FUNGSI DAN MANFAAT AGAMA BAGI MANUSIA

A. Pengertian Agama Agama memilik arti penting bagi manusia agar manusia tidak tersesat di dalam menjalani kehidupan di dunia. Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut. Kata agama sendiri memiliki banyak pengertian karena agama didasarkan pada bathin dan setiap orang memiki pengertian sendiri terhadap agama. Dasar kata agama sendiri berbeda menurut berbagai bahasa. Dalam bahasa Sansekerta gama berarti "tradisi". Kata agama juga berasal dari kata Sanskrit. Kata itu tersusun dari dua kata, a=tidak dan gam=pergi, jadi agama artinya tidak pergi, tetap ditempat, diwarisi secara turun temurun dari satu generasi ke enerasi lainnya. Selanjutnya dalam bahasa Arab dikenal kata ³din´ yang dalam bahasa semit berarti undang-undang atau hukum. Dalam bahasa Arab kata ini berarti menguasai, menundukkan, patuh, utang, balasan dan kebiasaan. Pengertian ini juga sejalan dengan pengertian agama yang didalamnya terdapat peraturan-peraturan yang merupakan hukum, yang harus dipatuhi oleh penganut agama yang bersangkutan. Adapun kata religi berasal dari bahasa latin. Menurut satu pendapat, asal kata religi adalah relegere yang mengandung arti mengumpulkan atau membaca. Pengertian demikian ini juga sejalan dengan isi agama yang mengandung kumpulan cara-cara mengabdi pada Tuhan yang terkumpul dalam kitab suci yang harus dibaca.

B. Fungsi Agama Manusia telah diberikan akal dan hati oleh Tuhan. Manusia diberi akal pikiran agar manusia mampu berpikir dan menyadari kekuasaan Tuhan. Namun pikiran manusia yang diberikan Tuhan sangat terbatas dan memiliki banyak kelemahan, oleh sebab itu manusia diberikan hati untuk dapat merasakan kekuasaan Tuhan secara bathiniah. Hati dan pikiram merupakan 2 hal yang membuat manusia menjadi makhluk Tuhan yang paling sempurna yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Maka dari itu manusia dituntut untuk dapat menggunakan hati dan pikirannya untuk menalari kebesaran Tuhan dan keagungan agama-Nya. Sesuai dengan pengertian agama yaitu peraturan-peraturan yang merupakan hukum, yang harus

agama memiliki fungsi untuk mengatur kehidupan manusia tentang bagaimana manusia menjalani kehidupan yang telah Tuhan berikan kepadanya sehingga manusia dapat mencapai kebahagian baik di dunia maupun di akhirat kelak. Ini adalah karena sistem agama menimbulkan keseragaman bukan saja kepercayaan yang sama. melainkan tingkah laku. Maksud dari pernyataan bahwa agama memberi pandangan dunia kepada satu-satu budaya manusia adalah agama sentiasanya memberi penerangan serta petunjuk kepada seluruh umat manusia di dunia(secara keseluruhan). Memberi pandangan dunia kepada satu-satu budaya manusia. Bagi kebanyakan manusia. dan setiap manusia harus menaati Allah Swt. pandangan dunia dan nilai yang sama sehingga timbul rasa persaudaraan diantar pemeluk agama. Penerangan dalam masalah ini sebenarnya sulit dicapai melalui indra manusia karena keterbatasan yang dimiliki oleh indra manusia. sebagian pertanyaan yang terus ditanyakan oleh manusia merupakan pertanyaan yang tidak terjawab oleh akal manusia itu sendiri. .dipatuhi oleh penganut agama yang bersangkutan.Menjawab berbagai pertanyaan yang tidak mampu dijawab oleh manusia. 3. Namun karena keterbatasan akal pikiran manusai maka itulah fungsi agama untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ini. agama Islam menerangkan kepada umatnya bahwa dunia adalah ciptaan Allah Swt. Fungsi agama jika dilihat dari dari segi sains sosial mempunyai dimensi yang lain seperti yang diuraikan di bawah ini: 1. Contohnya. Memberi rasa kekitaan kepada sesuatu kelompok manusia. melainkan sedikit penerangan daripada falsafah. pertanyaan-pertanyaan ini sangat menarik dan perlu untuk menjawabnya. Namun. dan juga kedudukan manusia di dalam dunia. Agama merupakan satu faktor dalam pembentukkan kelompok manusia. 2. padahal tidak ada seorangpun yang senang mati? Siapa gerangan yang menghendaki kematian manusia?Kemana nyawa manusia setelah mati dan mayatnya dikubur?. Misalnya adalah dari mana manusia itu datang sebelum hidup di dunia ini? Mengapa manusia itu harus hidup di dunia ini? Siapakah yang menghendaki kehidupan manusia di dunia ini? Untuk apa manusia hidup di dunia ini? Mengapa setelah manusia terlanjur senang hidup di dunia dia harus mati. Manusia telah diberikan akal pikiran oleh Tuhan.

D. 2. riya dan sebagainya. Maka ini dikatakan agama memainkan fungsi peranan sosial. . Agama melarang orang untuk tidak bersifat sombong. 4. hormat-menghormati dan sebagainya. C. Agama merupakan fitrah manusia yang senantiasa membutuhkan agama untuk menentramkan jiwa manusia serta agama bermanfaat untuk membersihkan hati dan jiwa manusia sehingga menjasi manusia yang berbudi karena agama mengajarkan kebaikan kepada umatnya. Dapat mendidik manusia berani menegakkan kebenaran dan takut untuk melakukan kesalahan. sabar. 3. Dapat mendidik jiwa manusia menjadi tenteram. sopan santun. Lebih-lebih ketika dia ditimpa kesusahan dan kesulitan. Manfaat Agama Secara singkat manfaat agama bagi manusia adalah: 1. Memainkan fungsi peranan sosial. dengki. Kesimpulan Tuhan telah menurunkan agama-Nya sebagai pedoman hidup manusia dalam menjalani kehidupan di dunia dan agama berfungsi untuk mengatur kehidupan manusia sehingga tercapainya kebahagian ketika di dunia dan di akhirat kelak ketika manusia telah kembali padaNya. Dalam ajaran agama sendiri sebenarnya telah menggariskan kode etika yang wajib dilakukan oleh penganutnya. Semua agama di dunia ini menyarankan kebaikan. kuat dan tidak mudah ditundukkan oleh siapapun. tawakkal dan sebagainya.4. Dapat memberi sugesti kepada manusia agar dalam jiwa mereka tumbuh sifat-sifat utama seperti rendah hati. Dapat memberi modal kepada manusia untuk menjadi manusia yang berjiwa besar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful