TABUNG REAKSI (TEST TUBE

)

Tabung Reaksi umumnya terbuat dari gelas, dengan berbagai macam ukuran. Biasanya 75 x 10 mm, 4 mL, kadang-kadang 100 x 12 mm, 8 mL. Kegunaannya : y y untuk mereaksikan zat-zat kimia dalam jumlah yang sedikit Untuk melakukan reaksi kimia dalam skala kecil

PEMEGANG TABUNG REAKSI ( PENJEPIT ) DAN RAK TABUNG REAKSI

Penjepit tabung reaksi Umumnya terbuet dari kayu. Bentuk rahang: persegi. Pegas : dipoles nikel dengan diameter: 10 -25 mm.

dengan ujung bulat dan ujung yang lain pipih.Kegunaannya : Untuk menjepit tabung reaksi. Rak tabung reaksi Bahan: kayu . jumlah lubang: 12 . Kegunaannya : Pengocok larutan . diameter: 16 mm Kegunaannya : Tempat tabung reaksi PENGADUK GELAS Batang gelas. Panjang 15 cm.

buret dan sebagainya.CORONG Corong terbuat dari gelas Kegunaannya : untuk memasukkan cairan kedalam suatu tempat yang sempit mulutnya. botol. PIPA BENGKOK Pipa bengkok terbuat dari gelas Kegunaannya : untuk mengalirkan gas ke dalam suatu tempat tertutup atau kedalam larutan. . seperti labu ukur.

KACA ARLOJI Kaca arloji : terbuat dari kaca bening. terdiri dari berbagai ukuran diameter Kegunaannya : Sebagai penutup gelas kimia saat memanaskan sampel Tempat saat menimbang bahan kimia Tempat untuk mengeringkan padatan dalam desikator GELAS UKUR .

Ukuran alat ini ada yang 50 mL. Terbuat dari kaca atau plastik yang tidak tahan panas. Ukurannya mulai dari 10 mL sampai 2 L. 100 mL dan 2 L. Kapasitas: 100 ml. Alat ini berupa gelas tinggi dengan skala di sepanjang dindingnya. berdiameter besar dengan skala sepanjang dindingnya. Dasar bundar.Tidak digunakan untuk larutan/pelarut yang panas atau digunakan untuk memanaskan cairan. Terbuat dari kaca borosilikat yang tahan terhadap panas hingga suhu 200 o C. Gelas dengan penutup. Kegunaannya : yUntuk mengukur volume larutan yang tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi yMenampung zat kimia yMemanaskan cairan yMedia pemanasan cairan .Alat ini mempunyai skala dan terdiri dari bermacam-macam ukuran. Kegunaannya Untuk mengukur volume larutan GELAS KIMIA ( GELAS PIALA ) Gelas Kimia (beaker) : berupa gelas tinggi.

ERLENMEYER Terbuat dari gelas alas rata. . bagian atas lebih kecil. Kegunaannya : o Untuk menyimpan dan memanaskan larutan o Menampung filtrat hasil penyaringan o Menampung titran (larutan yang dititrasi) pada proses titrasi LABU UKUR ( LABU VOLUMETRI ) Labu ukur : berupa labu dengan leher yang panjang dan bertutup.. terbuat dari kaca dan tidak boleh terkena panas karena dapat memuai. Kegunaannya : Untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu dan mengencerkan larutan. Ukurannya mulai dari 1 mL hingga 2 L.

TUGAS AWAL KIMIA DASAR I PERCOBAAN I PENGENALAN ALAT LABORATORIUM NAMA : NOVIA PRATIWI STAMBUK : A 241 10 093 PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO 2010 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful