BENZENA DAN TURUNANNYA

BENZENA DAN TURUNANNYA € PENGERTIAN ‡ SIFAT-SIFAT BENZENA ‡ BENZENA MENURUT ATOM H ‡ CARA MEMPEROLEH BENZENA ‡ KEGUNAAN BENZENA ‡ SENYAWA TURUNAN BENZENA 1 GUGUS FUNGSI ‡ SENYAWA TURUNAN BENZENA 2 GUGUS FUNGSI ‡ SIFAT TOLUENA ‡ SIFAT ALKOHOL ‡ KEGUNAAN TURUNAN BENZENA ‡ CONTOH SOAL .

.Hidrokarbon aromatik adalah sekelompok senyawa hidrokarbon yang ber . Benzena adalah suatu senyawa aromatik (karena beberapa turunan benzena berbau harum ) dengan rumus molekul C6H6 dan rumus struktur berbentuk segi enam beraturan dengan rantai tertutup (siklik yang mempunyai ikatan tidak jenuh. Contoh : bunga. Hidrokarbon paling sederhana adalah benzena.bau harum.

SIFAT .Tidak larut dalam air 3. alkinasi.Larut dalam pelarut organik spt dietil eter karbon tetraklorida atau heksana 1.Dapat diadisi dengan H2danCL2 tetepi tidak dapat diadisi dengan BR2 dan KMnO4.Pada oksidasi sempurna dihasilkan gas CO2 dan H2O.Atom H dari benzena dapat disub titusikan oleh atom/gugus lain menghasilkan turunan seperti nitrasi . sulfonasi . 4.SIFAT BENZENA SIFAT FISIS € € € SIFAT KIMIA € € € € € € € € € € € € 1. halogenasi .Non polar 2. 2.Tidak dapat dioksidasi dalam la rutan KMnO4 spt alkena. 3. € .

DAN SIMETRI.Trisubtitusi. jika atom H diganti dengan tiga subtien yang sama menghasilkan tiga bentuk isomer yaitu .Disubstitusi. VISIAL. 3. ASIMETRI.jika dua atom H diganti menghasilkan tiga bentuk isomer ORTO. PARA. jika satu atom H diganti menghasilkan satu bentuk yaitu segienam dengan satu ikatan. . META.1Monosubstitusi. 2.

Penyulingan kering kalsium benzoat dengan Ca(OH)2 d.Dalam skala kecil dilakukan dengan sintesis sebagai berikut.CARA MEMPEROLEH BENZENA 1. a.Memanaskan etuna dalam pipa pijat dengan katalis nikel 3C2H2 C6H6 b.Pemanasan natrium benzoat dengan basa kuat C6H5COONa + NaOH Na2CO3 + C6H6 .Dalam teknik dilakukan dengan distilasi minyak ter batu bara 2.Hidrolisis asam benzena sulfonat dengan pemanasan dan katalis HCL SO2OH + HOH C6H6 + HOSO2OH (H2SO4) c.

se- . Sebagai pelarut 2 . Sebagai bahan baku pembuatan senyawa .KEGUNAAN BENZENA € € 1.

-Br .-Cl .SENYAWA TURUNAN BENZENA DENGAN SATU GUGUS FUNGSI Gugus fungsi Alkil (-CH3) Hidroksi(-OH) Amino(-NH2) Nitro (-NO2) Halogen (-x) (-F .I C6H5 ± SO3H) Fenol Anilin Nitro benzena Fluoro benzena Kloro benzena Bromo benzena Iodo benzena Asam benzena sulfonat Sulfonat (-SO3H) Etena C6H5 ± CH= CH2 Stirena .OH C6H5 ± NH2 C6H5-NO2 C6H5 . -I ) Reaksi molekul Nama senyawa C6H5 ± CH3 Toluena C6H5 .F C6H5 ± Cl C6H5 ± Br C6H5 .

. 1 . Posisi orto (o) yang dimiliki oleh turunan benzena dengan kedua gugus fungsi yang saling berdampingan. Posisi meta (m) yang dimiliki oleh turunan benzena dengan kedua gugus fungsi yang saling berdampingan .Senyawa turunan benzena dengan dua gugus fungsi . 3. tiap ± tiap senyawa akan memiliki tiga buah isomer fungsi yaitu . Posisi para (p) yang dimiliki oleh turunan benzena dengan kedua gugus fungsi yang terpisah oleh dua atom C. 2.

.

.

. b.Dapat dioksidasi dengan oksidator kuat menghasilkan asam benzoat .Toluena direaksikan dengan campuran HNO3 dan H2SO4 pekat.Berupa zat cair yang tidak dapat larut dalam air .SIFAT TOLUENA a. .Direaksikan dengan asam sulfat berasap . .Mengalami substitusi .Gas klorin dipengaruhi sinar matahari . c. terbentuk para toluena sulfonat. tetapi larut dalam alkohol atau eter.

SIFAT ALKOHOL € € € € € Sifat kelarutannya dalam air adalah asam. . Bila bereaksi dengan NaOH menghasilkan Na. Bila bereaksi dengan asam tidak menghasilkan ester. Tidak dapat dioksidasi Bersifat elektrolit.Fenolat.

Tidak dapat bereaksi dengan NaOH . Dapat dioksidasi . . Bila bereaksi dengan asam menghasilkan ester. Tidak bersifat elektrolit.SIFAT FENOL € € € € € Sifat kelarutannya dalam air adalah netral atau asam lemah .

sebagai desinfektan pada pembuatan karbol. AMINO AROMATIK . ASAM BENZOAT . pengawet makanan dan bahan baku pembuatan warna. SENYAWA NITRO . ASAM AROMATIK.KEGUNAAN DARI TURUNAN BENZENA € € € € € € € TOLUENA . obat penghilang rasa sakit dan penurun panas. bahan bakar roket dan bahan peledak. digunakan sebagai pembuatan anilin dan parfum pada sabun . sebagai pengawet makanan. . bahan peledak TNT dan sebagai pelarut senyawa karbon . FENOL. sebagai bahan dasar pembuatan asam benzoat dalam industri . sebagai obat ± obatan . PARASETAMOL.

C6H5-NH2 : Bahan dasar obat-obatan. C6H5-COOH : Pengawet makanan. C6H5-NO2 : Parfum pada sabun. C6H5-CH3 : Pelarut senyawa karbon. c.Tuliskan kegunaan dari rumus molekul di bawah ini: a. d. C6H5-OH : Desinfektan. e. . b.