P. 1
Manfaat perilaku yang beradab

Manfaat perilaku yang beradab

|Views: 4,965|Likes:
Published by Ivonike Lim

More info:

Published by: Ivonike Lim on Feb 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2013

pdf

text

original

Nama No Kelas Pelajaran Tugas

: Ivonike : 17 : XI IA 5 : Kewarganegaraan : Membuat karangan tentang “ Manfaat Perilaku Beradab dalam Kehidupan Bersama.”

Sebelum kita mengetahui manfaat dari perilaku beradab, kita harus mengerti dulu apa artinya beradab. Beradab memiliki pengertian berbudaya, yakni sikap hidup, keputusan dan tindakan yang selalu dilandasi oleh nilai-nilai budaya, terutama norma sosial dan kesusilaan/moral. Nilai ini dijunjung tinggi oleh masyarakat Indonesia dan diwujudkan dalam norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat. Misalnya : norma kesopanan (contoh: memanggil seorang yang lebih tua dengan kata sapaan yang tepat, menggunakan tangan kanan saat menerima sesuatu dari orang lain, dsb),norma kesusilaan, dan norma-norma yang lain. Norma-Norma dan nilai-nilai inilah yang menjadi pedoman tingkah laku bagi setiap warga Negara Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Kebiasaan dalam menerapkan norma-norma dan nilai-nilai di atas menyebabkan terbentuknya budaya kesopanan, budaya saling menghormati dan saling menghargai di Indonesia. Maka, apabila budya tersebut tidak dijalankan atau terjadi pelanggaran terhadapnya, pada umumnya masyarakat akan member sanksi atau mangucilkan orang yang telah melanggar budaya tersebut. Hal ini disebabkan oleh pewarisan norma-norma, nilai-nilai dan etika yang turn-temurun dari para leluhur Bangsa Indonesia telah mendarah daging dan wajib ditaati. Dari hal ini, Bangsa Indonesia secara esensi dapat dikatakan sebagai bangsa yang beradab. Setelah pengesahan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, maka Bangsa Indonesia semakin menunjukkan jati dirinya sebagai bangsa yang beradab. Dalam sila yang kedua Pancasila dan dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1994, tercantum, “KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB.” Bangsa Indonesia menjadikan hal tersebut sebagai ideology bangsa dan merupakan suatu identitas dari Bangsa Indonesia.

hendaklah kita menanamkan perilaku beradab dan perilaku baik lainnya dalam diri kita sejak dini sehingga kita tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang buruk dan tetap pada konsistensi atau prinsip hidup yang kita pegang secara teguh. santun dan menghormati harkat kemanusiaan. Hal inilah yang menjadi dasar bahwa pentingnya berperilaku beradab dalam kehidupan bermasyarakat. pada masa sekarang ini rakyat Indonesia mengalami krisis Kemanusiaan. peningkatan kesejahteraan masyarakat. Masyarkat memiliki sikap saling menolong. Namun. Perilaku yang beradab yang dulunya dijunjung tinggi sudah mulai sirna dari sanubari rakyat Indonesia.Kemanusiaan yang adil dan beradab adalah kesadaran sikap dan perbuatan manusia didasarkan kepada potensi budi nurani dalam hubungannya dengan norma-norma kebudayaan(keberadaban). Nilai cinta kasih dan nilai etis harus menghargai keberaniaan untuk membela kebenaran. dengan sesamanya. Memperkokoh tatanan kehidupan masyarakat. sikap menghormati serta sikap menghargai sesama meskipun berbeda satu dengan yang lainnya. . Nilai ini merupakan refleksi dari martabat serta harkat manusia yang memiliki potensi kultural. Mereka tidak menyadari bahwa manfaat dari perilaku yang beradab dalam kehidupan bersama itu sangat banyak seperti :    Terjalinnya waraganegera. dsb. Masyarakat yang beradab dapat membantu kemajuan Negara. Oleh sebab itu. serta alam lingkungannya. Setiap warganegara dijamin hak dan kebebasannya yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan.  Masyarakat dapat berperan aktif secara inisiatif dalam hubungan yang harmonis antar sesama pemerintahan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->