SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN (SBL

)

PENGERTIAN SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN (SBL)

Pengelolaan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, yang dilandasi oleh kesadaran dan pemahaman atas kondisi lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar saat ini sebagai satu unit lingkungan terkecil, dalam rangka mengembangkan cipta, rasa, karsa dan karya untuk memelihara, memperbaiki, dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup saat ini dan yang akan datang.

Kementerian LH Tahun 2005 Perda Prop. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah Kebijakan Pend. Jabar KepGub Jabar No. 20 Tahun 2003 tentang SisDikNas UU No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah UU No. 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan SD PP No.LANDASAN HUKUM ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ UU No. Jabar No 5/2001 tentang Pembentukan dan Organisasi Lembaga Teknis Daerah di Lingkungan Pemerintah Prop. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan LH UU No. 63/2001 tentang Tugas Pokok Fungsi dan Rincian Tugas Unit BPLHD . LH. 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi sebagai Daerah Otonom PP No.

memperbaiki. dan karya untuk memelihara.VISI SBL Menumbuhkan-kembangkan generasi penerus bangsa dan sumber daya manusia saat ini yang sadar dan memahami kondisi lingkungan hidup sekolah dan lingkungan sekitar saat ini sebagai satu unit lingkungan terkecil. serta mau dan mampu mengembangkan cipta. rasa. karsa. dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup saat ini dan yang akan datang .

terutama lingkungan sekolah dan lingkungan sekitarnya sebagai satu unit lingkungan hidup terkecil yang paling dekat serta mau dan mampu mewujudkan kepeduliannya tersebut dalam kehidupan sehari-hari .MISI SBL Mengembangkan generasi penerus dan sumber daya manusia saat ini yang :  Memahami dan sadar terhadap kondisi lingkungan saat ini  Mampu merumuskan upaya untuk memelihara. dan meningkatkan kualitas lingkungan  Peduli terhadap lingkungan. memperbaiki.

TUJUAN UMUM ‡ Menyediakan wahana yang mampu mendukung dan berperan nyata dalam upaya menumbuh-kembangkan generasi penerus dan sumber daya manusia saat ini yang berbudaya lingkungan. dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup saat ini dan yang akan datang. dalm arti sadar dan memahami kondisi lingkungan hidup sekolah dan lingkungan sekitar saat ini sebagai suatu ekosistem. memperbaiki. karsa. serta mengembangkan cipta. . dan karya untuk memelihara. rasa.

TUJUAN KHUSUS SBL ‡ Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga. memelihara. dan lingkungan dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan hidup melalui kegiatan pembelajaran ‡ Meningkatkan kemampuan siswa untuk bersikap dan perilaku positif terhadap lingkungan yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari ‡ Mengarahkan proses belajar mengajar untuk pencapaian tujuan SBL melalui penyusunan materi bahan ajar dan model pembelajaran yang relevan sesuai dengan tahap perkembangan atau jenjang pendidikannya. .

Sekolah dalam jenjang Pendidikan Menengah ‡ Sasaran subjek pelaksana SBL adalah : 1. Warga lingkungan sekitar .SASARAN SBL ‡ Objek sasaran SBL adalah : 1. Seluruh civitas akademika atau warga sekolah 2. Sekolah dalam jenjang Pendidikan Dasar 2.

LINGKUP KEGIATAN ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Manajemen SBL SBL dalam Aspek Pendidikan SBL dalam Aspek Pemberdayaan SBL dalam Aspek Kondisi Fisik Sekolah Monitoring dan Evaluasi .

Masing-masing unsur SDM memiliki peran dan tanggung jawab dalam mencapai tujuan SBL. guru. 2. siswa. pengelolaan SDM mencakup semua unsur SDM tersebut agar masing-masing berkontribusi dan bersinergi antara datu dengan lainnya. Karena itu. dan petugas lainnya. SDM di sekolah yang mendukung SBL terdiri atas kepala sekolah. .SUMBER DAYA MANUSIA 1. staff tata usaha.

 Sarana dan Prasarana yang mendukung pembelajaran lingkungan di luar kelas seperti kebun. majalah dinding. ‡ Sarana dan Prasarana dapat dibangun dengan melibatkan warga sekolah sekaligus sebagai media peningkatan kreatifitas siswa misalnya pembuatan taman sekolah. tempat sampah dan lain-lain. laboratorium biologi. luas bangunan. dll. toilet.  Sarana dan Prasarana untuk mendukung sekolah sehat seperti air bersih.  Sarana dan Prasarana pada berbagai instansi. dll. model. tempat sampah. baik pemerintah maupunswasta. halaman sekolah.SARANA DAN PRASARANA ‡ Sarana dan Prasarana yang akan dibangun sebaiknya memperhatikan kondisi atau karakteristik sekolah dilihat dari ketersediaan lahan. dapat pula dimanfaatkan sebagai media pembelajaran seperti sarana Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL). kantin sekolah. laboratorium meteorologi. dll . dll. ‡ Jenis Sarana dan Prasarana dapat dikelompokkan menjadi :  Sarana dan Prasarana dalam mendukung proses pembelajaran di kelas seperti buku. atau taman sekolah. dll.

Pelatihan atau kursus yang berkaitan dengan lingkungan hidup. nilai dan norma masyarakat. regional. bokasih.Penetaan interior/eksterior sekolah . biogas. Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Observasi/kunjungan lapangan dalam rangka pengembangan wawasan praktis warga sekolah dalam bidang pengelolaan lingkungan d. Penelaahan dan penggalian informasi yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan oleh segenap warga sekolah secara individual atau kelompok b. meliputi : a. Mengadakan ceramah/kuliah umum untuk memberikan wawasan tentang isu-isu lingkungan yang bersifat global. dalam perspektif keagamaan.l : . .Pembuatan media sarana & prasarana pengelolaan lingkungan misalnya pembuatan alat pemroses kompos. penetralisir limbah domestik atau hasil proses praktikum pembelajaran c.Pengelolaan/daur ulang sampah & limbah . nasional dan lokal.OPERASIONAL 1. a.

Implementasi Pemberdayaan Warga Sekolah dalam Pengelolaan Lingkungan Fisik Sekolah dan Lingkungan Sekitar a. Melakukan pengaturan & pemanfaatan ruang/Zona-zona di lingkungan sekolah dalam bentuk : . Forum diskusi/sarasehan/lokakarya yang melibatkan warga sekolah dan warga sekitar lingkungan sekolah b. leaflet dan brosur-brosur. Kampanye Lingkungan dalam rangka proses penyadaran & peningkatan kepedulian untuk memelihara.Zona Prasarana/Sarana Lingkungan (jalan.Zona Hijau ( untuk tanaman obat keluarga. tanaman hias.Zona Terbangun (lahan yg sudah ada/direncanakan akan dibangun) .2. Bentuk kegiatannya dapat berupa : pembuatan & penyebaran poster. taman ) . kantin) . memperbaiki & meningkatkan lingkungan fisik sekolah & lingkungan sekitar c. pengelolaan limbah. memperbaiki & meningkatkan kualitas lingkungan sekolah & lingkungan sekitar. Kerja Bakti Lingkungan oleh warga sekolah dan sekitar sekolah dalam rangka menjaga. drainase.

perpustakaan. dll.Penyediaan sarana komposting . sumur resapan.Penyediaan instalasi daur ulang air limbah . Penataan meliputi pencahayaan. Melakukan penataan ruang agar indah. nyaman. ventilasi. dan sehat. dll. baik ruang kantor. penataan perangkat/peralatan di ruangan.Penyediaan bak penampung air hujan. kelas . e. drainase sebagai sistem yang terpadu . a.d. keserasian aksesoris ruang. Penyediaan Sarana & Prasarana Pengelolaan Lingkungan secara mandiri.Penyediaan tempat pembuangan sampah & penampungan sampah sementara .l : . laboratorium.

e. Mengadakan Kemah Kerja Lingkungan .3. Apresiasi terhadap Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Sekitar. b.l : a. c. Lomba 5K . d. Bentuk Kegiatan a. Gambar/lukisan bertema lingkungan (kelestarian & kerusakan) Menulis/membaca puisi bertemakan lingkungan Mencipta lagu/lirik lagu bertema lingkungan Menata ruang kelas agar aman dan nyaman Mengadakan & mengikuti lomba-lomba bertema pelestarian lingkungan (lintas alam. dll) f.

kereta api. rawa-rawa. pabrik. maka dilakukan upaya untuk meminimalisasi dampak dengan menggunakan cara sederhana maupun modern . dll. kuburan. terminal. ‡ Jika lokasi sekolah dekat dengan objek-objek tersebut.LOKASI SEKOLAH ‡ Diupayakan jauh dari lokasi yang dapat mengganggu ketenangan belajar & kesehatan siswa seperti tempat pembuangan sampah. lapangan terbang.

‡ Tersedia alat pembersih ruangan & tempat sampah sementara ‡ Terlihat bersih bebas sampah & kotoran serta tertata rapi . gambar. dll. ‡ Penerangan diusahakan menggunakan sumber alami yaitu matahari ‡ Ruang kelas dilengkapi beberapa ornamen. tanaman dalam pot.RUANG KELAS ‡ Ruang kelas diupayakan tidak terlalu padat sehingga siswa dapat bergerak bebas ‡ Setiap ruang kelas sebaiknya dilengkapi dengan 2 buah pintu dengan daun pintu menghadap keluar ‡ Luas jendela dan ventilasi udara minimal 20% luas lantai. untuk keluar masuk udara dan pencahayaan.5m dengan bangku paling belakang maksimal 9m. ‡ Warna dinding kelas diupayakan berbeda untuk menghindari kebosanan ‡ Jarak papan tulis dengan bangku paling depan minimal 2.

HALAMAN SEKOLAH .

KAMAR MANDI/WC .

AIR BERSIH .

PENGELOLAAN SAMPAH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful