1.

Lambang Pramuka
Bentuk lambang gerakan pramuka itu adalah Silhouette tunas kelapa. Arti kiasan lambang gerakan pramuka : 1.Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. 2.Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsa Indonesia. 3.Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam mesy dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga. 4.Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu. 5.Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya. 6.Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan negara Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

Sepuluh tangkai padi melambangkan cita-cita pelopor pembentuk ASEAN di Asia Tenggara. 5. 3. Adab. Warna biru melambangkan keamanan dan kestabilan. Agar Palang Merah benar-benar netral. Warna putih melambangkan kesucian 5. 4. Warna tersebut merupakan warna utama lambang negara-negara ASEAN. Pelopor pendirinya adalah warga negara SWISS 3. putih dan kuning. dapat membuka permasalahan dan dapat menemukan kunci keberhasilan. yaitu bersatu dan bersahabat. Aktif dan Amal (5 A) 2. *> Warna Putih menunjukkan kemurnian jiwa yang berintikan Pancasila *> Dalam daya dan upaya melalui lima jalan Yakni: Abdi. Biduk/Perahu LesungWadah pembinaan untuk menuju masa depan yang lebih baiksesuai cita-cita. Segi lima putih melambangkan Pancasatya PMR 4. Menghormati negara SWISS 2. Dua Tangan TerbukaKewajiban utama siswa yang ketiga adalah berbakti dan bersedia menolong yang lemah. . 4. Bulatan melambangkan kesatuan ASEAN. karena : 1. bersatu dan dinamik. karena negara SWISS benar-benar negara netral. Bunga Bintang Sudut Lima dan Lima Kelopak Daun Bunga *> Siswa adalah bunga harapan bangsa. Lambang PMR ARTI LAMBANG PMR 1. Merah bermaksud semangat dan dinamisme sedangkan putih menunjukkan ketulenan dan kuning melambangkan kemakmuran. Warna logo ada 4 yaitu biru. Lambang ASEAN Logo ASEAN membawa arti ASEAN yang stabil. Lambang OSIS 1. Buku TerbukaKewajiban utama siswa adalah belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi. Ajar. Segi lima merah melambangkan Pancasila 2. aman.2. Latar belakang digunakanya lambang tersebut adalah inspirasi dari bendera negara SWISS. Kunci PasKewajiban utama siswa yang kedua adalah bekerja keras. 3. merah. Tanda palang merah melambangkan bendera SWISS yang menentang pertumpahan darah. Warna kunung melambangkan warna dasar PMR wira 3.

merah putih melambangkan sifat nasional koperasi 6. 3. Pelangi Merah PutihGambaran/Jembatan menuju ke tujuan Nasional (masyarakat adil. Warna CoklatDalam berfikir. Tulisan UKS adalah pelaksanaannya harus didukung secara vertikal dan horizontal (pembina maupun pelaksana) . kapas padi melambangkan kemakmuran yang harus dicapai setiap anggota 3. Lambang Koperasi 1. 7. bertingkah laku harus berpijak pada tanah air Budaya bangsa 10.pohon beringin melambangkan kepribadian yang kuat dan ngakar 7. Butir Padi.6.bintang dan perisai melambangkan lamdasan dari pancasila 5. 8. 8 lipatan pita. girigi roda melambangkan usaha yang terus menerus 4. Lambang UKS 1. Warna KuningWarna kehormatan generasi muda dipercaya untuk berbuat baik melalui organisasi demi Nusa dan Bangsa. 2. 9.Siswa harus menegakkan nilai-nilai perjuangan 45 sebagai kader bangsa dan pembangunan. Rantai melambangkan persahabatan yang kokoh 2. timbangan melambangkan keadilan bagi semua anggota koperasi 6. SEGITIGA artinya Trias UKS adalah Pendidikan Kesehatan. 4 kapas. berani dalam membela kebenaran 5. 5 daun kapas. makmur yang digambarkan atau dilambangkan padi kapas). Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan lingkungan sekolah sehat. Lingkaran artinya dilakukan terus menerus. Warna Merah PutihSuci.