lumayan

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang masalah

Pada saat ini untuk mengetahui peninggalan dan peristiwa bersejarah yang terdapat dibanten lama dapat ditempuh dengan melakukan observasi, wawan cara dengan oorang yang mengetahui sejarah banten dan dengan cara membaca buku atau wacana tentang sejarah banten kususnya dalam karya tulis ini tentang masa peninggalan kepurbakalaan banten lama. Banten merupakan tempat yang baik untuk dikunjungi oleh masyarakat umum,pengunjung yang datang bukan dari daerah Banten saja melainkan dari berbagai daerah diluar banten juga banyak bekunjung kebanten untuk berjiarah kemakam sultan Maulana Hasanudin dan berekreasi. Banten sudah dikenal orang sebagai tempat yang menyimpa banyak sejarah dan peninggalan purbakala bagi rakyat banten . Beberapa peninggalan yang ada dan dikenal masyarakat ialah Masjid Agung Banten, menara banten, keraton Surosoan dan lain sebagainya. Dengan memperhatikan hal-hal yang telah diuraikan diatas maka penulis tertarik untukmelakukan penelitian dan menuliskannya dalam bentuk karya ilmiah berupa karya tulis dengan judul ³Masa Peninggalan Kepurbakalaan Banten Lama´. Adapun alas an yang mendorong penulis memilih judul ³Masa Peninggalan Kepubakalaan Banten Lama´.yaitu; 1. Rekomendasi dari guru pembimbing karya tulis ini. 2. Mengingat sangat pentingnya mengetahui masa peninggalan kepurbakalaan banten lama. 3. Dengan mempelajari sejarah masa peninggalan kepurbakalaan banten lama dapat menambah pengetahuan tentang masa peninggalan kepurbakalaan banten lama.

1

1. 3.3 Metode Pengumpulan Data Metode yang penulis pergunakan untuk memperoleh data dalam karya tulis ini adalah sebagai berikut. 2. yaitu. 1.2 Tujuan Penulisan Karya Tulis Adapun tujuan dari penyusun dan pembuat karya tulis ini. Observasi atau mengunjungi tempat-tempat yang bersejarah di Banten lama secara langsung. Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti UAS dan UN.4 Sistematika Pembahasan Dalam rangka membahas dan memecahkan persoalan yang terdapat dalam karya tulis ini maka penulis menyusun sistematika pembahasannya sebagai berikut: 2 . Untuk melatih keterampilan dan kemampuan penulis dalam memehami masa peninggalan kepurbakalaan banten lama. 2. Interviu atau wawancara Study pustaka 1.1. 1.

1 Latar belakang 1.3 Metode Pengumpulan data 1.4 2. Saran 3 .Bekas keratin surosowan atau Kesultanan Banten BAB III PENUTUP A.5 Sejarah Banten Musium situs kepurbakalaan Banten lama Situs-situs Peninggalan kepurbakalaan Banten lama Sejarah Kesultanan Banten Objek-objek kepurbakalaan Banten lama 1).3 2.1 2.Jayadiningrat/Odei 2).Bekas Keraton Kaibon (Ka-ibuan) 5).1.Masjid Kesunyatan 3).4 Sistematika pembahasan BAB II MASA PENINGGALAN KEPURBAKALAAN BANTEN LAMA 2.Makam Pangeran Astapati (keturunan R.2 2.Makam sultan Maulana Yusuf / Pangkalan Gede sultan Banten ke II 4).2 Tujuan penulisan Karya Tulis 1. Kesimpulan B.

Kedatanga pengusa islam kedaerah banten te rjadi kira-kira pada 1524-1525M pada saat mana daerah banten masih ada dalam kekuasan kerajaan sunda .BAB II MASA PENINGGALAN KEPURBKALAAN BANTEN LAMA 2. Ketika kerjaan islam pada abad XVI pusat kekuasaan diwilayah banten yang semula kedudukan dibanten girang dipindahkan kekota surosuoan dibanten lama dekat pantai.Didaerah Banten Lama Sunan Gunung Jati berpesan agar watu gilang yang ada didepan keratin dan tidak bergeser karena pemindahan benda itu dapat menyebabkan keruntuhan.Berdirinya kota surosoan sebagai ibu kota kerajaan banten adalah atas petunjuk dan perintah Sunan Gunung Jati kepada putra Hasanudin yang kesatu. pemindahan ini dimaksudka untuk memindahkan hubungan antara pesisir Sumatra melalui selat sunda dan samudra Indonesia. salah satu diantara dua jalur darat itu ialah jalan dari ibu kota pajajaran jasinga dan membelok keutara Rangkas bitung dan berkhir diBanten Girang. Dari sudut politik dan ekonomi. Berita atau sumber-sumber sejarah tentang banten dari masa sebelum abad XVI sangat sedikit kita ketahui setidak-tidaknya pada abad XII ± XV Banten sudah menjadi pelabuhan kerajaan sudah yakin pajajaran yang lokasinaya sekitar Bogor sudah ada dua jalur jalan darat penting yang menghubungkan daerah pantai utara dan ibu kota. 4 .1 Sejarah Banten.

Didalam musium itu terdapat peninggalan. Batu tempat peninggalan merica dan tebu. meriam.2 Musim Situs Kepurbakalaan Banten Lama Musim situs kepurbakalaan banten lama mulai dibuka untuk umum pada tanggal 15 juli 1985. Keramik cina dari abad 16-18 M. 2. 7. tombak dansebagainaya. 1. Mesin cetak uang (Uridab) pada tahun 1947-1950 digunakan dibanten. 9.peninggalan purbakala seperti. Batu tempa ladasan pertumpangan logam. keris. Arcanadi (patung sapi) dari abad 13-14 M. fioset dan real banten. 3. 6. Senjata seperti golok. Meriam buatan Turki dari bahan perunggu diameternya 60-66 cm beratnya 70 ton . Mata uang logam cina. Meriyam yamukyang merupakan hadiah dari Sultan Demak kepada Sultan Maulana Hasanudin pada tahun 1528-1529 diatas meriam terdapat 3 (tiga) prasasti. 4. 5 . 8.2. 5.

Masjid Agung Banten mempunyai cirri khas angkat tumpang limak yang mengandung filsafat.disebelah mesjid terdapat bangunan yang didirikan pada tahun 1670 oleh arsitek bernama Hendrik Lukas Tabil (Pangeran Wilaguna) sebelah utara terdapat makam-makam Sultan seperti: 1) Makam sultan Maulana Hasanudin 2) Makam Sultan Moh. 9) Keraton Kaibon. 10) Panggelan-Panggelan. 7) Situs pelabuhan Karangantu. 8) Jembatan Rante. 2) . 5) Benteng 6) Takojan.Nasrudin 3) Makam Sultan Ageng Tirtayasa 4) Makam Sultan Haji 5) Makam Sultan Abdul Abdhal 6 . Danau tersebut dibuat atas permintaan Ibunda ratu Ayu Kirana. 3) Menara mesjid Tacinan tinggi.Kompleks majid Agung Banten. 12) Danau Tasikardi.Berekreasi keluarga keratin / menerima dan menyambut tamu Negara 13) Musium situs kepurbakalaan Banten Lama Komplek masjid Agung Banten didirikan pertengahan abad 16 oleh sultan Hasanudin dengan arsitek dari Majapahit yang bernama Raden sapat. Danau difungsikan untuk: a). 11) Pintu Gapura Gedong ijo.Mendistribusikan air ke keraton c).Irigasi persawahan b).danau tsikardi adalah danau buatan yang dibuat pada tahun 1570 pada masa pemerintahan Sultan Maulana Yusuf. 4) Kleteng cina (Vihara Avalovites Banten).3 Situs-situs peninggalan Kepurbakalaan Banten lama 1) Keraton surosoan.2.

Pada tahun 1552 Banten menjadi kesultanan dibawah kesultanan Demak tetapi pada tahun 1568 Banten melepaskan diri dari kekuasaan Demak dan menjai Negara yang Berdakwah. Banten giran dapat ditaklukan dan diambil alih oleh sunan Sunan Gunung Jati. 2. Pada tanggal 8 oktober 1526 M / 933 H pusat kota dipindahkan kebanten lama sebagai pembawanya sultan Maulana Hasanudin. sementara untuk pemerintahan kadipaten yaitu diBanten girang/Kampung Sempu.4 Sejarah kesultanan Banten Banten sebelum menjadi kesultanan adalah sebuah Kadipaten di bawah pemerintahan Pajajran yang berpusat di Bogor. Sebelah kiri menara terdapat sebuah tugu segi delapan itu adalah jam matahari (Bahcit/isthikwai). Pada tahun 1525 terjadi serangan oleh tentara islam Demak dan dipimpin oleh fatahilah.Pada tahun 1570 Sultan Hasanudin wafat pada usia 91 tahun. Pada abad ke 17 menara direnopasi ulang oleh Hendrik Lukas Candril. 7 . Banten mencapai masa kejayaan pemerintahan sultan Ageng tirtayasa (thn 1651-1672).Dalam peperangan itu Sultan Ageng tirtayasa dapat dikalahkan dan keraton surosoan dihancurkan kemudian dibangun kembali oleh sultan Haji atas kemauan belanda dengan arsiteknya yang bernama Hendrik Lukas Khanwil. Banten menjadi Kadipaten / Kota islam dibawah kerajaan Demak.6) Makam Ratu Ayu Kirana Didepan mesjid didirikan sebuah menara berbentuk mercusuar terdiri dari ketinggiannya kurang lebih 24 meter. kemudian digantikan oleh sultan Maulana Yusuf.Kemudian terjai perang saudara dengan putranya yang bernama Sultan Haji akibat politik adu domba Belanda. Trakhir yang be rkuasa dibanten girang yaitu Prabu pucuk unjuh beliau adalah putra prabu sega dari Galuh.

awal 1311 H 5. Rd. Rd. Bebrapa keturunan jayaningrat 8 . Pada tahun 1813 kesultanan banten dihapus oleh belanda kemudian sultannya ditangkap dan diasingkan ke Surabaya.keraton surosoan dihancurkan oleh dendies dan pasukannya .Makam Pangeran Astapati (keturunan R. Pangeran Astapati Parihiang perpati Sultan pada tahun 1773 2.peniggalan kepurbakalaan tersebut adalah: 1). Adipati Sutraningrat meninggal 3 Juli. Setelah dihancurkan keraton surosoan tidak pernah dibangung kembali kemudian pusat pemerintahan dipindahkan kekeraton Kaibon.5 Objek-objek Kepurbakalaan Banten Lama Di Banten lama dan sekitarnya ini masih terdapat beberapa peninggalan kepurbakalaan yang berasal dari zaman islam Banten. Letaknya dipinggir jalan raya Banten dikampung Odei/Kasemen kurang lebih 6 KM dari kota Serang.Pada tahun 1809 pada masa pemerimtahan Sultan Muhammad Hasanudin . Hasan Jayadiningrat meninggal 30 Desember 1920 4. Setelah itu Banten dibagi menjadi 4 Wilayah Kabupaten diantaranya yaitu: 1) Kabupaten Serang 2) Kabupaen Caringin 3) Kabupaten Pandeglang 4) Kabupaten Lebak 2. Makam pangeran Astapati ini merupakan sebuah bangunan atau kompleks yang terdapat Makam-makam dari keturunan R. Rd.Tumenggung Jayadiningrat meninggal 15 Juli 1890 3.Jayadiningrat/odei).Jayadiningrat antara lain: 1.

1) Ratu Asyiah 2) Tb. dan juga dilengkapi oleh sebuah kolam tempat air wudhu yang berbentuk silang yang di namakan pakulahan Didalm dan diluar kamar mesjid terdapat makam yang sering dijarahi oleh para pengunjung diantaranya. 4). Mukhyidin 3) Tb.Masjid Kesunyatan Letaknya dikampung kesunyatan kurang lebih 7 km dari kota serang. Masjid kesunyatan juga dilengkapi oleh sebuah menara yang berbentuk Style Eropah / jawa kuno dimana diatasnya terdapat dan menyerupai sebuah genta. Bekas Kerajaan Kaibon (ka ibuan) Letaknya dikampung keroya dipingiran jaln raya kebanten kurang lebih 9 kmdari kota serang. Istilah nama kaibon berasal dari ka-ibuan yaitu Ibunda raja atau sultan dimana dalam tahun 1815. Hal ini mengingat bahwa Sultan Maulana Yusuf adlah pahlawan yang banyak jasanya dalam rangka penyebaran agama Islam di jawa barat kususnya daerah banten. 5).2). Beliau sebagai sultan banten yang ke-2 makamnya terletak disebuah bangunan ditengahtengah sawah. Makam Sultan Maulana Yusuf / pangkalan gede Sultan Banten ke-2 Letak dipingir jalan raya banten kurang lebih 6 km dari serang. Urip 3). Sultan Syarifudin yang pada waktu itu dingantikan oleh putranya yang bernama Sulta Rafiudin yang masih berumur 5 bulan.Bekas Keraton Surosoan Atau Kesultanan Banten 9 . Suta 4) Syech Abdul Syukur Anem 5) Pangeran Arid Guding 6) Tb. maka dalm pemerintahannya diwakili oleh ibunya yaitu Ratu Aisyah (makamnya terdapat dimasjid kesunyatan).

Bekas pipa-pipa tersebut masih dapat kita lihat. Dikerato atau benteng Surosoan ini terdapat pula bekas-bekas atau tempattempat daintaranya ialah: a) Pancuran emas: yaitu tempat pemandian keluarga istana yang sangat indah dan bagus sekali rupanya. b) Loro Denok adalah tempat yang ada didalam tanah untuk menyimpan harta kekayaan kesultanan.Keraton Surosoan keseluruhan luasnya kurang lebih 4 (setengah) dan sikelilingi oleh benteng yang sangat tebal sekali dibuat dari karang. bata dan hanya mempunyai dua pintu gerbang yang menghadap keutara. Kerato surosoan ini haya tinggal puing-puingnya saja bahkan sekarang tidak Nampak keraton. c) Pasepan atau penyepian yaitu sebuah kamar didalam benteng tempat untuk menyepi para sultan.Letaknya berdekatan sekali dengan mesjid agung banten yaitu menghadap keutara. 10 . jadi hampir sama dengan permukaan tanah dan ada beberapa bagian saja yang masih nampak. air pancuran dari kolam-kolam pemandian ini dari danau tasikardi dengan melalui pipa-pipa yang dibuat dari tanah liat yang telah dikeringkan.

Pandeglang dan Lebak. keris. senjata seperti golok. Di Banten lama dan sekitarnya ini masih terdapat beberapa peninggalan Kepurbakalaan yang berasal dari zaman islam Banten. mata uang logam Cina. meriam buatan Turki dan lain sebagainya. Di Banten lama terdapat Musium Situs Kepurbakalaan Banten lama yang mulai dibuka untuk umum pada tanggal 15 juli 1985. Banten sebelum menjadi kesultanan adalah sebuah kadipaten dibawh pemerintahan Pajajaran yang berpusat di Bogor.BAB III PENUTUP A.Salah satu diantara dua jalur darat itu ialah jalan dari ibu kota Pajajaran menuju Jasinga kemudian membelok keutara Rangkas Bitung dan berakhir di Banteb Girang. diantaranya yaitu: kabupaten Serang. meriam Yamuk. Fioset dan Real Banten. Caringin. peninggalan kepurbakalaan 11 . batu tempat penggilingan merica dan tebu. keramik Cina. Sementara untuk pemerintahan kadipaten yaitu di Banten girang / kampong Sempu. mesin cetak uang (URIDAB). Kompleks mesjid Agung Banten didirikan pertengahan abad 16 oleh sultan Hasanudin dengan arsitek dari Majapahit yang bernama Raden Sepat. Pada tanggal 8 oktober 1526 M / 933 H pusat kota dipindahkan ke Banten lama sebagai pembawanya Sultan Maulana Hasanudin. meriam dan tombak. Didalam Musium Situs Kepurbakalaan Banten lama terdapat peninggalan-peniggalan purbakala seperti Arcanandi (Patung Sapi).Kesimpulan Dari pembahasan materi tentang masa peninggalan Kepurbakalaan Banten Lama dapat ditarik kesimpulan bahwa pada abad XII-XV Banten sudah menjadi pelabuhan kerajaan sunda yakni Pajaran yang lokasinya sekitar bogor. batu tempa. sudah ada dua jalur jalan darat penting yang menghubungkan daerah pantai utara dengan ibu kota. Pada tahun 1813 kesultanan Banten dihapus oleh Belenda kemudian Sultannya ditangkap dan diasimgkan ke Surabaya. Disebalah utra mesjid terdapat makam makam Sulan. Setelah itu Banten dibagi menjadi 4 wilayah Kabupaten.

khususnya bagi penulis dan umumnya bagi para pembaca. Makam sultan Maulana Yusuf/pangkalan gede sultan Banten ke II. Penulis juga menyarankan agar ilmu pengetahuan yang di dapat dari karya tulis ini dapat dijadikan suri tauladan untuk diaplikasikan dalam kehidupan seharihari. bekas Keraton Surosoan atau kesultanan Banten dan mesjid Kesunyatan. 12 . bekas Keraton Kaibon (Ka-ibuan). sehingga kita semua dapat mengetahui Masa Peninggalan Kepurbakalaan Banten Lama dan objek-objek peninggalan Banten lama. B.tersebut adalah Makam Pangeran Astapati (Keturunan R Jayadiningrat/Odei).Saran Semoga karya tulis ini bermanfaat.

Serang. Paper Sejarah Banten. 1984.Sahuri A.DAFTAR PUSTAKA 1). 13 .

14 .Serang Prov. MI Nurul Falah Sabrang Petir ± Serang (2005) 2.Cicongkok Rt 04/01 Ds.Banten : Serang 23 Juli 1993 : Islam : Main bola : Ingin jadi orang yang berguna bagi orang tua dan Negara Tempat/tgl lahir Agama Hobby Cita-cita Nama orang tua : Ayah Ibu : Diki Suci : Suparti Latar belakang pendidikan secara formal yang pernah penulis selesaikan adalah: 1.BIODATA PENULIS Nama Alamat : Yuda esa pardi wiranata : Kp.Petir Kec. MTS Ar-rohman Pandeglang (2008).Petir Kab.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful