinggungannya dengan anak jalanan semasa kuliah menanamkan rasa cinta dan kehendak berbagi ilmu kepada mereka yang kurang beruntung. Awalnya, diakui Solihin mengajak para anak jalanan ke meja belajar tidak semudah membalikan telapak tangan. Sebab ternyata anak-anak jalanan menjadi sumber penghidupan keluarga. Apalagi pandangan miring masyarakat tentang keberadaan anak-anak jalanan. Sebelum mulai belajar, anak-anak jalanan mendapat bimbingan agama yakni salat dan doa bersama. Hal ini dianggap penting sebagai jembatan pendidikan dasar bagi anak-anak. Selanjutnya Solihin mengajarkan berbagai pelajaran formal dibantu sukarelawan yang kebanyakan mahasiswa. Untuk biaya operasional, Solihin mendapat dari dermawan. Memang tak banyak. Namun bisa untuk makan sehari-hari dan menyekolahkan sejumlah anak didiknya ke sekolah formal. Saat ini, ada lebih dari lima anak lulusan sekolah Anak Langit yang sudah kembali ke masyarakat.

1|P ag e

1 Dari definisi tersebut terlihat ada 3 tujuan utama dalam pemberdayaan masyarakat yaitu mengembangkan kemampuan masyarakat.pemberdayaan. dan protecting. Kemampuan masyarakat yang dapat dikembangkan tentunya banyak sekali seperti kemampuan untuk berusaha. Sedangkan empowering. bertujuan untuk memperkuat potensi atau daya yang dimiliki oleh rakyat dengan menerapkan langkah-langkah nyata. Artikel Diakses Pada Tanggal 5 Januari 2011. Enabling maksudnya menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat untuk berkembang.wikipedia. Disini subyek merupakan motor penggerak. dan bukan penerima manfaat (bahasa Inggris: beneficiaries) atau obyek saja. kemampuan dalam pertanian dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. empowering. mengubah perilaku masyarakat. yakni dengan menampung berbagai masukan dan menyediakan prasarana dan sarana yang diperlukan. kemampuan untuk mengelola kegiatan. Protecting. Pemberdayaan: Enabling. dan mengorganisir diri masyarakat.Suatu usaha hanya berhasil dinilai sebagai "pemberdayaan masyarakat" apabila kelompok komunitas atau masyarakat tersebut menjadi agen pembangunan atau dikenal juga sebagai subyek.org/wiki/Pemberdayaan_masyarakat 2 Kartasasmita. sebagai µagen perubahan¶ dapat menerapkan kebijakan pemberdayaan masyarakat miskin dengan tiga arah tujuan.com/pembangunan/pemberdayaan-enabling-empowering-andprotecting.2 Pendekatan pemberdayaan pada intinya memberikan tekanan pada otonomi pengambilan keputusan dari suatu kelompok masyarakat yang berlandaskan pada sumberdaya pribadi. http://id. Pemberdayaan Masyarakat. Pemerintah. and Protecting.html#more-90 1 2|P ag e . artinya melindungi dan membela kepentingan masyarakat lemah. yaitu enabling. http://www.Komunitas Anak Langit Jl Akses Tanah Gocap. Artokel diakses pada tanggal 5 Januari 2011. kemampuan untuk mencari informasi. Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila warganya ikut berpartisipasi. Tangerang (021) 68124088-98809128 Latar Belakang Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Wikwpedia. Empowering.

com/pembangunan/pemberdayaan-enabling-empowering-andprotecting. http://www.com/pembangunan/pemberdayaan-enabling-empowering-andprotecting.its. and Protecting. Konsep ini berkembang dari upaya banyak ahli dan praktisi untuk mencari apa yang oleh Friedmann disebut sebagai alternative development.4 Dalam menyikapi persoalan kemiskinan di wilayah perkotaan. economic growth. Di sanalah dibutuhkan para pendamping yang bisa mengarahkan dan menjadi orang tua kedua.html#more-90 5 Burhanudin.id/id/?page_id=9 3|P ag e . jauh dari ganasnya kehidupan jalanan. Tidak sedikit sekarang penghuni anak langit yang sudah 3 Kartasasmita.langsung (melalui partisipasi) demokratis dan pembelajaran sosial melalui pengalaman langsung. Artokel diakses pada tanggal 5 Januari 2011. dalam proses pengukuhan lembaga komunitas sebagai representasi masyarakat yang akan berperan sebagai motor penggerak masyarakat dalam melakukan pengelolaan sampah berbasis komunitas di wilayahnya. orang tua sosiologis bagi mereka. Setidaknya mereka mempunyai tempat berteduh. dan KPJ Pandeglang. and Protecting.3 Konsep pemberdayaan masyarakat ini lebih luas hanya semata-mata memenuhi kebutuhan dasar (basic needs) atau menyediakan mekanisme untuk mencegah proses pemiskinan lebih lanjut (safety net). dan mengatasi persoalan secara bersama-sama. kegelisahan melihat anak-anak muda yang menyesaki jalanan. Pemberdayaan: Enabling. maraknya rumah singgah dan komunitas-komunitas pengamen di tiap kota ternyata memberikan dampak positif bagi anakanak jalanan. KPJ Rangkasbitung. http://www. KPJ Cilegon.pemberdayaan. yang menghendaki inclusive democracy.pemberdayaan. gender equality and intergenerational equity. KPJ Serang.dimsum.5 Profil Berawal di tahun 2005. Belakangan ini konsep tersebut dikembangkan sebagai upaya mencari alternatif terhadap konsep-konsep pertumbuhan di masa yang lalu. Artokel diakses pada tanggal 5 Januari 2011. Empowering.html#more-90 4 Kartasasmita. Artikel Diakses Pada Tanggal 5 Januari 2011. Pemberdayaan: Enabling.ac. Empowering.http://www. terbesit rasa tanggung jawab mengangkat dan membawa anak-anak itu ke arah yang lebih terang. Water and Sanitation. saling berbagi. Proses pengorganisasian masyarakat ini akan mengarah pada terbentuknya kader masyarakat yang kemudian bersama fasilitator mendorong peran aktif masyarakat. Seperti Komunitas Anak langit dan komunitas Muzaki kota Tangerang.

tidak ada atap dari genting. Mereka menyebut dirinya anak langit. Komunitas anak langit dibentuk bersama oleh beberapa orang dengan latar belakang yang berbeda. Anak-anak diajarkan pula berkreatifitas sesuai dengan imajinasi mereka. salah satunya adalah menjuarai kempo tingkat nasional. Lokasi anak langit terletak di pinggiran sungai Cisadane. Tak kalah. Mereka membentuk komunitas anak langit dengan maksud sebagai tempat untuk bermain dan belajar untuk anak-anak yang singgah di sini.mengenyam pendidikan formal. Mereka belajar mengenai sopan santun. acara sekelas Urban fest pun pernah dirasakan mereka. mendalami. mandiri. Tidak ada teras didepan rumah. dan membuat berbagai karya tangan di samping pendidikan formal. yang peduli dengan nasib anak jalanan. 4|P ag e . Anda sebaiknya merasakan. seluas hampir 1000 meter. Juga. Tak sedikit dari mereka yang menggoreskan kilau prestasi. Di bantaran sungai Cisadane. di Jl. bermain perkusi. mereka diharapkan menjadi pribadi yang terampil. Yang ada hanya dua buah saung dari bambu. Tempat ini dibangun dengan konsep yang ramah dan hijau. perpustakaan. Di sebuah tanah liar. Tempat anak langit terbuka selama 24 jam. bekerja keras. beratap jerami. musholla. Kelompok perkusi anak langit pun sudah malang melintang mengisi acara di Jabodetabek dan Bandung. Tapi sebelas orang. Ketika memasuki tempat ini. agama. keluarga yang terdiri dari ratusan kepala yang tetap mengangkat dagunya melawan kerasnya hari. keluarga anak langit. Dulunya tanah tersebut. melukis. dapur dan saungsaung. kreatif dan berakhlak mulia. hanya ditumbuhi ilalang setinggi hampir 5 meter. Anak-anak bebas melakukan apa saja sesuai dengan apa yang mereka inginkan asal perilaku mereka tetap dijaga. bahkan ada yang sampai merasakan bangku universitas. Di sini mereka dibimbing untuk mengembangkan potensi dan kreatifitas diri. Tanah Gotjap Tangerang. cerdas. rimbun. kemandirian dan beberapa pelajaran yang ada disekolah. Oleh karena itu. dan mengenal orang-orang yang ada didalamnya sebelum bertanya lebih banyak. Tidak ada bangunan dari tembok. menyulap tanah tidak terurus tadi menjadi dreamland. mereka memiliki satu visi untuk membentuk komunitas ini. berdiri tegak sebuah bangunan bercorak anyaman bambu. Beberapa ruangan yang dapat Anda temui adalah ruang belajar. dan dari sana tersembul sinar dari sebuah harapan. Namun.Tangerang. Anda langsung disambut dengan ramah. Pucuk masa depan pun tersingkap tahap demi tahap. Tidak ada kamar-kamar beserta tempat tidurnya. office. Tidak ada yang mau masuk kedalam.

Children of the street adalah anak-anak yang menghabiskan seluruh atau sebagian besar waktunya di jalanan dan tidak memiliki hubungan atau ia memutuskan hubungan dengan orangtua atau keluarganya. sarjana agama. ternyata dia S. Nah. Karena orangnya ceplas-ceplos n blakblakan. yaitu children on the street dan children of the street. harus siap-siap kena serangan jantung. tapi karena kesibukannya. Benar-benar tidak ada basa-basi. Kedua. terdapat dua kategori anak jalanan. Berdasarkan hubungan mereka dengan keluarga.Pulau impian bagi mereka. Dan diantaranya. ada yang menjadi PNS. Kesebelas orang tadi telah melakukan sebuah petualangan lebih dahsyat dibanding pembuat dreamland itu sendiri. Setelah sebelumnya membayangkan petualangan kesebelas penemu pulau tadi. bang Edi. ketika saya datang itu. Sembari berangan-angan juga disitu ada roller coaster sama rumah yang terbuat dari coklat. Fantasi tingkat tinggi . Berbicara dengan bang Edi. mantan anak jalanan. Ada dua kelompok anak jalanan dalam kategori ini. yang penampilannya ng-punk abis dengan muka yang sangar. serasa ada di dreamland gitu. sebenernya saya sendiri yang bikin seh. dan anak-anak yang melakukan kegiatan ekonomi dan tinggal di jalanan namun masih mempertahankan hubungan dengan keluarga dengan cara pulang baik berkala ataupun dengan jadwal yang tidak rutin. Jadi. seperti adegan film columbus yang menemukan benua Amerika. karena tanah tersebut. Namun pada perkembangannya ada penambahan kategori. anak-anak jalanan. seingga ia jarang ada di tempat. menemani saya ngobrol. Dan Children in the street atau children from the families of the street adalah anak-anak yang menghabiskan seluruh waktunya di jalanan yang berasal dari keluarga yang hidup atau tinggalnya juga di jalanan. uwak Husein. Sebutan dreamland. Pertama. Tangerang. yaitu children in the street atau sering disebut juga children from families of the street. berada di tengah kali Cisadane. namanya bang Mi¶ing. Banyak dari mereka yang harus berjuang keras untuk demi mendapatkan sekeping 5|P ag e . Tapi. baru tiga orang yang sudah saya temui. yaitu anak-anak yang tinggal bersama orangtuanya dan senantiasa pulang ke rumah setiap hari. Pengertian untuk children on the street adalah anak-anak yang mempunyai kegiatan ekonomi di jalanan yang masih memiliki hubungan dengan keluarga. juga aktivis.Ag. yang terakhir ketemu. tidak disangka. sangatnya tidak semua anak yang hidup layak. Program-Program Anak-anak adalah karunia Allah yang sangat mulia.

receh. tidak ada hambatan dan rintangan bagi mereka yang memiliki potensi dan ingin maju. Sebelum anak jalanan (anjal) masuk kesini. masing-masing sudah diketahui tingkatannya. itulah yang pertama kali diperintahkan Allah kepada nabi Muhammad SAW. fisika. tidak kurang terdapat 30 orang yang menuntut ilmu. Anak langit adalah sebuah organisasi no-profit yang bergerak dibidang pendidikan dan pelatihan untuk anak jalanan serta pemberdayaan masyarakat miskin. belajar di arena outdor dengan rileks dan tetap serius. ³Iqra!´ (Arab:baca). menulis. pola pengasuhan akan lebih mudah. agama. Akan tetapi. mereka lebih senang belajar dengan konsep dialog di tempat-tempat yang dekat dengan alam. berhitung. menulis. Aktivitas dan kreativitas mengalir bebas disini. anjal bisa share dengan relawan yang berprofesi sebagai psikolog. matematika. Belajar Mengajar Pendidikan merupakan hal yang paling mendasar bagi manusia untuk menjalani hidup ini. Bila. Dalam wadah rumah belajar anak langit ini. berhitung. menyablon. berkesenian. fisika. agama. belajar. sembahyang. Sangat disayangkan karena minat belajar anak-anak langit tinggi. Berbagai aktivitas secara rutin dan berkala diselenggarakan disini. terlebih dulu harus mengikuti psikohealing. bercocok tanam. Kebanyakan pengajar sukarelawan hanya bertahan beberapa kali mereka mengajar. matematika. bermain dan lain-lain. sampai memperbaiki mesin. Nanti di tempat tersebut. Dalam menjalani proses belajar-mengajar anak-anak dibiarkan menyatu dengan alam. dimana mereka bisa bermain sambil belajar. sebaiknya Anda mengenal anak-anaknya dan situasinya terlebih dahulu. Apabila Anda berminat menjadi pengajar sukrelawan di sini. dimana pendidikan merupakan hal yang paling mendasar bagi manusia untuk menjalani hidup ini. 6|P ag e . Mereka bukanlah anak-anak yang ingin belajar dengan duduk tenang dan dihadapkan dengan papan tulis layaknya di sekolahan. Ilmu yang mereka pelajari disini membaca. Agar dapat diketahui sampai di grade mana anjal ini berada. Tempatnya masih dekat dengan basecamp anak langit. Ilmu yang mereka pelajari disini membaca. beternak. hingga belajar keterampilan seperi menjahit. Tersirat makna yang dalam perintah tersebut. tidak kurang terdapat 30 orang yang menuntut ilmu. Dalam wadah rumah belajar anak langit ini. a. berketerampilan.

. Waktu saya datang. Kesenian Sekelompok pengamen jalanan yang tergabung dalam komunitas Anak Langit Tangerang beratraksi sambil bernyanyi di acara Pelatihan Pendampingan Musik Anak Jalanan Se-Banten. dll. mereka juga akan tumbuh menjadi dewasa dengan matang. Bang Mi¶ing saja sadar banget kalo dia tidak boleh mendikte seperti itu. t-shirt. Perasaan yang mencoba berada pada posisi orang tersebut. Semua itu. mungkin lebih mudah untuk menyesuaikan diri dan lebih memahami dunia mereka. Bukan memaksa mereka harus begini atau begitu. anakanak tidak boleh ada dijalan. malah diambil ortunya. tidak ada istilah masa anak-anaknya kurang atau masa kecil kurang bahagia. Karena. celana.Dalam membina anak-anak. Menyuruh. dia dan relawan lain hanya menjaga anjal berada pada jalan yang benar. para anjal langsung ngambil air wudhu. b. Paginya. Walaupun menurut saya sedikit µkasar¶ apalagi nada bicaranya yang kenceng. bang Mi¶ing lagi nungguin para anjal datang dari pasar. Itu sebabnya. terkadang uangnya bukan buat beli barang. Hal itu. mereka menamakan dirinya ³Namanya Sirkus Perkusi!´. nyemir sepatu. Ketika mereka tumbuh sewajarnya menghabiskan masa anak-anaknya dengan penuh. kita harus mengenal dunia mereka. beliau harus memutar otak untuk memahami anak-anak jalanan. Mereka juga semangat belajar ngaji. karena rasa empati dulu yang dimunculkan. Lain halnya dengan Ijah Faijah. tapi itulah gaya mereka bercanda. Jadi. disini tidak ribet dengan teori sih.´ tegas Mi¶ing. Bang Mi¶ing menegaskan. Contoh. Pendampingan Dalam pendampingan anak-anak jalanan.50. Maka. jika Edi dan Ugas berasal dari lingkungan yang sama dengan anak-anak yang diasuhnya. Mereka bercanda dengan lepas. Keakraban yang terjalin antara anjal dengan pengurus sangat hangat. Kelompok binaan komunitas anak 7|P ag e . ngamen. mereka disuruh balik lagi buat laporan dan ngasih bon.dan sekarang. mereka sudah dikasih uang buat beli baju. Anak-anak ya cuma harus menjadi anak-anak. setiap adzan berkumandang. yang menyita perhatian saya sepanjang ada disana. masing-masing Rp. khususnya agama. Ada yang beli jacket. ingin mengerti cara mengubah anjal. bila tidak begitu. c.000. yang mengharuskan anak begini atau begitu. ketika dua kali saya kesana.

Adapula Edi dan Abdi. perkusi dan alat musik lainnya dapat menghasilkan suara yang indah dan memainkannya secara atraktif. Wawancara Assalamualaikum. d. Hasil karya mereka bahkan ada yang sampai dijual ke Amerika. menjahit. Dimana mereka ikut pula meramaikan panggung kreatifitas anak langit. Ada beberapa nama yang aktif membina anak-anak di sini. Sehingga anak-anak dapat hidup mandiri dengan berbekal keahlian yang mereka miliki. lulusan ISI (Institut Seni Indonesia) Yogyakarta kerap kali menjadi pembimbing untuk anak-anak langit. Membuat barang-barang daur ulang menjadi karya seni adalah hobi mereka. Maka Tak Sayang«. kerajinan tangan dan melukis. siapa sebenarnya Mukafi Solihin akang Miing itu kepada kita semua? Mungkin sedikit profil usia. Sudah ada beberapa masyarakat yang pernah mengadakan bakti sosial. umur sekarang sudah 33 taon tapi lom nikah (sedih bgt «sumpah). kalo buat cari makannye ada usaha kecil-kecilan buka cucian motor di rumah. Kabar baek«kalo nanya Miing sape enaknye dinilai sendiri aje kali ya biar obyektif sekalian buat introspeksi aye ndiri. barang bekas. 8|P ag e . Agung. keluarga dan lainnya seperti pepatah bilang: Tak Kenal. Waalaikumsalam warahmatullah. ada beberapa anak langit yang berulang taun atau ada karya film indie dari anak langit yang ingin ditayangkan bersama. Contohnya. Panggung kreatifitas ini diisi apabila ada event tertentu. Misalnya. Kegiatan sehari-hari aye cuma kumpul sama temen-temen yang masih terpinggirkan sama sistem sehingga kepaksa berada di sudut-sudut jalan (di AnakLangit sama Rumah Singgah Daarul Aitam). Apa kabarnya Bang? Bisa ceritakan sedikit. Keterampilan Komunitas anak langit melatih keterampilan seperti menyablon. Alhamdulillah. kegiatan. dengan kecerdikan dan ketangkasannya. Mereka sering memamerkan karya-karya mereka di pameran seni. Anda pun dapat berkontribusi untuk anak-anak langit di sini. mahasiswa-mahasiswa dari UPH (universitas Pelita Harapan).langit ini memang sudah tidak asing lagi bagi para seniman. kalo nama aslinye Mukafi Solihin di panggil Miing ntu panggilan sayang dari orang di rumah.

).) sehingga tercerabut dari dunia mereka. red. keluarga. mungkin Sang Maha Aktif inilah yg menggerakan aye ke ruang dan waktu saat ini«. kalo buat aye sebenarnye manusia itu mahluk yang pasif. Adi Fatwadi.o ya skrg lagi niatin sungguh2 biar cepetan nikah sama biar kebeli motor ato klo kaga kebeli juga sepeda . Bambang Kurniawan aka. mempertemukan aye sama temen yang laen yang Alhamdulillah nye punya semangat yang sama dari obrolan-obrolan kecil akhirnye terbentuklah satu organisasi yg waktu itu bingung mau dikasih nama apa. cuma ruang dan waktu serta izin Allah aja sehingga bisa lebih banyak punya waktu buat itu. Lalu Sang Maha Mempertemukan. sohib kentel aye Edi Bonetski (biangnye Sirkus Perkusi).(semoga terhindar dari sikap riya dan ujub) 3. Bunda.. Mang Harun. Andri Kenduy. 9|P ag e . Maman. Bisa ceritakan apa yang mendorong Anda berbuat itu semua? Ngga juga kali ya. M. Uyus Setia Bakti. terutama anak-anak. Bisa diceritakan hal ikhwal yang mendorong lahirnya komunitas ini? Atas dasar apa dan siapa saja para foundernya? Awalnye mungkin ada sedikit kesamaan ide denga temen buat bikin hidup ini lebih berarti buat diri sendiri dan orang laen. lingkungan.kayanye kalo tentang aye segitu aja kali ya 2. Bengbeng. yang masih kecil-kecil yang dipaksa oleh keadaan (sistem. dikuatin sama seringnye aye kumpul-kumpul sama temen-temen di pinggir jalan ngeliat realitas sodara-sodara kita yang mungkin kurang bernasib baek kaya kite-kite. yang bikin kita aktif itu adalah Sang Maha Aktif. lalu ada seorang temen ngusulin buat ngasih nama ini organisasi Anak Langit yag kalo pengen tau filosofinye bisa di baca di sirohnye Weis Al Qorni. dan nambahin sedikit bahan bacaan buat adek-adek ane di Anak Langit sama di Rumah Singgah 4. Anda aktif di Komunitas Anak Langit di Tangerang ini. Saat ini kegiatan apa saja yang dilakukan? Kaya di sebutin di atas sama sedikit dikit nulis-nulis yang kaga penting buat nambahin wawasan.. Mukmin Kusnendar/Jhon (Master of Disaster). Anda sejak kami kenal selalu aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. M Hidayat. dsb. Pendiri-pendirinye : aye sendiri (Miing. Nazi (Achil).tapi belom punye motor juga jadi nyuciin motor org mulu trus apa lagi ya««««..

Apa aja yang dilakukan oleh Anak Langit ini? Yang sudah. Lagi nguatin kegiatan2 yang sudah ada kaya Sirkus Perkusi. biar kerja kreatif bisa tambah asyik. pengajian rutin. jadi siape aje yang pengen tahu soal kondisi sosial di Tangerang khususnye bisa datang ke Rumah Singgah. 8. jadi sebelum ke Anak Langit ada proses dulu di Rumah Singgah. memberikan ruang-ruang dan energi keislaman yang positif yang tidak terkesan menggurui dan menghakimi. 7. diskusi-diskusi asyik antar keluarga. Apa harapan ke depan untuk anak Indonesia ini? 10 | P a g e . kalo yang lagi dikerjain sih sekarang lagi nambahin bangunan buat ngelengkapin bangunan yang sudah ada. kita ngga mungkin ngelawan mereka dengan materi kita pasti kalah banyak. Kalo yang pengen di kerjain sih kita lagi terus usahain buat nularin virus-virus idealisme yang baik ke sodara2-sodare kita yang laen yang masih asyik sama dunianye sndiri« Doain smoga kami bisa tetep istiqomah dan dijaga dari sikap riya dan ujub serta selalu dikasih kemudahan «. Pernah ada informasi bahwa Anak Langit juga membantu membendung gerakan pemurtadan juga? Bisa sedikit diceritakan? Itu sebetulnye paket yang sudah pasti kalo kita beraktifitas di jalan. Recycle Activity. kemiskinan dan kemalasan adalah sasaran empuk buat orang-orang yang ingin murtadin kaum muslimin. sekalian juga buat tempat anak-anak yang laen yang baru dari jalanan and masih kuat aura jalannye tapi punye niat kuat buat berubah.) 6. kalo pake emosi begonye kita kelihatan banget. Yang paling asyik tuh kita sering silaturahmi. jadi kalo anak-anak yang di Rumah Singgah lebih atau masih gimana gitu dah. Lalu bagaimana dengan Rumah SInggah yang Anda kelola? Bisa diceritakan? Kalo Rumah Singgah saat ini sedang kami usahain buat jadi sebuah lembaga ilmiah yang menggarap persoalan-persoalan sosial.Amin (Amin Ya Rabb. berhusnudzon dengan teman-teman kita di jalan seburuk apapun kelakuan mereka. red. kalo bahasa pendeknye semacem saringan sebelom ke Anak Langit begitu.. penguatan-penguatan pembelajaran buat adik-adik. dan banyak lagi dah. jadi mau ngga mau ini adalah sebuah kewajiban yang kudu dikerjain dan kudu dilakukan dengan cara-cara yang elegan. sedang dan akan dilakukan? Yang sudah dilakukan biasanye kaga suka kita sebut-sebut.5.

Allah bakal ngejaga dirinye dan keluarga. biar Allah yg ngebayar kite. Bagaimana planning hidup Anda ke depan? Keluarga? Pekerjaan atau usaha? Planning ke depan sudah disebutin tadi. 10. lebih tawadhu. kalo hikmah banyak banget yang bisa diambil dimanapun kita. pengen punya motor. Masih sering ikut komunitas underground? Ada pendapat dengan komunitas ini? Ada nilai hikmah yang Anda ambil? Alhamdulillah. Maaf sebenarnya relawan seperti yang Anda lakukan apakah bisa menghidupi Anda? Ada solusi jika tidak? Satu yang kudu dicatet. 11 | P a g e . sikapi semua dengan jernih. yang penting bisa sabar sama ikhlas«. aye kagak mau ikut-ikutan mengkultuskan KPK dan bukan berarti pula aye ngebela yang laen. kalo kita ngeluarin sesuatu dengan ikhlas baik tenaga. Mungkin itu dulu. tinggal kitanye aje mau ngga ngasih ruang di hati dan otak biar hikmah tuh bisa keterima sama kita. pengen punya bini. Itu pasti. Nanti akan kita jumpa lagi di sesi mendatang yah.jangan minta dibayar sama manusia kalo di wilayah ini. 11. pikiran waktu atau materi. 9. jadi kalo sudah pada gede ngga kekanak-kanakan. Masih karena buat aye silaturahmi kaga boleh diputus. insya Allah Allah akan menggantinye walau terkadang dalam kondisi terburuk ada saja setan di hati. Ada pendapat dengan KPK ? Allah lagi menguji kite sebagai sebuah bangsa.Kami cuma pengen anak-anak Indonesia jadi anak-anak yang sesungguhnya. banyak dah pokonye. pengen bisa lebih sabar. 12. pengen ngeliat adik-adik aye di Anak Langit sama di Rumah Singgah bisa tersenyum dengan ikhlas. Alhamdulillah sampe saat ini aye masih bisa bertahan. berdo¶a semoga Allah menunjukan yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah. siapa-siapa orang yang menjaga agama Allah. usaha pengen nambah. jangan cepat menghakimi.

Threat :    Penggusuran lahan oleh Pemkot Tangerang Komunitas anak jalanan yang berbeda paham Peraturan daerah yang memberatkan anak jalanan Opportunity :  Menciptakan galeri. Bendahara: Adi Fatwadi Seni: Edi Bonetski Strenght :    Sukarelawan yang semangat dan mempunyai keahlian yang tinggi Solidaritas yang kuat diantara para anggota komunitas Memiliki jaringan dengan para aktivis LSM. menuju profesionalitas seni. 12 | P a g e .   Penyaluran bakat. Ketua: Mukafi Solihin Sekretaris: Uyus Setia Bakti. semua dilaksanakan secara bergotongroyong. sesuai keahlian yang dimiliki para anggota komunitas. Mengoptimalkan penampilan kesenian. hanya saja ada coordinator yang mengawasinya. Pengajaran: Bambang Kurniawan Analisis SWOT Weak :  Pendanaan yang tidak stabil. karena komunitas ini dibiayai oleh swadaya para sukarelawan dan hasil penjualan kerajinan tangan karya komunitas anak langit. mahasiswa dan masyarakat sipil yang siap membantu berbagai kegiatan komunitas anak langit. rentan terhadap banjir ketika air sunagi meluap  Bangunan yang semipermanen harus sering dirawat dan diperbaiki.Struktur Dalam organisasi ini tidak memiliki struktur yang baku.  Lahan basecampe yang merupakan tepian sungai. untuk menampung berbagai hasil keterampilan hasil kreasi anak langit.

Prinsip kekeluargaan terus dikedepankan agar solidaritas antar anggota terpelihara. oleh karena itu dalam mendidik diperlukan naluri yang mengerti keadaan mereka. maka siperlukan silabus yang baku. seperti suasana belajar harus diciptakan nuansa kekeluargaan yang kental. Mayoritas komunitas ini anak jalanan. pasal 32 ayat 1. unutk mengevaluasi dan pelatihan-pelatihan yang selama ini bejalan. Dalam kerjasama ini pemerintah fungsinya sebagai fasilitator dan pengawas yang menjamin telaksananya program-program di komunitas anak langit ini. Untuk menjaga eksistensi dalam bidang kesenian dan keterampilan. rileks. pengasuhan oleh orang yang mereka akui sebagai senior. bahwa pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran. Jikahal ini telah terlaksana. Melakukan mitra kerjasama dengan pemerintah kota Tangerang dalam membina anak jalanan dan masyarakat yang notabene warga kota Tangerang. waktu yang sesuai dengan pekerjaan mereka.´ oleh karena itu komunitas anak langit. sosial. sebab hal ini merupakan modal sosial yang besar bagi komunitas. emosional. ³Anak jalanan termasuk Mereka harus diberikan pendampingan. mental. seperti adanya mentoring dalam memonitor anak-anak yang dibina. Mereka bisa saja megikuti pendidikan model paket A. karena materi tidak konstan. dan atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. hingga C. maka tidak ada lagi kegusaran yang timbul dari para anggota komunitas akan penggusuran. mendampingi mereka dalam pendidikan formal dan informal.Strategi Komunitas anak langit yang merupakan pemberdayaan masyarakat miskin khususnya anak-anak dan remaja. agar para anggota komunitas tidak bosan dalam menjalankan rutinitas yang ada dan keahlian mereka meningkat. 20/2003 tentang system Pendidikan nasional. mereka tidak merasa dipaksa. Akan tetapi perlunya struktur yang jelas menjalankan prinsip kekeluargaan tersebut. Adanya pelatihan pendampingan anak jalanan ini sejalan dengan amanah UU No. Dengan menciptakan demikian. B. akan tetapi enjoy dalam belajar dan terpelihara semangatnya. karena kelainan fisik. merancang proses 13 | P a g e . Dengan demikian perlunya koordinasi yang intens dari para sukarelawan. dan gangguan dari satpol PP.

larut dalam kehidupan yang berpindah-pindah di jalan raya. Departemen Sosial RI mendefinisikan anak jalanan ³adalah anak yang sebagian besar waktunya untuk mencari nafkah atau berkeliaran di jalanan atau tempat-tempat umum´. 14 | P a g e .Penutup Istilah anak jalanan (anjal). Sesuai dengan pasal 27 ayat 1. Pemberdayaan terhadap mereka perlu dilaksanakan demi terciptakan masyarakat yang pancasilais dan religious. hak warga negara mendapatkan pekeraan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. bagi seagian orang dianggap tidak ³memanusiakan manusia´ atau bahkan malah semakin memarjinalkan mereka. Untuk memahami anak jalanan secara utuh. Ijah Faijah. yaitu : Street child are those who have abandoned their homes. school and immediate communities before they are sixteen years of age. Secara umum anak jalanan diartikan sebagai anak-anak yang mempunyai kegiatan ekonomi di jalanan. and have drifted into a nomadic street life (anak jalanan merupakan anak-anak berumur dibawah 16 tahun yang sudah melepaskan diri dari keluarga. sekolah dan lingkungan masyarakat terdekatnya. Serta sesuai dengan ajaran Islam sebagai agama yang menjunjung tinggi persaudaraan dan kemanusiaan. bahwa anak terlantar dan miskin dipellihara oleh negara dan pasal 27 ayat 2. kita harus mengetahui definisi anak jalanan. Sedangkan UNICEF memberikan batasan tersendiri tentang pengertian anak jalanan. lebih baik kita menyebut mereka dengan anak-anak nusantara atau anak-anak bangsa. Tapi tidak dapat kita pungkiri bahwa istilah anak jalanan sudah menjadi kosa kata tersendiri yang kita pahami dalam bahasa Indonesia. Agar tidak ada batas pembeda antara mereka dengan anak-anak yang lain yang bernasib lebih baik dari mereka.

Galeri 15 | P a g e .

16 | P a g e .

ac. http://id.its.com/pembangunan/pemberdayaanenabling-empowering-and-protecting. Water and Sanitation.wikipedia.http://www. http://www.pemberdayaan. Pemberdayaan: Enabling. Artikel Diakses Pada Tanggal 5 Januari 2011.org/wiki/Pemberdayaan_masyarakat 17 | P a g e .html#more-90 Wikipedia. Artikel Diakses Pada Tanggal 5 Januari 2011. Pemberdayaan Masyarakat.Daftar Pustaka Burhanudin. and Protecting. Artokel diakses pada tanggal 5 Januari 2011.id/id/?page_id=9 Kartasasmita.dimsum. Empowering.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful