P. 1
Praktek Kesuburan Tanah dan Pemupukan 2

Praktek Kesuburan Tanah dan Pemupukan 2

|Views: 803|Likes:
Published by Bim Bam

More info:

Published by: Bim Bam on Feb 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2013

pdf

text

original

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM KESUBURAN TANAH DAN PEMUPUKAN

Disusun Oleh:

Disusun Oleh :

NAMA NIM KELAS JURUSAN KELOMPOK CO. ASS

: Satria Hari Mulya : 10 /13819/SMBP : SMBP : Sosial Ekonomi Pertanian :6 : Widiyono

INSTITUT PERTANIAN STIPER YOGYAKARTA 2011

Metode pemupukan diartikan sebagai cara pemberian bahan pupuk ke dalam system pertanaman (medium tanah dan tanaman). 2. DASAR TEORI : Secara umum pemupukan adalah pemberian bahan organik maupun an organik kepada tanah dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kesuburan tanah. 4. Secara khusus pemupukan adalah pemberian unsur hara kepada tanah atau tanaman. IV. Cara pemberian pupuk tersebut dapat dilakukan secara langsung pada tanaman.Tepat waktu : pemeberin pupuk harus sesuai waktunya. Menghitung kebutuhan pupuk. . Efisiensi pemanfaatan hara pupuk ditentukan oleh cara dan waktu pemupukan. agar pupuk yang diberikan efisien dan efektif maka perlu memprhatikan 4 tepat.I. TANGGAL PRAKTIKUM III. atau melalui irigasi. ACARA II. dapat pula ditaksir berdasarkan jumlah unsur hara yang diserap tanaman setiap hari tiap satuan jumlah unsur hara yang ditambahkan. 3. Tepat dosis : Dosis pupuk yang diaplikasikan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. anatara lain: 1. ke dalam tanah. Dalam pemupukan. Tepat cara : pemilihan metode pemupukan agar efektif dan efisien. Penaksiran efisiensi pemupukan didasarkan pada kenaikan bobot atau berat kering biomassa tanaman oleh pemberian±pemberian tiap satuan bobot unsur hara yang terkandung dalam bahan pupuk. Melakukan pemupukan pada tanaman dengan berbagai metode pemupukan. 2. Tepat jenis : Pemilihan jenis pupuk disesuaikan dengan kebutuhan unsur hara bagi tanaman. Tujuan akhir pemupukan adalah menjamin ketersediaan hara bagi tanaman. TUJUAN : Aplikasi Pemupukan : 31 Januari 2011 : 1.

sebelum tanam : dengan cara plow sole placed. Metode broadcasting ini efektif apabila : Pertanaman (jarak tanaman) yang rapat. Pertumbuhan gulma terpacu. Top dressing : penebaran pupuk menurut alur-alur sempit atau tanpa alur secara merata dipermukaan tanah. Metode ini dibedakan menjadi 2. dilakukan sebelum atau sesudahtanam. b. Aplikasi pupuk dengan dosis besr tidak dikhawatirkan merusak tanaman. antara lain: 1. . Jumlah atau dosis pupuk yang besar. Placed adalah cara pemupukan dengan penempatan bahan pupuk secara khas ke dalam tanah atau tanaman. antara lain : a. Pemakaian pupuk urea pada tanah alkalis dan kering akan menyebabkan terjadinya penguapan (voltalisasi) ammonium (NH4) menjadi bentuk gas ammonia(NH3). 2. Kelemahan metode broadcasting antara lain : Kontak dengan pupuk tanah menjadi besar. Broadcasting adalah cara pemupukan dengan penebaran bahan pupuk secara merata diatas permukaan tanah.Beberapa metode yang dipergunakan dalam member pupuk pada tanaman. Keuntungan metode broadcasting antara lain: Mudah dilakukan. Sistem perakaran yang merata pada volume tanah bagian atas. Bedasarakan waktu pemberian metode ini dibedakan menjadi 3 antara lain : a. sehingga fiksasi pupuk (terutama pupuk P) oleh unsur-unsur yang membentuk senyawa tidak larut didalam tanah besar. yaitu pupuk diletakkan dibelakang bajak pada saat pengolahan tanah. Side dressing: penebaran pupuk di samping alur benih atau tanaman. hemat biaya dan tenaga kerja.

disamping benih atau kombinasi keduanya. setelah penanaman benih/tanaman 1. Residual respon dari pupuk lebih besar dan kehilangan pupuk dapat dikurangi. 2.5-5 cm dibawah permukaan tanah. posisi pupuk dapat dibawah benih. Pengambilan hara pupuk oleh tanaman lebih mudah. . c. Combine drilling : pupuk dibenamkan bersama benih ke dalam alur-alur yang dibuat sebelumnya. 2. Spot/ point placed :pupuk ditempatkan pada suatu titik atau lubang didekat tanaman. Row placed : pupuk dibenamkan ke dalam tanah menurut alur bekas bajakan. Kesuburan tanah rendah dan jumlah pupuk sedikit atau dosis pupuk rendah Pupuk yang digunakan utamanya pupuk P dan pupuk K Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam aplikasi pupuk dengan cara placed antara lain : Kontak pupuk dengan tanah dapat dikurangi.5 cm jarak horizontal dan 2.b. terutama bagi tanaman yang perakarannya sedikit. Circular band/ring placed : pupuk dibenamkan melingkar dibawah tajuk Sekeliling tanaman. Side band placed : pupuk ditempatkan pada alur disamping benih 5-7. 3. pada waktu tanam (bersamaan penabuaran tanah) 1. sehingga fiksasi unsure P oleh Unsur-unsur lain membentuk senyawa tidak larut dapat dikurangi. Metode placed ini menjadi efektif apabila : Pertanaman renggang dan perakaran sedikit.

Lakukan pemupukan secara merata ke seluruh lahan dengan cara disebar b.V. Masukkan pupuk ke dalam lubang dan tutup kembali dengan tanah . apabila dosis pupuk yang dibutuhkan sebesar 100 kg urea/ha 2. Metode ring placement : 1. Metode Spot Placement : 1. CARA KERJA: a. Tentukan kebutuhan pupuk untuk 1 tanaman jika kebutuhan per ha sebesar 100 kg NPK dengan jarak tanam sesuai tanaman yang akan dipupuk di lapangan 2. Tentukan kebutuhan pupuk untuk 1 tanaman apabila dosis setiap hektarnya 100 kg/ha NPK dengan jarak tanam sesuai tanaman yang akan dipupuk 2. Buat lubang dalam baris tanaman sedalam sedalam 10 cm dengan tugal 3. Tentukan kebutuhan pupuk urea untuk lahan seluas 10 m2. Taburkan pupuk secara merata dalam parit dan kemudian ditutup dengan tanah tipis c. Buat parit sedalam 10-15 cm mengelilingi tanaman selebar tajuk terluar 3. Metode Broadcasting : 1.

HASIL PENGAMATAN Nama tanaman Nama pupuk Cara Pemupukan Foto pengamatan : : Rambutan : NPK : Ditabur : Nama tanaman Nama pupuk Cara pemupukan Foto pengamatan : Rambutan : SP 36 : Circle : Nama tanaman Nama pupuk Cara pemupukan Foto pengamatan : Jambu : ZA : Tugal : .VI.

PEMBAHASAN Penanaman tanaman pertanian yang mempunyai nilai ekonomi tinggi secara intensip akan menyebabkan hilangnya unsur hara esensial di dalam tanah melalui pengangkutan hasil tanaman. dan juga harus tahu keadaan iklim yang cocok dalam pemupukan pada tanaman apabila di lakukan pemupukan pada saat musim penghujan maka akan sama saja membuang uang dan rugi tenaga kerja karna pupuk yang diberikan pada tanaman akan terbawa oleh air hujan sehingga tanah tidak dapat menyerap pupuk yang diberikan pada tanaman tersebut maka dari itu iklim juga sangat berpengaruh pada tanaman. cara tebar. tepat watu pemupukan sehingga dapat menamba keharaan bagi tanah dan meningkatkan kesuburan bagi tanaman sehingga dapat memperoleh hasil yang sesuai keinginan yang diharapkan. ini dilakukan agar pada saat pemberian pupuk gulma-gulma tersebut tidak menggangu tanaman dalam penyerapan unsur-unsur yang terkandung didalam pupuk.VII. dengan demikian untuk mempertahankan produtifitas tanah dan keberlanjutan produksi tanaman yang tinggi penambahan unsur hara melalui pemupukan perlu dilakukan secara benar. cara circle. Dalam pemberian pupuk harus tahu pupuk apa yang diperlukan oleh tanaman dan seberapa dosis yang dibutuhkan oleh tanaman sehingga tanaman tidak akan mati akibat kelebihan pupuk yang diberikan pada tanaman medium. tepat cara. terlebih dahulu gulma-gulma yang ada disekitar piringan tanaman dibersihkan. Maka dari itu ada empat cara yang harus dilakukan agar pemupukan yang efektif antara lain yaitu tepat dosis. cara tugal. Cara pemupukan dalam tanaman dapat dilakukan dengan cara. Dalam cara tebar sebelum dilakukan pemupukan. Pemupukan adalah bahan yang mengandung unsure hara yang diberikan pada tanaman medium tanaman dengan tujuan untuk memperoleh kenaikan hasil yang setinggi ± tingginya. bagi tanah yang pasiran dapat di perbaharui dengan pupuk yang menggunakan kompos sehingga tanah tersebut dapat ditanami ditanami oleh tanaman penerapan pemupukan kopos sangat baik tagi tanah pasiran sehingga dapat meningkatkan unsure hara bagi tanaman. Pemupukan cara tebar ini . tepat jenis.

teapi cara circle dilakukan dengan cara membuat lubang melingkar ditajuk luar tanaman. Cara pemupukan ini dilakukan dengan berbeda karena dapat membedakan cara yang mana yang lebih cepat untuk diserap oleh tanaman.Begitu juga dengan cara circle. selanjutnya cara tugal.dilakukan dengan menebar pupuk disekitar tanaman atau ditajuk luar tanaman. Cara tugal dilakukan dengan membuat dua lubang yang berada dikiri dan kanan luar tajuk tanaman dan kemudian diisi dengan pupuk dan lubang ditutup kembali. . dalam cara ini berbeda dengan cara tebar dan cara circle. kemudian lubang tersebut diisi dengan pupuk dan ditutup kembali.

dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Tanaman pertanian itu memiliki nilai ekonomis yang tinggi. 2. Pengapuran sangat penting dilakukan untuk mengurangi kemasaman bagi tanah. 4. Pupuk juga dapat meningkatkan keharaan bagi tanah. Pemupukan sagat bermamfaat bagi tanaman hasil produksi yang tinggi dan berkualitas baik. 3. Dalam meningkatkan produksi tanaman memerlukan pupuk. KESIMPULAN : Dari hasil praktikum kesuburan tanah dan pemupukan. 5. .VIII.

7 Februari 2011 Praktikan (Widiyono) (Satria Hari Mulya) . Mengetahui. Potesh Institute Bern:Switzerland. W. 2002. Schroeder. Bhratara Karya Aksara:Jakarta. Ass Yogyakarta. Mul Mulyani. Pupuk dan cara pempukan. 1983.D. Rineka Cipta:Jakarta. Pupuk dan Cocept. Pupuk dan Cara pemupukan.T. Sutejo. 1983. Int. Co.DAFTAR PUSTAKA Rinsema.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->