P. 1
Percobaan Sach 2

Percobaan Sach 2

|Views: 978|Likes:
Published by leila husna

More info:

Published by: leila husna on Feb 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/30/2012

pdf

text

original

Percobaan Sach

Praktikum Biologi

Disusun oleh : Kurnia Afsari D. (20) Leila Husna (22) Maria Tyas W (24) Talita Z. Isma (33)

KELAS XII IPA 7 SMA NEGERI 3 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Percobaan Sach

Membuktikan adanya amilum pada hasil reaksi fotosintesis. Reaksi gelap disebut reaksi tidak tergantung cahaya atau sering disebut reduksi CO2. yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Hasil akhir fotosintesis berupa senyawa organic glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2). Landasan Teori Fotosintesis adalah proses pengubahan zat-zat organic H2O dan CO2 oleh klorofil menjadi zat organic karbohidrat (glukosa) dengan pertolongan sinar matahari. Reaksi terang terdapat dua rute aliran electron yaitu non siklik dan siklik.Membuktikan adanya pengaruh cahaya dalam proses fotosintesis. Proses pemecahan molekul air disebut fotolisis. Tujuan . II. Fotosintesi hanya terjadi pada tumbuhan berhijau daun (autotrof). Unit yang mampu menangkap energi cahaya matahari dalam kloroplas disebut fotosistem. Peristiwa fotosintesis dapat dinyatakan dengan persamaan reaksi kimia : 6CO2 + 6H2O C6H12O6 + 6O2 III.I. Cara Kerja . Energi ditangkap klorofil untuk memecah molekul air. Alat dan Bahan Gelas kimia Tabung reaksi Penjepit tabung reaksi Tungku pemanas Lampu spirtus Pipet tetes cawan Petri Daun alcalypa Alumunium foil Alkohol Lugol/yod IV. Reaksi terang atau sering disebut reaksi tergantung cahaya klorofil menyerap cahaya merah dan nila yang memiliki gelombang panjang. . Proses fotosintesis yang terjadi di kloroplas melalui dua tahap reaksi.

sampai daun berwarna hijau. Menulis hasil pengamatan dalam table 8. 7. Ketiga potongan daun tadi dimasukkan ke dalam tabung reaksi yang berisi air kemudian direbus. 4. Memindahkan bagian daun yang sudah direbus tersebut ke dalam tabung reaksi yang berisi alkohol kemudian direbus ke dalam gelas kimia yang berisi air panas. . Petik daun alcalypa yang daunnya berwarna-warni. Mengamati perubahan warna yang terjadi. Membuat kesimpulan dari hasil percobaan. 5. Mengambil ketiga daun tersebut dan meletakkan satu per satu di atas cawan petri. 6. putih (bentuk persegi). Menutup sebagian daun tersebut dengan alumunium foil dan meletakkan tanaman ditempat yang mendapat cukup cahaya matahari (sudah disiapkan oleh sekolah) (bentuk lingkaran). dan hijau yang tertutup alumunium (bentuk segitiga) 2. Buatlah 3 bagian potongan yang berwarna hijau yang terbuka 3. Membuang alkohol yang telah berwarna hijau kemudian memasukkkan air ke dingin ke dalam tabung reaksi agar daun-daun tercuci. Kemudian tetesi dengan lugol/yod.1.

dan amilum dihasilkan oleh proses fotosintesis.V. . Analisis Percobaan Dari percobaan di atas. Kesimpulan . . Bercak hitam merupakan amilum. VII. daun yang berwarna putih dan daun yang tertutup alumunium foil tidak menunjukkkan perubahan sesudah ditetesi amilum. Hasil Percobaan Perangkat Daun putih Daun hijau terbuka Daun hijau tertutup Ditetesi lugol Sebelum Sesudah Warna putih Putih Ada bercak Warna putih hitam Warna putih Putih Hasil Uji Amilum + - VI.Proses fotosintesis menghasilkan amilum (glukosa).Proses fotosintesis memerlukan cahaya matahari. sedangkan daun yang terbuka terdapat bercakbercak hitam setelah ditetesi lugol.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->