JAMAAH TABLIGH

Sejarah Tabligh
Jama’ah Tabligh didirikan pada akhir dekade 1920-an oleh Maulana Muhammad Ilyas Kandhalawi di Mewat, sebuah provinsi diIndia. Nama Jama'ah Tabligh hanyalah merupakan sebutan bagi mereka yang sering menyampaikan, sebenarnya usaha ini tidak mempunyai nama tetapi cukup Islam saja tidak ada yang lain. Bahkan Muhammad Ilyas mengatakan seandainya aku harus memberikan nama pada usaha ini maka akan aku beri nama "gerakan iman". Ilham untuk mengabdikan hidupnya total hanya untuk Islam terjadi ketika Maulana Ilyas melangsungkan Ibadah Haji kedua-nya di Hijaz pada tahun1926.[3]Maulana Ilyas menyerukan slogannya, ‘Aye Musalmano! Musalman bano’ (dalam bahasa Urdu), yang artinya ‘Wahai umat muslim! Jadilah muslim yang kaffah (menunaikan semua rukun dan syari’ah seperti yang dicontohkan Rasulullah)’. Tabligh resminya bukan merupakan kelompok atau ikatan, tapi gerakan muslim untuk menjadi muslim yang menjalankan agamanya, dan hanya satu-satunya gerakan Islam yang tidak memandang asal-usul mahdzab atau aliran pengikutnya. Dalam waktu kurang dari dua dekade, Jamaah Tabligh berhasil berjalan di Asia Selatan. Dengan dipimpin oleh Maulana Yusuf, putra Maulana Ilyas sebagai amir/pimpinan yang kedua, gerakan ini mulai mengembangkan aktivitasnya pada tahun 1946, dan dalam waktu 20 tahun, penyebarannya telah mencapai Asia Barat Daya dan Asia Tenggara, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara. Sekali terbentuk dalam suatu negara, Jamaah Tablih mulai membaur dengan masyarakat lokal. Meskipun negara barat pertama yang berhasil dijangkau Tabligh adalah Amerika Serikat, tapi fokus utama mereka adalah di Britania Raya, mengacu kepada populasi padat orang Asia Selatan disana yang tiba pada tahun 1960-an dan 1970-an.[2] Jamaah ini mengklaim mereka tidak menerima donasi dana dari manapun untuk menjalankan aktivitasnya. Biaya operasional Tabligh dibiayai sendiri oleh pengikutnya. Tahun 1978, Liga Muslim Dunia mensubsidi pembangunan Masjid Tabligh di Dewsbury, Inggris, yang kemudian menjadi markas besar Jama’ah Tabligh di Eropa. Pimpinan mereka disebut Amir atau Zamidaar atau Zumindaar. Ada yang mengatakan bahwa jamaah tabligh adalah penganut khurafat karna katanya kuburan maulana Ilyas di Nizamudin di tawafkan padahal di Nizamudin ada dua masjid yang pertama adalah masjid suatu kelompok yang di dalammya ada kuburan dan yang kedua adalah masjid yang didalamnya jangankan kuburan bahkan tulisan pun bersih dan telah dijadikan pusat penyebaran usaha da'wah Rasulullah Muhammad SAW yang sekarang telah menyebar ke seluruh dunia. Usaha ini telah merubah banyak kalangan mulai dari orang miskin, kaya, pemulung, pejabat, polisi, tentara, bahkan preman dan pembunuh bayaran.

[sunting] Pengikut dari kalangan selebritis
Banyak terdapat pengikut Tabligh dari kalangan orang-orang penting dan Ternama. Di Kalangan politisi, ada mantan Presiden Pakistan Rafiq Tarar, Menteri kepala Sindh Dr. Arbab Ghulam Rahim, mantan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif, dan mantan Jendral Pakistan Javed Nasir secara aktif mengikuti kegiatan-kegiatan Tabligh. Di kalangan olahragawan, ada Shahid Afridi, Saqlain Mushtaq, Mushtaq Ahmed, Mohammad Yousuf, Inzamam-ul-Haq dan Saeed Anwar. Penyanyi terkenal seperti Junaid Jamshed dan Abrar-ul-Haq juga aktif dalam gerakan dakwah revolusi Islam ini. Politisi Ijaz-ul-Haq (anak dari Jendral Zia-ul-Haq) have juga terlihat beberapa kali bersama Jamaah Tabligh. Di Indonesia, Tabligh juga telah menyentuh hati Sakti, personil band Sheila on 7. Pada tahun 2006, dia telah keluar selama empat bulan ke Markas International Tabligh di Nizzamudin, New Delhi, India. Dia telah berhenti bermusik, dan memilih menjalankan amalan amalan maqami dan amalan intiqali dengan sangat intensif.

[sunting] Aktivitas Dakwah
Markas internasional pusat tabligh adalah di Nizzamudin, India. Kemudian setiap negara juga mempunyai markas pusat nasional, dari markas pusat dibagi markas-markas regional/daerah yang dipimpin oleh seorang Shura. Kemudian dibagi lagi menjadi ratusan markas kecil yang disebut Halaqah. Kegiatan di Halaqah adalah musyawarah mingguan, dan sebulan sekali mereka khuruj selama tiga hari. Khuruj adalah meluangkan waktu untuk secara total berdakwah, yang biasanya dari masjid ke masjid dan dipimpin oleh seorang Amir. Orang yang khuruj tidak boleh meninggalkan masjid tanpa seizin Amir khuruj. Tapi para karyawan diperbolehkan tetap bekerja, dan langsung mengikuti kegiatan sepulang kerja. Sewaktu khuruj, kegiatan diisi dengan ta'lim (membaca hadits atau kisah sahabat, biasanya dari kitab Fadhail Amal karya Maulana Zakaria), jaulah (mengunjungi rumahrumah di sekitar masjid tempat khuruj dengan tujuan mengajak kembali pada Islam yang kaffah), bayan, mudzakarah (menghafal) 6 sifat sahabat, karkuzari (memberi laporan harian pada amir), dan musyawarah. Selama masa khuruj, mereka tidur di masjid. Aktivitas Markas Regional adalah sama, khuruj, namun biasanya hanya menangani khuruj dalam jangka waktu 40 hari atau 4 bulan saja. Selain itu mereka juga mengadakan malam Ijtima' (berkumpul), dimana dalam Ijtima' akan diisi dengan Bayan (ceramah agama) oleh para ulama atau tamu dari luar negeri yang sedang khuruj disana, dan juga ta'lim wa ta'alum. Setahun sekali, digelar Ijtima' umum di markas nasional pusat, yang biasanya dihadiri oleh puluhan ribu umat muslim dari seluruh pelosok daerah. Bagi umat muslim yang mampu, mereka diharapkan untuk khuruj ke poros markas pusat (India-Pakistan-

w. • • • Artinya: Salat dengan konsentrasi batin dan rendah diri dengan mengikuti cara yang dicontohkan Rasulullah.a. Laa ilaaha ilallah o Maksudnya: Mengeluarkan keyakinan pada makhluk dari dalam hati dan memasukkan keyakinan hanya kepada Allah di dalam hati. Artinya: Mengingat Allah sebagaimana Agungnya Allah. o cara mendapatkannya:  dakwahkan pentingnya iman  latihan dengan membentuk halakah iman  berdoa kepada Allah agar diberi hakikat iman. cara mendapatkannya: o dakwahkan pentingnya salat khusyu' wal khudu' o latihan dengan memperbaiki zhahir dan bathinnya salat mulai dari wudhu. o cara mendapatkannya:  dakwahkan pentingnya sunnah rasulullah  latihan dengan menghidupkan sunnah 1x24 jam setiap hari  berdoa kepada Allah agar dapat mengikuti sunnah rasulullah. Maksudnya Ilmu ma'adz dzikr: • Dzikir o o . Salat khusyu' dan khudu'. Maksudnya: Membawa sifat-sifat ketaatan kepada Allah dalam salat kedalam kehidupan sehari-hari. Yakin terhadap kalimat Thoyyibah Laa ilaaha ilallah Muhammadur rasulullah. 3. gerakan serta bacaan2 dalam salat o berdoa kepada Allah agar diberi hakikat salat khusyu' dan khudu'. [sunting] Asas 6 Sifat 1. Muhammadar rasulullah o Maksudnya: Mengakui bahwa satu-satunya jalan hidup untuk mendapatkan kejayaan dunia dan akhirat hanya dengan mengikuti cara hidup Rasulullah s. Ilmu ma'adz dzikr • Ilmu o Artinya: Semua petunjuk yang datang dari Allah melalui Baginda Rasulullah. • 2. ruku'.Bangladesh/IPB) untuk melihat suasana keagamaan yang kuat yang mempertebal iman mereka. • • Artinya: Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah.

5. saat dan setelah beramal. semata-mata karena Allah.  cara mendapatkannya :  dakwahkan pentingnya da'wah wat tabligh. 6. Tashihun Niyah • Artinya: Membersihkan niat. kita tingkatkan pengorbanan dengan keluar 4 bulan setiap . • cara mendapatkannya: o dakwahkan pentingnya tashihun niyah o latihan dengan mengoreksi niat sebelum. menghargai yang sesama. • Maksudnya: Membersihkan niat dalam beramal. yaitu menggunakan diri. o berdoa kepada Allah agar diberi hakikat ikrakul muslimin. 40 hari setiap tahun dan 3 hari setiap bulan.Melaksanakan perintah Allah dalam setiap saat dan keadaan dengan menghadirkan keAgungan Allah mengikuti cara Rasulullah. menyayangi yang muda. cara mendapatkannya: o dakwahkan pentingnya ikramul muslimin o latihan dengan memberi salam kepada orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal menghormati yang tua.  latihan dengan keluar di jalan Allah minimal 4 bulan seumur hidup. Maksudnya: Menunaikan kewajiban pada sesama muslim tanpa menuntut hak kita ditunaikannya. harta. 4.  Menghidupkan agama pada diri sendiri dan manusia di seluruh alam dengan menggunakan harta dan diri mereka. Ikramul Muslimin • • • Artinya: Memuliakan sesama Muslim. dan waktu seperti yang diperintahkan Allah. o berdoa kepada Allah agar diberi hakikat tashihun niat. Dakwah dan tabligh • • Dakwah o Artinya: Mengajak Tabligh o Artinya: Menyampaikan  Maksudnya:  Memperbaiki diri.

KISDI . Setiap sel dipimpin seseorang yang diberi nama murabi atau mursyid. Masyumi gagal kembali ke kancah politik. tidak mereka kenal. DDII membentuk unit-unit khusus yang bergerak di bawah tanah. Waktu itu. 10 hari setiap bulan dan 8 jam setiap hari. Jama'ah Tarbiyah adalah cikal bakal Partai Keadilan. A Hassan ulama besar Persis. Itulah sebabnya kalangan Jama'ah Tarbiyah cuma mengenal Muhammad Natsir sebagai satu-satunya tokoh Islam Indonesia yang mereka kenal. selain karena satu tujuan yaitu anti Soeharto. Antar satu sel dengan sel lainnya tidak saling mengenal.Ppadahal M Natsir berasal dari Persis.tahun. Organ DDI lainnya dalah Komie Islam untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI). Jamaah Tarbiyah dan Partai Keadilan sangat jelas. Mereka hanya mengenal komunitas kecil mereka sendiri. . Para tokoh KISDI berada kepengurusan Partai Bulan Bintang (PBB) yang merupakan bentukan DDII. Soeharto sangat anti Islam.(ulama 1 tahun seumur hidup) JAMAAH TARBIYAH DARI JAMAAH TARBIYAH KE BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA Inilah perjalanan politik Masyumi. dari gerakan bawah tanah kemudian menguasai lembaga-lembaga mahasiswa kampus. Para pemimpin Masyumi membangun sebuah organisasi massa Islam baru yang diberi nama Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII) yang sewaktu-waktu bisa berubah menjadi Masyumi. Perancang utamanya adalah para jendral dan perwira militer yang tersingkir karena peristiwa Malari dan naiknya Jendral Moerdani ke tampuk pimpinan TNI. ormas Islam besar. Jamaah Tarbiyah mewajibkan membaca majalah Sabili versi lama yang sebelum Soeharto jatuh terbit di bawah tanah. Jama'ah Tarbiyah dibentuk dalam sistim sel yang khas dilakukan sebuah operasi intelijen. Pola ini pada masa awalnya dilakukan di rumah-rumah para anggotanya atau di mushola dan masjid kecil yang terletak di daerah pemukiman padat yang relatif sulit dijangkau. Sel-sel itu mereka namakan usrah (keluarga).Ini juga memberi jawaban kenapa Jama'ah Tarbiyah kuat di mesjid-mesjid yang dikelola DDII. Mereka direkrut DDII karena dianggap memihak kekuatan Islam. Setiap sel terdiri dari 8-12 orang. Organisasi ini merupakan sebuah kelompok bawah tanah yang dibentuk DDII untuk pengkaderan di kalangan pemuda dan mahasiswa. Siapa Jamaah Tarbiyah? Jamaah ini muncul di awal Orde Baru. Keterkaitan DDII .

sehingga tidak jarang ada operasi kasar seperti teror. intimidasi bahkan penculikan terhadap aktivis lain yang dianggap menghalangi operasi mereka. Tapi secara umum pengambil alihan pertama rata-rata memiliki pola yang sama yaitu melibatkan kader militan dan fanatik yang rela melakukan apa saja. Karena itulah pemimpin grupnya selalu dipimpin orang yang berwatak keras bahkan cenderung berperilaku kasar.KISDI merupakan sayap radikal DDII. Kembali ke Jama'ah Tarbiyah. Mereka juga merekrut para mantan tapol kanan dengan cara membiayai keluarga mereka selama di penjara sehingga mereka menjadi berhutang budi. merekalah yang aktif mengirim sukarelawan ke Afghanistan sekaligus menyelenggarakan pelatihan-pelatihan militer di sana. Kedekatan KISDI dengan kalangan militer semakin tampak jelas sejak naiknya Letjen Prabowo Subianto. Hal ini dikemas dalam materi ghozwul fikri untuk menciptakan musuh bayangan yang superior dan sedang mengepung mereka sehingga timbul rasa kebencian berlebihan kepada non muslim terutama golongan Kristen dan Yahudi . bahkan kadangkala menyerahkan orang yang tidak mereka sukai atau yang dianggap membahayakan gerakan mereka kepada intelijen.Para anggota KISDI didominasi kaum fanatik dan radikal yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. DDII makin menggurita. Rohis di kampus-kampus mereka kuasai. aktivis Jamaah Tarbiyah mulai menempatkan orang-orangnya di pengurusan dan sedapat mungkin menyingkirkan orang-orang yang tidak segolongan. Pola kaderisasi yang dilakukan Jamaah Tarbiyah lebih tepat dikatakan sebagai indoktrinisasi karena cenderung menggunakan metode cuci otak. Setelah mengusai kepemimpinan rohis kampus. Tapi selain hal tersebut mereka juga aktif menjalin hubungan dengan kalangan militer dan intelijen. Penguasaan rohis ini bisa dilakukan secara lembut tapi bisa juga secara kasar tergantung kuat tidaknya kelompok lain di rohis tersebut. Kelompok ini bergerak di kampus-kampus. KISDI juga juga memiliki link dengan perwira militer maupun intilejen lainnya yang terbina sejak era 1980 an atau sejak LB Moerdani berkuasa di TNI. Mereka menempatkan orang-orangnya di semua parpol selain itu juga ke ormas-ormas Islam lainnya dengan dukungan kedekatan mereka dengan para elite sipil dan militer. Polanya adalah menolak keberagaman dan kepatuhan mutlak tanpa proses berpikir serta disertai kebencian . Untuk mempertahankan agar kekuasaan tetap berputar di kalangan mereka saja maka usrah yang biasanya dilakukan di rumah-rumah anggota dialihkan ke masjid-masjid kampus dan menjadi materi wajib kaderisasi.

kampus kampus keagamaan seperti IAIN atau yang dikelola oleh ormas keagamaan lain seperti Muhammadiyah. . rata-rata hanya berkisar di bawah 25 persen saja. setelah Muhammad Natsir meninggal. Sejak era 1990-an semua masjid kampus terutama kampus negeri dikuasai mereka. Seperti yang diketahui keikutsertaan mahasiswa dalam pemilu kampus rendah. Ketika terjadi pertikaian antara DDII dengan Nurcholis Madjid yang memancing polemik. DDII. DDII dan KISDI secara aktif mendukung Habibie. Partai Keadilan tidak bisa lepas dari DDII. DDII yang sebelumnya hanya mengumpulkan barisan sakit hati Soeharto kemudian aktif melobi para elite politik maupun militer yang memiliki kedekatan dengan Soeharto. para pemimpin Jemaah Tarbiyah. Cak Nur juga dianggak sebagai musuh masyarakat nomor satu. Setelah Soeharto jatuh. Ini berpengaruh dengan makin menguatnya Jamaah Tarbiyah di kampus-kampus. Merekalah yang aktif melakukan lobi-lobi politik di DPR dan MPR. mereka datang berduyun-duyun mengikuti pemilu kampus sementara sebahagian besar mahasiswa bersikap tidak peduli karena senat mahasiswa masih dianggap kepanjangan tangan rektor. kendati sudah memiliki partai sendiri tapi tetap mengirim kader ke partai lain. Mereka memanfaatkan ketidakpedulian mahasiswa. Namun. berdebat apakah mereka akan bergabung atau membangun partai sendiri.Walaupun seakan-akan tidak ada hubungan antara Jemaah Tarbiyah dengan DDII tapi sebenarnya hubungan itu tetap ada tapi berlangsung secara rahasia dan hanya melibatkan tokoh-tokoh pada top level saja. DDII masuk ke pemerintahan melalui link ICMI. Akhirnya mereka membangun partai sendiri yaitu Partai Keadilan. Bahkan semaikin kentara ketika organisasi itu dipimpin Anwar Harjono. Sebagian kader lainnya yang masih aktif di PPP dan Golkar. KISDI juga mulai aktif membina dan membangun laskar-laskar sipil garis keras bersenjata. Keberhasilan mereka menguasai senat didukung aktivis rohis yang sebenarnya hanya minoritas di kampus-kampus. Mereka kemudian menguasai kepemimpinan senat mahasiswa yang kemudian menjadi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Ketika PBB muncul. Jamaah Tarbiyah menghujat Nurcholis Madjid dalam pengajian-pengajiannya bahkan menkafirkannya dan menobatkannya sebagai tokoh sekuler. yang luput hanya sebahagian kecil kampus swasta. Didin Hafiduddin. DDII makin dekat dengan Orde Baru. calon Presiden RI dari Partai Keadilan adalah kader DDII. tetap dipertahankan. selain sebahagian kecil di PDI-P.

Dengan dakwahlah awal wujudnya agama. Itulah sebabnya. Menjelang pemilu 1999. Islam waktu itu telah menunjukkan wibawanya sehingga menjadi kaum yang paling di segani di . Perjuangan dan pengorbanan beliau telah banyak di kisahkan dalam kitab-kitab. Jadi gerakan mahasiswa yang tergabung BEM dan KAMMI yang belakangan ini sangat aktif menuntut Gus Dur mundur. ### SEPUTAR JAMAAH TABLIGH Seputar Jamaah tabligh Assalamu'alaikum wr. Gus Dur memecat Nurmahmudi Ismail. Namun. Taufik Riyadi. bahkan diri mereka habis di gunakan untuk memperjuangkan agama.a. Di turunkan di dunia untuk berdakwah. partai yang relatif bersih dari unsur DDII hanya PDI-P dan PKB yang keduanya dijadikan musuh utama Jemaah Tarbiyah. Jemaah Tarbiyah aktif menyebarkan selebaran dan isu yang mendeskriditkan Megawati dan PDI-P. NU dan PKB yang menjadi sasaran. para kader DDII memiliki kedudukan di DPP.. Menteri Kehutanan. yang kemudian di lanjutkan para sahabat ra. Ketua BEM UI adalah anggota Partai Keadilan dan kader Jemaah Tarbiyah. Islam telah menjadi revolusi terbesar yang pernah ada dalam peradapan manusia. Dakwah adalah tulang punggung agama.. Jadi gerakan mahasiswa yang dimotori BEM dan KAMMI memang tidak murni sebagai gerakan moral. begitu pula para sahabat r.Jadi sebenarnya hampir semua partai di bawah kontrol DDDI.. termasuk revolusi akhlak dan moral sehingga menjadikan tatanan masyarakat terbaik yang pernah ada. Hampir seluruh waktu. Nabi Muhammad saw sendiri telah mencontohkan perjuangannya dalam berdakwah. Inalhamdalillah washolatu wassalamu’ala Rasulillah. harta. adalah kepanjangan tangan partai-partai Islam non PKB. Semua partai terutama berbasis massa Islam kecuali PKB. Revolusi tersebut meliputi berbagai bidang. Dengan sebab perjuangan dan pengorbanan Rasulullah saw. dan ketika Gus Dur naik ke tampuk pimpinan maka berganti Gus Dur. Bahkan pergerakan Jemaah Tarbiyah yang berubah menjadi KAMMI seakan-akan menjadi bemper untuk pembenaran tindakan anggota dewan. Semua Nabi as. menteri yang berasal dari Jemaah Tarbiyah yang kemudian bergabung ke Pertai Keadilan.. wb.

Banyak wilayah / negara yang dulu jaya dengan ajaran Islamnya kini tinggal bekasnya saja. Apalagi keadaan masyarakat mewat ( India) yang beliau saksikan waktu itu yang jauh dari agama. diri dan waktu untuk agama. sajalah. Al-quran dan hadist telah banyak menyebutkan tentang pentingnya dakwah dan tabligh. Syaikh Muhammad Ilyas rah. Sehingga menjadi tinggilah kepentingan agama di atas kepentingan lainnya dan kepentingan usaha atas agama di atas usaha lainnya. usaha dakwah dan tabligh tersebut kini telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Allah-lah yang menolong usaha dakwah terswebut dan Allah kuasa untuk menghancurkanya. Karena taufik dan inayah dari Allah swt.seluruh dunia.a salah satu tokoh yang memahami cita-cita dan perjuangan Rasulullah saw beserta para sahabat ra merasakan kerisauan yang dalam atas ketidak pedulian umat terhadap agama. Kemudian orang-orang berbondong-bondong untuk mengutamakan amal daripada mal (harta). dengan mengorbankan harta dan diri mereka di jalan Allah (semata-mata mengharap keridhaaNya). Hal ini terjadi karena kurangnya kepedulian umat untuk mengamalkan dan mengusahakan agama. serta agar setiap individu memiliki rasa tanggung jawab untuk memajukan agama. Hal itu semakin menambah kerisauan dan rasa nyeri di hati beliau yang kemudian berusaha mencari jalan keluar untuk mengubah suasana dan keadaan masyarakat mewat atas dasar cinta beliau kepada Umat Islam. niat. Sejarah telah menjadi saksi betapa besar pengaruh gerakan dakwah yang di tegakkan kembali oleh Syaikh Muhammad Ilyas rah. cara dan tujuan yang sama untuk . Akhirnya beliau mengirim rombongan dakwah dari mewat untuk di gerakkan dengan tujuan mempraktekkan kehidupan Islami dan membudayakan usaha dakwah serta usaha amar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan masyarakat. Dan telah menjadi fakta yang tak terbantahkan andil gerakan dakwah dan tabligh serta usaha perbaikan umat tersebut dalam meninggikan kalimat imaniyah di akhir abad ke-20 ini. Pada saat ini dapat di lihat betapa banyaknya manusia yang berbondong-bondong keluar di jalan Allah ke setiap penjuru. menghidupkan sunnah-sunnah dan adab-adab nabawiyah serta menyiapkan diri untuk menjadi pejuangpejuang agama. bahkan ke setiap sudut perkampungan terpencil dengan semangat. Serta agar berlatih mengorbankan harta. Tegaknya usaha dakwah sangat mempengaruhi kemajuan dan kemerosotan umat. Beliau berusaha menegakkan kembali kepentingan usaha dakwah dan menanamkan kepahaman pada umat tentang pentingnya dakwah untuk di usahakan sebagaimana yang telah di tuntut oleh agama.a.

hidayah dan perdamaian. Bersatu padu menyatukan fikir dan saling tolong-menolong dalam memperjuangkan agama yang sedang di timpa sakit yang parah ini. Serta agar manusia memahami pentingnya kerja atas agama melebihi kerja atas kebendaan. orang kota. Australi dll). Inggris dan Amerika. Belgia. Tujuan mereka yaitu untuk memperbaiki diri serta agar agama yang telah di turunkan Allah swt dengan sempurna ini bisa wujud dalam kehidupun umat islam seluruh alam (khususnya pada diri pekerja dakwah itu sendiri). panji-panji Islam semakin berkibar tinggi. Albania. orang miskin. Yaman dan negara-negara Arab lainnya. Mereka senantiasa mendakwahkan agama siang dan malam. Orang semakin bangga untuk memakai atribut-atribut sunnah seperti sorban dan ghamis. Tunis. Bahkan banyak orang yang akhirnya . orang awam. Di sana orang-orang semakin berani untuk menampakkan ke-Islamannya. Setiap hari selalu ada jamaah atau rombongan dakwah yang terus di kirim ke berbagai wilayah. Libanon. Eropa. negara. Amalan dakwah ini juga bergerak dan berkembang di Perancis. Masjid-masjid seluruh alam bisa hidup sebagaimana kehidupan masjid Nabawi pada jaman Rasulullah saw. Syiria. pengusaha. Tidak ada satupun lapisan masyarakat yang tertinggal dalam menyambut seruan untuk dakwah tersebut.menyebarkan agama. Hufadz Qur’an. mengingatkan umat bahwa tidak ada jalan menuju kebahagiaan kecuali mengamalkan agama. Berkat usaha dakwah dan tabligh tersebut telah banyak orang yang hidupnya kelam mejadi terang. intelek. Jordania. Juga di Timur tengah seperti Mesir. dan Libya. Belanda. Dalam usaha ini seolah-olah perbedaan suku. orang desa. konglomerat. Sehingga seluruh kampung-kampung di seluruh alam bisa hidup sebagaimana Madinah Almunawarah pada jaman Rasulullah saw. sampai bekas preman. Saat ini lebih dari 240 negara telah hidup amalan dakwah ini. yakni India. Usaha dakwah dan tabligh tersebut bisa berkembang dengan baik meskipun di negara-negara barat yang sangat minoritas Islamnya (seperti Amerika. di samping juga di negeri tempat asal mula usaha ini berkembang. status sosial menjadi kabur kemudian duduk rapat-rapat sebagai umat akhir jaman yang mempunyai tanggung jawab untuk meneruskan risalah kenabian. pelajar. Al-Jazair. Dengan sebab usaha dakwah di sana. dari Ulama-ulama. Ini juga bukti bahwa dakwah memang ampuh untuk memperkuat persatuan umat dan menghindari perpecahan. Amalan dakwah ini telah bergerak dan berkembang di Afrika seperti Maroko. Serta telah di amalkan umat di seluruh belahan dunia. bahasa. banyak orang kembali tobat dari kemaksiatannya. pejabat.

Sedangkan dakwah dan tabligh adalah satu amal ibadah seperti sholat. berskala dunia dan berkaliber Internasional tentu mengundang reaksi yang besar pula. dzikir. Suatu usaha yang besar. Selain hal itu. dan awal gerakan da’wah tersebut juga memang tidak ada nama khusus. Dengan berbagai pertimbangan itulah Maulana Ilyas tidak memberikan nama terhadap usaha dakwah tabligh. siapapun yang terjun langsung dalam kerja dakwah tersebut maka akan timbul jazbah (semangat) untuk mengamalkan agama. mendorong dan mencintainya. puasa. Di kisahkan bahwa Maulana Muhammad Ilyas rah. Ada umat yang anggota dan yang bukan anggota. ahli puasa. Dakwah dan tabligh adalah tanggung jawab seluruh umat bukan tugasnya sekelompok orang tertentu. Hal ini wajar. dan lain-lain) demikian pula halnya dengan dakwah dan tabligh. Ada juga sejumlah aktivis da’wah yang kurang senang bila dirinya di sebut anggota jamaah tabligh. Ada yang mendukung. jama’ah tholib. bahkan ada yang menyebut jamaah kompor karena sering membawa kompor kemana-mana. Namun fakta membuktikan. Munculnya nama "Jama’ah Tabligh" terwujud secara alami.masuk Islam asbab usaha dakwah tersebut. Misalnya jamaah silaturahmi. simpati. kuba. dan menghalang-halangi. tentu akan timbul kesan bahwa dakwah adalah tugas anggota kelompok dakwah saja.a. tentu aku menamakannya ‘gerakan iman’”. Tetapi. osamah. dakwah adalah tanggung jawab setiap individu ummat ini yang harus mereka tunaikan tanpa kecuali. Namun yang menjadi kesalahpahaman . jaulah. sebagaimana jika orang menjual ikan maka orang-orang akan menyebutnya "Penjual Ikan" atau jika orang menjual buah-buahan maka orang-orang akan memanggilnya "tukang buah". Pada dasarnya tidak ada penamaan resmi terhadap kerja dakwah ini. Dan timbul semangat untuk mendakwahkan agama tersebut kepada orang lain. Bila di bentuk satu kelompok dakwah. seandainya aku memberinya nama. Tentang asal nama "Jamaah Tabligh”. di berbagai wilayah Indonesia orang-orang mempunyai sebutan yang berbeda-beda. ketika memulai kegiatan dakwah tabligh ini mengatakan. khuruj. Bahkan. Berbagai sorotan dan kritikan datang dari segala arah. Sebagaimana dalam ibadah-ibadah lain tidak ada pengelompokkan dan keanggotaan (misalnya kelompok ahli sholat. Ada juga yang membenci. dan sebagainya. “aku tidak memberikan nama apa pun terhadap usaha ini. hampir semua pembaharuan selalu di iringi pertentangan. Beliau menyadari bahwa memberikan satu nama khusus pada kegiatan ini berarti membuat pengelompokan baru pada ummat.

Sedangkan yang terkecil adalah musyawarah harian yang biasanya di adakan setiap hari di maholla (masjid) masingmasing. serta di bicarakan terti-tertib yang akan di ambil dalam periode yang akan datang. Sedangkan maqomi adalah dakwah di tempatnya masing-masing. Begitu pula dalam berdakwah juga bisa di lakukan secara infirodi maupun ijtima’i. Setiap pekerja dakwah juga di anjurkan bermusyawarah setiap hari dengan keluarga di rumahnya masing-masing untuk kemajuan agama (setidaknya kemajuan agama dalam keluarga). Sehingga terkadang terjadi perubahan tertib setelah musyawarah dunia. di bagi lagi dalam musyawarah halaqoh (kawasan) biasanya 1 minggu sekali. . Setiap pekerja di anjurkan untuk meluangkan beberapa jam setiap harinya untuk bersilaturahmi dengan orang-orang di sekitar tempatnya masing-masing untuk mendakwahkan agama. perkembangan dakwah di evaluasi. sehingga ahli keluarga ikut ambil bagian dalam usaha dakwah. yaitu intiqoli dan maqomi. misalnya musyawarah jawa tengah biasanya 2 bulan sekali. sebagaimana kerjasama yang terjalin antara Sahabat muhajirin dan anshor di Madinah pada jaman Rasulullah saw. Azas (landasan) dari kerja dakwah tersebut adalah musyawarah yang berdasarkan ruang lingkupnya terbagi dalam beberapa tingkatan musyawarah. Orang di sekitar tempat yang di datangi di harapkan akan memberi bantuan untuk kerja dakwah sehingga terjalin kerjasama antara pendatang dengan orang tempatan. Selain itu juga masih banyak musyawarah-musyawarah lain yang belum di sebutkan di atas karena setiap kerja selalu di awali dengan musyawarah.besar. Infirodi yaitu amalan secara individu sedangkan ijtima’i secara berkelompok(berjamaah). Pembagian-pembagian wilayah dalam peta dakwah tabligh tersebut tidak terpengaruh oleh batas-batas formal yang ada dalam pemerintah. Dalam musyawarah dunia. Intiqoli yaitu dakwah di tempat orang lain atau kampung lain dengan berpindah atau dengan melakukan perjalanan dengan masa tertentu. Dalam berdakwah juga di kenal istilah amalan secara infirodi dan Ijtima’i. Musyawarah nasional biasanya di adakan 4 bulan sekali (Utk Indonesia). terutama di Indonesia adalah menganggap kerja tersebut hanya milik kelompok tertentu. Tingkat yang paling besar adalah musyawarah dunia yang biasanya di adakan 2 tahun sekali. kemudian di bagi lagi dalam wilayah-wilayah yang lebih kecil. Padahal di harapkan semua umat ikut ambil bagian dalam kerja dakwah ini sekuat kemampuan yang bisa di berikan. Berdasarkan tempat berdakwah terbagi menjadi dua.

(Tidak boleh menyinggung masalah politik dan khilafiyah karena membicarakan hal tersebut ketika keluar di jalan Allah bisa menimbulkan perdebatan dan perpecahan di antara jamaah). bicara sia-sia. Untuk kawasan tertentu ada masjid yang di jadikan markaz (bahasa arab untuk kata centre/pusat). Mengurangi masa makan dan minum.a. dan derma sumbangan dalam berdakwah (ketika keluar). sehingga para jamaah bisa meneladani para sahabat r. khilafiyah (perbedaan pendapat di kalangan ulama). dzikir wal ibadah. Menghadapi segala kesulitan dengan sabar. Sehingga dalam usaha dakwah dan tabligh ini juga menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan dakwah. status sosial. diri dan waktu. Kelebihan mereka dalam berdakwah adalah kerelaan .Pekerja dakwah di anjurkan untuk mengikuti tertib-tertib dan arahan-arahan yang di sepakati guna menjalankan dakwah. Di situlah biasanya para pekerja dakwah melakukan ijtima’ (pertemuan). Dan masih banyak arahan-arahan lainnya. Petugas bayan (mubayin) memberikan nasihat serta dorongan kepada para jamaah agar memikul tanggung jawab agama dengan cara mengorbankan sebagian dari harta. pusat beribadah dan pusat melayani umat. dari sana di bentuk jamaah / rombongan dakwah maupun jihad. Berangkat dari masjid dan kembali lagi ke masjid. misalnya ketika keluar di jalan Allah (khuruj fi sabilillah) hendaknya memperbanyak da’wah ilallah. Bayan di akhiri dengan tasykil yaitu tawaran serta bujukan kepada para jamaah untuk mengorbankan sebagian harta. ta’lim wa ta’lum. masjid Nabawi menjadi pusat kegiatan umat. Pada jaman Rasulullah saw.a dalam membela agama. untuk keluar di jalan Allah. tidur dan istirahat. Jangan menyinggung masalah politik. keluar dari lingkungan masjid. dalam mengamalkan dan memperjuangkan agama. Orang yang mendapat tugas membaca kitab Hayatus-Sohabah haruslah orang ‘Alim(berilmu).dan khidmat. Di sana juga biasanya di bacakan kitab Hayatus-Shohabah yang berisi perjuangan dan pengorbanan para sahabat untuk agama. Pada malam ijtima’ di adakan bayan (majelis penerangan untuk menerangkan maksud serta tujuan dakwah dan tabligh). diri dan waktu untuk keluar di jalan Allah dengan masa tertentu dalam rangka mendakwahkan agama. Dalam ijtima’ tersebut juga di bentuk jama’ah-jamaah yang akan di kirim ke berbagai tempat untuk berdakwah. Kemudian orang yang berniat untuk ikut keluar (khuruj fi sabilillah) mendaftarkan diri untuk di data. Dengan begitu juga bisa dirasakan bahwa pengorbanan para jamaah belum ada apa-apanya di bandingkan pengorbanan para sahabat r. Di sana juga sebagai pusat belajarmengajar.

tapi yang menjalankan dan mengamalkan juga manusia biasa yang datang dari berbagai latar belakang. hal ini wajar. semua orang bisa ikut ambil bagian dalam usaha dakwah. Dalam berdakwah jamaah senantiasa berusaha menjalin hubungan dengan baik kepada orangorang yang di temui. Secara realita kondisi umat saat ini pada umumnya sudah jauh dari apa yang di wasiatkan Rasulullah saw. hal itu tidak akan menghentikan mereka.mereka mengorbankan keperluannya untuk kepentingan dakwah. Para masyaikh(ulama) juga senantiasa mengingatkan kepada orang-orang yang bekerja di bawah usaha dakwah tersebut bahwa tujuan utama dalam mengamalkan dakwah tersebut adalah untuk memperbaiki diri (ishlah). Kasih sayang ini bukan hanya untuk sesama pekerja dakwah saja. Keindahan hubungan mereka dapat di lihat dari ijtima’-ijtima’ yang di adakan. kemuliaan dan kejayaan dunia akhirat . Tidak mungkin bisa terhindar dari kesalahan. Mereka rela mengorbankan sebagian harta. tapi dalam pelaksanaanya apakah akan di amalkan atau tidak kembali kepada setiap individu. Usaha dakwah tersebut sangat terbuka. diri dan waktu mereka untuk mendakwahkan agama sampai melewati batas pulau dan batas negara. satu-satunya yang menjadi sebab kebahagiaan. di dalamnya ada kasih sayang. Hubungan antara pekerja dakwah ini sangat erat. Amalan dakwah yang telah di konsepkan sangat bagus dan mulia. Dalam berdakwah di anjurkan menghindari perdebatan serta berdakwah dengan penuh hikmah dan bijak. Walaupun para masyaikh dan Syuro senantiasa memberi arahan-arahan dan nasihat dalam mengamalkan dakwah. Kita sebagai Umat Islam tidak sadar telah ikut terbawa budaya yahudi dan nasrani. Di antara mereka sudah ada yang bertugas untuk mengarahkan dan meluruskan. Dalam berdakwah mereka siap di caci dan di maki. Pemuda-pemuda kita lebih bangga menirukan gaya selebriti daripada Nabi kita. Para Da’i di anjurkan menghadirkan sifat okromul muslimin (memuliakan sesama muslim) terutama kepada Ulama yang di jumpai. Masjid sudah semakin megah namun semakin sepi dari amalan. mereka memiliki kesatuan hati yang sangat kuat. tentu akan banyak di temukan. Banyak masjid di bangun namun semakin sedikit yang memakmurkannya. Namun alangkah baiknya jika semua orang bisa ikut ambil bagian dalam usaha ini. memperbaiki orang lain bukanlah tujun utama mereka dalam berdakwah. dan semangat mengutamakan orang lain (itsar). Kini agama. Tidak ada paksaan dalam menjalankan usaha dakwah ini. Jika di caricari kekurangan mereka.

tabi’in dan generasi yang utama. Namun saat ini kehidupan Islami seolah-olah hanya di dalam buku-buku saja. yaitu dakwah kepada manhaj yang ma’shum (terbebas dari kesalah) manhajnya salafus shalih dari kalangan generasi sahabat. Thola’albadru‘alaina mintsaniyatilwada’ wajaba syukru ‘alaina maada’alillahida’.. masyarakat sudah kesulitan melihat kehidupan islam yang sesungguhnya. Syaikh Abu Abdussalam Hasan bin Qasim al-Hasani ar-Riimi **HAKIKAT DAKWAH** . Di jaman sekarang ini. Opini masyarakat terbentuk dari apa yang mereka lihat. berakhlak yang dulu pernah di ajarkan Rasulullah saw kini telah hilang dari umat Islam.. wajib bersyukur atas kita selama masih ada Da’i yang mengajak kepada Allah)…… Billahitaufiq Wal Hidayah Wssalammu’alaikum wr wb GARIS PEMISAH DAKWAH SALAFIYYAH DENGAN DAKWAH IKHWANUL MUSLIMIN [1] Oleh.Dakwah Salafiyah : Berdasarkan kepada al-Kitab (al-Qur’an) dan as-sunnah sesuai dengan pemahaman salaful ummah.di anggap sesuatu yang tidak penting sehingga di abaikan begitu saja.. Jika dulu ada yang bertanya bagaimana akhlak Rasulullah saw maka bisa di jawab akhlak beliau adalah Al-quran. .Dakwah Ikhwanul Muslimin : .. budaya materialisme sudah sangat kental dalam kehidupan masyarakat.. Cara bagaimana bermu’amalah. Dengan memberi ummat kitab tebal kemudian kita cuma berharap agar umat mengamalkanya sementara mereka belum memahami kepentingan agama merupakan perkara yang hampir mustahil. mu’asyaroh. masih adanya sekelompok orang yang mau berkorban untuk mendakwahkan agama merupakan suatu rahmat dari Allah swt yang seharusnya kita tolong dan kita syukuri. (Telah terbit purnama di atas kita muncul dari tsaniyatul wada’.

Kitab-kitab mereka sebagai saksinya. an-Nasa’i. Hamid Abu Nashr. Abu Huraitah. syaikh Shalih al-Fauzan. Umar at-Tilmisani yang menganggap remeh masalah berdi’a ke pada kubur. metode sunniyyah (menurut prasangka mereka) dan hakekat shufiyyah (dan inilah intinya). kemudian al-Hasan al-Basri. Anas bin Malik. Sebagai contoh lihat kitab as-Sunnah oleh al-Khallal. Bakhari. dan di zaman ini adalah az-Zandani yang telah .Dakwah Ikhwanul Muslimin : Pemikiran dakwah mereka adalah kolaborasi antara dakwah salafiyyah (ala mereka). UtsmaN bin Affan. Thalhah bin Ubaidillah.Berdasarkan kepada perorangan/tokoh tertentu atau dakwah yang dinisbatkan kepada Hasan al-Banna as-Shufi. Hafshah. yang umurnya tidak lebih dari tujuh puluh tahun. syaikh Muqbil al-Wadi’i. Hasan al-Hudhaibi yang berusaha mendekatkan antara sunnah dengan syi’ah.Dakwah Salafiyah : Abu Bakar as-Shiddiq. **TOKOH-TOKOHNYA** . dan ini merupakan dakwah yang baru. Abdurrahman bin Auf. Said bin al-Musayyib. al-Auza’i. Aisyah. Tirmidzi.Dakwah Ikhwanul Muslimin : Hasan al-Banna as-Shufi. dan pada zaman kita sekarang ini seperti syaikh Abdul Aziz bin Baaz. Yahya al-Qathan. dan selain mereka (dari kalangan para sahabat). Ibnul Qayyim. Fathi Yakan yang mencela salafiyyin. Ali bin Abi Thalib. Muhammad bin Abdul Wahab dan sein mereka. Abdullah bin Mas’ud. Musthafa as-Siba’i yang telah menyenandungkan qasidah di depan kuburan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta kesembuhan dan ia juga berusaha untuk mendekatkan antara sunnah dengan syi’ah. Ibnu Majah. Muhammad al-Ghazali al-Mu’tazili. . Muslim. Said bin Zaid. mereka tidak mendahulukan pendapat siapapun di atas sunnah beliau. syaikh al-Albani. Ibnu Taimiyah. syaikh Rabi al-Madkhali dan selain mereka dari orang-orang yang menempuh jalan mereka. Mereka adalah Jama’ah karena mereka bersatu di atas Sunnah. Muhammad bin sirrin. kemudian Malik bin Anas. dan selain mereka (dari kalangan para tabi’in).[2] **PEMIKIRAN** . asSunnah oleh Ibnu Abi ‘Ashim dll. syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin. Abu Musa al-Asyari. Umar bin Khattab.Dakwah Salafiyah : Mereka adalah Ahlussunnah karena mereka mengambil sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Abu Dawud. Said bin Jubair. as-Syafi’i. .

Dakwah Salafiyah : Siapa saja yang memiliki aqidah seperti para ulama salaf. . Akan tinggi derajat seseorang di sisi mereka karena ketakwaannya dan sebaliknya akan rendah pula karena penyelisihannya terhadap al-Kitab dan as-Sunnah. meskipun dari kalangan ulama rabbaniyyin. **AN-NAJIYAH (GOLONGAN YANG SELAMAT)** .Dakwah Salafiyah : Dakwah inilah yang masuk katagori firqah an-Najiyah -insya Allah-. dan ia juga pembela system demokrasi. walaupun tokoh dan pemimpin mereka tersebut sangat besar penyelisihannya terhadap alKitab dan as-Sunnah.setelah ia tidak mau menerima tipudaya (seruan) mereka. dan mengamalkan apa yang mereka tulis di kitab-kitab mereka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. maka ia adalah saudara mereka (salafiyyin) dan kekasih bagi mereka dimanapun mereka berada di muka bumi ini.menghadiri pertemuan persatuan antar agama.Dakwah Ikhwanul Muslimin : Mereka menetapkan al_wala’ wal Bara’ di dalam diri tokoh-tokoh mereka dan pemimpin-pemimpin mereka.Dakwah Ikhwanul Muslimin : Dakwah ini termasuk kelompok-kelompok sesat yang menyelisihi dakwah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam . . demikian itu karena mereka melakukan bid’ah di dunia ini maka ditakutkan akan terkena adzab Allah di akhirat kelak. **DI ANTARA DAKWAH-DAKWAH INI MANAKAH YANG TERMASUK KATAGORI FIRQAH AN-NAJIYAH (GOLONGAN YANG SELAMAT)** . yang demikian karena dakwah ini selamat dari terjerumus kedalam bid’ah dan hal-hal yang baru dalam masalh agama di dunia ini dan selamat pula dari adzab Allah di akhirat kelak insya Allah. Dan barangsiapa yang tidak bergabung bersama mereka maka ia diolok-olok. Dan jika mereka melihat ada diantara mereka yang belajar kepada ahlussunnah maka mereka akan mmeboikot dan mentahdzirnyamemperingatkan agar manusia waspada terhadapnya. Maka barangsiapa yang bergabung bersama mereka maka ia memiliki gelar yang berkilau walaupun ahli khurafat. Karena dakwah ini benar-benar jujur dalam ittiba’ (mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.Dakwah Salafiyah : . **AL-WALA’ WAL BARA’ (LOYALITAS DAN KEBENCIAN)** .

yang demikian karena dakwah ini selamat dari terjerumus kedalam bid’ah dan hal-hal yang baru dalam masalah agama di dunia ini. Adapun pada zaman ini maka yang dimaksud ahli hadits adalah siapa saja yang beraqidah dengan aqidahnya ahli hadits. Karena pada umumnya yang demikian itu pada zaman Imam Ahmad adalah Ahlus-sunnah. akan tetapi jika ia berkecimpung dalam mempelajari ilmu hadits baik riwayat maupun dirayah maka itu kebaikan di atas kebaikan. Adapun perindividunya maka itu sesuai dengan keadaan masing-masing.Dakwah Salafiyah : Dakwah ini tergambar pada at-Thaifah al-Mansyurah (golongan yang ditolong oleh Allah) yang dikatakan oleh Imam Ahmad bahwa mereka adalah ahli hadits. Hal ini karena ahli hadits jika disebutkan secara mutlak pada zaman Imam Ahmad maka yang dumaksud adalah mereka yang tersibukkan dalam mempelajari hadits baik segi riwayah 3 maupun dirayah 4.Dakwah Ikhwanul Muslimin : Dakwah ini termasuk kelompok-kelompok sesat yang menyelisihi dakwahnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena dakwah ini benar-benar jujur dalam ittiba’ (mengikuti) Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yang saya maksud adalah manhaj yang mereka tempuh menyelisihi manhajnya ahli hadits. demikian itu karena mereka melakukan bid’ah di dunia ini maka dutakutkan akan terkena adzab Allah di akhirat kelak. akan tetapi jika ia berkecimbung dalam kesibukan .Dakwah inilah yang masuk katagori firqah an-Najiyah –insyaAllah-. Tetapi jika disebutkan secara mutlak (tanpa perincian zaman) maka yang dimaksud ahli hadits adalah mereka yang berhadapab dengan ahli bid’ah.Dakwah Salafiyah : Pengemban dakwah salafiyyahlah yang berhak dinisbatkan sebagai ahli hadits daripada pengemban dakwah lainnya. . **DIANTARA DAKWAH-DAKWAH INI MANAKAH YANG BERHAK DINISBATKAN SEBAGAI AHLI HADITS** . dan selamat pula dari adzab Allah di akhirat kelak insyaAllah. Dakwah Ikhwanul Muslimin : Mereka tidak berhak disebut sebagai ahli hadits. Dan mereka di zaman sekarang ini adalah siapa saja yang beraqidah dengan aqidahnya ahli hadits yang sesuai dengan aqidahnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya. **PADA SIAPAKAH TERGAMBAR DAKWAH-DAKWAH INI** . Karena banyaknya penyelisihan mereka terhadap ahli hadits dalam berbagai perkara dari pokok-pokok aqidah.

Rafidhiyyah (pengikut Syi’ah).Dakwah Salafiyah : Dakwah salafiyyah bukanlah sebuah golongan jika ditinjau dari pengertian pada zaman ini. yaitu yang berdiri memiliki keanggotaan. . dan menetapkan al-wala’ wal bara’ berdasarkan bendera-bendera hisbiyyah atau yang serupa dengannya. Al-Mujadilah: 22). tidaklah dikatakan demikian melainkan karena manhaj dakwah ini dibangun di atas bid’ah dan penyelisihan terhadap manhaj salafus shalih dari kalangan sahabat dan tabi’in.mempelajari ilmu hadits baik riwayah maupun dirayah maka itu kebaikan di atas kebaikan. Lihat Majmu’ Fatawa syaikhul Islam Ibnu Taimiyah jilid I/4. dan Quburiyyah (pengkultus kuburan). **APAKAH DAKWAH-DAKWAH INI BERMAKNA HIZBUYYAH (GOLONGAN)** . pendiri-pendiri. Karena inilah. dan menjadikan jalan salafus shalih sebagai pelita yang menerangi mereka. mereka memiliki pendiri-pendiri selain Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah berfirman : “Maka ketahuilahm bahwa sesungguhnya golongan Allahlah yang beruntung.Dakwah Ikhwanul Muslimin : Tidaklah kebenaran bersekutu dengan mereka. tidaklah dikatakan demikian melainkan karena dakwah ini menjadikan al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai manhajnya. Tapi dakwah salafiyyah merupakan sebuah golongan jika ditinjau sebatas pada makna bahasa. mereka adalah yang dimisalkan sebagai hakikat dari golongan Allah.Dakwah Ikhwanul Muslimin : Dakwah ini tergambar pada setiap kelompok (sesat) dari Asy’ariyah (pengikut kelompok Asy’ariyah).Dakwah Ikhwanul Muslimin : Mereka merupakan sebuah golongan yang tercela yang sesuai dengan makna istilah.” (QS. **MANAKAH DIANTARA DAKWAH-DAKWAH INI YANG LEBIH UTAMA BERADA DALAM KEBENARAN** . yang telah ada nash-nash yang memperingatkan akan kemunculannya. . dewan-dewan . Yaitu mereka adalah sebuah kelompok yang berkumpul di atas al-Qur’an dan as-Sunnah sesuai dengan pemahaman salaful ummah. dewan-dewan anggota. memiliki keanggotaa. . Shufiyah (pengikut aliran Tashawwuf).Dakwah Salafiyah : Tidak diragukan lagi bahwa dakwah inilah yang lebih utama berada dalam kebenaran. Mufawwidiyyah (pengikut aliran yang tidak mau memahami ayat-ayat atau hadits-hadits tentang sifat). dakwah ini lebih utama berada dalam kebenaran daripada dakwah-dakwah yang lain.

karena inilah berkumpul di dalamnya siapa saja yang ingin menempuh jalan bersama mereka yang akan mengantarkan kepada tujuan yang mereka anganangankan. prilaku/akhlak. Maka ini adalah dakwah politik. dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka.6 No.wordpress.Dakwah Ikhwanul Muslimin : Tidaklah dakwah ini berdiri kecuali berusaha untuk mendapatkan kekuasaan. susunan-susunan rahasia. sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada menyekutukan sesuatu apapun dengan Aku” (QS.com KUNCI MEMAHAMI DAKWAH IKHWANUL MUSLIMIN Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oelh Bukhari Muslim.Dakwah Salafiyah : Dakwah salafiyyah berusaha untuk menegakan agama Allah di muka bumi ini baik aqidah. An-Nur: 55). ibadah. penegakan syariat. Dan dengan cara inilah akan tegak Daulah Islamiyyah (pemerintahan Islam). Allah berfirman: “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang soleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di muka bumi. Oleh karena itu harus ada pihak yang mengibarkan kembali panji-panji perjuangan untuk menegakan system politik islam. Dan . dan ittiba’ (mengikuti) Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. dan yang serupa dengannya dari penetapan al wala’ wal bara’ berdasarkan bendera-bendera hizbiyyah di dalam diri tokoh-tokoh mereka. maka sebagaimana sebuah perkataan: “Yang tidak memiliki maka ia tidak bias memberi”.5 Edisi 37 – 1429H. Adalah sesuatu yang dimaklumi bahwa Islam adalah agama yang menyeluruh dan merupakan system hidup yang lengkap.pengurus. . **APA TUJUAN YANG DIUSAHAKAN OLEH DAKWAH-DAKWAH INI** . sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Disalin dari Majalah Adz-Dzakhiirah Al-Islamiyah Vo. Sejak jatuhnya daulah Utsmaniyah bahkan sebelum itu dan semenjak jatuhnya Negara-negara Islam ketangan kekuasaan Negara-negara kafir. Rasulullah SAW bersabda kepada Hudzaifah: “Hendaklah kamu komitmen bersama jamaah kaum muslimin dan imamnya” Salah satu prinsip dasar yang tidak boleh diabaikan oleh seorang muslim adalah bahwa umat islam harus mempunyai jamaah dan imam. nasib kekuasaan politik Islam terpojokan dan bahakn mengalami kehancuran besar. Dipublikasikan oleh : ibnuramadan. dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka.

dan memformat kehidupan kehidupan kaum muslimin dengannya. atau lainnya. namun setiap wilayah diberi kebebasan dalam mengatur kehiduannya sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing yang penting semuanya itu diatur dalam kaidah yang satu yaitu Islam. Pendapat para mujtahid_setelah menggali kandungan Al Qur’an. system pengajaran dan pendidikan. dan ruh menjadi ma’rifat kepada-Nya serta khusuk beribadah. baik tingkat regional. dan berbagai tata aturan lainnya. Proses menghidupkan Islam menyangkut juga hal-hal sebagai berikut: o Menghidupkan kembali fiqh dusturi (fiqih negara) dan memformat kehidupan Islam dengannya. Penelitian harus dilawan dengan penelitian.ikhwan telah melakukannya. o Mnegembalikan dinamika kehidupan Umat Islam. amal dan produknya. f. kedua. c. undang-undang. Semua partai pasti memiliki tujuan. Dakwah pokok Ikhwanul Muslimin: a. o Menghidupkan kembali fiqh anniqabah (system perserikatan dagang). sebagaimana ketika itu dimiliki oleh para sahabat Rasulullah SAW. dan ikhwanul muslimin berpijak kepadanya. Prinsip umum Dakwah Ikhwanul Muslimin: a. personal. Prinsip yang menjadi pegangan Ikhwan dalam kaitan politik luar negeri adalah prinsip maslahah dengan maslahah. pidato dengan pidato. jiwa. niaga. khithah. o Menghidupkan kembali rumah tangga Islam. perang dengan perang. maupun internasional merupakan salah satu prinsip Islam. Memelihara opini umum. prinsip-prinsip organisasi. As Sunnah. c. o Menghidupkan kembali qawanin (undang-undang). dan ruhani. dan berdasarkan pada kaidah-kaidah ushuliyah yang berlaku menganggap bahwa ikhwan adalah jamaah yang masuk dalam wilayah syariat islam. Termasuk dalam proses menghidupkan Islam ini adalah menghidupkan system nilai Islam. ia harus sebanding dengan senjata musuh dan dapat mencapai tujuan. baik undang-undang sipil. baik secara global maupun sektoral. tidak terlintas dalam hati Ikhwan untuk mejadikan berbagai wilayah ini saling mendominasi sesamanya. Prinsip lain yang digunakan dalam pergaulan adalah adil sama adil. agar kalimah Allah menjadi yang tertinggi di bumi imi. Dalam perjalanannya menuju sebuah wilayah Islam bersatu. sarana. criminal. Ini kunci yang lain untuk memahami Ikhwanul Muslimin dan dakwahnya. Yang kami maksud dengan produk disini adalah situasi hati. . e. strategi. b. agar dengan itu mereka dapat melanjutkan perjuangan internasionalnya untuk menegakkan risalah Islam.ikhwanul Muslimin yang mendapat kehormatan untuk mengibarkan panji hizbullah (partai Allah) memiliki semua itu. dll. Negara. hati menjadi takut pada Allah. d. Jika ada yang mau berhubungan dengan kita atas dasar maslahah namun ditukar dengan prinsip maka kita tolak. nasional. b. dimana jiwa menjadi suci. Dua pegangan ikhwanul muslimin:pertama. hanya saja yang membedakan dengan yang lain adalah partai ikhwanul muslimin berdasarkan islam. Gerakan ‘menghidupkan Islam’ menuntut penghidupan ilmu. ia harus dibenarkan oleh syariat.

Kita harus memahami kapasitas intelektual orang yang kita ajak bicara. serta mentarbiyah dan menarik perhatian orang untuk mendukungnya. Membina Angkatan Mujahid (Studi Analitis atas Konsep Dakwah Hasan Al Banna dalam Risalah Ta’lim). Diri ini akan terus coba tuk berdiri dan berlari Meski terkadang jatuh. ada hokum yang dapat berubah mengikuti perubahan masa. Dari keterangan ini kita memiliki 3 permasalahan: memahami dakwah. Pendalaman untuk memahami terkait dengan bekal perjalanan dakwah. mendakwahkannya. b. Akan tetapi perubahan ini terkait dengan kaidah-kaidah perubahan dalam perspektif Islam itu semdiri. 1999. Ikhwanul Muslimin ingin agar semua ini menjadi jelas dan ingin menjelaskannya kepada semua orang. Oleh karena itu. Kita harus pandai memilih cara dalam komunikasi dengan masing-masing dari mereka dan harus cermat membangun kesan awalnya.Dalam Islam. . c. Kita hendaknya memahami permasalahan dakwah kita dan pandai mendakwahkannya serta pandai mendekatkan orang-orang yang merespon kepadanya. Created by: Sutopo Rahayu Pendidikan Akuntansi FISE. Yogyakarta State’s University Sa’id Hawwa. prinsipprinsip langkah dan kendala-kendala mendadak yang mungkin ditemui dalam dakwah. Intermedia: Solo. jatuh dan jatuh lagi Untuk mencari makna Kehidupan yang sejati Dalam mencapai cinta yang hakiki Hingga ruh ni kan pergi dari jasad ini Berakhir dan terhenti dalam pelukan penuh kasih Illahi robbi Sebelumnya: TINGKATAN AMAL DAN TUJUAN JAMAAH IKHWANUL MUSLIMIN Selanjutnya : Jin Tilawat Al-Quran g. Beberapa tambahan kunci dakwah Ikhwan: a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful