Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Manusia adalah makhluk sosial yang dinamis, sehingga terjadi perubahanperubahan yang

dapat mempengaruhi kebutuhan hidupnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah: 1. Harga barang itu sendiri Naik atau turunnya harga barang/jasa akan mempengaruhi banyak/sedikitnya terhadap jumlah barang yang diminta. 2. Pendapatan masyarakat Pendapatan masyarakat mencerminkan daya beli masyarakat. Tinggi/rendahnya pendapatan masyarakat akan mempengaruhi kualitas maupun kuantitas permintaan. 3. Intensitas kebutuhan Mendesak/tidaknya atau penting tidaknya kebutuhan seseorang terhadap barang/ jasa, mempengaruhi jumlah permintaan. Kebutuhan primer, lebih penting dibanding kebutuhan sekunder. Kebutuhan sekunder lebih penting dibanding tertier, sehingga pengaruhnya terhadap jumlah permintaan berbeda. 4. Distribusi Pendapatan Makin merata pendapatan, maka jumlah permintaan semakin meningkat, sebaliknya pendapatan yang hanya diterima/dinikmati oleh kelompok tertentu, maka secara keseluruhan jumlah permintaan akan turun. 5. Pertambahan penduduk Jumlah penduduk akan mempengaruhi jumlah permintaan. Makin banyak penduduk, maka jumlah permintaan akan meningkat. 6. Selera (Taste) Perkembangan mode, pendidikan, lingkungan akan mempengaruhi selera masyarakat, yang akan mempunyai pengaruh terhadap jumlah permintaan. 7. Barang pengganti (substitusi) Adanya barang pengganti akan berpengaruh terhadap jumlah permintaan. Pada saat harga barang naik, jika ada barang pengganti maka jumlah permintaan akan dipengaruhinya. Contoh: • Pada saat harga beras naik sangat tinggi, maka masyarakat yang tidak mampu akan beralih membeli jagung sebagai pengganti beras. • Pada saat harga buku tulis dengan kertas putih meningkat sangat tinggi, maka masyarakat yang tidak mampu akan beralih membeli buku dengan kertas koran. 1. Pengertian Permintaan Permintaan adalah sejumlah barang dan jasa yang diinginkan untuk dibeli atau dimiliki pada berbagai tingkat harga yang berlaku di pasar dan waktu tertentu. Contoh: • Seorang siswa SMU Terbuka membutuhkan buku tulis, yang berasal dari uang saku yang dikumpulkan. Di toko buku siswa tersebut mengadakan tawar-menawar dan disepakati harga sebuah buku

merupakan contoh permintaan pasar.2.00 dengan isi 40 lembar. jumlah pembeli 100 orang dengan jumlah yang dibeli 500 buah. Contoh tersebut di atas adalah contoh permintaan perseorangan. Jika dalam satu sekolah buku tersebut pada harga Rp.00.500. maka siswa tersebut membeli 4 buah buku tulis.2.500. . Sesuai dengan kemampuannya.Rp.

yaitu: a. yang pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan. Kebutuhan akan uang tunai Mendesak atau tidaknya kebutuhan uang tunai bagi perusahaan akan berpengaruh kepada harga jual yang akhirnya berpengaruh pada jumlah penawaran barang/jasa. penawaran juga dipengaruhi oleh faktor lain. Biaya produksi (input) Tinggi/rendahnya biaya produksi akan mempengaruhi harga jual yang pada akhirnya akan mempengaruhi jumlah yang ditawarkan. besar kecilnya laba akan menentukan harga jual. Hukum permintaan “apabila harga mengalami penurunan. tetapi bersifat tidak mutlak dan dalam keadaan cateris paribus (faktor-faktor lain dianggap tetap). dan sebaliknya apabila harga mengalami kenaikan. b. Keuntungan yang besar akan diperoleh jika harga barang murah. produktifitas semakin besar. e. Teknologi Maju/mundurnya atau canggih tidaknya teknologi akan mempengaruhi jumlah penawaran. 3. 2.Permintaan dapat dibagi menjadi 2 (dua) macam:a. Hukum permintaan berbanding terbalik dengan harga. Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah yang ditawarkan Seperti permintaan. d. sehingga jumlah penawaran meningkat. Permintaan absolut adalah seluruh permintaan terhadap barang dan jasa baik yang bertenaga beli/berkemampuan membeli. Permintaan absolut (absolut demand). sehingga mempengaruhi jumlah penawaran. Makin canggih teknologi. b. produsen akan menahan barang. c. Harapan harga masa yang akan datang Bagi produsen yang mampu menahan barang untuk dijual pada saat harga dianggap lebih menguntungkan. Hukum Permintaan Hukum permintaan tidak berlaku mutlak. Permintaan efektif (effective demand) Permintaan efektif adalah permintaan terhadap barang dan jasa yang disertai kemampuan membeli. jumlah yang ditawarkan meningkat dan sebaliknya. harga menjadi murah. . maupun yang tidak bertenaga beli. Harapan keuntungan Tingkat keuntungan produsen. maka jumlah permintaan akan turun/berkurang”. maka jumlah permintaan akan naik/bertambah.

para penjual/produsen akan menjual dalam jumlah yang lebih banyak. Tabel Penawaran Setelah Anda mengerti perbedaan antara kurva permintaan dan kurva penawaran. ikuti contoh berikut dengan seksama. Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas yang menunjukkan bahwa jika harga barang tinggi. Kurva Penawaran Kurva penawaran adalah garis yang menghubungkan titik-titik pada tingkat harga dengan jumlah barang/jasa yang ditawarkan. Kumpulkan pekerjaan Anda pada Guru Binamu! Data Permintaan dan Penawaran . cobalah selesaikan data berikut menjadi kurva penawaran dan kurva permintaan.4. Agar lebih jelas.

00 jumlah unit yang ditawarkan sejumlah 40 unit. • • • Pada saat harga Rp.40.30. Contoh: Pergeseran kurva penawaran akibat perubahan harga barang. tergantung pada faktor yang mempengaruhinya. kurva bergeser ke kiri. maka jumlah penawaran akan berkurang.20. Pada saat harga turun menjadi Rp. kurva bergeser ke kanan.urva penawaran akan mengalami pergeseran. sehingga kurva bergeser ke kanan. Pada saat harga naik menjadi Rp. maka jumlah penawaran akan bertambah.00 maka jumlah yang ditawarkan berkurang menjadi 25 unit. Jika harga barang turun. Mudah sekali bukan? Cobalah buat kurva penawaran dengan data-data berikut ini! . kurva penawaran bergeser ke kiri. Jika harga barang naik.00 jumlah barang yang ditawarkan meningkat menjadi 60 unit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful