. Arti Definisi dan Pengertian Pencemaran Udara Pencemaran udara adalah suatu kondisi di mana kualitas udara menjadi

rusak dan terkontaminasi oleh zat-zat, baik yang tidak berbahaya maupun yang membahayakan kesehatan tubuh manusia. Pencemaran udara biasanya terjadi di kota-kota besar dan juga daerah padat industri yang menghasilkan gas-gas yang mengandung zat di atas batas kewajaran. Rusaknya ata semakin sempitnya lahan hijau atau pepohonan di suatu daerah juga dapat memperburuk kualitas udara di tempat tersebut. Semakin banyak kendaraan bermotor dan alat-alat industri yang mengeluarkan gas yang mencemarkan lingkungan akan semakin parah pula pencemaran udara yang terjadi. Untuk itu diperlukan peran serta pemerintah, pengusaha dan masyarakat untuk dapat menyelesaikan permasalahan pencemaran udara yang terjadi. B. Gas-Gas Pencemar Udara Utama - CO - CO2 - NO - NO2 - SO - SO2 C. Bahaya Efek Gas Pencemaran Udara 1. Gas CO / Karbon Monoksida / Karbon Mono Oksida Karbon monoksida adalah gas yang bersifat membunuh makhluk hidup termasuk manusia. Zat gas CO ini akan mengganggu pengikatan oksigen pada darah karena CO lebih mudah terikat oleh darah dibandingkan dengan oksigen dan gas-gas lainnya. Pada kasus darah yang tercemar karbon monoksida dalam kadar 70% hingga 80% dapat menyebabkan kematian pada orang. 2. Gas CO2 / Karbon Dioksida / Karbon Di Oksida Karbon dioksida adalah zat gas yang mampu meningkatkan suhu pada suatu lingkungan sekitar kita yang disebut juga sebagai efek rumah kaca. Dengan begitu maka temperatur udara di daerah yang tercemar CO2 itu akan naik dan otomatis suhunya menjadi semakin panas dari waktu ke waktu seperti di wilayah DKI Jakarta. Hal ini disebabkan karena CO2 akan berkonsentrasi dengan jasad renik, debu dan titik-titik air yang membentuk awan yang dapat ditembus cahaya matahari namun tidak dapat melepaskan panas ke luar awan tersebut. Keadaan seperti itu mirip dengan kondisi rumah kaca tanpa AC dan fentilasi udara yang cukup. 3. Gas NO, NO2, SO dan SO2 Gas-gas di atas akan dapat menimbulkan gangguan pada saluran pernapasan dari mulai yang ringan hingga yang berat.

Pencemaran udara ruangan (In door air pollution). Golongan Nitrogen terdiri dari Nitrogen Oksida (N2O). klorinasi alkan. ekosistem yang berkaitan dengan manusia Jenis-jenis pencemaran udara y y y y Menurut bentuk : Gas. Sumber Pen -cemaran udara bebas : y y Alamiah. Pencemaran udara mempengaruhi sistem kehidupan makhluk hidup seperti gangguan kesehatan. Golongan Karbon terdiri dari Karbon Dioksida (CO2). toksis Menurut asal : Primer. Benzen . asfiksia. udara bebas (outdoor) Gangguan kesehatan : Iritansia. berasal dari letusan gunung berapi. telur cacing. Hidrogen Sulfida (H2S) dan Sulfat Aerosol. Pencemaran udara menurut tempat dan sumbernya dibedakan menjadi dua : Pencemaran udara bebas (Out door air pollution). Amoniak (NH3) dan Nitrogen Dioksida (NO2). sehingga kualitas udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya. Nitrogen Monoksida (NO). Pertikel Menurut tempat : Ruangan (indoor). rumah tangga. sekunder Bahan atau Zat pencema ran udara dapat berbentuk gas dan partikel : Pencemaran udara berbentuk gas dapat dibedakan menjadi : y Golongan belerang terdiri dari Sulfur Dioksida (SO2). Kegiatan manusia. anetesia. dll. Karbon Monoksida (CO).PENCEMARAN UDARA Pencemaran Udara adalah kondisi udara yang tercemar de -ngan adanya bahan. pembusukan. misalnya berasal dari kegiatan industri. Vinyl Klorida. Bahan organik terdiri dari ikatan hidrokarbon. berupa pencemaran udara didalam ru-a-ngan yang berasal dari pemukiman. . Golongan gas yang berbahaya terdiri dari Benzen. virus. Makhluk hidup terdiri dari bakteri. asap kendaraan. y y y Pencemaran udara berbentuk partikel dibedakan menjadi : y y y Mineral (anorganik) dapat berupa racun seperti air raksa dan timah. zat-zat asing atau komponen lain di udara yang menyebabkan berubahnya tatanan uda ra oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam. dll. air raksa uap. Hidrokarbon . perkantoran ataupun gedung tinggi.

dan Peroxy Acyl Nitrate (PAN). lazim disebut sebagai pencemar primer. mi -salnya benzene. Merangsang proses peradangan hanya pada saluran pernapasan bagian atas. Keracunan gas Karbon Monoksida mengakibatkan CO akan mengikat hemoglobin sehingga kemampuan hemoglobin mengikat O 2 berkurang terjadilah Asfiksia.Pencemaran udara berdasarkan pengaruhnya terhadap gangguan kesehatan dibedakan menjadi 3 jenis : Irintasia. debu. Titik tangkap terjadinya berbagai jenis. Toksis. Pada tanaman sayuran yang terkena/mengandung pencemar Pb yang pada . yaitu saluran pernapasan mulai dari hidung hingga tenggorokkan. misalnya karbon disulfid. Sulfur Dioksida (SO2) dan Ozon (O3) mengakibatkan gangguan proses asimilasi pada tumbuhan. antara lain CO. propane dan alkohol alifatis. seperti sinar matahari. Yang termasuk golongan ini adalah gas Nitrogen. Bersifat menekan susunan syaraf pusat sehingga kehilangan kesadaran. formal dehida. Biasanya polutan ini bersifat korosif. yaitu : y Menimbulkan gangguan pada sistem pembuatan darah. Efek SO 2 terhadap vegetasi dikenal dapat menimbulkan pemucatan pada bagian antara tulang atau tepi daun. hidrokarbon. Iritasi terjadi pada saluran pernapasan bagian atas dan juga dapat mengenai paru -paru sendiri. Reaksi ini dapat terjadi secara otomatis ataupun dengan cara bantuan katalisator. Asfiksia. juga berdampak tidak langsung bagi kesehatan. aetilene. Anestesia . Disebabkan oleh ber-kurangnya kemampuan tubuh dalam menangkap oksigen atau mengakibatkan kadar O 2 menjadi berkurang. Nitrogen Oksida. toluen dan xylene. metil alkohol. Pencemaran udara disamping berdampak langsung bagi kesehatan manusia/individu. Emisi oleh Fluor (F). Sulfur Trioksida. Misalnya Sulfur Dioksida. Keracunan terhadap susunan syaraf. Polutan yang bentuk dan komposisinya sama dengan ketika dipancarkan . Oksida. SO. CO2. Pencemar Sekunder. Contoh pencemar sekunder adalah Ozon. y Pencemaran udara dapat pula dikelompokkan kedalam : Pencemar primer . misalnya aeter. fenol. DAMPAK/PENGARUH PEN-CEMARAN UDARA Dampak/pengaruh pencemaran udara bisa mempengaruhi terhadap makhluk hidup baik secara langsung maupun tidak langsung dapat di ihat Tabel 1 dan Tabel 2 Dampak pencemaran udara terhadap kesehatan secara tidak langsung. Pencemar hasil reaksi disebut sebagai pencemar sekunder. Gas Hidrogen dan Helium. Ozon serta berbagai partikel. yang justru lebih membahayakan kehidupan. Metan. Amoniak. Berbagai bahan pencemar kadangkala bereaksi satu sama lain menghasilkan jenis pencemar baru.

mengubah polutan. pembakaran asap dapur. Udara yang mengan-dung polutan dilewatkan melalui alat ini sehingga udara dalam ruangan sudah berkurang polutan-nya atau disebut bebas polutan. Filtrasi. yaitu : y y y Usahakan polutan yang masuk ruangan seminimum mungkin. Diharapkan agar keadaan lingkungan tetap sehat dan bersih dari pencemaran udara. Tempatkan alat pengeluaran udara dekat dengan sumber pencemaran. kendaraan bermotor dan lain lain yang dibatasi oleh ruangan.akhirnya me-miliki potensi bahaya kesehatan masyarakat apabila tanaman sa-yuran tersebut di konsumsi oleh manusia. PENUTUP Upaya penanggulangan terhadap pencemaran udara diberitahukan tentang berbagai cara untuk penanggulangan dan pencegahan Pencemaraan udara yang tergantung pada sifat dan sumber polutan udara. Penang-gulangan pencemaran udara berbentuk gas di lihat pada tabel 3 Penanggulangan Polusi udara dari ruangan Sumber dari pencemaran udara ruangan berasal dari asap rokok. melarutkan polutan dan mendispersikan polutan. Pencegahan pen -cemaran udara yang berasal dari ruangan bisa dipergunakan : Ventilasi yang sesuai. Pembersihan udara secara elektronik. mengubah polutan. melarutkan polutan dan mendisfersikan polutan. Usahakan menggantikan udara yang keluar dari ruangan sehingga udara yang masuk ke-ruangan sesuai dengan kebutuhan. bahan baku ruangan. seperti mengurangi polutan. PENANGGULANGAN PEN-CEMARAN UDARA Penanggulangan pencemaran udara dapat dilakukan dengan cara mengurangi polutan dengan alat-alat. . Memasang filter dipergunakan dalam ruangan dimaksudkan untuk menangkap polutan dari sumbernya dan polutan dari udara luar ruangan.