MUSUH DALAM SELIMUT

Muhammad Zainuri 06 April jam 10:21 Balas Sejak awal dunia di cipatakan dan manusia diturunkan ke bumi, Allah memaksudkan untuk menguji (Qs. Al Mulk : 2). Segala tantangan, kesenangan, kesedihan, dan apapun yang ada dalam hidup adalah materi ujian. Tapi manusia acapkali lupa bahwa sesuatu yang ada didepannya itu adalah bentuk bentuk ujian. Manusia tidak waspada dan cenderung berpikir, memutuskan dan berbuat menurut apa kata nafsunya bagaimana enak dan gampangnya saja. Padahal, untuk bisa selamat dan berhasil mengerjakan ujian itu harus melewati jalan dan pemikiran yang sulit dan berliku - liku. Antara lain, masalah kecintaan dan ingatan kepada keluarga yang sering kali melupakan dari ingatan dan cinta kepada allah. Seperti yang kita bahas di atas, bahwa ternyata manusia lebih banyak mengingat lain-lain di muka bumi ini dari pada Allah sebagai pencipta. Segala barang barang dan makhluk yang ada di duia ini di pasang dan dipajang adalah jebakan dan ujian. Tapi manusia merebut dan mencintainya sampai melupakan Sang Kholiq sebagai pemilik, pencipta sekaligus penguji. Selama ini menusia kebanyakan tidak ada yang merasa dan mengira bahwa anak anak dan istri- istri yang dicintai itu sesungguhnya adalah musuh dan materi ujian. Musuh dalam pengertian sebagai salah satu faktor yang harus diwaspadai dan disikapi dengan hati-hati. Sangat mungkin dan sewaktu-waktu anak, istri dan harta bisa menjadikan manusia lupa kepada Allah. Lupa kepada kewajiban sebagai hamba yang harus mengabdi kepada Tuhan, karena sibuk menuruti kemauan dan kebutuhan anak istri. Kalau sampai hal ini yang terjadi maka sesungguhnya manusia sudah terkuasai dan terkalahkan musuhnya. Ingat ayat di atas (Qs. At Taubah : 24). Ketika manusia lebih banyak ingatan dan cintanya kepada lain- lain termasuk bapak, anak , istri, saudara, keluarga, harta hasil usaha perdagangan yang dikhawatirkan kebangkrutannya, tempat tinggal yang disenangi dari pada Allah dan Rasul-Nya, maka itulah ciri orang fasiq. Lalu siapa kini yang tidak terlibat fasiq. Sudah pasti sedikit sekali manusia yang tidak lebih mencintai anak istri dan lain dari pada Allah. Manusia tidak sadar bahwa sebenarnya dipasangnya rasa cinta dalam hati adalah godaan dan butir ujian. Yang harus dilalui dalam perjalanan dengan selalu meminta petunjuk kepada Allah. Jangan senantiasa diturutkan apa saja yang menjadi kutikan hati. Artinya: Hai orang orang yang beriman sesungguhnya di antara istri-istri dan anak anakmu, ada yang menjadi musuhmu 1) karena itu berhati-hatilah teradap mereka. Namun jika kamu maafkan, kamu santuni, dan kamu ampuni kesalahan mereka, maka Allah Maha Pengampun dan Panyayang. - Sesungguhnya cinta terhadap harta dan anak anakmu adalah cobaan belaka. Padahal disisi Allah ada pahala yang lebih besar dari itu. (Qs. 64 : 14-15) 1.Maksudnya, sewaktu waktu anak dan istri seseorang, dapat menjerumuskannya untuk melakukan usaha haram, serta perbuatan perbuatan yang tidak dibenarkan agama demi sayang anak.

Setidaknya saat ini, banyak yang belum sadar bahwa tumbuhnya rasa cinta dalam hati manusia kepada anak dan harta adalah faktor uji yang harus diselesaikan manusia. Jadi rasa itu hendaknya jangan dianggap sebagai hal yang biasa. Terkadang kecintaan kepada anak dan harta menjadikan seseorang - secara wajar - melupakan tugas utamanya sebagai hamba Allah yang harus mengabdi kepada Allah. Tuntutan kebutuhan (nafsu) diri dan keluarga, membuat seseorang sulit mengeluarkan harta demi kebutuhan bangsa dan agama. Padahal sebenarnya kewajiban mensejahterakan anak dan keluarga yang terutama adalah kesejahteraan di akherat. Dan harta yang manusia miliki, semestinya dipergunakan untuk menunjang hal itu. Dengan jalan didermakan kepada sesama yang membutuhkan, tapi kenyataan manusia terbalik dari yang seharusnya. Kecintaan manusia teramat sangat kepada anak istri, sementara hartanya dicurahkan sepenuhnya untuk mengikuti rasa cinta itu. Sekali waktu timbul keinginan bersedekah, tapi karena istri minta dibelikan cincin, kalung atau perabot mewah, seseorang mengurungkan niatnya. Di lain kesempatan tergugah hati seseorang untuk menyantuni kaum papa, tiba-tiba si anak minta dibeikan mobil atau kesenangan lain, urung pula niat baik tersebut. Atau justru ketika ada kebutuhan bangsa dan agama yang mendesak, namun kecintaan seseorang terhadap hartanya, membuatnya berat untuk melepaskan demi kebutuhan bangsa dan agama itu. Padahal sesungguhnya untuk kepentingan itulah Allah menitipkan harta benda kepada manusia. Manusia merasa bahwa hartanya yang akan membahagiakan dan melanggengkan mereka. Walaupun kenyataan yang mereka alami membuktikan sebaliknya. Harta membuat manusai dikejar-kejar waktu dan kesibukan, yang hanya berbuah kelelahan dan upah makan. Sementara di akhirat tersiksa karena kelalaian dan lupa menyantuni Allah. Dan inilah yang akan menjadikan manusia bersama anak, keluarga dan hartanya menemukan dirinya di akhirat dalam kerugian, tenggelam dalam penyesalan. Seperti rambu rambu dari Allah berikut : Artinya: Hai orang orang yang beriman, janganlah harta dan anak-anakmu sampai melalaikanmu dari mengingat Allah. Barang siapa yang berbuat demikian, itulah orang orang yang rugi. (Qs. 63 : 9) Kerugian itu baru akan mereka sadari saat berada di alam kubur dan hari akhirat. Kesadaran yang tidak ada gunanya, tidak ada pengaruhnya terhadap fonis siksa yang sudah menanti. Padahal saat di dunia mereka merasa hartanya merupakan sumber kebehagiaan dan jaminan keamanan dari kondisi apapun. Sehingga nafsu untuk mencari, menambah dan mengumpulkan harta sebanyak dan sebisa mungkin terus di lakukan. Manusia lupa bahwa sebentar lagi akan masuk kubur, manusia lupa bahwa hidup di sana juga butuh persiapan.

Cerita. "Cat Tembok"
Purwo Sucahyo 09 April jam 14:20 Balas Assalamu'alaikum Wr.Wb. Salam Sejahtera bagi kita semua... Sahabatku, apakah kita selalu merasa usaha yang selama ini dilakukan tidak berbuah hasil sama sekali? ^_^ Ada sedikit ilustrasi dalam cerita berikut,, Suatu ketika, ada seorang sahabat yang ingin memperbaharui suasana ruang usahanya dengan mengecat kembali ruangan tersebut. Ia merasa kalau warna cat ruangan itu sudah mulai kusam dan luntur. Kebetulan warna awalnya adalah kuning emas,dan ia hanya ingin mengecatnya dengan warna sama. Berharap kusam dan tidak ratanya cat dulu bisa tertutup. Sebenarnya,ia dan rekannya sudah merencanakan ini sejak lama. Karena sejak renovasi awal, ia merasa masih kurang puas dengan cat temboknya. Padahal, ketika itu mereka berjibaku mengecat siang dan malam. Semua peralatan sudah disiapkan sebelum hari pengecatan. Semua karyawan diliburkan. Cat tembok yang diinginkan pun telah dibeli. Dan merek cat nya pun sama dengan sebelumnya. Dengan semangat yang menggebu-gebu mereka mulai mengecat tembok. Namun, alangkah terkejutnya ketika diakhir pekerjaan, tembok yang sekiranya menjadi lebih terang dan indah, terlihat sama tidak berbeda dengan yang lalu. Padahal, mereka telah melapisinya berkali-kali. Sepertinya, ada yang tidak sesuai dengan perkiraan mereka. Semua teknik dan peralatan rasanya sudah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dan pengalaman mengecat pun pernah dilakoni. Ternyata, ada hal yang harusnya mereka ketahui. Bahwasanya cat yang digunakan itu tidaklah kualitas seperti yang mereka duga. Banyak orang, teman,tetangga,saudara mereka sewaktu diminta saran berkata bahwa sebaiknya cat yang digunakan berbeda, dan yang lebih berkualitas. Tentu, harganya juga berbeda. Namun, karena alasan itu pula mereka mencoba menepisnya. Akhirnya, mereka mencoba itu, untuk mengganti cat dengan merek yang berbeda. Alhasil, sekali mengusap kuas, warna tembok menjadi lebih terang. Kusam dan tidak rata tertutupi dengan sempurna.

Mereka pun tidak perlu berkali-kali mengecat karena hasilnya telah kelihatan bagus. Dan suasana ruangan itu pun menjadi lebih segar dengan warna yang cemerlang. Purwo Sucahyo *** Sahabat CCM, Terkadang disaat kita ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya, kita tentu belajar dari pengalaman. Namun ketika itu pula kita sering terlupa akan hal-hal kecil yang bisa menjadi penentu keberhasilan kita. Ada strategi,,, kita pernah melakoni semua, kita belajar tentang itu,,, Ada usaha,,,kita tentu bisa lebih giat... Ada doa...selalu kita panjatkan,,, Namun Tuhan punya cara tersendiri membuat kita tersadar akan hal-hal kecil ,,, itu adalah NASIHAT,,, Nasihat kepada ketulusan dan kelurusan niat kita,, apapun itu,,, sekecil apapun itu,,, sepahit apapun itu,,, Nasihat itu bagian dari semangat kita, usaha kita, dan bisa juga jawaban Tuhan akan do'a kita,,, Sahabatku, Semangat itu sesuatu yang "inkonsisten", selalu berubah,,tidakbisa selamanya sama dan kuat,,, DAN KARENANYA ADA NASIHAT,, yang menjaga semangat itu, yang bisa memacu semangat kita disaat lemah,lesu,takberdaya,,, Oleh karena itu,kita selalu diingatkan bahwa hidup adalah untuk saling menasihati, dalam hal yang baik dan bermanfaat,,,^_^ Sahabatku,,,terimakasih telah membaca,,,semoga tetap semangat ya,, Salam Motivasi... Assalamu'alaikum Wr. Wb

"arggghhhhhhhhhh". Anak tersebut terkejut. "Gaung Kehidupan" Purwo Sucahyo 12 April jam 13:25 Balas Suatu ketika ada sepasang anak dan ayah menjelajahi sebuah gua. Namun kebalikannya. sang anak melihat kearah ayahnya dan bertanya. Semua perbuatan dan perkataan kita bisa jadi akan menentukan apa yang kita dapatkan kelak. JIka kita berbuat baik. *** Sahabat CCM yang berbahagia. Dan suara jawaban terdengar sama persis seperti apa yang diteriakkan sebelumnya. dan sesaat mendengar suara yang berulang suatu tempat di gua itu. jika apa yang kita katakan dan perbuat tidak sesuai maka kelak kita mendapat balasan. anak itu berteriak. Nak"."Nak. maka ciptakan lebih .ayah?" Sang Ayah tersenyum dan berkata."KAMU ADALAH PEMENANG". kita pun tidak pernah lepas dari pantulan-pantulan kehidupan yang mengiringi langkah hidup kita kedepan.: "arggghhhhhhhhhh" Penasaran. Kita tidak akan lepas dari apa yang kita lakukan sebelumnya. Marah karena mendengar respon itu. Sama jika kita menginginkan banyak cinta mendampingi hidup kita. sang anak berteriak. perhatikan !" Sang ayah berteriak."Apa yang terjadi. "Siapa Kamu" Dan kemudian ia berteriak lagi."Aku mengagumimu" sedetik kemudian terdengar jelas balasan yang sama. "Ia mengembalikan apapun yang kamu katakan dan lakukan". Kemudian sang ayah menjelaskan kepada anaknya bahwa semua orang menyebutnya 'GAUNG'tapi itulah sebenarnya kehidupan."Siapa kamu?" Ia mendapat balasan sama. Tiba-tiba sang anak terjatuh dan menjerit keras.Cerita. "Hidup ini sebenarnya adalah pantulan dari apa yang kita perbuat sebelumnya. maka bisa jadi kita akan menuai kebaikan kelak."PENGECUT" Dia menerima jawaban :"PENGECUT" sejurus kemudian. Layaknya Gaung di goa.

bisa dimulai dengan menginsafi hakekat kejadian anatomi manusia. hidung.sekarang atau kelak. (Qs. kecantikan. 'Bukankah keadaannya dahulu hanya setetes mani yang dipancarkan ke dalam rahim ?. mata. teguh dalam do'a. Coba tuangkan sesendok air di telapak tangan.banyak cinta dalam hati kita.!!! ASAL USUL MANUSIA Muhammad Zainuri 12 April jam 17:10 Balas Proses pembelajaran alam pemikiran terhadap eksistensi karakter pribadi. Bahan baku jasad manusia.. jantung. Tuhan Maha Adil. pangkat. Itu semua akan kembali kepada apa yang kita lakukan kemarin. tetap semangat. kemudian amati dan bayangkan bahwa dari cairan sejenis air itulah organ tubuh kita dibuat. bila ditelusuri kembali. Satu sel spermatozoa yang membuahi indung telur perempuan. Jika kita inginkan keberhasilan dalam hidup.. jika kita telah terbiasa berperilaku tidak sesuai. memungkinkan manusia untuk membentengi diri dari sikap arogan. 75 : 36) 1. Nutfah yang membentuk jasad sempurna seorang manusia.^_^ SALAM MOTIVASI. Namun.75 : 37) Apakah manusia itu mengira bahwa ia akan dibiarkan begitu saja 1). Lalu kenapa ketika sebuah perpaduan organ-organ itu telah terbentuk dan berkembang menjadi tubuh yang sempurna. tahapan-tahapan pembentukan anatomi manusia berjalan. Sahabatku. hanyalah setetes mani. manusia sering lupa. Dari cairan sperma yang performa lahirnya sama sekali jauh dari keindahan itulah manusia diciptakan. ilmu dan harta kekayaan yang sering dijadikan pijakan untuk membanggakan diri dan meremehkan manusia lain ? Tidak ada satu halpun yang bisa dibanggakan dari setetes mani yang menjijikkan itu. maka kemungkinan hal-hal yang baik takkan kita capai.Maksudnya. tulang-tulang. sombong dan bangga diri. Mampukah kita melihat bahwa dalam setetes sperma itu terdapat tangan. batok kepala dan organ lainnya ? Adakah kepandaian. sementara di akhirat tidak akan menghadapi hari berhisab. telinga. tanpa pertanggungan jawab ? (Qs. ketampanan yang sering disombongkan itu ? Di mana jabatan. otak . lewat proses engineering yang canggih. sehingga Ia melihat apa yang kita lakukan. kelincahan. kaki. dari mana mereka diciptakan. maka ciptakan suasana-suasana yang membuat kita tetap semangat dalam berusaha. kalau di dunia tidak usah mengerjakan perintah Tuhan dan menghentikan larangannya. Hidung mancung.

superior dari yang lain atau egosentris ? Dari sudut pandang manakah manusia menilai. kemudian berjalan dengan angkuh.brilian. kita lalai untuk bersyukur. 1) Kalau manusia tahu bahwa ia dijadikan dari air mani yang hina. lupa diri dan ikut-ikutan menyombongkan diri dan minta dipuji. mari kita ajak diri ini untuk bertafakkur sampai jiwa ini benar-benar terduduk lalu bersujud. dengan bahan baku kita yang hanya setetes cairan mani itu. apalagi menjadi musuh Tuhan. Dulunya manusia itu hanya setetes mani. sehingga mereka merasa pantas disanjung dan dikhlutuskan ? Sebaiknya kita mulai mencari. Dialah syaitan satu-satunya musuh manusia dalam permainan hidup ini. tetapi kemudian menjadi musuh Kami seterang-terangnya 1). 86 : 5-7) Peringatan Allah tersebut disampaikan berkaitan dengan tingkah manusia sudah melampaui batas. (Qs. (Qs. Sehingga jangan heran bila kemudian banyak terjadi persaingan. 36 : 77). Menepuk dada karena tidak kunjung sanggup menyadari bahwa semua itu bukan miliknya. dari mana sebenarnya dorongan sombong. lalu ketika sudah berujud manusia. Karenanya. Pakaian itu adalah kesombongan. Untuk hal ini kita dibantu Allah agar mampu menyegarkan ingatan terhadap siapa sebenarnya kita ini. Dan syaitan pulalah yang pernah berjanji dan meminta ijin Tuhan untuk menjadikan manusia sombong dan lupa bersyukur. ingin dipuji. tertutup dari kritik. karena berasal dari zat yang sama. Artinya : Hendaklah manusia merenungkan dari benda apa dia diciptakan. cantik membuat manusia lupa asal kejadiannya. Namun manusia dengan segala kenaifannya.Sungguh sebuah . Ketika dengan tak tahu diri. Kesadaran yang rendah terhadap konsep setetes mani juga menjadikan manusia lupa bahwa manusia lain adalah saudara. manusia mencuri baju kebesaran Tuhan dan memakainya. Cobalah kita renungkan. Karena ada makhluk lain yang mula-mula mengawali memakai kesombongan sebagai pakaiannya. Sehingga terhindar dari bujukan dan serangan syaitan yang selalu mendongakkan kepala karena kecongkakan. sesungguhnya alasan apakah yang mendorong kita untuk berani merasa hebat. Dia diciptakan dari air yang memancar. dan merasa lebih tinggi dari yang lain. Dari situ seharusnya kita malu dengan pribadi kita selama ini yang masih sering dijangkiti sifat ke-aku-an. gelar dan harta ternyata mampu menyilaukan manusia serta membuatnya buta akan kelemahannya. wajah tampan. sombong dan tinggi hati. permusuhan dan bentrokan. bisa-bisanya menentang kehendak Allah dan memperturutkan nafsunya sendiri. Dengan ketampanan dan kecantikan. Harta kekayaan melupakan kita dari mengingat Allah dan perbekalan hari akhirat. Jabatan dan pangkat melahirkan sifat kebal kritik. tentu ia tidak akan sombong. Di mana hanya Allah-lah yang berhak sombong dan hanya Dialah yang paling berhak menyandang semua gelar kebesaran dan segala bentuk pujian. Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami telah menciptakannya dari setetes air mani. Hilang sudah jiwa kasih sayang antar sesama bersamaan dengan hilangnya kesadaran bahwa sesama manusia adalah saudara. Ilmu yang dimiliki menutupi akal budi dari masukan pihak lain. keluar dari antara tulang pinggul dan tulang rusuk. Jabatan.

pemuda ini juga amat rajin shalat malam dan tidak pernah lalai menjalankan shalat lima waktu. Khalid Al Jubir berkisah tentang dirinya dan sahabatnya. Beginilah kisahnya. agar saya segera menuntaskan hafalan saya. Sesunggunya saudaraku mungikn saat ini Allah tengah menghukumku karena lalai dalam menghafal Al-Qur’an. Tentu saja ia sangat ingin senang. Hingga karena komplikasi penyakit yang beragam.Kahlid terpana mendengar jawaban menakjubkan itu. ia menjadi lumpuh. Pada saat Dr. ”Alhamdulillah.Khalaid datang untuk menghiburnya. Saya berdoa kepada Allah Subhanaahuwataa’ala semoga Anda lekas sembuh. saling share ilmu. Dr. Di luar dugaan pemuda itu menjawab.kedurhakaan yang amat besar. Allah menguji saya. . sya dalam leadaan sehat-sehat saja. Bismillah .” Dr.Khalid membuka pembicaraan. ////////////////////////////////////// MARI RAMAIKAN GROUP KP3A Dengan saling mengisi di wall. Admin Muhammad Zainuri Indahnya Kesabaran ( Based on true story ) Pesan Baru Muhammad Zainuri 14 April jam 5:37 Balas Seorang dokter spesialis luka dalam Riyadh yang bernama Dr. selama kuliah dulu dia memiliki seorang teman mahasiswa akademi militer. Bagaimna mungkin cobaan begitu berat yang tengah dialami pemuda itu dianggap sebagai suatu nikmat? Benarbenar ini adalah suatu pelajaran baru yang amat berharga bagi dirinya sehingga ia merasa tak berharga dihadapan pemuda itu. Semua dokter yang menanganinya mengatakan kepada Dr. Suatu saat pemuda ini terserang penyakit influensa.” kata Dr. Selain baik hati. Dalam semua hal dia memiliki banyak kelebihan disbanding teman-temannya yang lain. dsb. Pemuda ini lulus dengan nilai memuaskan. Namun Subhanallah. Pada wajah itu jelas sekali terpancar cahaya dan kilauan iman. wajah pemuda it cerah jauh dari mendung kedukaan. kalau kemungkinan kesembuhan untuk pemuda itu sekitar 10% saja. Tubuhnyatidak mampu lagi digerakkan sama sekali. Sungguh ini adalah nikmat yang tiada terkira. Dr. dan sejak saat itu fisiknya mnejadi lemah hingga mudah terserang berbagai macam penyakit. ia melihat pemuda itu tak berdaya diatas ranjangnya. . saling berdiskusi. Namun tak ada yang bisa menduga jalannya takdir.Khalid membesuknya di rumah sakit.kahlid teringat akan sabda Rasulullah Sallallahu A’laihi Wassallam : ” Sungguh . apa yang ia dapatkan justru sebaliknya.”Terimakasih untuk doamu.Khalid.

Pemuda itu dengan spontan menyampaikankabar gembira yang tak terduga ”Alhamdulillah saya telah menyelesaikan bacaan Al-Qur’an. Spontanitas.”Paling saat ini ia sedang terbaring lemah di atas kasurnya. Pertama dia menangis karena terharu dan senang akan karunia Allah berupa kesembuhan untuk sahabatnya itu. sepupu sang pemuda berkata. sesungguhnya keimanan lah yang dapat memunculkan keajaiban. Dan ketika ia ditimpa kesedihan. bagi Dzat yang Maha Tinggi. Tidak lama berselang.” Peuda itu menjawab. Dan selama itu pula ia tidak pernah bertemu dengan pemuda sahabatnya yang sangat tabah itu. Namun di hadapannya kini ia dapat berjalankembali dengan normal dan segar bugar. Dalam benaknya ia berpikir. jika ia kemana-mana pastilah ia digotong. tulang-belulang yang telah hancur pun bisa dihidupka kembali menjadi manusia yang utuh.Khalid senagng sekali melihatnya hingga berkali-kali ia mengucapkan syukur. Setelah peristiwa itu Dr. Setiap kali membesuknya ia selalu mendapat hikmah yang semakin mempertebal keimanannya. ”Abu Muhammad!” Reflek dia menoleh dan pandangan di hapannya membuatnya terpana. Tiba-tiba ia mendengar sapaan seseorang. Pada waktu Dr.” (Riwayat Muslim) Jujur saja Dr. Ia tak mapu mengucap sepatah kata pun.”Sungguh saya amat malu kepada Allah untuk terburu-buru sembuh. maka hal iti baik baginya. Namun. Hal ini hanya ada pada seorang mukmin. Dr. Hingga saat ia kembali. Allahu Akbar. Beberapa bulan setelah itu ia kembalidan yang pertama diingatnya adalah pemuda sahabatnya itu.”Coba gerakkan kakimu. Allahu Akbar.” Ternyata menurut teman-temannya pemuda itu sudah pindah ke ruang penyiapan untuk mendapatkan pengobatan alami.menggumkn perkara seorang mukmin. Ketika ia dikaruniai kesengangan ia bersyukur.” katanya penuh semangat. Beberapa pekan kemudian ia membesuk sahabatnya itu. coba angkat kakimu ke atas. betapa kaimaat itu sangat menggetarkan. Wallahi (Demi Allah-red) yang berdiri di hadapannya adalah pemuda sahabatnya yang dulu lumpuh total.Khalid sedang shalat di mushalla rumah sakit itu. Khalid menangis. Jika kesembuhan itu yang terbaik bai Allah. Kedua ia menangis untuk dirinya sendiri yang selama ini lalai untuk mensyukuri nikmat-nikmatNya. Seluruh perkaranya mengandung kebaikan. Dr. . Dr. Namun. ia menerima kenyataan yang amat sulit diterima oleh akal manusia. Jangankan hanya sakit.Kahalid teramat mengagumi ketabahan pemuda itu. apabila Allah tidak memberikan kesembuhan padaku hanya agfar aku tidak melangkah ke tempat-tempat maksiat aku pun bersyukur. aku bersyukur. ”Subhanallah” Dr. Pada saat Dr.khalid menempuh progrmmagisternya ke luar kota. Benar.Khalid memekik kagum.Khalid kembali pergi ke luar kota selama empat bulan.Khalid menemuinya. maka hal itu baik baginya. bukanlah hal yang mustahil terjadi. ia menghadapinya dengan sabar dan tabah. Allah Amha Tau yang terbaik untukku. ia tengah duduk di kursi roda.

mungkin Film “PAY IT FORWARD” bisa menjadi pendorong yang memberikan kita semangat untuk selalu tidak jemu-jemu berbuat baik kepada orang lain. Ia diterima sebagai delegasi Universitas Malik Su’ud Riyadh. “PAY IT FORWARD” Jihaduddin Fikri 25 Mei jam 23:18 Balas Saat terlintas keraguan apakah mungkin perbuatan baik yang kecil dan sederhana yang kita lakukan kepada orang lain akan mampu mempengaruhi kehidupan mereka. Kisahnya bercerita tentang seorang anak umur delapan tahun bernama Trevor yang .Khalid Setelah tujuh tahun. ”Dr. [Ath-Thalaq :3 . kerajaan Saudi Arabia untuk melanjutkan studi magisternya. karunia untuk sahabatnya tidak hanya sebatas itu. dan Allah akan memberi kepadanya segala macam ebutuhan yang bermanfa'at. Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong dan barangsiapa yang berlindung kepada-Nya dan meminta pertolongan dari-Nya dan bertawakal kepadaNya.5] " Allah adalah yang mencukupi orang yang bertawakal kepadanya dan yang menyandarkan kepada-Nya.Khalid kembali meneteskan airmatanya. Dan Subhanallah. maka Allah akan membuatnya nyaman dan tenang dari sesuatu yang ditakuti dan dikhawatirkan. pemuda itu mengunjungi Dr. menjaganya. ia telah menjadi seorang mayor! Dr. Volume 07 2007 oOo "Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya * Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya * Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahan dan akan melipat gandakan pahala baginya". maka Allah akan melindunginya. Khalid apa yang saya terima ini justru akan menjadi malapetaka bagi saya jika saya tidak mensyukurinya. (True Story .” Paparnya kepada Dr." [Ibnul Qoyyim Al-jauzy/ Kitab Taisirul Azizil Hamid ] Cerita.Ternyata. yaitu Dia yang memberi ketenangan dari ketakutan orang ang takut. Ia berdoa kepada Allah agar pemuda itu selalu dalam kebaikan dan selalu istiqomah di dalam iman dan islam. From : Khalid Abu Shalih) Sumber : Majalah Elfata. dan barangsiapa yang takut kepada Allah. Sungguh Allah Maha Mendengar dan Mengabulkan permohonan setiap hambaNya. Khalid kembali dalam rangka mengantar kakeknya yang terkena penyakit hati.

MOM” Sang nenek yang begitu bahagia karena putrinya mau memaafkan dan menerima dirinya kembali. dia juga mengatur rencana supaya mamanya bisa berkencan dengan guru sekolah Trevor. si pemuda mengucapkan terima kasih. SON”. Trevor memutuskan bahwa tiga orang yang akan menjadi bahan eksperimen adalah mamanya sendiri (yang menjadi single parent). Trevor berpesan kepada mamanya “PAY IT FORWARD. terdorong meneruskan kebaikan tersebut dengan memberikan nomor antriannya di rumah sakit kepada seorang gadis kecil yang sakit parah untuk lebih dulu mendapatkan perawatan. si nenek berpesan : “PAY IT FORWARD. telah menjadi pecandu minuman keras. SIR” Ayah si gadis kecil yang terkesan dengan kebaikan si pemuda. ketika para pengejarnya sudah pergi. meneruskan kebaikan tersebut dengan menolong seorang pemuda yang sedang ketakutan karena dikejar segerombolan orang untuk bersembunyi di mobil si nenek. Dia menamakan ide tersebut: “PAY IT FORWARD” Singkat cerita. terdorong untuk meneruskan kebaikan yang telah diterimanya itu dengan pergi ke rumah ibunya (nenek si Trevor). si pemuda berpesan kepada ayah si gadis kecil : “PAY IT FORWARD. hubungan mereka telah rusak selama bertahun-tahun dan mereka tidak pernah bertegur sapa. saat sang mama mengucapkan terima kasih. tidak punya teman untuk berbagi rasa. terdorong meneruskan kebaikan tersebut dengan memberikan mobilnya kepada seorang wartawan TV yang mobilnya terkena kecelakaan pada saat sedang meliput suatu acara. ayah si gadis kecil begitu berterima kasih kepada si pemuda ini. MOM” Sang mama yang terkesan dengan yang dilakukan Trevor. ayah si gadis berpesan:”PAY IT FORWARD” Sang wartawan yang begitu terkesan terhadap kebaikan ayah si gadis. maka dia yakin bahwa suatu saat nanti dunia ini akan dipenuhi oleh orang-orang yang saling mengasihi. bertekad untuk . Sang mama yang melihat perhatian si anak yang begitu besar menjadi terharu. saat nenek Trevor mengucapkan terima kasih. si anak berpesan :”PAY IT FORWARD. Si pemuda yang terkesan dengan kebaikan si nenek. saat si wartawan berterima kasih. kehadiran sang putri untuk meminta maaf dan memperbaiki hubungan diantara mereka membuat nenek Trevor begitu terharu. Percobaanpun dimulai : Trevor melihat bahwa mamanya yang sangat kesepian. Trevor berusaha menghentikan kecanduan mamanya dengan cara rajin mengosongkan isi botol minuman keras yang ada dirumah mereka. lalu jika ke tiga orang tersebut meneruskan kebaikan yang mereka terima itu dengan melakukan kepada tiga orang lainnya dan begitu seterusnya. seorang pemuda gembel yang selalu dilihatnya dipinggir jalan dan seorang teman sekelas yang selalu diganggu oleh sekelompok anak-anak nakal.berpikir jika dia melakukan kebaikan kepada tiga orang disekitarnya.

Caranya? . maka “PAY IT FORWARD to OTHERS around YOU Disaat kita faham akan hakekat kehidupan. jawaban Tuhan hanya sesederhana ini: “PAY IT FORWARD to OTHERS around YOU (Teruskanlah itu kepada orang lain yang ada disekitarmu)” Ya. maka “PAY IT FORWARD to OTHERS around YOU Ya. nenek yang memberikan tempat persembunyian. selesai penguburan Trevor. Trevor mengajak semua pemirsa yang sedang melihat acara tersebut untuk BERSEDIA MEMULAI DARI DIRI MEREKA SENDIRI UNTUK MELAKUKAN KEBAIKAN KEPADA ORANG-ORANG DISEKITAR MEREKA agar dunia ini menjadi dunia yang penuh kasih. Terkesan dengan apa yang dilakukan oleh Trevor.net) ~~~ Sahabat. maka “PAY IT FORWARD to OTHERS around YOU Dan disaat anda merasakan hal yang bermanfaat dari Grup CCM ini. sampai kepada si Trevor yang mempunyai ide tersebut. disaat kita menemukan kebahagiaan IMAN. dia ditusuk pisau saat akan menolong teman sekolahnya yang selalu diganggu oleh para berandalan. dan kita bertanya-tanya kepada Tuhan bagaimana cara untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepadaNya. putri si nenek yang mengampuni. Namun umur Trevor sangat singkat.mencari tau dari mana asal muasalnya istilah “PAY IT FORWARD” tersebut. dengan mengajak sahabat-sahabat anda bergabung di Cerita Cerita Motivasi (CCM grup 3). (Sumber : Resensi. Trevor sendiripun sampai akhir hayatnya tidak pernah menyadari dampak yang diberikan kepada banyak orang hanya dengan melakukan kebaikan penuh kasih kepada orang lain. maka “PAY IT FORWARD to OTHERS around YOU Disaat kita berhasil dalam meraih cinta dan kesuksesan. Si wartawan mengatur agar Trevor bisa tampil di Televisi supaya banyak orang yang tergugah dengan apa yang telah dilakukan oleh anak kecil ini. Saat kesempatan untuk tampil di Televisi terlaksana. mungkinkah saat kita terkagum-kagum menikmati kebaikan Tuhan di dalam hidup kita. pemuda yang memberi antrian nomor rumah sakit. jiwa kewartawanannya mengajak dia untuk menelusuri mundur untuk mencari informasi mulai dari ayah si gadis. betapa terkejutnya sang Mama melihat ribuan orang tidak henti-hentinya datang dan berkumpul di halaman rumahnya sambil meletakkan bunga dan menyalakan lilin tanda ikut berduka cita terhadap kematian Trevor.

1. sebuah kesimpulan yang terburu-buru menurutku.facebook. Ah. dengan mencopy paste alamat CCM grup 3 di dibawah ini di wall sahabat anda.com/group.. Alhamdulillah terpicu untuk menjadi orang yang berani tampil dan berbicara didepan banyak orang... Nggak bakalan nyesel Insya Allah) Loh kok malah ngelantur…. Ya. Because. saat itu saya masih duduk di kelas satu. Mungkin diantara sahabat sekalian ada yang minder untuk tampil didepan banyak orang seperti saya dahulu. sebuah pendidikan setingkat dengan SLTP/SMP saat itu.! Cerita. Dengan sikap saya. sering media mengaitkan dengan terrorist saat itu. Bagi anda yang bergabung di CCM grup 1 dan 2) dikarenakan grup 1 dam 2 sudah penuh. jangnlah lupa. SALAM MOTIVASI. Yang belum nonton… saya sarankan nonton.php?gid=257067436871 (silahkan di copy paste link ini di wall anda dan sahabat anda) Trimakasih sahabat telah membaca. Bagi anda yang bergabung di CCM grup 3. terserah mereka saja… saya cuma berusaha membuktikan dengan diri saya sebagai salah satu alumni. Saya yang dahulu orangnya sangat minder. Pondok tersebut populer dengan nama pondok Ngruki.. anda benar. "Lihat Jam Dinding itu!" Jihaduddin Fikri 14 April jam 21:07 Balas Sahabat. . mohon maaf sahabat.. Kembali ke topik pembicaraan awal.… Ada salah satu pengalaman menarik. Hmm… semoga cerita ini bisa mengurangi minder anda. ”PAY IT FORWARD” dan . My Name is Jihad. Sebuah kata-kata yang sangat menggugah diri hingga saat ini. hingga mereka menuduh pondok kami mengajarkan terorisme. dan memicu keberanian anda… Sahabat... pemalu. anda I am not a terrorist…!!! (he he… masih terniang dan teringat film “My Name is Khan” yang saya tonton kemarin. maka silahkan ajak sahabat anda untuk bergabung di grup 3. bahwa pernyataan itu tidak benar. http://www. Ah. ketika saya menuntut ilmu di pondok pesantren. Bahkan berbalik 180 derajat!. maka cukup dengan mengklik opsi undang teman untuk bergabung (samping kiri wall grup CCM) 2. Saya yakin anda kenal dengan pondok tersebut. Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Pondok Pesantren Al Mukmin Solo. Atau anda dapat mempromosikan dengan mencopy paste di wall anda. karena ada segelintir alumni dari ratusan ribu alumninya menjadi pelaku terorris.

Apa maksudnya disuruh untuk melihat jam dinding biasa itu? Tanyaku dalam hati. Hanya yang tidur yang tidak melihat jam itu. Saat itu kami terdiam sambil mendengarkan perkataannya yang berapi-api penuh semangat. Sebuah ceramah yang sangat berkesan bagiku. Tentunya bukan sekedar berani. semoga cerita sederhana ini bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk berani tampil di depan umum. Sebuah program berlatih berpidato.. kalo begitu… Coba sekarang kalian lihat jam dinding itu!” katanya sambil menunjuk sebuah jam dinding yang menempel tembok di belakang kami.. Saatnya orang-orang yang baik seperti sahabat-sahabat sekalian harus bergerak memulai perubahan kebaikan itu. Para santri yang tidak mendapat giliran berpidato menjadi penonton. Sepekan dua kali. program Muhadoroh. Ah. Ow ternyata maksudnya itu. kok malah diam?. Kami semua menunggu ketua IST (kalau di sekolah negeri bernama OSIS) akan berceramah. Tak jarang mereka usil mengganggu rasa percaya diri kami. Berusahalah menjadikan 80 % orang dihadapan anda jadi lebih baik dari sebelumnya. Bahasa Arab.. Kami semua digilir untuk berpidato menggunakan bahasa Indonesia. dia mampu menguasai lebih dari 80% orang yang dihadapannya. dan Bahasa Inggris. sebuah kenangan indah yang tak terlupakan disana. merasa berhasil mempengaruhi kami. “Nah…! Terbukti kan? Lebih dari 80 % kalian semua melihat jam dinding itu. “Loh. Terimakasih telah membaca…. Setiap hari senin dan kamis sore. sangat mendukung pembelajaranku. “Kalian sebagai santri harus berani tampil didepan umum!” pekiknya. Sekarang percaya kan?” kata dia puas. Bibirku tersenyum takjub membenarkan kata-katanya. Alhamdulillah. kikuk minder berdiri diatas panggung. “Percaya tidak.Saat itu kami semua para santri berkumpul di masjid seusai sholat berjamaah. ~~~ Sahabat…. Berarti kalian tidak percaya?” tanyanya lagi. Tapi tak jarang pula mereka menyemangati kami ketika kami.. dengan senyum lebar. Sejak saat itu saya memulai termotivasi untuk berani tampil dan berbicara didepan umum. Percaya tidak?” tanyanya. menjadi sebuah panggung. Penasaran kamipun melihat jam dinding itu. tapi juga harus didukung dengan pembelajaran tekhnik berbicara dan berpidato. Salam Motivasi…! . “Oke. Betul?. bahwa orang yang berani berbicara didepan banyak orang. Meja-meja kelas dijadikan satu.

ia akan merasa berat dan sulit untuk terbang sendirian. silahkan kunjungi blog kami di : http://ceceem. Pelajaran: . Ini terjadi karena mereka menjalaninya dengan saling mendorong dan mendukung satu dengan yang lain.facebook.blogspot. Fakta: Saat setiap burung mengepakkan sayapnya. Burung-burung angsa tersebut terbang dengan formasi berbentuk huruf "V". Maka silahkan ajak sahabat anda untuk bergabung di grup CCM 3 di : http://www. Dengan terbang dalam formasi "V". Silahkan berikan komentar anda di wall grup ini. hal itu memberikan "daya dukung" bagi burung yang terbang tepat di belakangnya. "Filosofi Burung Angsa" Jihaduddin Fikri 18 April jam 8:24 Balas Sebuah renungan bagi kita semua Kalau kita tinggal di negara empat musim. Ini terjadi karena burung yang terbang di belakang tidak perlu bersusah payah untuk menembus “dinding udara” di depannya.~~~ Catatan : 1. Fakta: Kalau seekor burung angsa terbang keluar dari formasi rombongan.com/group. masih banyak para sahabat yang meminta bergabung di grup CCM 1 dan 2 terpaksa kami tolak. Kita akan melihat beberapa fakta ilmiah tentang mengapa rombongan burung angsa tersebut terbang dengan formasi "V". Pelajaran: Orang-orang yang bergerak dalam arah dan tujuan yang sama serta saling membagi dalam komunitas mereka dapat mencapai tujuan mereka dengan lebih cepat dan lebih mudah. maka pada musim gugur akan terlihat rombongan burung angsa terbang ke arah selatan untuk menghindari musim dingin.com/ Certa. Dengan cepat ia akan kembali ke dalam formasi untuk mengambil keuntungan dari daya dukung yang diberikan burung di depannya.php?gid=257067436871 3. seluruh kawanan dapat menempuh jarak terbang 71% lebih jauh daripada kalau setiap burung terbang sendirian. karena grup sudah penuh. Bagi anda sekalian yang ingin membaca keseluruhan cerita sejak awal grup ini dibentuk. Maaf. 2.

Pelajaran: Kita harus memastikan bahwa suara kita akan memberikan kekuatan. Dalam kelompok yang saling menguatkan. kapasitas dan memiliki keunikan dalam karunia. sama seperti ketika segalanya baik. dua burung angsa yang lain akan ikut keluar dari formasi bersama burung angsa tersebut dan mengikutinya terbang turun untuk membantu dan melindungi. Kekuatan yang mendukung (berdiri dalam satu hati atau nilai-nilai utama dan saling menguatkan) adalah kualitas suara yang kita cari. talenta atau sumber daya lainnya. manusia saling bergantung satu dengan lainnya dalam hal kemampuan. Pelajaran: Kalau kita punya perasaan. setidaknya seperti seekor burung angsa.Kalau kita memiliki cukup logika umum seperti seekor burung angsa. kita akan tinggal dalam formasi dengan mereka yang berjalan di depan. Fakta: Ketika burung angsa pemimpin yang terbang di depan menjadi lelah. Fakta: Burung-burung angsa yang terbang dalam formasi ini mengeluarkan suara riuh rendah dari belakang untuk memberikan semangat kepada burung angsa yang terbang di depan sehingga kecepatan terbang dapat dijaga. . dan burung angsa lain akan terbang menggantikan posisinya. kita akan tinggal bersama sahabat dan sesama kita dalam saat-saat sulit mereka. hasil yang dicapai menjadi lebih besar. Setelah itu mereka akan terbang dengan kekuatan mereka sendiri atau dengan membentuk formasi lain untuk mengejar rombongan mereka. Mereka akan tinggal dengan burung angsa yang jatuh itu sampai ia mati atau dapat terbang lagi. Lebih sulit untuk melakukan sesuatu seorang diri daripada melakukannya bersama-sama. terluka. Kita akan mau menerima bantuan dan memberikan bantuan kepada yang lainnya. ia terbang memutar ke belakang formasi. Kita harus memastikan bahwa suara kita akan menguatkan dan bukan melemahkan. Seperti halnya burung angsa. atau ditembak jatuh. Fakta: Ketika seekor burung angsa menjadi sakit. Pelajaran: Adalah masuk akal untuk melakukan tugas-tugas yang sulit dan penuh tuntutan secara bergantian dan memimpin secara bersama.

Karena kondisi jalan jelek. "keberuntungan" Ini mengilhami para penduduk desa. siapa tau anda tertarik.. Karena sopir terluka." Sekarang penduduk desa berpikir bahwa mereka bisa hidup dari jalan raya tersebut. KonJen Jepang di Jakarta. ~~~ Sahabat sekalian. . Share Yesterday at 5:58pm Untuk kawan2 semuanya. Ketika penduduk desa menemukan makanan kaleng "gratis". Sebagai pepatah lama mengatakan : "Bertahan dengan apa saja yang ada di dekat. bangsa ini bukan hanya milik kita tapi milik penerus & keturunan kita juga. Untuk mencari makanan sehari-hari penuh dengan perjuangan. dia menumpang kendaraan menuju ke rumah sakit dan meninggalkan makanan kaleng berserakan di tanah.. membuat desa hidup dalam kemiskinan.. sahabat?" Semoga filosofi ini bermanfaat buat kita semua.ganbatte kudasai. banyak mobil dan truck yang jatuh disana.id. Pendaftaran untuk keberangkatan tahun 2011 telah dibuka pada 12 April 2010 dan akan ditutup pada tanggal 12 Mei 2010. Informasi Beasiswa Monbukagakusho Program Research Student Keberangkatan 2010 untuk Umum. Selama beberapa hari setelah kecelakaan itu.. "Kekuatan Belas Kasih" Jihaduddin Fikri 21 April jam 21:16 Balas Di India utara ada sebuah desa yang memiliki kondisi alam kurang bersahabat.. "Burung angsa pun bisa melakukannya..Jadi apa keuntungan yang kita dapat dari perdebatan takberujung karena perbedaan? Bukankah lebih baik kita bahu membahu saling mengisi kekurangan kita? Mencari solusi terbaik bersama-sama disaat kita berbeda pandangan? Ingatlah kawan.html Cerita.jp/sch_rs... mereka membawanya pulang. Semua orang ingin mengubah keadaan tapi tidak ada yang tahu bagaimana melakukannya. Selengkapnya silahkan klik http://www. bagaimana dengan kita. Akankah kita mewariskan bangsa ini pada penerus kita bangsa yang carut marut tanpa arti? Jawabannya ada pada sahabat sekalian. Suatu hari sebuah truk penuh dengan makanan kaleng terguling ke pinggir jalan dan kaleng-kaleng berserakan di mana-mana. Dari website Kedubes Jepang di Indonesia.Enjoy . Ada titipan info dari Bu Anna Bachrun. baik itu gunung atau danau. Tawaran Beasiswa S2 S3 ke Jepang .go..emb-japan. Salam Motivasi.. Tidak jauh dari desa tersebut ada sebuah jalan antar kota. Terimakasih telah membaca.. setiap keluarga memiliki makanan kaleng di meja makan malam mereka.

Jalan dekat desa menjadi bagian paling berbahaya di sepanjang jalan raya tersebut. Permohonan pengemudi ini tidak mendapat perhatian. Penduduk desa kecewa tidak mendapatkan apa-apa. truk-truk melaju sangat lambat menghindari terjadinya kecelakaan. Mereka menjadi lebih licik dalam melakukan kejahatan ini. polisi menerima beberapa laporan tentang perampokan. Akhirnya. ia mengatakan kepada penduduk desa bahwa pati tersebut tidak dapat dimakan dan ini hanya dipakai untuk industri. Tapi kecelakaan tidak terjadi sesering yang mereka inginkan. Pengemudi yang masih muda ini menghentikan truk dan mengejar para perampok. dan menurut mereka. karena reputasi desa. Penduduk desa kemudian dengan mudah mengikuti dan mencuri beberapa barang di truk. pati adalah makanan yang bisa dimasak dengan berbagai cara. Mereka mengorganisasi diri mereka dan menugaskan orang-orang untuk mengawasi polisi. Penduduk desa lainnya mengambil kesempatan ini. Orang bisa meninggal jika mereka memakannya. Hanya melihat truk makanan datang dan pergi. pati itu kelihatan dan rasanya persis sama seperti pati . Karena jalan yang buruk. dan menggali banyak lubang di malam hari. banyak pengemudi truk menghindari jalan desa dengan memilih jalan memutar. Hasilnya. polisi menangkap dua penduduk desa saat mereka merampok sebuah truk dan memenjarakan mereka. mereka membongkar semua kantongkantong pati yang tersisa. Suatu hari. Mereka pergi ke jalan dengan sekop dan cangkul. perampokan tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Pati fosfat adalah digunakan untuk industri dan beracun. lebih dan lebih banyak mobil dan truk pecah ban di sana. dan sebagaian meloncat ke atas truk dan mengambil lebih dari 20 kantong. Setelah perampokan. Lambat laun. Bagaimanapun. mereka menyembunyikan barang atau mengubah kemasan sehingga polisi tidak bisa menemukan bukti. Penahanan itu tidak membuat penduduk desa lainnya jera. Awalnya. semua penduduk desa sudah menyembunyikannya dan tak seorang pun mengaku sebagai pencuri. ia memohon kepada penduduk desa untuk mengembalikan pati tersebut. Setiap bulan. penduduk desa tidak mendapat apaapa selama beberapa hari berturut-turut. mereka menghadang truk. mereka mencuri makanan hanya untuk konsumsi mereka sendiri. Para penduduk desa kebanyakan tidak berpendidikan. Tak lama kemudian. Akhirnya. berharap menemukan truk rusak dan penuh makanan. Jadi. Suatu hari. Karena penduduk sudah terbiasa dengan cara hidup seperti ini. tetapi penduduk tidak percaya kepadanya. Ketika pengemudi pergi ke desa. Suatu hari. sekarang mereka mulai mengambil barang-barang lain dan menjualnya di pasar. seseorang datang dengan ide yang cerdik. jadi bagi penduduk desa ini adalah tidak bermanfaat. sebuah truk penuh dengan pati fosfat lewat. Saat ini. Selama satu musim dingin. keadaan semakin memburuk. Pengemudi mengatakan kepada mereka kebenaran.Mereka mulai sering pergi ke jalan raya. pencurian berubah menjadi murni perampokan. Pemerintah lokal mencoba berbagai cara menghentikan tindak kejahatan ini.

Kita merampok dia. akan tetapi hewan dan tumbuhanpun berhak belas kasih kita.biasa yang bisa dimakan. Tidak peduli seberapa jahatnya orang itu. Belas kasih dapat bangkit dalam diri orang jika itu dilakukan dengan tepat. mereka merasa pantas mendapatkanya.. Pengemudi menjadi sangat takut ketika penduduk desa tidak percaya kepadanya. Dia ingin melaporkan kejadian tersebut kepada polisi. dia tidak mau seseorang meninggal karena suatu kesalahan bodoh. Walaupun ia tidak akan bertanggung jawab atas kematian siapa pun. Pengemudi itu mengatakan kebenaran! Penduduk desa terkejut. tapi saya memohon kepada Anda untuk tidak memakannya. Penduduk desa mengembalikan semua pati ke truk.. tetapi ia menyelamatkan hidup kita. dan jika kita semua mampu menunjukkan kepada orang lain. Bahkan jika mereka mati karenapati beracun. bukan hanya sesama manusia. kepada . belas kasihnya dapat dibangkitkan dan ia dapat membuang pikiran – pikiran jahatnya. orang-orang di desa tidak pernah merampok truk lagi. dan hati mereka sangat tersentuh. Dia pergi dari pintu ke pintu untuk memberitahu orang-orang kebenaran. " Melihat desakan pengemudi itu. Namun pengemudi ingin menyelamatkan nyawa mereka yang sangat buruk. Trimakasih sahabat telah membaca. beberapa penduduk desa mulai ragu akan diri mereka sendiri. anda akan meninggal. Selamat Berbagi Belas Kasih. Setelah semua upaya-upaya penegakan hukum dan persuasi pemerintah gagal. Jika kita ingin orang lain menjadi baik.. dunia akan menjadi tempat yang indah. pengemudi muda dengan belas kasih mengubah segalanya. dia bahkan memohon dengan berlutut kepada mereka . Apakah kita masih ingin melakukan hal buruk ini? Apakah kita benar-benar jahat? " Sekarang jalan dekat desa ini menjadi aman kembali. bahkan ia berlutut dan berkata: "Saya tidak peduli tentang pati itu bahkan jika Anda tidak mengembalikannya. karena jika tidak.. (Sumber : ERA BARU) Sahabat. Seseorang memberi makan ayam dengan pati tersebut dan ayam mati dalambeberapa menit. Ada belas kasih dalam hati setiap orang. Tak heran jika dalam riwayat Tuhan menjajikan surga. Kami percaya setiap orang memiliki belas kasih dalam hatinya. tetapi ia juga khawatir seseorang akan memakan pati dan mati.. kebiasaan orang-orang dapat diubah jika kita tahu bagaimana mendekati mereka. serta kerendahan hati membuat penduduk desa merasa malu. hal yang terburuk bukan pada kerugian ekonomi saya. Ketika seseorang tergoda untuk mencuri. kita yang pertama menunjukkan rasa belas kasih kepada mereka. yang lain akan berkata: "Pikirkan tentang orang baik. Sejak hari itu.. Mereka telah mencuri barang-barang pengemudi ini dan seharusnya pengemudi itu membenci mereka. tetapi satu-satunya cara untuk beresonansi dengan hal tersebut adalah melalui belas kasih. Ini semacam rasa cinta dan belas kasih. Saya yakin merekapun merasakannya.

Bahkan saking asiknya. diriku pun bertanya. Siang itu. kulihat dia tengah ber-asyik masyuk di pinggir jalan..seorang pelacur lantaran dia pernah memberikan minum dengan tulus. "Lagian kan lumayan juga buat menjaring pelanggan lewat fesbuk.. Cerita.. kata pak Hermawan Kertajaya kan dalam berdagang kita harus selalu melakukan diferensiasi termasuk dalam hal pemasaran mas. gerobak mie ayam itu ditinggalkannya begitu saja. "Mas Jason (panggil saja demikian... mie ayamnya siji maning sooon... " . karena cerita ini tidak jelas sumbernya. seakan mengundang pemulung jail untuk mengangkutnya. sedang apa kok asik bener di pojokan?" tanyaku "Eh mas ganteng…( satu hal yang aku suka dari Jason adalah : Orangnya suka bicara Jujur!). Kisah strategi unik Mas Jason menjual Mie Ayamnya. ini mas. Mungkin anda pernah membacanya. seekor anjing yang kehausan dipadang pasir. Karena penasaran. “Mie Ayam Mas Jason” Jihaduddin Fikri 18 Mei jam 19:25 Balas Sahabat. Ya.. kami ucapkan selamat membaca… HATI-HATI…! Mungkin anda akan dibuat terheran-heran… ^_^ ~~~ Cerita. karena dia sering dipanggil Son ama pelanggannya) "Son. Bagi anda yang belum pernah membacanya.! ^_^ ~~~ Berikan komentar anda di wall grup ini." . Trimakasih. lagi update status!!…" WADEZIG!! "weehhh… njenengan fesbukan juga to??" tanyaku heran "Ya iyalah mas… hareee geneee ga fesbukan?!. .. “Mie Ayam Mas Jason” Kejadian ini bermula ketika secara tak sengaja aku berpapasan dengan tukang Mie Ayam keliling yang biasa beredar di depan rumah. Salam Motivasi. cerita pada kali ini adalah motivasi bisnis. cekikikan sambil melihat sesuatu yang ada di tangannya...

gampang mas. suara belum poliponik. Mie Ayam Jason : Melayani dengan Hati… ampela. Lha wong dia tiap hari di depan komputer jagain warnet. beli empat gratis timbang badan… takutnya anda obesitas… segera saya tunggu di gang Jengkol. mas nya pake Kartu Three ya? Yang gratis internetan itu?" " Bukaaaan mas. "mas. Selidik punya selidik. beli dua gratis satu mangkok. Tri itu lengkapnya Tri Ambarwati… Dia itu pacar saya... tapi kok bisa update fesbuk pake henpon sederhana gitu? (bahasa halusnya henpon lawas). yang kerjaannya jagain Warnet 24 Jam! Jadi kalo butuh update. aku limbung mendengar jawaban spektakuler dari mas jason… BRUK!! .. jawab dia datar "Ohh..GLEK!! kalah gw. beli tiga gratis nambah kuah. saya tinggal nulis statusnya lewat SMS lalu kirim ke Tri ?.. Aku kira henponnya blekberi atau minimal nokia seri baru yang uda bisa pake internetan. ternyataa… henponnya lawas bin jadul… HP yang masih monokrom. depan tengkulak Beras Mpok Hepi. Tapi ada yg aneh pas kulirik ke henpon yang dia pake.. Gw yang sering naik Kereta ke jawa aja gak tau kalo ada yg namanya Hermawan Kereta Jaya "emang mas statusnya apa?" tanyaku penasaran "nih mas aku bacain : Promo Mie Ayam. Gimana caranya ??" "Owwh. tinggal sms dia aja nanti dia yang gantiin status saya. sama-sama dari Tegal. dan masih pake antena luar kayak radio AM. Paling sebagai balesannya saya gratisin mie ayam seminggu sekali… murah to…" Mendadak kepalaku pusing Bagaikan menderita dehidrasi akut sekaligus hipotermia tingkat tiga. usus dan jeroan ayam lainnya." GUBRAK!! Dua kosong untuk mas jason… Gw yg uda lama fesbukan aja ga bisa bikin status se atraktif dia.

. tidak ada kata menyerah.."lho mas. Satu prinsip kuat yang ia yakini saat itu adalah. Masa sekolah dan kuliah Winarno identik dengan perjuangan keras. fasilitas untuk bersekolah. yang selalu semangat berubah menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. hingga transfortasi yang cukup jauh. mundur atau diam ditempat" Sahabatku.. (inspirasi dari Kick Andy TV Show) Banyak jalan menuju Roma.. Wb SALAM MOTIVASI Sahabat CCM yang berbahagia. MEREKA BISA. TAK ADA KATA MENYERAH BAGI KITA. sebagai insan Tuhan yang diciptakan begitu sempurna dibandingkan makhluk lainnya. Dari seluruh perjuangannya. seorang anak yang lahir dari keluarga miskin. Maka ia pun memompa semangatnya untuk bisa meraih nilai tertinggi. Ayahnya seorang informan polisi yang tidak lulus SD dan ibunya seorang tukang pijat yang buta huruf.. Winarno kini sudah meraih gelar professor untuk bidang . mas… jadi beli mie ayam ndak…kepriben iki?" (Author Unknown) ~~~ He he…..yang bisa memilih jalan hidup : "maju.. kami sangat tertarik dengan berbagai tayangan media tentang kisah2 orang Indonesia yang SEMANGAT luar biasa.. Misalnya kisah Winarno. Yang diberi akal dan hati. Semoga anda menapat hikmah dari cerita unik ini… ^_^ Salam Suksessss…!!! Cerita. "Mengejar Mimpi" Purwo Sucahyo 26 April jam 9:41 Balas Assalamu'alaikum Wr. Untuk urusan kuliah.. kalau pintar pasti bisa berhasil.mungkin ini salah satu pepatah yang bisa menggambarkan mereka-mereka yang punya semangat unutk belajar. ia menemukan taktik untuk bisa memperoleh sekolah gratis.. KITA PUN MAMPU. dari urusan biaya.

Yogyakarta Anda mengenal Saldi Isra? Seorang Ahli Hukum Tata Negara yang cukup menonjol di tanah air. Eka Julianta. Di usianya yang ke 42 tahun. tidak berhasil. Namun anggapan itu tak selamanya benar. dan masa sekolah saya harus dilakukan sambil membantu orang tua membajak sawah. Tahukah anda Saldi Isra lahir dari keluarga seperti apa? “Orang tua saya petani yang buta hurup. tak memiliki kemampuan ekonomi yang cukup untuk membiayainya. Kisah Basuki asal Sragen. Ayahnya seorang buruh tani dan ibunya yang penjual bakul sayur. Dari Yogakarta. Eropa dan Amerika.” Kisah yang penuh spirit juga hadir dari seorang dokter bedah syaraf kaliber dunia. menjual majalah bekas. Untuk mengirit biaya buku dan makanan. Dan kini tercatat sebagai dosen di Universitas Pembangunan Nasional. Jadi masa kuliah pun ia jalani sambil berjualan koran dan di waktu luang jadi pedagang asongan. Afrika. Kala itu keluarga mereka hijrah ke Ibukota untuk meningkatkan taraf hidup dan malangnya. Putra pasangan Ridjan dan Yatinem ini harus bekerja keras sejak kecil agar bisa meneruskan sekolahnya hingga ke bangku kuliah. ia memiliki trik trik khusus semasa kuliah. Jakarta. ia masih aktif sebagai Rektor di Universitas Katolik Atmajaya. Basuki mulai merambah usaha baru. atau ngojek paying saat hujan. untuk mengejar mimpi dan mewujudkan citacitanya sebagai dokter. Basuki mendapatkan pengukuhan gelar Doktor Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia. kini sering mendapat undangan untuk melakukan presentasi di berbagai Fakultas kedokteran dan symposium di berbagai Negara baik Asia. Dokter yang telah berhasi melakukan banyak operasi otak dan batang otak ini. Pada Januari 2010 lalu. Menjelang masa kuliah. dan menjajakannya di sekolah. semir sepatu. ia sudah menyandang gelar Profesor Doktor. Sragen. bahwa perjuangan Eka. Tapi tahukah anda. lain lagi.ilmu dan teknologi pangan. PHK yang menimpa ayahnya. Walau ada dana yang cukup namun jika tidak . Di usianya yang sudah berkepala tujuh. kemudian memaksa keluarga ini kembali ke kota asal mereka. ada kisah menarik milik Purwadi. Masa kuliah ia berjualan kantung gandum. dimulai dengan membantu ibunya menumbuk singkong getuk. Sejak kecil ia disibukan dengan urusan membantu perekonomian keluarga dari mulai jualan kantong plastik. Banyak anggapan menilai mereka yang bisa kuliah lagi karena ada dana yang mencukupi. hingga memberi les gamelan. Alhasil Purwadi harus pintar-pintar mencari cara. Perjuangan yang tak kenal lelah telah mengantar Purwadi meraih gelar Doktor Filsafat dari Universitas Gajah Mada. Yogyakarta. yakni jadi loper koran.

KEPADA BANGSA INDONESIA. karier yang mulus. 50 orang berhasil sampai ke Wimbledon. "Mengapa Saya?" (Kisah Nyata) Jihaduddin Fikri 28 April jam 1:46 Balas Arthur Ashe adalah petenis kulit hitam dari Amerika yang memenangkan tiga gelar juara Grand Slam. 50 ribu datang ke arena untuk bertanding. Pada tahun 1979 ia terkena serangan jantung yg mengharuskannya menjalani operasi by pass. 5.. "Mengapa Tuhan memilihmu untuk menderita penyakit itu?" Ashe menjawab..ada kemauan dan semangat untuk belajar tentunya tidak bisa terwujud. Memang pendidikan di negeri ini seakan2 memupus orang2 tidak kecukupan untuk bersekolah. Atau ada anggapan bahwa untuk mengejar mimpi seperti itu tidaklah realistis dikala himpitan ekonomi menjadi alasan. kita . penyakit. 500 ribu belajar menjadi pemain tenis profesional. kesuksesan. 'Mengapa saya?' Jadi ketika sekarang saya dalam kesakitan. Australia Open (1970). WB Cerita. kesehatan. "Di dunia ini ada 50 juta anak yang ingin bermain tenis. Dan ketika saya mengangkat trofi Wimbledon. Semangat mereka dalam menuntut ilmu memang patut diapresiasi. empat orang di semi final. Seorang penggemar menulis surat padanya. Amerika Open (1968). namun. dua orang berlaga di final. kesulitan. kegagalan. Setelah dua kali operasi. dan Wimbledon (1975). saya tidak pernah bertanya kepada Tuhan. di antaranya 5 juta orang yang bisa belajar bermain tenis. sadar atau tidak. 'Mengapa saya?'" (*note ini di kutip dari milist Parileg ) Sahabat. SALAM MOTIVASI !!! Terima kasih Wassalamu'alaikum WR. kerap kali kita merasa hanya pantas menerima hal-hal baik dalam hidup ini. MODAL KITA ADALAH SEMANGAT JUANG DARI DIRI KITA SENDIRI Semoga menjadi inspirasi sahabat2 CCM. terinfeksi HIV melalui transfusi darah yang ia terima. bukannya sembuh ia malah harus menghadapi kenyataan pahit.. Ketika yang kita terima justru sebaliknya. lihat masih banyak orang yang hanya bermodal semangat dan kerja keras mampu meraih mimpi itu.000 mencapai turnamen grand slam. tidak seharusnya juga saya bertanya kepada Tuhan..

Suatu hari. ada sebuah pulau kecil dengan berbagai macam kehidupan. ketika pulau itu hampir tenggelam. Anda basah kuyup dan dan hanya akan mengotori kapal saya yang indah.. kapalku penuh dengan emas.. maukah Anda membawa saya bersama Anda?" Kekayaan berkata: "Tidak. tidak demikian. Kesedihan. saya hanya ingin sendirian!" jawab Kesedihan. kecuali Cinta. Pada saat itu. " Ketika Kesedihan lewat. saya sangat sangat sedih. Emosi mengetahui bahwa pulau itu akan tenggelam. tetap teguh dalam pengharapan.. Ketika Kebahagiaan lewat. Cinta meminta bantuan: "Kesedihan.... Cinta bertanya: "Kekayaan.! Catatan : ~ Silahkan berikan komentar anda di wall grup CCM ini. semoga cerita ini bisa sedikit memahami tentang luasnya pemahaman cinta.. Salam Motivasi. Kebahagiaan. Itulah cerminan hidup beriman.. Ketika menerima sesuatu yang buruk ingatlah saat-saat ketika kita menerima yang baik. Tidak ada ruang untuk Anda. Namun Ashe. pun bila beban hidup menekan berat.menganggap Tuhan tidak adil. ia melihat Kekayaan lewat dengan sebuah kapal besar.. biarkan saya pergi dengan Anda. serta Emosi-Emosi yang lain. Sehingga kita merasa berhak untuk menggugat Tuhan. tinggal di pulau ini." "Oh.. Pengetahuan.. Hmm. "Cinta dan Waktu" Dahulu kala. Beberapa hari kemudian. tolong bantu saya! " Kesombongan berkata: "Saya tidak bisa membantu Anda.. karena terlalu gembira. ~ Cerita-cerita Motivasi (Grup3) Cerita Cinta Jihaduddin Fikri 04 Mei jam 21:46 Balas Beberapa sahabat ada yang meminta cerita tentang Cinta. perak dan harta lainnya. Cinta bersikeras bahwa dia akan tinggal di pulau itu hingga menit terakhir. Ciyeee. Cinta berpikirkan untuk meminta bantuan. ia tidak mendengar saat Cinta . dan Cinta. ~ Silahkan ajak sahabat anda untuk bergabung di grup kita ini. Terimakasih telah membaca. ^^ Cerita. Setiap orang kemudian bersiap-siap untuk meninggalkan pulau itu.. Semoga Bermanfaat." Lalu Cinta melihat Kesombongan sedang di atas sebuah kapal yang sangat megah dan bertanya: "Kesombongan.

Cinta. Mungkin ia memang belum hadir. pada masa ini cinta lebih merupakan masalah dicintai (to be loved). ”Aku sudah tak mencintaimu lagi. Bahwa cinta bukanlah gejolak hati yang datang sendiri melihat paras ayu atau jenggot rapi.” Dia adalah seorang bapak tua..”. dengan air mata. Disini kalimat seorang suami yang suatu hari mengadu untuk bercerai menjadi tidak relevan. Ya persoalannya cinta menjadi tidak sederhana. Seorang istri yang menerima seorang lelaki dengan keterpaksaan juga tak mempan. Ketika mereka sampai di darat. Cinta sangat bersuka cita karena harapannya terwujud hingga lupa untuk menanyakan nama orang tua tersebut. Dan dalam keaadaan kini. Karena cinta adalah kata kerja. sebagaimana cinta kepada Allah (Tuhan).” Engkau bisa memilih. Hanya Waktu yang bisa memahami seberapa besar anda memperjuangkan Cinta kepada pasangan hidup anda.. mencintai adalah pilhan yang lebih masuk akal.. Kata Salim A Fillah dalam bukunya Jalan Cinta Para Pejuang. Bahwa. Dengan KERJA.. satu-satunya yang dapat memahami betapa besarnya Cinta itu”.. Sayang. "Waktu?" Cinta bertanya. Dengan pengorbanan. yang tak serta merta mengisi hati kita. Saya akan membawa Anda bersama saya. Untuk mencintai atau membenci. CINTA. ”Cinta merupakan seni. SEBUAH KATA KERJA... Lakukanlah kerja jiwa dan raga untuk mencintainya. "Mengapa Waktu berkehendak untuk menolong saya?" Pengetahuan tersenyum: "Itu karena hanyalah Waktu. sebuah suara memanggil: "Kemarilah. Karena cinta adalah kata kerja." Pengetahuan menjawab. Yang kumaksudkan adalah sebuah kerja untuk mencintai.” Justru karena kau tak mencintainya lagi. dalam tulisan Salim A Fillah menyatakan bahwa. orang tua itu telah pergi. Kerjakan cinta yang kumaksudkan agar kau temukan cinta yang kau maksudkan.. setiap cinta memang harus diupayakan. Bukan perasaan itu. (Di Posting Oleh : BaoYuan 粱寶榞) ~~~ Sahabat. maka cintailah dia.. ”Aku tidak mencintainya. Jadi. Tiba-tiba. bukan mencintai (to love) atau kemampuan untuk mencintai.memanggilnya minta tolong. "Namanya adalah Waktu.. tulisannya dalam ”The Art of Loving”. Cinta sangat berterima kasih dan bertanya kepada orang tua yang lain siapa nama orang tua yang telah menyelamatkan dirinya tadi. dan bahkan darah. . karena cinta dalam latar pikir kita adalah persoalan ’dicintai’. Erich Fromm mengatakan. ”Maka cinta memerlukan pengetahuan dan perjuangan.

sejenis ikan sungai yang berukuran kecil 610 cm.. "Ikan Kelaparan" Jihaduddin Fikri 15 Mei jam 16:46 Balas Sahabat. setiap kali pula ia membentur kaca.. guwe nyerah.... Karena gagal mendapatkan mangsanya dan luka di tubuhnya.. para peneliti mengubah kondisi akuarium degan meletakkan penyekat kaca antar ikan besar dengan ikan kecil Setiap kali ikan besar berupaya memangsa ikan kecil.4 meter dengan berat 21 kg) dimasukkan ke dalam akuarium besar. Wah.. sebaliknya ia berenangrenang dikelilingi buruannya. kalo nyoba terus. peneliti ini mengangkat sekat kaca pembatas tersebut.. akhirnya Ikan besar itupun menghentikan usahanya.. mending guwe nyerah ajalah..! Cerita... "Waduh.. perasaan tidak ada benda didepan guwe.Terimakasih telah membaca sahabat. akhirnya ikan besar ini mati dalam keadaan kelaparan dalam akuarium yang justru dipenuhi dengan makanannya sendiri ! . seekor ikan great northern (sejenis salmon yang bias tumbuh 1. Setelah diperkirakan ikan besar sangat kelaparan..... Eden Ryl seorang psikolog spesialis perilaku. Beberapa waktu kemudian. Kegagalan demi kegagalan ia alami dalam memperoleh mangsanya dan merasakan sakit di seluruh tubh akibat benturan-benturan pada kaca." "Heran. tetapi ia sudah putus asa. Dia diberi makan berupa ikan-ikan minnow.... bisa-bisa mulut guwe.. Ikan-ikan kecilpun dapat berenang bebas demikian pula ikan besar kelaparan tadi. Sebetulnya ia sangat kelaparan.. makna cinta menurut anda pribadi. Selama beberapa hari. Mungkin dalam hatinya ikan itu berkata.. Di situ ditampilkan Dr.. Apa yang Terjadi ? Tenyata ikan besar itu tidak berusaha memburu ikan-ikan kecil.. Saya akan sangat senang jika sahabat dapat meluangkan waktu tuk menuliskan makna cinta di wall grup ini." (^_^) "Nyerah bro. ^_^ Salam Cinta tuk semua. jadi monyong kayak ikan tukul arwana nih. streesss guwe. kamera digunakan untuk merekam aktivias kedua jenis ikan ini.. ya.. Di dalam eksperimennya.. dari tadi mulut ini terbentur benda keras terus." kata ikan dalam hati Nah. Beberapa tahun yang lalu sebuah penelitian ilmiah yang penting dilakukan melalui sebuah film documenter.

kecewa karena penolakan-penolakan dan hal lainnya yang mematahkan semangat juangnya. "Dasar Bodoh. agar grup ini menjadi lebih intaraktif. kami ucapkan selamat membaca dan berfikir : Cerita. Ikan itu sudah YAKIN bahwa makanan itu sudah tidak bisa diraih ! Mungkin ikan-ikan kecil itu bicara dalam hati. Lama kelamaan terbentuk opini dalam diri mereka bahwa keberhasilan dan kehidupan yang bermakna TIDAK AKAN PERNAH BISA MEREKA RAIH. Dan pada kali ini saya mencoba tuliskan menjadi sebuah cerita. Lalu. dan Salam Motivasi. Sementara jalur yang kedua adalah jalur yang sudah tidak aktif alias tidak pernah lagi di lewati oleh kereta api.. jika udah tau jawabannya. "Jalur Kereta Api" (Cerita Diskusi) Jihaduddin Fikri 17 Februari jam 8:54 Balas Sahabat.!!! Cerita. Putus asa dan daya juang ketika Kesuksesan berada di depan mata.. kaciaaaaan deh loe... "Jalur Kereta Api" Alkisah ada sekelompok anak kecil sedang bermain di dekat dua jalur kereta api (KA). dan komunikatif. bagaimana dengan anda Sahabat? Terima kasih sahabat.. Rasa malu dan sakit akibat kegagalan-kegagalan untuk mencapai sasaran.. badan besar.. Jalur yang pertama adalah jalur aktif yang masih sering dilewati kereta api... he he... banyak orang yang gagal ketika berada di dalam potensi kesuksesannya.Makanan itupun gagal didapatkannya.... Jadi bagi sahabat yang sudah pernah membacanya.. Mereka terus memikirkan jerih payah dan penderitaan yang dilakukan dan terus terpaku pada kegagalan masa lalu. maaf sedikit modivikasi dan variasi versi saya ^_^) ~~~ Sahabat.. pada kesempatan kali ini akan saya uraikan sebuah cerita yang akan menjadi metari diskusi kita.. harap bersabar untuk tidak memberikan jawaban atas diskusi kita kali ini. Cerita ini saya kutip dari artikel komik berjudul "Renungan Jalur Kereta Api" karya Andre Wongso. (Mengutip tulisan Hareem Musasi. he he) Maka. kok mental kecil dan mudah nyerah.!" kata ikan kecil sambil meliuk-liukan jari siripnya.. dengan menyebut nama Tuhan YME.. (akan jadi terasa kurang menarik. .

Trimakasih atas perhatian sahabat. "Jalur Kereta Api" (jawaban diskusi) Jihaduddin Fikri 19 Februari jam 10:29 Balas Assalamualaikum w w. lalu. salam sejahtera untuk semua. Akan tetapi anda tidak mempunyai waktu untuk mengingatkan anak-anak tersebut karena mendesaknya waktu. bahkan mungkin ribuan pendapat yang masuk di wall grup CCM ini.. Salam Motivasi. dan ada empat anak yang sedang bermain di jalur rel yang masih aktif.!!! ^_^ Cerita.Lima anak sedang asyik bermain di kedua jalur kereta api itu. Sebelumnya. dan kebetulan anda berada di depan panel persimpangan jalur antara jalur aktif dan jalur yang tidak aktif. tiba-tiba terlihat ada kereta api yang mendekat dengan kecepatan tinggi.. silahkan tuliskan di wall grup ini jawaban atas pilihan anda dan alasan anda terhadap kasus diatas.. Anda saat itu mengetahui bahwa ada seorang anak yang sedang bermain di jalur rel yang tidak aktif.. Dan di dalam cerita ini anda berperan sebagai petugas yang mengatur arah Kereta Api tersebut. saya ucapkan terimakasih atas partisipasi sahabat untuk berbagi opini. pertanyaannya adalah : Apakah anda akan memindahkan arah Kereta Api tersebut ke jalur yang tidak aktif dan menyelamatkan sebagian besar anak kecil yang sedang bermain? (perlu diketahui walaupun jalur ini tidak aktif lagi.. dan kami tunggu jawaban dan komentar dari sahabatsahabat sekalian. Akan tetapi hanya seorang anak yang bermain dei jalur yang sudah tidak aktif.. sedangkan empat anak lainnya masih nekat untuk bermain di jalur rel kereta api yang masih aktif. Kemudian. walaupun akan terjadi goncangan-goncangan dalam perjalanan kereta) hal ini berarti anda akan mengorbankan seorang anak yang sedang bermain di jalur kereta api yang tidak aktif. atau anda akan membiarkan kereta tersebut berada di jalur seharusnya? ~~~ Sahabat. Ratusan. . akan tetapi kereta masih bisa berjalan dengan aman.

Sebaliknya.. dengan tujuan menyelamatkan 4 orang anak yang bermain di jalur aktif. karena tidak ada kewaspadaan bagi dirinya. Dibutuhkan kejelian dan padangan luas dalam bersikap. mungkin sebagian anda memilih pilhan pertama. bukan sekedar memandang dalam jangka pendek. Semoga Tuhan selalu memberikan petunjuk agak segala keputusan yang kita buat adalah keputusan yang terbaik. Dengan resiko mengorbankan salah seorang anak kecil yang bermain di jalur yang tidak aktif. itulah hikmah dari cerita diskusi kali ini. hanya karena banyak temannya yang ceroboh bermain di jalur yang tidak aman bahkan membahayakan nyawa mereka? Benar kata sebagian dari sahabat. Sebuah sikap yang tidak benar tentunya. Sebuah keputusan yang rasional dan dapat disahkan baik secara moral maupun emosional. saran dan sanggahan silahkan ditulis di wall grup ini. di dunia politik. hidup ini penuh dengan keputusan sulit yang harus diperbuat. jutru malah dikesampingkan. Dan bahkan ada yang tidak peduli nasip anak tersebut. Tentunya sangat dimurkai Tuhan. Sahabat. Salam motivasi. Tak peduli betapa bodoh dan cerobohnya pihak mayoritas.. bahwa seorang anak yang sedang bermain di rel jalur tidak aktif merupakan di pihak yang benar karena dia telah memilih bermain di tempat yang aman? Dan kemudian dia harus menerima menjadi pihak yang dikorbankan. Sahabat.Sahabat. Dan kemungkinan besar. akan merasa bahwa jalur itu aman. terimakasih telah membaca. jika jalur rel kereta berubah.!!! . saya yakin kejadian semacam ini ada dalam kehidupan kita. Bahwa kita harus sadar. sehingga mendzalimi atau mengorbankan pihak minoritas. Sahabat. seorang anak yang bermain di jalur tidak aktf. Kemudian jangan sampai dengan berdalih demi kepentingan mayoritas. Itu merupakan kedzaliman yang besar. Namun sadarkah anda. Dan merekapun akan berhati-hati dan siap-siap lari ketika kereta akan tiba. merugikan orang lain. dan terutama di dunia demokrasi. karena nyawa 4 orang lebih berharga daripada 1 orang. Sangatlah wajar. Nyawa seorang anak yang memilih untuk tidak bermain di jalur yang aktif yang berbahaya. Di kantor. dan bukan keputusan yang dzalim. di masyarakat. menolak diajak teman-temannya. yang menjawab agar jangan memindahkan jalur ke yang tidak aktif. sang anak akan tertabrak oleh kereta. pihak minoritas yang harus dikorbankan demi kepentingan mayoritas. Karena mereka yakin bahwa anak anak yang bermain di jalur aktif pastinya sadar dan waspada jikalau Kereta Api tiba-tiba datang. dan dia tidak akan membayangkan kereta akan lewat jalur itu.

bebet. Ia pun jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah dengannya.Wassalamualaikum w w.. Suatu ketika di semester 5 kuliahnya. Apakah Andang menyesal? Tidak. Seperti petir disiang bolong. Orangtua Andang hanya pedagang biasa yang bertekad menyekolahkan anaknya sampai jenjang kuliah. Namun.. bagaimana jika yang terjadi adalah sebaliknya? Sebut saja "Andang". menjadi mahasiswa adalah hal yang beruntung bagi rakyat biasa diera akhir 70'an. Dikala itu. Yah. Dan keputusan ini ia ambil bukan semata-mata karena cinta kawula muda. dan layaknya tragedi terbesar dalam hidup keluarga Andang. Namun.bobot". salam sejahtera untuk semua. Dan yang lebih menyedihkan ia menikah dengan wanita yang dianggap sampah masyarakat.. jika pilihan itu adalah yang terbaik maka yakinlah "semua akan indah pada waktunya". dia seperti layaknya mahasiswa lain yang menempuh jenjang pendidikan di salah satu kampus negri ternama di kota Semarang. sahabat. Bagaimana bisa dan bagaimana keluarganya menanggung "aib" yang takkan pernah hilang sepanjang hayat mereka. Sahabat CCM yang berbahagia.! Cerita.. *** Setiap orangtua akan senang jika dapat menikahkan anak tercintanya dengan orang yang tepat. ia berkenalan dengan seorang wanita yang tidak biasa.. orangtua atau harkat kita dimata "manusia" ..ia memang telah memikirkan resikonya. Bahkan mereka mencemooh dan meninggalkan sahabatnya itu..orangtuanya pun sampai tidak percaya bahwa anaknya berniat menikah dikala masih kuliah. . saudara.. Mungkin kata "tepat" menjadi sangat eksklusif dimana syaratnya seperti falsafah "bibit. namun ia yakin suatu saat ia akan menyelamatkan wanita itu dari jurang kenistaan. Dan ini adalah kisah nyata yang sangat berkesan dalam hidup saya. Hidup mereka pun sangat sederhana bahkan ia harus nyambi kerja kecil2an untuk meringankan biaya kuliahnya. "Semua akan indah pada waktunya" Purwo Sucahyo 21 Februari jam 15:01 Balas Assalamu'alaikum w w salam sejahtera untuk kita semua . wanita itu seorang pramuria. kita seperti akan memilih untuk kehilangan sesuatu yang berharga entah itu teman. Teman-teman Andang pun tidak percaya. Walaupun ia harus kehilangan semua kebahagiaan dalam keluarga dan lingkungan..terkadang ketika kita dihadapkan dengan pilihan hidup yang pahit.

Di pertengahan tahun 2009 lalu. istri tercintanya tidak seperti apa yang dikatakan semua orang. . Dan kalimat ini pantas disematkan padanya. Setelah memutuskan menikah. Bahkan masih sempat membantu biaya pendidikan adik-adiknya. Ia dan istrinya bahkan sudah naik haji. dia dan istrinya tetap berusaha menjalin silaturahim dengan orangtua. Kisah pertemanan Andang dengan sahabat lamanya seperti menjadi magnet lagi. Andang pun sempat tidak kuasa menahan segala resikonya.. "Semua akan indah pada waktunya".. Istrinya tetap mendukung Andang untuk terus melanjutkan kuliah sampai selesai. disusul Ibunya beberapa tahun kemudian... seperti mencari rusuk yang hilang... sebaris kalimat yang akhir-akhir ini sering menggema dalam kehidupan kita. Tragedi pun berlanjut. Yang menjadi cerita indah lainnya. UNGARAN. Andang menceritakan semua kisah hidupnya di perantauan dan tekadnya untuk menepis anggapan semua orang tentang ia dan istrinya.bertawakkal dan tentu bertaubat. bahwa keluarga kecilnya sangat harmonis dan begitu agamis. Dan semua sahabat-sahabatnya pun berpisah demi menggapai mimpi-mimpi mereka masingmasing. Karena ia memutuskan merantau ke ibukota mengais rejeki. 2 tahun kemudian beliau dipanggil Yang Maha Kuasa. Usut punya usut. Sukses pun tak disangka karena ia mempunyai usaha property yang cukup terkenal. tidak pantas namun kini seperti tidak berbekas. dimana ia selalu dihantui rasa bersalah karena orangtuanya menganggap ia durhaka. Ia kini menjadi direksi cabang Bank Indonesia. Walau harus dengan hasil kerja kerasnya. sang ayah menjadi depresi dan sakit. AGUSTUS 2009 *** Sahabatku.bagi hamba-hambanya yang mau bersabar.. Salah satu sahabatnya yang telah menjadi pegawai negri sukses mencari seluruh sahabat mereka yang telah lama hilang. Keadaan yang begitu berbeda. Namun.Kisahnya pun seperti terlewati masa. Namun sikap mereka sangatlah santun dan rendah hati. Tuhan Maha Bijaksana. menjadi sampah rakyat.kalimat yang diucap Andang kepada kawan-kawannya disaat reuni mereka. sahabatnya telah mengetahui keberadaan Andang di Jakarta. Tak terkecuali Andang. Tuhan Maha Pengampun.Ia nekad menikahi wanita itu dan akibatnya ia terpaksa diusir dari keluarganya.berusaha. dimana dulunya mereka mungkin dianggap tidak wajar.diantara kita pasti ada yang merasakan hidup "berbeda" dari biasa.

. Semarang. penuh harap kearah yang lebih baik yang ingin mereka capai seperti kita. Sahabat.. Maha Adil? Sahabat. ”Balon Cita-Cita” Sorak-sorak ramai terdengar. Salam motivasi ^_^ Wassalamu'alaikum note : "buat sahabatku yang saat ini tengah berjuang...janganlah sekali-kali kita berpikir bahwa apa yang mereka jalani demikian. Kemudian terpikir untuk bercerita motivasi Cerita.. mereka adalah puluhan anak-anak yatim piatu di Yayasan Sosial Yadayanu. Siapapun kita tentu mendapatkan kesempatan yang sama menjadi lebih baik. Saat itu kami dari remaja masjid melakukan kegiatan Santunan Anak Yatim.. Siapa tahu ada niat yang tulus. ”Elang”. Dan saya dipasrahi untuk membawakan acara game buat anak-anak.. .. namun pastinya kita menginginkan hidup lebih baik di dunia maupun di akherat. (Masih ingatkah? semoga anda masih ingat cerita itu ^_^).. Saat itu puluhan anak sedang berusaha keras untuk meniup balon dengan pelan-pelan hingga meletus....^_^" Cerita. sebuah kisah anak elang yang hidup dilingkungan anak ayam.ada secercah harapan maka WUJUDKANLAH. Terima kasih telah membaca. tinggal kita lah yang memilih.^_^ Sahabat...Apakah itu aib? apakah itu salah? belum tentu sahabatku.. ikhlas. mungkin akan terdengar suara degupan jantung di dada mereka.. hadirkanlah harapan dalam hidup kita dan mereka. Bukankah Tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum sehingga mereka berusaha merubahnya? Bukankah Tuhan seperti persangkaan hamba-hambanya? Bukankah Tuhan telah menuliskan tinta emasnya untuk menuntun kita? Bukankah Tuhan Maha Bijaksana. lepas dari segala perbedaan kita. Hmm. ”Balon Cita-Cita” Jihaduddin Fikri 13 Februari jam 6:49 Balas Cerita.tetap bersyukur dan semoga kita tetap semangat dan saling memotivasi. Kab.. dan kita lah yang benar. dan akhirnya mati layaknya seekor ayam. Semua telah jelas jalannya.. Dag dig dug.

..! Dan tiuplah hingga besar dan besar hinggal meletus! Dengan semangat tuk mengimpikan dan meraih cita-cita Adik-adik sekalian! Ayo Mulai. yang mengubur impianmu menjadi Elang sejati!...!” ”Tapi sayangnya adik-adik berada dilingkungan Ayam.. ~~~ Sahabatku.Silahkan berikan komentar anda di wall grup ini. Akhirnya. Keberhasilan akan diraih bagi mereka yang berani. walau mereka seorang anak Yatim Piatu yang tinggal di panti asuhan Ya Allah Tuhanku. hilangkanlah keraguan dan ketakutanmu tuk meraih cita-cita kita. kami berikan hadiah. Apakah kita berani? Apakah kita tidak ragu? Atau sebaliknya... dan akan mati di tempat yang tertinggi pula. Dan semua rintangan sangat bergantung dengan mental diri kita. bahkan ada yang tidak berani meniup balon hingga pecah. Terpancar senyuman dan semangat di wajah mereka... maka abaikan ”nasehat” ayam itu. Luar biasa. lima dari puluhan anak peniup balon yang paling cepat meletus..... dan jadilah Elang!” katakataku berapi-api.. Seperti dalam cerita meniup balon tadi.! ~~~ ... kita takut jika pecahan itu mengenai mata kita.. terkadang kita takut jika balon itu pecah memekikkan telinga. Yang hidup di tempat yang tertinggi. takut suaranya akan mengagetkan dirinya. sehingga kita ragu dan takut. Lalu kenapa kita musti merasa ragu dan takut? Sahabat. Semoga mereka tidak akan merasa minder lagi. ada yang ragu dan takut. di balon itu.. dalam perjuangan meraih cita-cita pastinya halangan dan rintangan pasti akan selalu menghampiri. satu persatu balon meletus. ada yang mantab.. adik-adik punya bakat luar biasa jadi Elang.. kita ragu dan takut?... Kabulkanlah cita-cita mereka.. Abaikan. ”Sekarang Tuliskan semua cita-cita tertinggimu.”Siapa tau Adik-adik disini adalah seperti anak Elang tadi..!” Teriaku.... ”Tiuplah hingga besar dan besar balon cita-cita kita hinggal meletus! Dengan semangat tuk mengimpikan dan meraih cita-cita kita! Berusahalah kita menjadi yang pertama meletuskan balon itu” Salam Motivasi.. Padahal kita sudah melihat bahwa orang lain banyak yang telah berhasil melakukannya.. ..

sewenang-wenang atau otoriter.. ampunilah mereka. tetap tebarkan cinta kasih dan kelembutan itu.. teruslah berbuat kebaikan. namun demikian .... orang mungkin menuduh anda egois. namun demikian .. namun demikian .. tetaplah jujur dan tulus hati.. tetaplah berkarya terus.....Silahkan ajak sahabat anda tuk bergabung di CCM grup 3 (http://www. Bila Sahabat menebarkan cinta kasih dan kelembutan. gampang sering dilupakan orang... tetap tegakkanlah aturan/prinsip itu...catatan kecil ini mungkin bisa menjadi inspirasi dan semangat Anda. orang mungkin akan memandang anda berkepribadian lemah dan mudah diperdaya.. Hasil karya Sahabat selama bertahun-tahun dapat dihancurkan orang dalam semalam. sampai sejauh mana anda memegang .. teruskan kesuksesan Anda. *** Orang sering sulit dimengerti.facebook. Bila Sahabat baik hati..... mungkin ada yang iri.. atau punya mau. Bila Sahabat jujur dan tulus hati. Kebaikan anda hari ini....com/group. dan musuh-musuh sejati. namun demikian .. Pada akhirnya. namun demikian. namun demikian . anda akan menemui teman-teman yang tidak bersahabat.. syukurilah kebahagiaan anda. tetaplah berbuat baik. orang mungkin akan menganggap anda tidak bisa diajak berkompromi... Perkaranya adalah antara anda dan Sang Kholik.. Bila Sahabat bersikap tegas dalam menegakkan prinsip/aturan. Bila Sahabat sukses. tetaplah memberi yang terbaik. Bila Sahabat menemukan ketenangan dan kebahagiaan... orang mungkin akan menipu anda. namun demikian.. namun demikian .. namun demikian . tidak pikir panjang dan selalu memikirkan diri sendiri.php?gid=257067436871) "Anda Dan Sang Kholik" Purwo Sucahyo 03 Februari jam 15:43 Balas Sahabat. Berikanlah yang terbaik yang anda bisa dan itu pun tidak akan pernah memuaskan orang.. namun demikian .

. (author unknown) *** Sahabat.dan bukan antara Sahabat dan mereka.. amin. dan mengunakan ‘Tabloid An Nuur’ sebagai ‘penyamaran’. “Saya dari tabloid An Nuur... “Oh. listrik biasa dimatikan. banyak warna putihnya itu berumur 54 tahun. silahkan masuk...kami harap dengan ini kita bisa membangun masyarakat FB yang lebih baik dan bermanfaat bagi diri. "Harta Kita Yang Sebenarnya" Jihaduddin Fikri 08 Maret jam 15:18 Balas Sahabat.bangsa dan negara. Kalau rumahnya ditinggalkan.terimakasih telah bergabung dengan grup ini.. kurus. rumah.. Rupanya Ibu Ela hanya menyalakan lampu listrik jika ada tamu saja..keluarga. Tak beberapa lama...” Ibu Ela.agama. boleh Bu…?” saya menjelaskan.. boleh.. banyak orang menumpuk hartanya di bank. inilah petikan wawancara tim Uang Kaget RCTI dengan Bu Ela “Assalamu’alaikum…” “Wa’alaikum salam. dia harus memungutnya di sungai. Tempat dudukannya busa yang sudah bolong di bagian pinggir. lampu listrik di ruang tengahnya nyala. “Silahkan masuk…” Saya masuk ke dalam ‘ruang tamu’ yang diisi oleh dua kursi kayu yang sudah reot.tetap semangat. .. wanita paruh baya. Saya menunggu di depan. Apakah benar itu milik kita yang sebenarnya??? Untuk menjawabnya marilah kita belajar dengan kisah Ibu Ella yang sangat sederhana ini: Ibu Ela adalah wanita yang pekerjaannya mengumpullkan sampah plastic dari kemasan.masyarakat. Berhemat katanya. Ada apa ya Pak?” tanya Ibu Ela. Kami mau wawancara sebentar.. investasi saham.. masuk lewat pintu belakang.... mobil dan lains ebagainya. rambutnya diikat ke belakang... Kita sering salah menyikapi HARTA KITA YANG SEBENARNYA milik kita. Salam motivasi Cerita... dan pintu depan pun dibuka. mendapat cerita dari seseorang untuk menemui Ibu.teguh amanah anda sebagai kholifah dimuka bumi ini. membeli tanah.. Cuma untuk memperolehnya.

Saya tanya lagi. nah itu saya sisihkan untuk sedekah ke ustadz…” Ibu Ela menjelaskan. rabu. datar. yang Rp 2. Oh. ngga usah repot-repot. kamis. secara sukarela dan otomatis akan mengumpulkan gelas kemasan air mineral dalam plastik dan menjadi oleh-oleh untuk Ibu Ela. “Iya Bu. sambil menyelam minum air rupanya. Kami pun mulai ngobrol. “Iya. mas. gumam saya dalam hati.” Kata Ibu Ela. “Kesana naik mobil dong. Hmm. Bingung juga bagaimana bisa hidup dengan uang Rp 7.. “Iya.. “Mengaji…” katanya “Hari apa aja Bu…?” Tanya saya “Hari senin. saya ambil air minum dulu” kata Ibu Ela.000 yang harusnya buat ongkos. Saya selalu hadir.000 sehari. Ibu Ela ini usianya 54 tahun. walaupun harus lewat sawah dan jalan kecil. atau ‘wawancara’. “Saya jalan kaki” kata Ibu Ela “Kok jalan kaki…?” tanya saya penasaran.” Kata saya ngga enak. ada mesjid taklim tiap Sabtu. . sabtu…” jawabnya. biasanya ibu-ibu pengajian yang pasti mendapat minuman kemasan. Hari Jum’at dan Minggu adalah hari untuk menemani Ibunya yang dirawat di rumahnya. jadi mengaji rupanya yang jadi aktivitas paling banyak. Ketika saya Tanya aktivitasnya selain mencari plastic. uang Rp 2. khan saya punya sisa uang Rp 2.000 itu Ibu kasih ke pak Ustadz?” Saya melongo. Khan Ibu ngga punya uang. Ternyata dalam pengajian itu... “Paling jauh pengajiannya dimana Bu?” “Di dekat terminal Bubulak.“Sebentar ya Pak. ustadznya bagus sih…” kata Ibu Ela. Sambil mengaji dapat plastik. saya jalan kaki dari sini.?” tanya saya. “Maksudnya.000 saya kasih ke Pak Ustadz… buat sedekah.000 sehari. pekerjaan utamanya mengumpulkan plastic dan menjualnya seharga Rp 7. Ada jalan pintas. Kalau saya jalan kaki.000 per kilo. selasa. Saya mau tahu alokasi uang itu untuk kehidupan sehari-harinya. Ibu Ela harus memasak air dulu untuk menyediakan air minum bagi tamunya. Penghasilan Ibu Ela sekitar Rp 7. Yang dimaksud Ibu Ela dengan ambil air minum adalah menyalakan tungku dengan kayu bakar dan diatasnya ada sebuah panci yang diisi air.

Minggu depannya. . kulkas. topi tinggi. dicatet sama Allah…. Saya pamit dan menyampaikan bahwa kalau sudah dimuat. Entah apa yang dibelikan Allah untuk rumah indahnya di akherat kelak. EM (Easy Money) Kru yang bersama saya adalah kru Uang Kaget. tukang gula. Dzig! Saya seperti ditonjok Cris John.000 yang disedekahkannya dengan Rp 10 juta dari uang kaget. mungkin minggu depan.” Ibu Ela menjelaskan. kali ini bersama dengan tim kru televisi dan seorang presenter kondang yang mengenakan tuxedo...000 dari Rp 7. uang Rp 2. tukang minyak tanah….000 itu udah pasti milik saya di akherat. saya akan menemui Ibu Ela kembali. Ibu Ela menyisihkan uangnya. Sahabat.“Kenapa Bu. mencari orang-orang seperti Ibu Ela yang cerita hidupnya bisa membuat ‘merinding’. Namanya Mr. “Soalnya. saya datang kembali ke Ibu Ela.. Saya mengetahuinya. Saya Merinding! Ibu Ela tidak tahu kalau dia berhadapan dengan saya. wajahnya dihiasai janggut palsu. Kalau uang sisa yang saya miliki bisa aja rezeki orang lain. karena dibalik kacamata hitamnya. Ibu Ela mendapatkan ganti dari Rp 2.000 sehari untuk disedekahkan kepada sebuah majlis karena berpikiran bahwa itulah yang akan menjadi haknya di akherat kelak? ‘Wawancara’ yang sebenarnya jadi-jadian itu pun segera berakhir. Keteguhan yang menghasilkan kesabaran. Jadi. Entah berapa yang Allah akan ganti di akherat kelak. dll untuk melengkapi rumahnya. Ibu Ela membeli beras. Mr. program di RCTI yang telah memilih Ibu Ela sebagai ‘bintang’ di salah satu episode yang menurut saya salah satu yang terbaik. Rp 2. kok dikasihin?” saya masih bengong. makanan. tapi saya merasakannya. Telak! Ada rambut yang serempak berdiri di tengkuk dan tangan saya. Tidak terlihat di televisi. mengenakan kaca mata hitam dan selalu membawa tongkat.. seorang sarjana ekonomi yang seumur-umur belum pernah menemukan teori pengelolaan keuangan seperti itu. EM seringkali tidak kuasa menahan air mata yang membuat matanya berkaca-kaca. mungkin rezeki tukang beras. Saya sebenarnya on mission. Ibu Ela terpilih untuk mendapatkan sesuatu yang istimewa dan tak terduga. kalau saya sedekahkan.Saya sudah menemukan kekuatan dibalik kesederhanaan.. kedengarannya jadi seperti pakar pengelolaan keuangan keluarga yang hebat.

. Bermula dari hal yang sepele. anak-anak yang melupakannya dan diabaikan oleh para sahabat. Dan ini jelas-jelas sangat menyebalkan... Sekonyong-konyong lelaki itu merasa sendirian. Bagaimana jika ia meminta odol pada TUHAN ? Berdoa untuk sebuah kesembuhan sudah berkali-kali kita dengar mendapatkan jawaban dari-NYA . Lelaki itu kehabisan odol dipenjara. Kom (fotografer yang hobby menulis) Cerita menggelikan ini kudengar ketika duduk dibangku SMA dulu. tiba-tiba saja pikiran nakal dan iseng muncul.. Sudahkah kita menyiapkan HARTA KITA YANG SEBENARNYA di akherat? (Kiriman : Ogy Adna) Trimakasih telah membaca Sahabat. tentunya harus dipikirkan berulang-ulang kali sebelum diutarakan. Sesuatu yang sepele dan mungkin tidak pada tempatnya. Kita diberi waktu di dunia ini untuk menyiapkan KEHIDUPAN YANG SEBENARNYA di akhirat. Tidak ada sedikitpun odol yang tersisa untuk esok hari.! SALAM MOTIVASI.sementara.. "Odol" dari Surga Jihaduddin Fikri 11 Januari jam 6:43 Balas ditulis oleh Made Teddy Artiana.. Begitu pula dengan doa-doa kepada orang tua yang telah berpulang. bahkan lebih dari itu : tidak berharga ! Tertutup bayangan hitam yang kian membesar dan menelan dirinya itu.! Cerita. Barang siapa yang mengumpulkan hartanya hanya untuk KEDUNIAAN maka itu semua PASTI akan DITINGGALKAN. Tetapi meminta odol kepada Sang Pencipta jutaan bintang gemintang dan ribuan galaksi. Cerita yang akhirnya tertulis begitu dalam di relung-relung hati. Tetapi barang siap mengumpulkan hartanya untuk NEGERI AKHIRAT. tidak punya odol untuk esok hari –entah sampai berapa harimenjengkelkan hatinya amat sangat. Istri yang telat berkunjung.. maka kita PASTI akan MENDATANGINYA. muncul menjadi kambing hitam yang sangat menjengkelkan... namun bermakna sangat dalam.. Kisah nyata dari seseorang yang dalam episode hidupnya sempat ia lewati dalam penjara. S. Malam itu adalah malam terakhir bagi odol diatas sikat giginya. Amat tidak penting bagi orang lain. Tetapi apa daya. tetapi sangat penting bagi dirinya.. lelaki itu . Meminta dibukakan jalan keluar dari setumpuk permasalahanpun bukan suatu yang asing bagi kita.Hidup ini fana... Maka dengan tekad bulat dan hati yang dikuat-kuatkan dari rasa malu. terdengar sangat gagah untuk diucapkan. Cerita yang meskipun naif.

Kali ini karena bunyi tiang besi yang sengaja dibunyikan oleh petugas. dalam temaram cahaya. bentak sang petugas.. jawab petugas itu . Karena iba. “Sekarang dia dimana Pak ?”. Wajah lelaki itu tampak memerah.dia sudah kami bebaskan. “Ooh. dan karena lelah dan rasa kantuk mereka berdua pun kembali tertidur pulas. tanyanya heran.mampu melupakan doa sekaligus odolnya itu. lelaki itu –walau dengan bersusah payah. Tetapi walaupun demikian ia tidak dapat begitu saja melupakan insiden tersebut. mimpi itu begitu nyata ?? Aku yakin ia disini tadi malam. “Saya tidak bersalah Pak !!!”. Akhirnya tangisan mereda.memutuskan untuk mengucapkan doa yang ia sendiri anggap gila itu. sehingga tidak akan ada orang yang mengamati apa yang ia lakukan. dini hari tadi…biasa salah tangkap !”.!!!” Sejenak ruangan penjara itu gaduh oleh teriakan ketakutan dari ‘tamu baru’ itu. Sore hari diucapkan.”Semua orang yang masuk keruangan penjara selalu meneriakkan hal yang sama !! Jangan harap kami bisa tertipu !!!!” “Tapi Pak…Sssa. Dan peristiwa itu berlalu demikian cepat. Lelaki itu segera menoleh dan segera menemukan benda yang dimaksudkan oleh petugas. Ia terbangun dan menemukan dirinyanya berada sendirian dalam sel penjara. lelaki penghuni penjara itupun menghampiri teman barunya. “Dia bilang itu buat kamu !!”. Terlalu malu bibirnya mengucapkan kata amin. dipaksa petugas masuk kekamarnya. Lho mana Si Gemuk. ia terjaga oleh sebuah keributan besar dikamar selnya. bibirnya berbisik : “TUHAN.” Demi TUHAN Pak !!! Saya tidak salah !!! Tolong Pak…Saya jangan dimasukin kesini Paaaaaaaaak. Pagi harinya. Tepat tengah malam. hingga lebih mirip dengan seseorang yang berludah ditempat tersembunyi.. pikirnya. permintaan itu menggelisahkannya hingga malam menjelang tidur. Kau mengetahuinya aku sangat membutuhkan benda itu”. Apa tadi malam aku bemimpi ? Ah masa iya.. Akhirnya. Menghibur sebisanya dan menenangkan hati lelaki gemuk itu. teriak seorang lelaki gemuk dengan buntalan tas besar dipundak. Serta merta ia tahu bahwa dirinya tidak sedang bermimpi. lelaki penghuni penjara itu terbangun karena kaget. Ia berdiri ragu-ragu dipojok ruangan sel penjara. Doa selesai. “Diam !!”.” Brrrraaaaang !!!! Pintu kamar itu pun dikunci dengan kasar. Petugas itu meninggalkan lelaki gemuk dan buntalan besarnya itu yang masih menangis ketakutan. kata petugas sambil menunjuk ke buntalan tas dipojok ruangan. Kemudian dengan cepat.

TUHAAANNN !!!!”. lalu segera berlari kepojok ruangan sekedar ingin memeriksa tas yang ditinggalkan Si Gemuk untuknya. kebimbangan dan putus asa.! . sebuah sikat gigi baru.. Salam Motivasi.. “Ya. Sungguh-sungguh pernah terjadi. Disampingnya tergeletak tas yang tampak terbuka dan beberapa isinya berhamburan keluar. Pada saat seperti itu ada baiknya kita mengingat sungguh-sungguh bahkan Odol pun akan dikirimkan oleh Surga bagi siapapun yang membutuhkannya. dengan tangan gemetar dan wajah basah oleh air mata.. Lelaki itu bersujud disana. Tiba-tiba saja lututnya terasa lemas. Seperti kata seorang bijak dalam sebuah buku : “Seandainya saja engkau mengetahui betapa dirimu dicintai-NYA.. dan beberapa helai pakaian sehari-hari. ^_^ Salam Berbagi.. Dan tampaklah lima kotak odol. Dan aku mendengarnya langsung dari orang yang mengalami hal itu. Sesuatu yang memuliakan harkat manusia dan DIA yang menciptakan kita. Semoga semua ini dapat menjadi tambahan bekal ketika kita meneruskan berjalan menempuh kehidupan kita masing-masing. Sementara harapan seakan menguap diganti deru ketakutan. Ia tersungkur dipojok ruangan. ~~~ Sahabat. Tak sanggup ia berdiri.! ~~~ Sudahkah anda berinfak hari ini di kotak CCM Peduli anda? Jika belum berinfaklah. Lelaki itu masih ternganga beberapa saat. dua buah sabun mandi. tiga botol sampo.enteng. hati mu akan berpesta pora setiap saat”. laki-laki itu mengerang. dalam kegelapan sambil menangis tersedu-sedu. ”saking senangnya orang itu bilang tas dan segala isinya itu buat kamu”. Apalagi jika kita meminta sesuatu yang mulia. Petugas pun ngeloyor pergi.. Jadi suatu ketika. saat kita merasa jalan dihadapan kita seolah terputus.. Kisah tersebut sungguh-sunguh kisah nyata.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful