P. 1
Pedosfer

Pedosfer

|Views: 54|Likes:
Published by Andhi Priantama

More info:

Published by: Andhi Priantama on Feb 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2011

pdf

text

original

PEDOSFER

Oleh :

Kelas X.4

PROSES PEMBENTUKAN TANAH Pedosfer atau lapisan tanah terdapat pada litosfer ( lapisan paling luar bumi ). Proses pembentukan tanah beserta faktor-faktor faktorpembentuknya. survei tanah dan cara pengamatan tanah disebut dengan ilmu Pedologi . klasifikasi tanah.A.

iklim dan relief. . ‡ Menurut M. bahan induk. Isa Darmawijaya Tanah adalah akumulasi alam bebas. menduduki sebagian besar permukaan planet bumiyang mampu menumbuhkan tanaman dan memiliki sifat sebagai akibat pengaruh iklim dan jasad hidup yang bertindak terhadap bahan induk. ‡ Menurut Fredrich Fallou Tanah dianggap sebagai hasil pelapukan oleh yang menggerogoti batuan keras planet kita dan lambat laun mengadakan bikomposisi massa tanah yang kompak. dalam keadaan relief tertentu selama jangka waktu tertentu pula. sedikit atau banyakdiwarnai oleh humus.Pengertian Tanah ‡ Menurut Dokuchaiev Tanah adalah bentukan mineral dan organik di permukaan bumi. ‡ Menurut Sprengel Tanah adalah suatu masa bahan yang berasal darimineral yang mengandunghasil dikomposisis (penghancuran) hewan dat tumbuhan. secara tetap menyatakan diri sebagai hasil kegiatan kombinasi bahan seperti jasad.

Akumulasi bahan organik. Bahan Induk Batuan merupakan bahan induk tanah. Organisme Pengaruhorganisme dalam pembentukan tanah tidak kecil. Iklim iklim adalah faktor yang penting dalam proses pembentukan tanah. siklus unsur hara dan pembentukan struktur tanah yang stabil sangat dipengaruhi oleh kegiatan organisme dalam tanah. 2.FaktorFaktor-faktor yang mempengaruhi proses pembentukan tanah 1. Sifat-sifat dari bahan Sifatinduk masih tetap terlihat pada tanah. seperti unsur nitrogen dapat diikat dari udara ke dalam tanah oleh mikroorganisme. 3. Umumnya suhu dan curah hujan tergantung pada iklim. . bahkan pada tanah daerah humid yang telah mengalami pelapukan sangat lanjut.

memepengaruhi besarnya erosi. mepengaruhi dalamnya air tanah. Waktu . 5.4. Topografi Topografi (relief) adalh perbedaan tinggi atau bentuk wilayah suatu daerah termasuk didalmnya perbedaan kecuraman dan bentuk lereng. Relief mempengaruhi proses pembentukan tanah dengan cara mempengaruhi jumlah air hujan yang meresap atau ditahan masa tanah.

batuBahanOrganik Bahan organik dalam'tanah berasal dari sisasisasisa tanaman yang mengalami pelapukan. Udara Air .1. 4. Komposisi Tanah : Bahan Mineral Bahan mineral dalam tanah berasal dari pelapukan batu-batuan. 3. dan umumnyaditemukan di permnkaan tanah. 2.

JenisJenis-jenis tanah di Indonesia 1. 6. 9. 10. 7. 3. Tanah allufial atau tanah endapan Tanah vulkanis atau tanah gunung api Tanah laterit Tanah rawa atau tanah garnbut TanahPodzolit Tanah margalit TanahKapur Tanah padas TanahPasir TanahHumus . 4. 8. 5. 2.

Curah hujan Sifat tanah Pengaruh lereng Vegetasi Manusia . 5.B. PENYEBAB TERJADINYA EROSI TANAH 1. 2. 3. 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->