SPANYOL Letak Spanyol Spanyol berada di benua Eropa.

Negara ini merupakan bagian dari semenanjung besar yang di sebut Semenanjung Iberia.Spanyol berbatasan dengan tiga Negara. Batas-batas negara Spanyol: Di sebelah utara berbatasan dengan Prancis Di sebelah timur Laut dengan Andorra,dan Di sebelah Barat dengan Portugal Di Ujung Selatan terdapat wilayah kekuasaan Inggris,Gibraltar.Kepulauan Kanari(disebelah barat laut pesisir Afrika)dan kepulauan Balearik juga merupakan bagian dari Spanyol. Spanyol beribukota di Madrid. AGAMA Sebagian besar penduduk Spanyol menganut Agama Katolik Roma(94%)menganut agama tersebut.Salah satu gereja di Spanyol yang paling terkenal adalah Sagrada Familia di Barcelona. MATA UANG Mata Uang di negara Spanyol adalah Euro(sebelumnya Paseta). Menengok Wilayah-wilayah di Spanyol SEJARAH WILAYAH Spanyol terdiri atas 17 wilayah terpisah.Awalnya wilayah-wilayah tersebut merupakan negara-negara kecil yang disatukan oleh Raja JohnII dan Raja Ferdinand dari Aragon pada abad ke-15.kebanyakan orang Spanyol memperkenalkan diri sebagai warga negara wilayah tertentu dan bukan warga negara Spanyol. DAERAH WISATA TERKENAL Daerah Catalonia,Valencia,Mucia,dan Andalucia merupakan wilayah yang banyak dikunjungi wisatawan untuk menikmati cuaca panas dan pantai di musim panas.Barcelona,kota terbesar kedua di Spanyol,berada di Catalonia.Banyak castil tua di Catalonia yang di lindungi negara dan merupakan objek wisata yang populer. Madrid berada di Castile Leon yang berarti”tanah kastil”.Disebelah timur laut,daerah Navarre dan Aragon berbatasan dengan Prancis.Di daerah utara ,penduduknya merdeka dan tidak ingin menjadi bagian dari Spanyol.Wilayah ini di sebut Negara Bosque.

Cork adalah salah satu produk utama Spanyol.anggur.dan zaitun dapat tumbuh subur.dan peach.SPANYOL TENGAH Irigasi membantu tanah gersang di dataran yang panas ini lebih cocok untuk pertanian.berikut ini adalah keadaan Iklim di negara-negara Spanyol: 1.Anggur untuk minuman ditanam di berbagai daerah di Spanyol. KEADAAN IKLIM DI SPANYOL Iklim mempengaruhi jenis tanaman di Spanyol.Bahasa daerah juga masih di pakai.Bahasa Utama lain yanng di pakai secara lisan di Catalonia adalah Katalan.SPANYOL UTARA Daerah basah di Spanyol Utara cocok untuk menanam buah. PERTANIAN DI SPANYOL Di negara Spanyol cara bercocok tanam masih menggunakan cara bertani kuno dan menggunakan peralatan yang sangat terbatas.sedangkan di Galicia. 3.BAHASA Bahasa resmi Spanyol disebut Kastilian.sebelah barat laut Spanyol.Eusker. 2.Dan Spanyol merupakan salah satu produsen minuman anggur terbesar di dunia.seperti apel.SPANYOL SELATAN DAN TIMUR Dengan cuaca hanngat di wilayah selatan dan timur.Tetapi selama 30 tahun terakhir mesin pertanian modern yang banyak bermunculan dan berkembang telah banyak menggantikan tenaga para petani desa yang biasa bekerja menggarap tanah.Gandum dan beras merupakan tanaman utama.Zaitun merupakan salah satu hasil pertanian terpenting di Spanyol dan di tanam di seluruh wilayah.Disana juga terdapat wilayah luas yang disebut padang rumput untuk ternak yang menghasilkan daging dan susu.buah jeruk.Biri-biri dan kambing juga di pelihara disini.Cork di buat dari pohon cork dan digunakan sebagai penutup botol serta pelapis lantai dan papan.pilum.Disana banyak terlihat berbagai tanaman yang bergantung pada suhu dan curah hujan.Tanaman pisang dan tomat tumbuh di kepulauan Kanari.Sementara itu.di negara Bosque mennggunakan Bahasa Basque. RAGAM FESTIVAL DAN TRADISI FIESTA DI SPANYOL . Banyak tanah pertanian di Spanyol mempunyai kincir angin untuk memompa air.melon.pir.adalah Galician. Spanyol menghasilkan banyak bawang merah yang di ekspor ke seluruh dunia.

misalnya.Penari mengentakkan tumit dan bagian depan sepatunya.Di Pamplona.banteng dilepaskan ke jalan selama Festifal San Fermin.Kastanyet terbuat dari dua cakram kayu melengkung yang di bunyikan bersama.Fiesta diadakan untuk merayakan orang dan peristiwa penting.Disajiakan sebagai makanan ringan di pagi hari hingga .lalu orang berlarian mengejarnya PERTARUNGAN BANTENG Pertarungan banteng merupakan jenis hiburan yang populer di Spanyol.bisa berlangsung sampai pukul 11 malam.Dalam fiesta biasannya ada tema keagamaan dan diawali dengan misa gereja.berlangsung antara pukul 2 sampai jam 3 siang.Tanggal 25Juli adalah Hari St. TARIAN TRADISIONAL Di Spanyol Selatan ada jenis tarian tradisional yang di sebut flamenco.Ia adalah tokoh agama Spanyol.Tetapi ada yang melihatnya sebagai bagian penting dari budaya Spanyol.Akan tetapi.Jika diadakan acara makan malam tradisional.Spanyol terkenal dengan festival yang disebut fiesta.Makan siang Spanyol. Fiesta sering kali di meriahkan dengan tari Flamenco.Para wanita berpakaian warnawarni dan memegang kastanyet.saat-saat makan siang merupakan saat yang penting bagi seluruh anggota keluarga untuk berkumpul.Ada yang menganggap pertarungan ini kejam karena banteng di bunuh sebagai bagian dari atraksi pertunjukan. FIESTA DI DAERAH Setiap daerah dan kota di Spanyol mempunyai hari libur untuk fiesta. MENIKMATI MAKANAN DAN MINUMAN MAKAN SIANG SPANYOL Dahulu.Ia comida. TAPA Tapa adalah jenis makanan yang populer di Spanyol.kesibukan kehidupan di kota industri telah membuat hal ini menjadi kurang populer.banteng dilepaskan di sejumlah jalan desa.Perayaan tersebut diadakan di seluruh daerah.Makanan ini dulu berupa snack yanng di jual di bar. Ada beberapa tanggal penting yang dirayakan di Spanyol.tokoh agama atau keberhasilan saat panen.James.Pria dan Wanita mengenakan kostum yang berwarna warni Pada festifal khusus.Spanyol Utara.

Madrid mempunyai galeri seni dan museum terkenal.Bangunan ysng paling terkenal adalah Gereja Sagrada Familia.Kota ini mempunyai bangunan unik yang dirancang oleh seorang arsitek bernama Gaudi.Ada banyak kastil dan bangunan yang terawat sebagai objek wisata.Sherry adalah anggur yang keras dan unik. RAGAM TEMPAT WISATA WILAYAH KOTA Jika mengunjungi Spanyol. MINUMAN ANGGUR Spanyol merupakan salah satu produsen minuman anggur terbesar di dunia.tapa disajikan sepanjang hari.Di Catalonia.makanan yang populer adalah escalivada. .Kini.Bar Tapa sangat populer di Spanyol.keluarga suka berkumpul pada saat makan.jam makan siang.Andalusia terkenal dengan makanan laut dan sup dingin berisi tomat dan bawang putih yang disebut gaspacho.Barcelona juga kota yang populer untuk wisatawan mancanegar.yaitu Jerez di Andalusia Spanyol Selatan.Gereja ini di kenal sebagai gereja sandcastle.karena bentuknya yang unik.Anggur yang paling terkenal dari Spanyol disebut Rioja.Nama ini di ambil dari nama tempat yang menghasilkannya.Restoran tapa dapat ditemukan di seluruh dunia.akan menyukai kota di wilayah interior.yaitu sayuran panggang yang disajikan dengan daging panggang. MAKANAN KHAS DAERAH Setiap daerah di Spanyol mempunyai makanan khas. Di Spanyol.