A.

PENGERTIAN Pendidikan berkelanjutan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, hubungan antar manusia dan moral bidan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan/pelayanan dan standar yang telah di tentukan oleh konsil melalui pendidikan formal dan non formal

B. TUJUAN Pendidikan berkelanjutan bertujuan dan bermanfaat untuk institusi pelayanan, bidan itu sendiri, konsumen/ masyarakat yan menerima jasa pelayanan yang diberikan bidan atau institusi. Pendidikan berkelanjutan dilaksanakan untuk pemenuhan satandar performance bidan yang telah di tentukan. Dengan demikian tujuan pendidikan berkelanjutan adalah : 1. Pemenuhan standar Dalam hal ini standar kemampuan yang telah ditentukan oleh konsil kebidanan untuk dilakukan registrasi/ legislasi utnuk mendapatkan praktek bidan. 2. Meningkatkan produktivitas kerja Produktivitas kerja akan meningkat, kualitas dan kuantitasnya akan semakin baik,karena teknik dan skill bidan akan meningkat. 3. Meningkatkan pemahaman terhadap etika profesi Dengan meningkatkan pemahaman tentang etika profesi bidan akan memberikan pelayanan sesuia dengan keahlian dan keterampilan. 4. Meningkatkan karir Peningkatan karir akan semakin besar, karena keahlian keterampilan dan prestasi kerjanya akan semakin meningkat. 5. Meningkatkan kepemimpinan

6. hidupnya. 2. melalui peningkatan hubungan antar manusia. Definisi Operasional : 1. C. terdapat dalam organisasi STANDAR II : FALSAFAH Pendidikan berkelanjutan untuk bidan mempunyai falsafah yang selaras dengan falsafah organisasi profesi IBI yang terermin visi.Kepemimpinan bidan sebagai seorang menejer akan lebih baik. Bidan harus mengembangkan diri dan belajar sepanjang . kepuasan konsumen akan meningkat. Keberadaan pendidikan berkelanjutan bidan dalam organisasi profesi IBI. Pendidikan berkelanjutan untuk bidan. Pendidikan berkelanjutan merupakan kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan bidan . 3. motivasi kearah kerjasama vertikal dan horizontal serta semakin cakap dalam pengambilan keputusan. Meningkatkan kepuasan konsumen Dengan lebih baiknya mutu pelayanan bidan. misi dan tujuan. Pengurus Daerah (PDIBI)dan Pengurus Cabang (PC -IBI) Definisi Operasional : 1. profesi IBI. Melalui penelitian dalam Pendidikan Berkelanjutan akan memperkaya Body of Knowledge ilmu kebidanan. disahkan oleh PP-IBI/PD-IBI/PC-IBI. STANDAR PENDIDIKAN BERKELANJUTAN BIDAN STANDAR I: ORGANISASI Penyelenggaraan Pendidikan Berkelanjutan Bidan berada di bawah organisasi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) pada tingkat Pengurus Pusat (PP-IBI). 2.

melaksanakan / mengelola pendidikan berkelanjutan. Definisi Operasional : 1. Definisi Operasional : 1. Program Pendidikan Berkelanjutan bidan berdasarkan hasil pengkajian Ada program yang sesuai dengan hasil pengkajian kelayakan. Tersedia fasilitas pembelajaran yang terakreditasi Tersedia fasilitas pembelajaran sesuai perkembangan ilmu dan tehnologi. Definisi Operasional : 1. . 2. STANDAR IV : PROGRAM PENDIDIKAN dan PELATIHAN Pendidikan berkelanjutan bidan memiliki program pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan dan pengembangan. di buktikan dengan adanya sertifikat. Program tersebut disahkan/ terakreditasi organisasi IBI (PP/PD/PC).STANDAR III : SUMBER DAYA PENDIDIKAN Pendidikan berkelanjutan untuk bidan mempunyai sumber daya manusia. 2. finansial dan material untuk memperlancar proses pendidikan berkelanjutan. 2. yang kelayakan. Memiliki sumber daya manusia yang memenuhi kualifikasi dan mampu Ada sumber finansial yang menjamin terselenggaranya program. STANDAR V : FASILITAS Pendidikan berkelanjutan bidan memiliki fasilitas pembelajaran yang sesuai dengan standar. 3.

pelatihan dan pengembangan Ada penilaian mutu pendidikan. Ada umpan balik tentang penilaian mutu. 5. Definisi Operasional : 1. pelatihan dan pengembangan. Ada tindak lanjut dari penilaian mutu. 2. STANDAR VII : PENGENDALIAN MUTU Pendidika berkelanjutan bidan melaksanakan pengendalian mutu pendidikan. Ada penilaian mutu proses pendidikan. pelatihan dan pengembangan. . pelatihan dan pengembangan. 3. Ada dokumentasi pelaksanaan pendidikan. Ada program peningkatan mutu pendidikan. 4. Ada laporan pelaksanaan pendidikan. pelatihan dan pengembangan. Ada rencana tindak lanjut yang jelas. Ada laporan evaluasi pendidikan. 3. 2. 4. pelatihan dan pengembangan.STANDAR VI: DOKUMEN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN Pendidikan berkelanjutan dan pengembangan bidan perlu pendokumentasian Definisi Operasional : 1. pelatihan dan pengembangan.

. 2008. Keb dkk. 2006. Jakarta: PP IBI . Yogyakarta: Mitra Cendikia Sofyan. Catatan Kuliah Konsep Kebidanan Plus Materi Bidan Delima. Mustika dkk.DAFTAR PUSTAKA Hidayat. M. Asri. SiT. 50 Tahun IBI Bidan Menyongsong Masa Depan cetakan ke VII. S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful