P. 1
Tinjauan tentang IBD

Tinjauan tentang IBD

|Views: 25|Likes:
Published by ririsrrs

More info:

Published by: ririsrrs on Feb 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/13/2011

pdf

text

original

Nama Kelas NPM Tugas Dosen

: Riris Widiawanty : 1KA34 : 18110921 : Makalah IBD : M. Burhan Amin

BAB I TINJAUAN TENTANG IBD

TINJAUAN TENTANG IBD

Tinjauan Tentang IBD Mengenai: 1. Nilai-nilai kehidupan / norma-norma. 2. Kebudayaan 3. Berbagai macam masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Latar belakang IBD dalam konteks budaya dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan : 1. Keanekaragaman bangsa Indonesia yang tidak bisa lepas dari ikatan primordial. 2. Perubahan/Pergeseran system nilai budaya akibat proses pembangunan. 3. Kemajuan Ilmu pengetahuan dan Tekhnologi.

Mahasiswa diharapkan dapat memperlihatkan: 1. Minat dan kebiasaan menyelidiki apaapa yang terjadi disekitarnya dan diluar lingkungannya. 2. Kesadaran akan pola-pola nilai yang dianutnya serta bagaimana hubungan nilai-nilai ini dengan cara hidupnya sehari-hari. 3. Kerelaan memikirkan kembali dengan hati terbuka nilai-nilai yang dianutnya untuk mengetahui apakah dia secara berdiri sendiri membenarkan nilai-nilai tersebut untuk dirinya sendiri. 4. Keberanian moral untuk mempertahakan nilai-nilai yang dirasakan sudah dapat diterimanaya dengan penuh tanggung jawab dan sebaliknya menolak nilai-nilai yang tidak dapat dibenarkan.

IBD Sebagai Bagian Dari Mata Kuliah Dasar Umum (Secara khusus MKDU bertujuan untuk menghasilakan warga Negara sarjana yang berkualitas) sebagai berikut: 1. Berjiwa Pancasila 2. Taqwa terhadap tuhan YME 3. Memiliki wawasan pendekatan Integral komprehensif dan

4. Memiliki wawasan budaya yang luas

IBD = Ilmu Budaya Dasar

Pengertian Ilmu Budaya Dasar Ilmu Budaya Dasar adalah: pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalahmasalah manusia dan kebudayaan. Menurut Prof. Dr. Harsya mengemukakan bahwa Ilmu Pengetahuan dikelompokan dalam tiga kelompok besar, yaitu: 1. Ilmu-ilmu Alamiah (Natural Science) 2. Ilmu-ilmu social (social science) 3. Pengetahuan Budaya (The Humanities)

Tujuan Ilmu Budaya Dasar 1. Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya. 2. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya. 3. Mengusahakan agar mahasiswa sebagai contoh pemimpin bangsa dan Negara. 4. Menguasai wahana komunikasi akademis agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar Dua masalah pokok ialah: Berbagai sapek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya. Hakekat manusia yang satu atau Universal.

Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah: 1. Manusia dan Cinta kasih; Manusia dan Keindahan 2. Manusia dan Penderitaan; Manusia dan keadilan 3. Manusia dan Pandangan Hidup; Manusia dan Tanggung Jawab 4. Manusia dan Kegelisahan; Manusia dan Harapan

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->