RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR

: MAN 2 MADIUN : MATEMATIKA : XII/IPA/ 2 : 2010/2011 : Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah : 1. Menggambarkan grafik dan menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen dan fungsi logaritma. 2. Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen dan fungsi logaritma dalam penyelesaian persamaan eksponen dan logaritma. 3. Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen atau logaritma dalam penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma. : 1. Menggambar grafik fungsi eksponen 2. Menggambar grafik fungsi logaritma 3. Menentukan penyelesaian persaman eksponen 4. Menentukan penyelesaian persaman logaritma. 5. Menentukan penyelesaian pertidaksaman eksponen. 6. Menentukan penyelesaian pertidaksaman logaritma : 6 x 45 menit

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

A. TUJUAN PEMBELAJARAN: Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat : Tatap Muka : Tatap Muka (1) • Mendiskusikan dan menghitung nilai fungsi eksponen dan logaritma Tatap Muka (2) • Menyelidiki sifat-sifat grafik fungsi eksponen dan logaritma Tatap Muka (3) • Mengidentitfikasi syarat dari pertidaksamaan eksponen dan logaritma • Melakukan operasi aljabar untuk menyelesaikan pertidaksamaan logaritma Penugasan Terstruktur : Penugasan Terstruktur (1) • Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen dan logritma untuk menyelesaikan masalah Penugasan Terstruktur (2) • Menyelesaiakan soal grafik fungsi eksponen dan logaritma Penugasan Terstruktur (3) • Menggunakan sifat-sifat fungsi logaritma untuk menyelesaikan masalah pertidaksamaan eksponen dan logaritma Tugas Mandiri Tidak Tersruktur : TMTT (1) • Membahas ulang arti eksponen dan logaritma dan syaratnya TMTT (2) • Membuat tabel niali fungsi eksponen dan logaritma • Menggambar sketsa grafik fungsi eksponen dan logaritma TMTT (3) • Mencari informasi tentang materi dan latihan soal-soal eksponen dan logaritma di internet.

1

Sekarang. Grafik Fungsi Eksponen dan Fungsi Logaritma dengan Bilangan Pokok a > 1 Fungsi eksponen dan fungsi logaritma adalah dua fungsi yang saling invers. Grafik Fungsi Eksponen dan Fungsi Logaritma dengan Bilangan Pokok 0 > a > 1. yaitu g(x) =1/2logx dalam satu sumbu koordinat. yaitu terlebih dahulu gambarkan grafik fungsi eksponennya. Gambarnya adalah sebagai berikut: 2 . Gambar di bawah ini adalah gambar grafik fungsi eksponen f(x) = 2x dan grafik fungsi logaritma g(x) = 2log x Dari grafik tersebut. coba gambar grafik fungsi f(x)= ( ½ )x dan inversnya. cerminkan terhadap garis y = x untuk mendapatkan inversnya. yaitu fungsi logaritma. dapat menggunakan prinsip yang sama seperti pada bilangan pokok a>1. MATERI PEMBELAJARAN: 1. Kemudian. diperoleh: Sifat-sifat ini berlaku juga untuk setiap fungsi eksponen f(x) = ax dan fungsi logaritma g(x) = a log x dengan a > 1. b. Untuk menggambar grafik fungsi eksponen dan fungsi logaritma dengan bilangan pokok 0>a>1. Grafik Fungsi Eksponen dan Logaritma a.A.

asalkan g(x) dan h(x) keduanya genap atau keduanya ganjil 3 . maka f(x) = m b. 2. Macam-macam bentuk persamaan eksponen dan penyelesaiannya. a > 1. • g(x) = h(x) • f(x) = 1 • f(x) = 0. maka penyelesaiannya adalah sebagai berikut. f(x)g(x) = f(x)h(x) Jika f(x)g(x) = f(x)h(x) . b ≠ 0.Dari gambar tersebut.a > 1 dan a ≠ 1. maka sifat-sifat fungsi eksponen adalah sebagai berikut. maka f(x) = g(x) c. a ≠ 0. maka f(x) = 0 d. Jika a. a ≠ 0. dan a ≠ b. a. diperoleh kesimpulan seperti berikut: Sifat-sifat ini berlaku juga untuk setiap fungsi eksponen f(x)= ( ½ )x dan inversnya. af(x)=bf(x) a ≠ b Jika af(x) = bf(x). m dan n bilangan rasional. af(x)=am Jika af(x)=am dan a ≠ 1. b > 1. Persamaan Eksponen Sifat-sifat Fungsi Eksponen. af(x)=ag(x) Jika af(x)=ag(x) . yaitu g(x) =1/2logx dengan 0 > a > 1. asalkan g(x) dan h(x) keduanya positif • f(x) = – 1 .b ∈ R.

Dari pemisalan ini. •log x + log(2x+1) =1 merupakan persamaan logaritma yang numerusnya memuat variabel x. Sifat-sifat ini berguna untuk menyelesaikan pertidaksamaan eksponen. Ada beberapa bentuk persamaan logaritma ini. Perhatikan contoh berikut ini. Artinya. fungsi f(x) = ax merupakan fungsi naik. a ≠ b. substitusi kembali pada pemisalan y = af(x). sehingga diperoleh nilai x. Artinya. A ≠ 0 Terlebih dahulu. di antaranya: a.alog f(x) = blog f(x) Jika alog f(x) = blog f(x). untuk setiap x1. untuk setiap x1. A.e. A(af(x))2 + Baf(x) + C = 0. a ≠1. B. • Untuk 0 < a < 1. 4. Untuk a > 1. misalkan y = af(x). Pertidaksamaan Eksponen Sifat-sifat fungsi eksponen. C ∈ R. f(x) > 0. maka f(x) = 1 4 . Nilai y yang diperoleh. • 5log 4m +5log m2 = 0 merupakan persamaan logaritma yang numerusnya memuat variabel m • xlog 5 + xlog 2=2 merupakan persamaan logaritma yang bilangan pokoknya memuat variabel x • 2tlog(t . Persamaan Logaritma Secara umum bentuk logaritma dituliskan ab = c ⇔alog c = b dengan a>0 dan a ≠ 1 Persamaan logaritma adalah persamaan yang variabelnya sebagai numerus atau sebagai bilangan pokok dari suatu logaritma.alog f(x) = alog m Jika alog f(x) = alog m. maka f(x) = m b. a > 0. fungsi f(x) = ax merupakan fungsi turun. x2 ∈ R berlaku x1 < x2 jika dan hanya jika f(x1) < f(x2). 3. diperoleh Ay2+By+C=0.2tlog 2t = -2 merupakan persamaan logaritma yang numerus dan bilangan pokoknya memuat variabel t.2) .x2 ∈ R berlaku x1 < x2 jika dan hanya jika f(x1) > f(x2).

Siswa memperhatikan penjelasan guru.Model : pembelajaran Kooperatif model STAD (pertemuan ke-1). maka f(x) = g(x) d. pembelajaran Inkuiry (pertemuan ke-2). f(x)>0. Terlebih dahulu. untuk setiap x1. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu 8) Guru memberikan evaluasi 9) Guru memberi evaluasi soal-soal LKS dan memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya 10) Guru dan siswa membahas jawaban 11) Guru memberi latihan tambahan. Guru menyampaikan SK. a>0. Siswa menjawab salam dan menginformasikan kehadirannya. 5. serta sistem evaluasi yang akan digunakan. untuk setiap x1. Kegiatan Inti (± 70 Menit) No 4) 5) 6) Kegiatan Pembelajaran Guru mendeskripsikan tentang fungsi eksponen dan logaritma dengan LKS. c. diskusi dan penugasan. substitusi kembali pada pemisalan y=plog f(x). f(x) ≠ 1. 4) b. Guru mengorganisasikan siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. komposisi fungsi. diperoleh Ay2+ By + C = 0. kemudian mengecek kehadiran siswa. Siswa memperhatikan penjelasan guru. D.x2 ∈ R berlaku x1 < x2 jika dan hanya jika f(x1) > f(x2). misalkan y=plog f(x). Dari pemisalan ini. antara lain: persamaan kuadrat. Anggotanya yang sudah mengerti dapat menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti 7) Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Sifat-sifat ini berguna untuk menyelesaikan pertidaksamaan logaritma. fungsi f(x)=alog x merupakan fungsi turun.c. Artinya. fungsi f(x)= alog x merupakan fungsi naik. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN: 1. Untuk a>1. Guru memotivasi siswa dengan menanyakan pengalamannya dalam belajar siswa dan pentingnya materi yang akan dibahas. • Untuk 0<a<1. pembelajaran langsung (pertemuan ke-3) 2. Penutup (± 10 Menit) 5 . fungsi kuadrat. Pertemuan Pertama a.alog f(x) = alog g(x) Jika alog f(x) = alog g(x). g(x)>0.f(x)log g(x)=f(x)log h(x) Jika f(x)log g(x)=f(x)log h(x). Pertidaksamaan Logaritma. Sifat-sifat fungsi logaritma. maka g(x) = h(x) e. Pendahuluan (± 10 Menit) No 1) 2) 3) Kegiatan Pembelajaran Guru memberi salam. g(x) >0 . Nilai y yang diperoleh. C. a ≠ 1 f(x) >0. Aplog2 f(x)+Bplogf(x) +C=0.Metode: Tanya jawab. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN : 1. Guru menyampaikan pengetahuan prasyarat fungsi eksponen dan logaritma. sehingga diperoleh nilai x. x2 ∈ R berlaku x1 < x2 jika dan hanya jika f(x1) < f(x2). Artinya. h(x)>0.KD dan indikator pencapaian hasil belajar yang ingin di capai serta materi yang akan di bahas.

9) Siswa mengerjakan pertanyaan dan kesimpulan dalam LKS yang terkait implementasi proyeksi vektor 10) Guru dan siswa membahas jawaban soal-soal LKS dan memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya. b.” Guru kembali mengkomunikasikan garis besar kompetensi dasar yang terkait dengan kegiatan pembelajaran sebelumnya melalui presentasi power point. c. 2. dan memperbaiki aspek yang belum benar. serta membaca buku siswa di rumah dengan topik persamaan eksponen dan logaritma. Kegiatan Inti (± 70 Menit) No 4) Kegiatan Pembelajaran Guru mendeskripsikan materi tentang persamaan eksponen dan logaritma dengan menggunakan media pembelajaran power point dan LKS 5) Guru memberi kesempatan kepada dua orang siswa secara bergantian untuk menjelaskan tentang komposisi transformasi dari tayangan power point yang diikutinya. baik pak. Pendahuluan (± 10 Menit) No 1) 2) 3) Kegiatan Pembelajaran Dengan semangat. Penutup (± 10 Menit) No Kegiatan Pembelajaran 12) Guru merangkum butir-butir penting seluruh pembelajaran dengan menanyakan kepada siswa apa saja yang telah dipelajarinya.” Guru kembali mengkomunikasikan garis besar kompetensi dasar yang terkait dengan kegiatan pembelajaran sebelumnya melalui presentasi power point. Siswa menjawab:”alhamdulillah. 15) Memberikan penghargaan kepada seluruh siswa atas partisipasi aktifnya dalam belajar. guru membuka pelajaran dengan menanyakan: ”bagaimana kabarmu hari ini?” . Pertemuan Ketiga a.No Kegiatan Pembelajaran 14) Guru merangkum butir-butir penting seluruh pembelajaran dengan menanyakan kepada siswa apa saja yang telah dipelajarinya. Siswa menjawab:”alhamdulillah. Kegiatan Inti (± 70 Menit) No 4) Kegiatan Pembelajaran Guru mendeskripsikan materi tentang pertidaksamaan eksponen dan logaritma dengan menggunakan media pembelajaran power point dan LKS 6 . mengajukan pertanyaan atau menyanggah penjelasan siswa tersebut. guru membuka pelajaran dengan menanyakan: ”bagaimana kabarmu hari ini?” . Pendahuluan (± 10 Menit) No 1) 2) 3) Kegiatan Pembelajaran Dengan semangat. 6) Diskusi informasi dan tanya jawab dengan siswa lain menguatkan. b. 13) Memberikan penghargaan kepada seluruh siswa atas partisipasi aktifnya dalam belajar. dan memberikan penugasan pada siswa untuk menyempurnakan hasil pekerjaannya. Guru menyampaikan apersepsi terhadap materi yang akan dipelajari selanjutnya. Guru menyampaikan apersepsi terhadap materi yang akan dipelajari selanjutnya. baik pak. 3. Pertemuan Kedua a. 7) Guru memberi penguatan tentang materi yang sedang dibahas 8) Guru memberikan umpan balik dengan memuji pada aspek-aspek yang sudah benar dilakukan siswa.

7) Guru memberi penguatan tentang materi yang sedang dibahas 8) Guru memberikan umpan balik dengan memuji pada aspek-aspek yang sudah benar dilakukan siswa. Buku pegangan siswa 2. dan memberikan penugasan pada siswa untuk menyempurnakan hasil pekerjaannya. dan memperbaiki aspek yang belum benar. c. 9) Siswa mengerjakan pertanyaan dan kesimpulan dalam LKS yang terkait implementasi proyeksi vektor 10) Guru dan siswa membahas jawaban soal-soal LKS dan memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya. Menentukan penyelesaian persaman eksponen. Menggambar grafik fungsi logaritma.Guru memberi kesempatan kepada dua orang siswa secara bergantian untuk menjelaskan tentang komposisi transformasi dari tayangan power point yang diikutinya. PENILAIAN Indikator 1. Penutup (± 10 Menit) No Kegiatan Pembelajaran 12) Guru merangkum butir-butir penting seluruh pembelajaran dengan menanyakan kepada siswa apa saja yang telah dipelajarinya. Menentukan penyelesaian pertidaksaman eksponen. Uraian 5. serta membaca buku siswa di rumah dengan topik pertidaksamaan eksponen dan logaritma. 6) Diskusi informasi dan tanya jawab dengan siswa lain menguatkan. Menggambar grafik fungsi eksponen Teknik Bentuk Penilaian Instrumen Kuis Uraian Instrumen Gambarlah grafik fungsi eksponen f(x) = 2x-1 5) 2. Tes Tertulis Uraian Tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan: 22x+1 < ( ½ )x-1 7 . Modul MGMP sekolah 3. SUMBER PEMBELAJARAN 1. Tes Tertulis Tes Tertulis Uraian Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan: 3x2 – 6x + 8 = 5x2 – 6x + 8 Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan: 2 log (2x-1) = 4log (x-1) 4. Internet F. Penilaian Penilaian yang digunakan berbasis kelas dan menggunakan instrumen penilaian berikut ini. E. 13) Memberikan penghargaan kepada seluruh siswa atas partisipasi aktifnya dalam belajar. LKS 4. Bahan Ajar Power point 5. Menentukan penyelesaian persaman logaritma Tes Tertulis Uraian Gambarlah grafik fungsi logaritma f(x) = 2log (x+1) 3. mengajukan pertanyaan atau menyanggah penjelasan siswa tersebut.

Menentukan penyelesaian pertidaksaman logaritma. NIP. 196607191993031001 8 .Pd. M. M.Pd.PENILAIAN Indikator 6. NIP. Teknik Bentuk Penilaian Instrumen Tes Uraian Tertulis Instrumen Tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan: 3 log (4x – 5) < 9log (x – 1) Mengetahui Kepala Madrasah. 196712091994031002 Drs. 3 Januari 2011 Guru Bidang Studi. Madiun. Basuki Rachmat. Drs. Yuli Irfan Aliurido.

Persamaan Eksponen Bentuk-bentuk persamaan eksponen sebagai berikut.Jika af(x) = ag(x).Domain = (–∞. b.Jika af(x) = an.Grafik fungsi selalu turun. maka kemungkinannya: 1) f(x) = g(x) 2) h(x) = 1 3) h(x) = 0 dengan syarat f(x) > 0. 1). g(x) > 0 4) h(x) = –1 dengan syarat f(x) dan g(x) sama-sama genap atau sama-sama ganjil e. yaitu garis y = 0 atau sumbu X. a ≠ 1 maka f(x) = p. Materi A. dengan syarat f(x) ≠ 0 3) f(x) = –1. artinya untuk tiap x 1 < x 2 maka berlaku f(x1) > f(x2). ∞). . b > 0. g(x) ≠ 0 f. a > 0. a > 0 .Domain = (–∞. I.Sifat grafik fungsi y = f(x) = ax untuk 0 < a < 1: . ∞). . . ∞). 2. . a ≠ 1.Range = (0. lalu menyelesaikan persamaan kuadrat yang terbentuk untuk x. . . a. 2. b ≠ 1 maka f(x) = 0. Fungsi Eksponen Fungsi eksponen f dengan bilangan pokok a adalah fungsi yang berbentuk f(x) = ax. maka kemungkinannya: 1) f(x) = g(x) 2) h(x) = 0. Jika terdapat persamaan eksponen yang dapat dibentuk menjadi persamaan kuadrat A{af(x)}2 + B{af(x)} + C = 0. maka kemungkinannya: 1) f(x) = 1 2) g(x) = 0. a ≠ 1 maka f(x) = g(x). dengan syarat f(x) ≠ 0. 1). 9 . ∞). dengan a > 0. b.Jika af(x) = bf(x). Jika f(x)g(x)= 1. yaitu garis y = 0 atau sumbu X. maka penyelesaian-nya bisa diperoleh dengan memisalkan af(x) = p. .Jika h(x)f(x) = h(x)g(x). a ≠ 1. a > 0. 3. dengan syarat g(x) genap g. Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah. Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen atau logaritma dalam penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma sederhana ILUSTRASI : Mendiskusikan sifat-sifat fungsi eksponen dan menggunakannya untuk menyelesaikan masalah persamaan dan pertidakasamaan eksponen dan logaritma. Jika f(x)h(x) = g(x)h(x).Range = (0.Sifat grafik fungsi y = f(x) = ax untuk a > 1: . a.Memotong sumbu Y di (0. c. Menggambar grafik fungsi eksponen dan logaritma.Mempunyai asimtot datar. EKSPONEN 1.Mempunyai asimtot datar.Memotong sumbu Y di (0. d.LEMBAR KEGIATAN SISWA MATERI POKOK: PERSAMAAN DAN FUNGSI EKSPONEN DAN LOGARITMA KOMPETENSI DASAR : 1.

berlaku: af(x) > ag(x) ⇔ f(x) > g(x) Untuk 0 < a < 1. Sifat grafik fungsi f(x) = alog x untuk x > 1 1) Terdefinisi untuk x > 0 (domain = 0 < x < ∞) . f(x) > 0. 2) Memotong sumbu X di titik (1. a > 0. a ≠ 1. B. 3. Bentuk umum: A · {alog2 f(x)} + B · {alog f(x)} + C = 0. a ≠ 1. a. Persamaan Logaritma Bentuk-bentuk persamaan logaritma sebagai berikut. LOGARITMA 1. 10 . b disebut numerus. f(x) > 0. g(x) > 0. Pertidaksamaan Eksponen Untuk a > 1. C ∈ R 2. g(x) > 0. p > 0. artinya untuk tiap x1 < x2 maka berlaku f(x1) < f(x2). 0). 3) Mempunyai asimtot tegak. h(x)log f(x) = h(x)log g(x) → f(x) = g(x) 4) Persamaan logaritma yang dapat dinyatakan menjadi persamaan kuadrat. f(x) > 0. a > 0. a > 0. berlaku: af(x) > ag(x) ⇔ f(x) < g(x) 4. f(x) > 0. a > 0. Fungsi Logaritma Fungsi logaritma f dengan bilangan pokok a adalah fungsi yang didefinisikan dengan: alog b f(x) = a log x. 1)Persamaan logaritma berbentuk alog f(x) = alog p. Definisi dan Sifat-sifat Logaritma Logaritma merupakan invers dari perpangkatan. A. 4) Monoton naik. alog f(x) = alog p → f(x) = p 2) Persamaan logaritma berbentuk alog f(x) = alog g(x). Penerapan Persamaan Eksponen dalam Kehidupan B. Persamaan Logaritma a. yaitu garis x = 0 (sumbu Y). Definisi: alog b = c jika dan hanya jika ac = b a disebut bilangan pokok. a ≠ 1. h(x) ≠ 1.Grafik fungsi selalu naik. b > 0 c disebut hasil logaritma Sifat-sifat logaritma: logb 1) logb = log a a p p 2) a logb = b 1 log a 3) alog 1 = 0 n 4) log b = m ⋅ log b 5) alog b + alog c = alog bc am n a b 6) alog b – alog c = log  c    7) alog b · blog c = alog c a 8) a = b b. alog f(x) = alog g(x) → f(x) = g(x) 3) Persamaan logaritma berbentuk h(x)log f(x) = h(x)log g(x).. a ≠ 1 x > 0 . h(x) > 0.

adalah … . g(x) > 0. Tentukan himpunan penyelesaian dari 6log (x2 – x) = 1. Tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan: 27x + 3 > 35(x – 1) · 81. Uji Kompetensi: A.f(a) = f(b) d. Jika 2 log3 = a dan 5 log 4 = b . Diketahui fungsi f(x) = –2x + 5. 3. Penyelesaian persamaan: 2(25)x + 1 + 5x + 2 – 3 = 0. Sifat grafik fungsi f(x) = alog x untuk 0 < a < 1 1) Terdefinisi untuk x > 0 (domain = 0 < x < ∞) .5) Range = −∞ < x < ∞ .f(a) < f(b) 5. maka pernyataan yang benar adalah . 4) Monoton turun. 5) Range = −∞ < x < ∞ . f(a) > f(b) c.1 + 2log 5 4.f(a) > f(b) b. 3) Mempunyai asimtot tegak. berlaku: alog f(x) > alog g(x) f(x) > g(x) Untuk 0 < a < 1. berlaku: alog f(x) > alog g(x) f(x) < g(x) II. Tentukan jumlah akar-akar dari persamaan: 5 2 log 2 x > 3 6 4. Tentukan himpunan penyelesaian dari (2 x 1 + ) 4. f(x) > 0. 0). Eksponen: 1. x log (x2 + 4x + 1) = 2 ! 5. f(a) < f(b) e. Tentukan himpunan penyelesaian dari 22x – 2 – 2x < 2x + 1 – 8 B. Pertidaksamaan Logaritma Untuk a > 1. Jika a > b. g(x) > 0.. 3.. nyatakan 6 log30 dalam a dan b. 2) Memotong sumbu X di titik (1. –1 – 5log 2 e. Logaritma: 1. yaitu garis x = 0 (sumbu Y). b.1 – 2log 5 b. –1 – 2log 5 c.. a. 2. 2. f(x) > 0.1 + 5log 2 d. 3.Tentukan titik potong grafik fungsi y = 3log (3 – x) + 1 dengan sumbu Y! 11 . a. Tentukan himpunan penyelesaian dari (x – 3)2x + 4 = (2x – 1)2x + 4.

2011 Penilai..... kritis.LAMPIRAN . Drs.. Yuli Irfan Aliurido.Pd NIP.Pd A 1 2 3 4 5 1 B 2 3 Kinerja yang Diamati C 5 1 2 3 4 5 1 D 3 E 1 2 3 4 5 Ratarata Nama Siswa 4 2 4 5 Madiun... dan kreatif 12 ........ ..... Yuli Irfan Aliurido... 196607191993031001 Keterangan Huruf: A = Aktivitas dalam Pelaksanaan Diskusi B = Presentasi jelas dan runtut C = Respon terhadap pertanyaan/tanggapan D = Kerjasama kelompok saat pesentasi E = Kemampuan berpikir logis. M.. M.LEMBAR OBSERVASI DAN PENILAIAN KEGIATAN DISKUSI DAN PRESENTASI SISWA Nama Madrasah Mata Pelajaran Kelas/Semester Nama Guru No 01 02 03 04 05 06 07 08 09 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 : MAN 2 Madiun : Matematika : XII IPA/2 : Drs....

Keterangan Skor: 1 = Kurang Sekali 4. Baik Sekali 13 . Baik 2 = Kurang 5.

dan log 5 = c.log x = 4 5. Tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksaman : ½ log (3x2 – 4x + 1) > 0 a. Tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksaman : 62x+1 + 8 · 6x + 2 > 0 6. Tentukan himpunan penyelesaian dari persaman : 2 log2x – 9. Nyatakan dalam a. Jika log 2 = a. dan c dari logaritma berikut: 1/3 -2 -3 −2 5 1 0 2 9 b. b = 1/9.  −1 3   a c  c +b   2. b. log 2 3 25 32 3. log d. log 3 = b. Diketahui a = 8.3x + 3 = 0 4. dan c = 3. Tentukan himpunan penyelesaian dari persaman : 32x – 4. 6a b c b. log 14 . Tentukan nilai dari:  bc − a −1  a −1 − b a.INSTRUMEN PENILAIAN 1. −2 c. log c.

1 + 5. ( 2 x − 3) x +x −2 = ( 2 x − 3) 4 x +2 3. 2 2 x −1 = 2 1 4 2. dan x > 6 x2(x2 – 8x + 16) = x2 – 12x + 36 x4 – 8x3 + 16x2 = x2 – 12x + 36 15 . 1 + x x x −4 2  x −6  =x log  + log x  x  x −6 1 log x log x + xlog (x – 4)2 = xlog (x – 6) – xlog x + xlog (x – 6) log x2 + xlog (x – 4)2 = xlog (x – 6)2 x log x2(x – 4)2 = xlog (x – 6)2 x2(x – 4)2 = (x – 6)2 syarat x > 0. maka f(1) = 12 +1 -2 = 0 x = 1. x > 4.Soal Ulangan Harian Materi Fungsi Eksponen dan Logaritma Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan dan pertidaksamaan berikut ! 1. Hp = { x x ≤ –1 atau x ≥ 2 } Skor : 20 4. 1 3 x −4 2  x −6  =x log  + log x  x  x −6 1 log x log( 2 x + 8) ≥ −2 Kunci dan Skorsing 1. 4} Skor 20 2x + 1 3. 3x + 9 ≥ 0 4. 2. 3x + 9 ≥ 0 3. 2 2 x −1 = 2 2 x −1 2 x −1 1 2 x −1 = −2 ⇔ x = – ½ ⇔ 2 2 x 2 2 = 2 −2 ⇔ 2 2 x + 2 = 2 −2 ⇒2 x + 4 2 Jadi Hp = {– ½} Skor : 10 2. maka g(1) = 4. HP = {-1. ( 2 x − 3) x +x −2 = ( 2 x − 3) 4 x +2 (1) x2 + x – 2 = 4x + 2 x2 – 3x – 4 = 0 (x – 4)(x + 1) =0 x = 4 atau x= –1 (2) 2x – 3 = 1 x=2 (3) 2x – 3 = –1 x=1 x = 1. 32x + 1 – 28 . 4x.maka g(3/2) = 4. 3 – 28 .maka f(3/2) = 9/4 +3/2 – 2 = 15/4 – 2 = 7/4 >0 x = 3/2.(3x)2 – 28 .1 + 2 = 6 x = 1 bukan penyelesaian (4) 2x – 3 = 0 x = 3/2 x = 3/2. 3/2. 3/2+2 >0 Jadi.3x + 9 ≥ 0 Misal: (3x) = p Persamaan di atas menjadi: 3p2 – 28 p – 9 ≥ 0 (3p – 1)(p – 9) ≥ 0  1/3 9  p ≤ 1/3 atau p ≥ 9 3x≤ 3–1 atau 3x ≥ 32 x ≤ –1 atau x ≥ 2 Jadi. 4x.

syarat 2x + 8 > 0 ⇔ x > –4 Jadi.x4 – 8x3 + 15x2 + 12x – 36 = 0 3 1 -8 15 12 -36 3 -15 0 36 2 1 -5 0 12 0 2 -6 -12 1 -3 -6 0 Karena hasil dari penarikn akar tidak ada yang memenuhi. Hp = { x –4 < x ≤ ½ } Skor : 20 Total Skor = 100 Nilai = ∑skor 10 16 . 1 3 1 3 log( 2 x + 8) ≥ −2 1 −2 1  log( 2 x + 8)≥3 log   3  1 1 3 log( 2 x + 8)≥3 log 9 2x + 8 ≤ 9 2x ≤ 1 x ≤ ½ .maka Hp = { } Skor : 30 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful