Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sejarah sepak bola indonesia PSSISejarah Sepak Bola Indonesia menjadi keinginan banyak pihak untuk dibakukan sehingga publik mendapatkan informasi yang jelas, utuh, dan ilmiah. Kalau sejarah kerajaan besar di Nusantara saja dapat teridentifikasi, tapi mengapa sepak bola Indoonesia tidak juga ada kejelasan? Sayang sampai sekarang hal ini masih menjadi misteri yang tak terungkapkan. Untuk memaparkan dan mengungkapkan sejarah Sepak Bola Indonesia di shalimow.com dilakukan dengan pencarian dengan mesin pencarianpun tak kunjung mendapat sajian informasi yang memadai. Demikian juga dengan menelusurinya melalui pustaka, mulai dari took buku sampai toko buku bekas di kawasan Senin, Jakarta tak kunjung jua mendapatkan informasi penting juga. Sempat terfikir oleh aku bahwa jangan -jangan memang belum ada satupun dokumen yang validitasnya kuat yang mengungkap Sejarah Sepak Bola Indonesia. Atau paling tidak hasil penelitian sejarah mengenai Sejarah Sepak Bola Indonesia oleh para sejarahwa n, dst. Dan ketika menuliskan artikel ini saya semakin yakin akan dugaan bahwa Sejarah lahirnya Sepak Bola Indonesia memang belum ada. Kesulitan yang pasti terjadi adalah tidak ditemukanya dokumen sejarah seperti lazimnya peninggalan purbakala yang berupa candi, tulisan di daun lontar, alat -alat, dll. Mungkin juga karena olahraga sepakbola dianggap sebagai aktifitas sosial yang kurang penting sehingga tidak terdokumentasikan dengan baik oleh nenek moyang kita. Agak berbeda dengan beberapa peninggalan sejar ah Romawi dan Eropa ynag menemukan akan aktifitas sepak bola. Hal yang sama juga terjadi pada pencarian mengenai sejarah munculnya olahraga sepak bola dimuka bumi ini yang masih juga mengundang perdebatan. Beberapa dokumen sejarah dunia menjelaskan bahwa sepak bola lahir sejak masa Romawi, sebagian lagi menjelaskan sepak bola berasal dari negeri Tiongkok, dst. Disisi lain Bill Muray, seorang sejarahwan sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, menjelaskan bahwa permainan sepak bola sudah dikenal sejak awal Masehi, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen. Menurut pendapat saya benang kusut tentang sejarah sepakbola Indonesia bisa mulai diurai dengan meneliti dokumen se jarah Indonesia yang ada di negeri Belanda. Menurut analisa saya sejarah olahraga sepakbola ini diawali oleh pendatang dari luar negeri, bukan dari

Mereka bertanding selama empat minggu di negara yang ditunjuk menjadi tuan rumah. Pada putaran final akan melibatkan sejumlah 32 tim nasional Negara -negara yang lolos seleksi. Sejarah Lahirnya Piala Dunia Sepakbola By Yunan Shalimow on June 7. 2010 Piala Dunia Sepakbola FIFA yang lebih popular dengan Piala Dunia merupakan momen penting dalam pertandingan sepakbola antar Negara diseluruh dunia. Seperti diketahui permainan masyarakat Cina abad ke -2 sampai dengan ke-3 SM sudah mengenal olah raga sejenis sepak bola yang dikenal dengan sebutan ³tsu chu ³. Disinilah letaknya urgensi dilakukanya penelusuran sejarah sepak bola nasional Indonesia. Beberapa seminar sejarah atau penelitian tentang hal ini mungkin sangat urgen untuk dilakukan sehingga memberikan beberapa titik awal kejelasan sejarah lahirnya sepakbola nasional. Kita semua berharap pemerintah melalui kementrian pemuda dan olahraga dapat juga memperhatikan akan hal ini sehingga sejarah olahraga nasional tidak kehilangan obor. namun tidak ada yang boleh menjustifikasi kedua hal tersebut kecuali atas dasar fakta sejarah yang kuat. maka pertandingan piala dunia begitu menyita perhatian orang sedunia. Menjadi gawe resmi dari federasi sepakbola dunia (Federation Internationale de Football Association) . Jadi beberapa kemungkinannya adalah: 1. Dibawa masuk ke Indonesia oleh para pedagang dari negeri Belanda.Indonesia asli. kalau mereka awal masuknya ke Indonesia sekitar tahun 1602 M maka sepakbola lahir dari perkembangan aktifitas dagang mereka di Indonesia. Piala dunia selalu diadakan setiap empat tahun sekali sejak tahun 1930 (kecuali tahun 1942 dan 1946 terkendala oleh Perang Dunia ke -II). . Para pedagang dari negeri Tiongkok sekitar abad 7 M yang mulai masuk wilayah nusantara khususnya diwilayah kerajaan Sriwijaya. Kedua kemungkinan lahirnya sejarah sepakbola diatas dapat menjadi kebenaran atau pula menjadi kesalahan. 2.

acara ini seperti eksebisi bagi para pemain amatir saja.Dari sejumlah tujuh belas kali penyelenggaraan piala dunia. dan Yugoslavia. Pertandingan ³Piala dunia´ yang pertama kali berlangsung pada tahun 1872 di antara Inggris melawan Skotlandia. diikuti Italia sebanyak empat kali.000 penonton di Montevideo. Perancis. Brazil telah memenangkan Piala Dunia sebanyak lima kali. 1904 dan 1906 sepak bola dijadikan pertandingan pada pesta olimpiade Musim Panas pada thaun 1908. Kesebelasan amatir Inggris telah berhasil memenangkan pertandingan pada tahun 1908 dan 1912. Sejarah Hukum Game 1863: The Cambridge Rules are rewritten to provide the game's first uniform regulations. Pertandingan inilah dianggap sebagai Piala Dunia Pertama. Dari sejumlah 13 negara yang mengambil bagian terdiri dari tujuh Negara dari Amerika Selatan. Italia. Pada Olimpiade Musim Panas tahun 1924 tim nasional Uruguay berhasil memenangkan kejuaraan ini. Gol yang pertama kali lahir dipentas Piala Dunia telah dijaringkan oleh Lucien Laurent daripada timnas Perancis. empat Negara dari Eropah dan dua Negara dari Amerika Utara. masing -masing berhasil mengalahkan Mexico dengan skor 4 -1 dan Belgia dengan skor 3 0. Akhirnya Uruguay mentasbihkan negaranya sebagai kampium piala dunia yang pertama. dan Switzerland. Romania. karena sudah melibatkan tim sepakbola dari beberapa negara seperti Jerman. Sir Thomas Lipton mengadakan sebuah pertandingan Piala Sir Thomas di kota Turin pada tahun 1909. FIFA pada tahun 1914. Piala Dunia ini dimenangkan oleh Perancis dan AS. ternyata hanya menelorkan sejumlah tujuh negara saja yang berhasil menjadi juara piala dunia. Pada tahun 1900. Dalam pertandingan final Uruguay akhirnya berhasil mengalahkan Arge ntina dengan skor 4 -2 di hadapan sekitar 93. Presiden FIFA. bersepakat untuk menjadikan pertandingan Olimpiade sebagai pertandin gan dunia resmi untuk pemain amatir. Untuk Piala Dunia yang berikutnya akan dilangsungkan dibenua Afrika tepat nya dinegara Afrika Selatan mulai 11 JunI sampai dengan 11 Juli 2010. FIFA pada tahun 1930 kemudian menetapkan Uruguay sebagai tuan rumah piala dunia yang pertama kali. 1863: Aturan Cambridge yang ditulis ulang untuk . FIFA kemudian menetapkan keputusan untu k mengadakan pertandingan melalui kejuaraan tersendiri. Jules Rimet kemudian secara resmi mengundang Negara negara peserta seperti timnas Belgia. Kejadian ini merupakan pertandingan sepakbola antar benua yang pertama kali terjadi. dan Jerman sebanyak tiga kali.

1992: Goalkeepers are forbidden from handing bac k-passes. based on the Laws previously in force. with the Fourth Official following the next year. 1990: Hukum offside berubah mendukung penyerang. berdasarkan Undang undang sebelumnya yang berlaku. 1994: The technical area is introduced into the Laws of the Game. 1913: FIFA becomes a member of the IFAB. meskipun hanya untuk kiper terluka dan satu pemain cedera lainnya.menyediakan seragam pertandingan pertama peraturan itu. 1990: The offside law is changed in favour of the attacker. 1996: Linesmen are renamed Assistant Referees. 1925: Perubahan aturan offside dari tiga menjadi dua pemain. . 1891: Introduction of the penalty-kick. 1970: Sistem kartu merah dan kuning diperkenalkan untuk Piala Dunia 1970 FIFA final Œ. 1938: The present Laws of the Game are framed in a new system of codification. albeit only for an injured goalkeeper and one other injured player. 1958: Substitutes are permitted for the first time. 1997: Hukum direvisi. 1913: FIFA menjadi anggota IFAB. 1994: Daerah teknis diperkenalkan ke dalam Hukum Game. 1891: Pengenalan-tendangan penalti. 1996: hakim garis diganti nama Asisten Wasit. who is now onside if level with the penultimate defender. 1882: The associations in Great Britain unify their rules and form the International Football Association Board (IFAB) to control the laws of the game. 1958: Pengganti diijinkan untuk pertama kalinya. 1866: The offside law is changed to allow players to be onside prov ided there are three players between the ball and the goal. 1882: Asosiasi di Inggris aturan menyatukan mereka dan membentuk Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) untuk mengontrol permainan hukum. 1938: Hukum kini Game dibingkai dalam suatu sist em baru kodifikasi. 1866: Hukum offside berubah untuk memungkinkan pemain yang akan onside asalkan ada tiga pemain antara bola dan tujuan. yang kini onside jika tingkat dengan bek kedua dari belakang. dengan resmi keempat set elah tahun depan. 1886: Pertemuan resmi pertama IFAB terjadi. 1886: The first official meeting o f the IFAB takes place. 1992: Kiper dilarang menyerahkan kembali-berlalu. 1970: The system of red and yellow cards is introduced for the 1970 FIFA World Cup Œ finals. 1997: The Laws are revised. 1925: Amendment of the offside rule from three to two players.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful