BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Kegiatan ini dilaksanakan mengacu pada keputusan Kepala SMA Negeri 1 Muncar No. 800/434/429.245.300090/2009 tertanggal 17 Januari 2009, tentang Pembagian Tugas Guru, Bimbingan & Konseling serta tugas-tugas lainnya di SMA NEGERI 1 Muncar KBM Semester Genap Tahun Pelajaran 2008/2009, tepatnya pada Lampiran II.04 yaitu tugas guru sebagai Koordinator Laboratorium Komputer. Dengan pemberian tugas dan tanggung jawab oleh kepala sekolah terhadap guru yaitu untuk mengelola laboratorium secara efektif, efisien serta berdaya guna sehingga kontribusi laboratorium computer dapat dimanfaatkan secara optimal bagi siswa didik maupun pihak lain yang ingin memanfaatkan ruang computer untuk pengembangan diri dalam penguasaan pengoperasian computer. Disisi lain computer masih terjaga dengan baik sehingga dapat meminimalkan kerusakan-kerusakan yang tidak diharapkan dengan cara melakukan kontrol secara berkala kondisi computer, aliran listrik serta koneksitas internet speedy.

B.

Tujuan Kegiatan pembelajaran untuk bidang studi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak dapat dilaksanakan seperti bidang studi lain dimana tidak terikat oleh tempat karena bisa dilaksanakan di luar ruangan atau dimanapun. Kegiatan pembelajaran TIK membutuhkan seperangkat peralatan computer yang terdiri dari CPU, Monitor, mouse, Printer, keyboard, Stavolt, Sound System serta peralatan pendukung lainnya, untuk itu membutuhkan ruangan yang khusus dan tetap, serta kondisi ruangan yang mendukung kenyamanan untuk kegiatan pembelajaran maupun menjaga keawetan dari kerusakan-kerusakan akibat salah penempatan maupun salah pengaturan ruangan. Dengan penyusunan rencana kerja oleh untuk : 1. 2. Memperoleh sarana-sarana lain guna kelengkapan sarana pembelajaran TIK Keadaan computer dan peralatan lain yang terdapat di ruang computer dapat terpantau kondisinya. 3. 4. 5. Mengoptimalkan ruang computer sesuai dengan fungsinya Memantau stabilitas aliran listrik dan internet speedy Mengajukan RAB guna ditindak lanjuti kepala sekolah, untuk disampaikan ke komite sekolah selaku penggalang dana kebutuhan sekolah. koordinator laboratorium computer ditujukan

Page 1 of 15

hardisk. Ada beberapa kursi yang patah Satu (1) kipas angin mengalami kerusakan Suhu ruangan bertambah panas apabila semua computer dioperasikan Ruangan berdebu karena sirkulasi ruangan yang terbuka Ruangan lembab karena terdapat kebocoran pada sambungan atap Page 2 of 15 . Ada beberapa meja computer yang rusak akibat termakan rayap. Rumusan Masalah Setelah dilakukan pengecekan langsung bersama dengan TIM ICT. Kurang terjaga kebersihan ruang laboratorium computer karena adanya rumah tawon di langit-langit dan rayap di lantai (karpet) 2. motherboard mengalami kerusakan) 4. 5. 8. 3. 7. 6. 9.C. Terdapat gangguan pada aliran speedy internet (modem tidak berfungsi secara optimal) Adanya beberapa computer yang tidak bisa dioperasikan lagi (monitor. ditemukan adanya kekurangan yang ditemukan yaitu : 1.

128 mb of RAM Merk Acer Acer Acer Acer Ket Baru/ Bagus Lama Page 3 of 15 . 651 mHz. sarana dan prasarana lain di Laboratorium computer maka dapat disimpulkan : No 1 2 3 4 5 Jenis Sarana Server CPU Monitor LCD Monitor tabung 15” Monitor tabung 20” Kondisi Baru/ Bagus Baru/ Bagus Baru/ Bagus Baru/ Bagus Lama/ Sedang Jumlah 1 11 1 11 1 9 6 CPU Lama/ Sedang 1 7 8 9 10 11. 451 mhz. 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 Stavol Pesawat Telepon Modem Eksternal Switch Printer Speaker Kipas Angin Jam dinding White Board Sapu Lap Kain Tempat sampah Penghapus Kemucing Sapu lidi Board marker Meja Komputer Kursi Meja Guru Baru/ Bagus Lama Lama Lama Baru Baru Lama Lama Lama Lama 11 1 1 2 1 1 2 1 1 1 1 2 1 1 1 1 11 45 1 Bagus Bagus Bagus Bagus Bagus 1 beroperasi bagus.BAB II ANALISA KONDISI A. Kondisi Komputer di SMA Negeri 1 Muncar Setelah diadakan pengecekan kondisi computer. 1 tidak bisa berputar Hidup Bagus Bagus Rusak Baik Rusak Rusak Sudah pendek Rusak Bagus Bagus Intel PIII. 192 mb of RAM Intel PIII.

kemudian jauhkan dari tempat orang lalu-lalang. 8. Menggunakan mouse pad yang bergambar merupakan kesalahan umum yang terjadi pada masyarakat. Buat alur kabel daya dengan hati-hati. Perlu Page 4 of 15 . 3. 5. kemudian seka permukaan luar dan keyboard secara perlahan. Nilai arus keseluruhan pada semua peralatan yang dipasang ke satu stopkontak tidak boleh melebihi nilai sekering. 10. dibutuhkan tips penting yang harus dijalankan dan diterapkan. Membersihkan Komputer dan Keyboard Untuk membersihkan computer dan keyboard perlu diperhatikan hal-hal berikut ini :  Matikan computer. namun tarik konektornya. Membersihkan dan Memperbaiki Membersihkan Peralatan Komputer 1. Jangan letakkan kompueter di ruangan dengan suhu di bawah 0oC. Untuk membersihkan mouse biasa (dengan bola karet)  Buka penutup bundaran di bagian bawah mouse  Lepaskan bola karet. Nilai ampere keseluruhan pada peralatan yang dipasang tidak boleh melebihi nilai ampere kabel. Perawatan Mouse Optik Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan performa mouse optik kita.B. kemudian seka dengan kain lembut yang lembab  Masukkan kembali bola karet. 2. Bila melepas kabel daya. C. jika menggunakan kabel tambahan. adapun tips tersebut yaitu : 1. kemudian lepaskan kabel daya  Gunakan kain lembut yang dilembabkan dengan air. 9. 4. kemudian pasang penutupnya b. jangan tarik kabel. 6. Mouse Pad harus polos (tidak bergambar) Mouse pad adalah alat yang digunakan sebagai alas mouse. Merawat Komputer Untuk memaksimalkan masa pakai computer. jangan menggunakan pembersih cair atau aerosol 2. Jangan meletakkan computer di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya misalnya radiator. yakni: 1. atau di atas 50oC. Hindari computer dari pengaruh medan maknet Jangan letakkan computer di tempat yang dapat terkena hujan atau uap air Jangan tumpahkan cairan ke computer Hindari guncangan keras atau gerakan pada computer Jangan letakkan computer di tempat berdebu atau kotor Jangan letakkan system di atas permukaan yang tidak rata Jangan injak kabel daya atau meletakkan benda berat diatasnya. 11. Membersihkan Perangkat Penunjuk a. 7.

Matikan Laptop/Layar LCD. anda bisa menggunakan larutan campuran alkohol 70% dan air suling (atau air mineral) dengan perbandingan 1:2. Hal yang membuat LCD dan CRT sangat berbeda adalah LCD tidak dibuat dari kaca seperti CRT. c. Lalu bagaimana langkah-langkahnya? . b. berdebu. Selain itu juga maka keakuratan mouse terhadap objek di layar monitor menjadi berkurang.000 . Perhatikan kondisi Lampu infra Harus sering memperhatikan kondisi lampu dibagian bawah mouse. LCD terbuat dari lapisan film yang mudah tergores. sangat disarankan lap yang khusus dan tidak digunakan untuk membersihkan barang lain. Pastikan area lampu infra tersebut bersih dari kotoran. hal ini SALAH! Air ledeng biasanya mengandung Klorida yang bisa meninggalkan residu di layar LCD. Perangkat ini harganya bervariasi dari Rp 20. maka seringkali cursor suka berpindahpindah / loncat-loncat sendiri. Sedangkan jika tidak punya pembersih kacamata.Rp 150. debu dan juga bendabenda asing lainnya. Atau bisa menggunakan alat-alat beritkut: a. Apa saja yang anda butuhkan? Untuk lebih amannya anda bisa menggunakan perangkat pembersih layar LCD (LCD Cleaner Kit) yang bisa dicari dengan mudah di toko peralatan komputer. biasanya terbuat dari bahan halus yang lembut dan polos. sedangkan sembarang lap/tisu bisa menggores layar LCD yang sensitif. Di toko komputer sudah banyak dijual mouse pad khusus untuk mouse optik. Orang biasanya hanya membersihkan monitor LCD dengan air ledeng dan tisu/lap biasa seperti membersihkan kaca/monitor CRT.000. Sehelai rambut pun jika tersangkut pada lampu tersebut akan mengganggu sistem kerja mouse itu sendiri. Perawatan Monitor Monitor LCD sangat berbeda dengan monitor CRT (monitor tabung biasa) sehingga cara membersihkannya juga berbeda dari cara membersihkan monitor CRT. Lap kacamata atau lap chamois yang halus atau lap dari bahan katun yang lembut Cairan pembersih kacamata Untuk lap yang digunakan. Page 5 of 15 . Akan tetapi.diketahui bahwa lampu infra (yang berada dibawah mouse) memiliki sensitifitas yang cukup tinggi terhadap gambar-gambar pada mouse pad. Itu diakibatkan oleh mouse pad yang bergambar tadi. Jika menggunakan mouse optik dengan mouse pad yang bergambar. Gunakanlah mouse pad yang polos. 3. dan kotor. Mouse pad yang bergambar biasanya digunakan untuk mouse yang berjenis scroll ball (masih menggunakan bola pada bagian bawah mouse) 2.

Lap dengan lembut dan jangan ditekan. Jika computer tetap bermasalah. JANGAN DITEKAN!!! Jika anda memiliki kain microfiber.Agar layar LCD anda selalu bersih. sejarang-jarangnya satu minggu sekali. itu akan lebih baik. Jangan membongkar LCD untuk alasan apapun. Jangan meletakkan ponsel di dekat LCD. pastikan anda membersihkannya secara berkala. bisa juga anda me LCD!!! . . Ingat. h.Biarkan layar LCD anda kering. Kelalaian seperti guncangan atau guratan kecil tidak hanya akan mengurangi kualitas gambar tapi bisa menyebabkan kerusakan menyeluruh. LCD terbuat dari kaca.Lap layar LCD anda dengan gerakan memutar.Gunakan lap dari bahan berserat lembut seperti lap kacamata atau lap dari perangkat pembersih LCD yang kering. Jauhkan monitor dari benda-benda elektronik untuk menghindarkan gangguan maknetik yang bisa merusak tampilan layar. Hati-hati saat ingin memindahkan LCD ke tempat lain.Lalu. Memperbaiki Peralatan Komputer Perbaikan computer perlu dilakukan apabila : 1. karena radiasi sinyal & magnet ponsel dapat menimbulkan kerusakan pada brightness & contrast LCD anda jika handphone aktif / mendapat panggilan. f. Jika computer tidak beroperasi secara optimal 4. padahal sudah memeriksa dan menjalankan tips untuk mengatasi masalah Page 6 of 15 . Untuk speaker lebih baik diletakkan di bawah meja komputer anda untuk mengurangi radiasi magnet yang ditimbulkan jika speaker tersebut aktif. Sinar matahari langsung juga bisa mempersingkat usia monitor. kecuali menyerahkannya kepada ahlinya. Jika cairan masuk ke computer 3.. Anda juga harus menset monitor sesuai dengan petunjuk pemakaian dan jangan menyalakan monitor secara non-stop. INGAT. lalu sapukan dengan lembut ke layar LCD anda untuk membersihkan debu-debu kasar yang terlihat. g. semprotkan cairan pembersih LCD ke kain lap khusus dari perangkat pembersih layar LCD anda. . e. . Jangan tutup layar monitor anda sebelum kering. anda bisa menghidupkan kembali layar LCD anda.Setelah benar-benar kering. Atau. .Pastikan kabel dicabut dari stopkontak untuk memastikan tidak ada listrik yang mengalir. karena bisa menimbulkan embun. Jika kita menjatuhkan dan menyebabkan kerusakan pada computer 2. . d.

4.5. 2. Jika kita ingin mengganti atau meningkatkan kemampuan komponen internal computer. Hal-hal yang Mengakibatkan Kerusakan pada Komputer Hal-hal yang bisa mengakibatkan kerusakan pada computer kita akibat dari kelalaian kita sehingga kita tidak bisa mengoptimalkan umur computer kita yaitu : 1. D. Sering terjadi goncangan yang disebabkan karena fungsi meja computer yang tidak optimal Komputer kena tumpahan air CPU Rusak karena jatuh dari tempatnya (tersenggol siswa) Page 7 of 15 . 5. Menghidup dan mematikan tidak sesuai dengan prosedur yang disyaratkan Aliran listrik yang tidak stabil (sering terjadi lonjakan dan penurunan tegangan secara dratis) dan tanpa disertai dengan pemasangan stavol 3.

bahan. bahan & barang Pelaporan Awal Akhir 6 x x x x x x x x x x x 7 x 8 x 9 10 x x x x x x x x x x x x x Page 8 of 15 . Program Kerja N o Jan Uraian Tugas 3 Menyusun kerja program 4 1 x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x 2 x 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 Pebruari Maret April Mei Juni Ket 1 2 3 4 5 Membersihkan & merawat perangkat computer Membersihkan ruang computer Memeriksa stabilitas aliran listrik Memeriksa koneksitas speedy internet Memperbaiki & menyimpan alat. barang yang tidak terpakai Membuat/mengatur jadwal penggunaan lap computer Membuat tata tertib khusus di ruang computer Menginventarisir & mengadministrasi alat.BAB III PELAKSANAAN A.

Monitor.09 31-01-09 Tempat Laboratorium TIK Laboratorium TIK Acara / Uraian Membersihkan CPU. Jurnal Kegiatan No 1 2 Tanggal 26 .B. Keyboard. Meja & kursi Bersama Tim ICT membersihkan & merawat perangkat computer & ruang komputer Bersama Tim ICT Melakukan pembenahan kabel.01 . memeriksa stabilitas aliran listrik & koneksitas speedy internet Secara lesan menyampaikan gangguan speedy SMA 1 Muncar dengan Bpk Agus/ petugas Telkom Muncar Secara lesan menyampaikan gangguan speedy SMA 1 Muncar dengan Bpk Jo/ Petugas Telkom Muncar Secara lesan menyampaikan kepada Pak Jo selaku petugas kebersihan ruang Lab Komputer Ket 3 02-02-09 Laboratorium TIK 4 02-02-09 Tjakra Computer Ditemukan adanya gangguan pada modem speedy Tidak ada tanggapan 5 03-02-09 Tjakra Computer Tidak ada tanggapan 7 04-02-09 Koperasi Sekolah 6 16-02-09 SMAN 1 Muncar Sudah dijalankan sehingga ruang computer terjaga lagi kebersihannya Menyampaikan problem speedy Sudah dijalankan ke kepala sekolah untuk ditindak lanjuti Page 9 of 15 .

Vacum Clener b. Kertas c. Monitor CRT Page 10 of 15 . Mouse dengan port USB c. Kipas angin 3 buah e. Rencana Anggaran Biaya (RAB) Sesuai dengan uraian di atas bahwa untuk memaksimalkan umur computer diperlukan ruangan yang mendukung serta perawatan yang dilakukan secara benar dan kontinyu. Tinta d. LCD 1 buah b. Kemucing 4. kami mengusulkan beberapa permintaan demi kelancaran dalam menjalankan tugas dan kewajiban selaku koordinator laboratorium computer beserta perkiraan harga seperti tercantum berikut ini. Lab kanebo c. Spare (cadangan) a. Sarana Keamanan a. Kamper 2 bungkus 3. Sarana Kebersihan a. 1.C. Kursi 2. Sarana Pembelajaran a. Tralis pada pintu b. Untuk itu. Keyboard dengan port USB b.

untuk itu ketiga hal yang bisa merusak computer tersebut. dipandang perlu penataan yang tepat dan benar. Apalagi layar untuk server menggunakan layar LCD yang sangat rentan terhadap debu dan cairan. pemberian kamper untuk mencegah berkembang biak rayap. B. Jadi pada hakekatnya semua peralatan computer harus jauh dari debu. serta menjauhkan ruang computer dengan segala macam bentuk sampah/debu. padahal sehelai rambut pun jika tersangkut pada lampu tersebut akan mengganggu sistem kerja mouse itu sendiri. misalnya LCD. sinar langsung matahari. sarana dan prasarana. Oleh karena itu area lampu infra tersebut bersih dari kotoran. debu dan juga benda-benda asing lainnya. Untuk keamanan hendaknya penjagaan dioptimalkan mengingat sudah pernah terjadi pencurian SMAN 1 Muncar.BAB IV PENUTUP A. Lakukan perawatan serius terhadap produk ini. Page 11 of 15 . Kesimpulan Kebersihan ruangan tentu yang utama. Sebagian besar mouse yang digunakan adalah mouse optic. Debu bisa menyebabkan perubahan pada warna. penyediaan sarana kebersihan (vacuum clener). kegagalan pemakaian ataupun kerusakan elektrik. Saran Untuk kelancaran kegiatan pembelajaran di ruang computer maka segala keperluan yang dibutuhkan segera dilialisir. hendaknya dijauhkan dari ruang laboratorium komputer dengan cara menjaga kebersihan dan melakukan penataan yang tepat dan benar sesuai dengan kaedah yang ada agar umur computer dapat maksimal. medan maknet dan air. Untuk mengoptimalkan umur computer. karena kesalahan kecil bisa menyebabkan tidak hanya penurunan kualitas warna tapi juga karatan.

LAMPIRAN JADWAL PEMAKAIAN RUANG LABORATORIUM TIK HARI SENIN SELASA RABU KAMIS JUM’AT SABTU XI IPA 1 X1 XII IPS 1 X4 XII IPA1 PREVENTIVE XI IPA 2 X2 XII IPS 2 X5 XII IPA2 XI IPA 3 X3 XII IPA3 Page 12 of 15 .

10. 3. Ikut menjaga kebersihan dan keamanan peralatan yang ada di ruang TIK Dilarang Menghidupkan/meletakkan HP di samping monitor Ikut merapikan kursi setelah jam pelajaran usai Page 13 of 15 . Dilarang makan/minum Dilarang menyembunyikan sampah disela-sela meja. 6. 8. 13.TATA TERTIB DI RUANG TIK 1. 9. 5. 2. kursi. 4. 12. keyboard atau mause jatuh 11. 7. keyboard Dilarang membuka jendela Dilarang menginjak kabel LAN / konektor Dilarang menghidupkan speedy tanpa ijin guru/petugas Dilarang memindah monitor/CPU ke tempat lain tanpa sepengetahuan petugas Menghidupkan computer sesuai prosedur yang benar Mematikan computer sesuai ketentuan yang ada Mengoperasikan computer dengan bertanggungjawab Hindari kegiatan yang menyebabkan meja bergoyang-goyang.

MENJADI ………… BISA…………… Page 14 of 15 .MOTTO MASUK RUANG TIK BELUM BISA & BINGUNG NIAT BELAJAR ALHAMDULLILAH SUDAH …….

Jadwal Piket Kebersihan Ruang TIK HARI SENIN SELASA RABU KAMIS JUM’AT SABTU XI IPA 1 X1 XII IPS 1 X4 XII IPA1 TIM ICT XI IPA 2 X2 XII IPS 2 X5 XII IPA2 XI IPA 3 X3 XII IPA3 Kewajiban Petugas Piket : IKUT MENJAGA KEBERSIHAN RUANGAN TIK MENGAMBIL KERTAS/BUNGKUS YANG JATUH DI RUANG TIK Page 15 of 15 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful