MENGAPA KHAMAR ITU HARAM?

Sebagai umat-Nya tentu kita semua tentu ingin selalu berada didalam rido allah SWT dan terjaga dari godaan syaitan yaitu termasuk tentang ³Apa saja yg diharamkan dan dihalalkan oleh allah untuk kita minum karena sebelumnay telah dijelaskan makanan yg di halal kan dan diharam itu, karena ini merupakan sesuatu hal yg penting untuk diketahui. Apa saja yg kita makan, yang tumbuh dan menjadi daging pd diri qt berasal dari benda haram, maka neraka ada tempat yg cocok untuk menemani kita nantinya. Tahukah bahwa khamar adalah suatu minuman yg memiliki tingkatan yg paling tinggi, hal tersebut sudah diyakini oleh ulama-ulama bahwa khamar adalah minuman yg diharamkan dan merupakan induk dosa yg paling bsar, Pada surat Almaidah ayat:90-91 yg artinya menjelaskan bahwa wahai orang-orang yg beriman, minuman kamar, mencuri,mengundi nasib memuja berhala merupakan perbuatan-perbuatan syaitan, dan jauhkanlah perbuatan-perbuatan tersebut mudah-mudahan. para ulama menyebutkan bahwa mnuman khammar merupakan sangat dan induk dari haram,ada 10 pernyataan: 1. karena minuman khamar akan mengakibatnya 3 efek lain, yaitu, mengundi nasib, pencurian, dan penyembahan kepada berhala 2. mengganggap oleh allah bahwa khamar itu nazis atau sesuatu yg sangat menjijikan/keji 3. perbuatan minum khamar adalah perbuatan syaitan 4. Allah memerintahkan dgan tegaskan untuk menjauhi khamar. 5. Menjauhi Khamar merupakan jalan untuk kebahagian atau mendapat kemenangan 6. syaitan ingin menghancurkan umat manusia lembah permusuhan 7. syaitan ingin menjatuhkan jiwa ini dengan minum khamar ke lembah kebencian dan saling menghianati 8. dengan minum kamar akan ternyumbat hati untuk mengingat Allah 9. Dengan Khamar kita semua akan berat/sulit menggingat shalat, 10. Allah akan Murka/lafaistisfaha,sebagai bentuk marahan kenapa umatnya masih tetap terjebak dan tetap melakukannya tidak mencegahnya apa yang digambarkan dan kita lihat di dalam kehidupan kita, bnyk kejadian yg terjadi di pada manusia terjebak untuk melakukannya hal-hal yang diharamkan, itu jelas membuktikan bahwa

artinya org yg melakukan hal tersebut memang tidak menjadi seorang mukmin disaat tsb. dari biji-bijian. marah kepadanya. kehilangan kesadaran. jadi artinya saat itu ia dalam keadaan tidak sadar dan bukan seorang mukmin. mengkutuknya. Seorang yg sering melakukan zina.dari susu atau apa saja yang kemudian diolah dan bisa mengkacaukan pikiran dan membuat hilang kendali untuk bertindak. karena itu tidak khusus dari apapun bahan itu diambil. maka itu semua haram. benda yg suci. gandum. andaikata dia sedang dalam keadaan sadar dan tahu kalo perbuatan itu dilarang. yg jiwanya zina.sesuatu dari makanan . masyarakat mati-matian membasmi narkoba begt berat memberantasi narkoba tp bnyk yg melakukannya Buchari muslim menyebutkan yaitu sama seperti khamar dan zina. membuat Orang yang mengikuti dan memberikan pabri. walaupun sedikt itu haram. Sama seperti saat meminum khamar. indah untuk dikonsumsi namun jika pada saat pengolahan dipoles. dia tentu tidak akan mau melakukan itu dalam keadaan mukmin. memberi bahan baku dan fasilitas µ µ µ µ µ µ Orang yg meminunnya Orang yg membawa Orang yg menampung. telah kosong kesadaran bahwa sebenarnya allah mengetehuinya. oleh karena itu rasul mengingatkan sesuatu yg diminum memabukkan.company syaitan itu jauh lebih menang dibandingkan dganggu manusia. itu disebut khamar. atau dari kurma basah. akan menazabnya allah marah kepadanya. baik.sama dengan yg meminumny Orang yg menyuguhkan khamar Orang yg menjual Orang yg makan harganya (mengambil untung dari membawa khamar) . baik khamar tsb dibuat dari anggur dimasak / peram. di murkai.dia tentu tidak akan melakakukan perbuatan tersebut.khamar adalah sesuatu yg dapat mengkaburkan akal dan menjauhkan diri dari sebuah kesadaran atas bertindak. bergizi. sangat dibenci. µ µ Orang yg mengolah. Yg dimaksud para ulama-ulama. jadi apa saja yg dapat menghilangkan akal. Dan apa hukumnya bagi siapapun yang berkaitan dgan khamar? Allah bersabda yg artinya: rasul melaknat bagi 10 orang yang terlibat dengan khamar yaitu. mencercanya. dicambur mengakibatkan kemabukan. dari madu. saat melakukan perbuatn itu. olahan.

Mengundi nasib. TEMA: ³Akibat Minuman Khamar & Hukum islam Bagi Minuman Khamar´ Tentang yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. dan mengundi nasib dengan anak panah. 3. yang telah membawa kita dari alam kebajikan kealam yang berilmu pengetahuan. 2. Dengan apa saja yang diharamkan oleh Allah dan apa saja yang dihalalkan oleh apa saja yang kita minum. dan selawat dan salam tak lupa pula kita sanjung-sajikan kepangkuan nabi Besar Muhammad SAW. dengki dan menghianati . 5. 4. 6. mengapa minuman khamar merupakan induk dari minuman haram? Karena minuman khamar akan kepada akibat seperti berikut ini. bibitnya dari minuman khamar 7. Puji Beserta syukur mari senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Minuman khamar merupakan puncak yang paling tinggi antara benda-benda haram yang tidak bisa diminum. adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. menyembah kepada berhala Menganggap Allah bahwa khamar itu adalah najis yang sangat keji Merupakan perbuatan minum khamar adalah perbuatan syetan Allah menyuruh menjauhi dengan tegas dengan perintah yang tegas Menjauhi agar mendapat kebahagain/kemenangan Syetan ingin menhancurkan umat kepada lembah permusuhan. dan menghalang-halangi kamu dari mengingatkan Allah dan melaksanakan shalat maka tidakkah kamu mau berhenti? Para ulama menyebutkan. Khamar merupakan induk dari dosa-dosa besar. amin. berjudi.µ µ Orang yg membeli untuk nya Orang yang membeli untuk orang lain Semoga dengan mengetahui apa itu khamar dan dampak-dampak negatif yang akan ditimbulkan baik di dunia maupun akhirat jika mengkonsumsinya kita semua akan sadar dan menjauhinya. Halal dan haram membawa kedekatan kepada allah dengan Allah Swt.Pencurian. Akibat kepada Minuman Khamar ada 10: 1. Syetan ingin mengacaukan jiwa umat ini kedalam lembah kebencian. ( berkurban untuk) berhala. Maka jauhilah (perbuata-perbuatan ) itu agar kamu beruntung´ Alamaidah aya 91: ³ Dengan minuman keras dan judi itu. setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu. Almaidah ayat 90: ³Wahai orang-orang yang beriman sesungguhnya minuman keras.

Dalam hadist buhri muslim pelarangan zina dan perjudian(1-11) Yang artinya: seorang yang sering melakukkann zina ato orang yang dlm jiwanya ingin melakukankan zina dia tidak akan mampu andai kata saat berzina itu iya mukmin.dari benda-benda suci. direbus. Dan tidak kita bayangkan Banyak kejadian yang terwujud dalam kehidupan kita. Itulah yang disebut implementasi tidak ada imannya. Dia akan mencuri karena kekosongan iman. Apakah iya air anggur. Allah marah kepadanya. Sekeji itu kamu masih ngotot melakukannya Jika melihat lebih jauh apa yang digambarkan oleh Allah itu dan kita analisa dalam fenomena dan kejadian kepada manusia-manusia yang terjebak oleh minum khamar. Karena menghilangkan pikiran. Akan Tersumbat hati untuk mengingat Allah 9. dimurkai dibenci oleh agama dan merupakan adalah perbuatan yang akan dicerca oleh manusia maka tapi andaikan iya sadar akan kebenaran Allah janji Allah. air nira.bergizi. indah untuk dikonsumsi Tetapi setelah diolah akan menghasilkan membuat ataumenghilangkan kesadaran itu disebut khamar oleh karenaitu rasul mengingatkan sesuatu yang mabuk apabila banyak diminum. bagus. berat dalam memerangi narkoba dan minuman keras. Dengan minum minum orang akan berat untuk melakukan shalat 10. Lalu diperam 3 hari dicampur yang lain itu sdh menjadi khamar . baik-baik. setan lebih menang dengan begitu. atau dari madu atau biji-bijian apa dari gandum. Saat iya melakukan perbuatan yang dikutuk yang tugas dijelaskan dalam ayat Allah. dimasak hingga kering misalnya 3 liter akan tersisa hanya sepertiga. Anggur setelah diperas. walau dari apa saja yang diambil . sedikit juga itu hukumnya haram. namun bagi beberapa ulama ada beberapa modell saat ayat ini diturunkan di negeri Arab sesuatu yang memabukan itu diambil dari anggur dan kurma Anggur ada 3 macam cara olahnya. Saat itu kosong kesadaran bahwa Allah mengetahuinya. Tidak khusus diambil dari anggur tidak khusus diambil dari air kurma. ditinggalkan. Apa itu Khamar ? oleh para ulama walaupan asal kata dibuat dari air anggur atau kurma? Sesuatu yang biasa mengaburkan akal artinya sesuatu menghilangkan akal akan termasuk kedalam minuman khamar. yang dimaksud. atau dari kurma-kurma basah. Maka jik a itu makna khamar apa saja yang bisa menghilangkan kesadaran akal maka itu adalah khamar. Sesuatu yang haram apabila iya dikonsumsi atau dimakan melahirkan tubuhnya dagingnya akan bertambah sebagai daging yang haram.8. kekosongan saat allah mengetahui nya Begitu juga seorang pencuri saat iya tahu mencuri itu dilarang.saat melakukan Dia tidak akan mencuri jika iya beriman. dipendam. Allah mencercanya. atau dr makanan atau dari susu apabila iya dibuat dan dilahirkan untuk mengacaukan pikiran atau dan membuatt hilang kendali dalam bertindak itu disebut khamar. Allah dengag lahafz istifaham Sebagai bentuk tahtib atau kemarahan mengapa kamu tidak mau mencegah diri kepadanya. Begitu juga dengan minum khamar.

walaupun tidak minum. Orang yang membeli untuknya 10. Orang yang membawa 5. Aita M. International Journal of Nursing Studies. Fraser W. A controlled clinical trial of home care management versus hospital care management for preterm labour. Orang yang menjual 8. [doi: DOI: 10. Lepage L. . Orang yang membeli untuk orang lain. Orang yang membuatnya 2. walaupun hanya mengambil untungnya sama juga. Orang yang menampung 6. Rasul bersabada: Anas bin Malik berkata: rasul melaknat pada yang terlibat dlm dg minuman keras ada 10 orang bukan 3 1. 9. Orang yang memakan harganya. sama hukumnya(12) Semua orang yang tersebut itu adalah dosa besar dan itu diharamkan(1.38(3):259-69.Jika yang diambil dari kurma cara olah: ada dengan direndam dengan air sampai hilang rasa manisnya dan dikeringkan dan iya mabuk tanpa perlu dimasak dengan api kita tidak bisa memahami khamar ini dalam konteks anggur dan nira. tatpi yang menghilangkan akal maka hukumnya sama dengan khamar yang diancam hukumannya sama dengan khamar. Gévry H. Orang yang mengikuti mendirikan pabrik atau yang memberikan bahan baku sama hukumnya 3. 21-25) 1. Orang yang menyuguhkan 7. 2001. Goulet C.1016/S0020-7489(00)00077-8]. 12-20) (11. Orang yang meminumnya 4. Gauthier RJ.

staffing and nurse-doctor relationships as predictors of nurse and patient outcomes. Uveal melanoma in the Saudi Arabian population: Two decades of management at the King Khaled Eye Specialist Hospital. 6.003]. Hanlon NT. Leong GK. Journois D.14(2):137-56. 2009. [doi: DOI: 10. Zeitschrift für Evidenz.1016/0272-6963(95)00041-0].12. Ingram PR.2009.1016/S0965-2302(02)00219-9].1016/S0305-4179(01)00083-3]. Clarke SP.puhe. 2007. Annales Françaises d'Anesthésie et de Réanimation. Approaching the management of hospital units with an operation research technique: The case of 32 Greek obstetric and gynaecology public units. Jones GE. Guerrero I.2010.01.2009.28(2):135-42. 2009.46(7):920-7.007].73(1):1-14. Gazin N. Astengo M. Journal of Hospital Infection. et al. Bo M. Griffiths P.001]. La discipline anesthésieréanimation et les pôles d'activité médicale (PAM) : résultats d'une enquête auprès des CHU et CHG. Fisher DA. Public Health.005]. Jiang HJ. Front-line management.05. 10. A survey of Icelandic hospital nurses. [doi: DOI: 10.58(2):151-73. Jakubowski MS. Kitain EM.06. Renz A. 2009.zefq. [doi: DOI: 10. Rafferty AM. Accident and Emergency Nursing. Ladetto M. 2001. Transactions of the Royal Society of Tropical Medicine and Hygiene. User fees at a public hospital in Cambodia: effects on hospital performance and provider attitudes.healthpol.1016/j. Standards of clinical waste management in hospitals--A second look.006]. Fortbildung und Qualität im Gesundheitswesen. Remérand F.2010. Health Policy. 2004. 11. 2003.ijnurstu. 3. Health Policy. [doi: DOI: 10. Gunnarsdóttir S. Nutbeam D. Sense of place. comparison between coronary care units .1016/j.51(3):309-11. Butler TW.012]. [doi: DOI: 10. [doi: DOI: 10.2. 16. 9. Journal of Operations Management. Home management of hematological patients requiring hospital admission. 2009. [doi: DOI: 10. Engpässe in der medizinischen Versorgung . Nguyen L.11(3):166-72. 7. Journal of Clinical Anesthesia. 2008. 342 French national survey on the hyperglycemia management in acute coronary syndrome. Laffon M.10. Allison K. Kanal K.1016/j.2009. Tibaldi V. organizational context and the strategic management of publicly funded hospitals. Blenkharn JI. Katharaki M.007]. Saudi Journal of Ophthalmology.jhin.1016/j.121(7):540-5. [doi: DOI: 10. [doi: DOI: 10. The UK pre-hospital management of burn patients: current practice and the need for a standard approach. Lagasse RS.2008.23(2):157-63.58(3):553-64. Factors influencing hospital implementation of acute pain management practice guidelines. Rogers V. [doi: DOI: 10. Marinello R. Ciccone K. Pre-hospital pain management: the paramedics' perspective. 2010.1016/j.1016/S0168-8510(01)00152-X]. 2010. Everett LN.29(3):189-97. Impact of organisation and management factors on infection control in hospitals: a scoping review. Brodeur J. Health Policy. Mahadevan M. 14. Akashi H. 4.85(1):19-31.1016/S0952-8180(01)00268-9].06. Dengue management: practical and safe hospital-based outpatient care. Rafferty AM.003].2006. Landais A. [doi: DOI: 10.1016/j. Mossé PR. [doi: DOI: 10.sjopt. [doi: DOI: 10. 18.05. Isaia G. Rusan M.2007.aus Sicht des Krankenhausmanagements.103(2):203-5.1016/j. Machen I. International Journal of Nursing Studies. Sende J. 17.104(5):392-5.1016/S0277-9536(03)00240-5].1016/j. 12.1016/j.05. [doi: DOI: 10. Alsuhaibani AH.07.trstmh.11.archger. Huot E.healthpol. [doi: DOI: 10. [doi: DOI: 10. Yamada T. Social Science & Medicine. Schvahn S. 2001. Burns.annfar. Archives of Gerontology and Geriatrics.93(1):35-40.2006.013]. 1996. Fusciardi J. 2002. 8. 5.021]. Sugimoto T.2009. Hospital investment policy in France: Pathways to efficiency and the efficiency of the pathways. The operations management role in hospital strategic planning.13(4):268-76. 2009.1016/j. et al. Chan H-L. 15. 13. Hughes J. Kox WJ.

21. Out-ofhospital management of cardiac arrest by basic emergency medical technicians.2004. 1984. Nielsen AL.003]. Moutakis M. 2010. The evaluation of the introduction of a quality management system: A process-oriented case study in a large rehabilitation hospital.1016/j.07. 24.healthpol.jom. Raney M.1016/0002-9149(84)90685-4]. Bernard Hesseling P. Health Policy. Linking publicness to operations management practices: a study of quality management practices in hospitals.1016/j.23(2):67-72. The American Journal of Cardiology.89(3):239-51.2(1):113-. Wardhani V. South Africa. Transfusion and Apheresis Science. [doi: DOI: 10.05. Severance Jr HW.06. Naor M.60(1):17-37. 22.2006. Wilson BH. . McKinnis RA. [doi: DOI: 10. 20.32(1):27-31. Financial management challenges for general hospital psychiatry 2001. [doi: DOI: 10. 2002. [doi: DOI: 10.2004. van Harten WH.007]. 19.healthpol.1016/S1878-6480(10)70344-X]. Post D.53(1):68-70.013]. van Dijk JP. 2009. Persson U.1016/S0168-8510(01)00187-7]. Determinants of quality management systems implementation in hospitals. Retrospective incremental cost analysis of a hospital-based COPD Disease Management Programme in Sweden. Goldstein SM. Perspectives of the management of childhood lymphoma: experience at Tygerberg Hospital. Casparie TF. [doi: DOI: 10. et al.1016/j. [doi: DOI: 10. Journal of Operations Management. 2005. P. [doi: DOI: 10. Utarini A.10.1016/j. Western Cape.81(2-3):309-19. Wessels G. Strömberg L. General Hospital Psychiatry. Fisscher OAM. Tunsäter A. Pressley JC. Health Policy. [doi: DOI: 10. 2007. 2005.008]. Borg S.23(2):209-28. Hindman MC. Goldberg RJ.1016/S0163-8343(01)00118-9]. 25. Groothoff JW. Health Policy.and out-of-hospital mobile emergency units practices.2008. Archives of Cardiovascular Diseases Supplements.transci. 23.