P. 1
MAKALAH BIMBINGAN KONSELING SIGIT

MAKALAH BIMBINGAN KONSELING SIGIT

|Views: 951|Likes:
Published by mubarok88

More info:

Published by: mubarok88 on Feb 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2012

pdf

text

original

MAKALAH PROGRAM BIMBINGAN KONSELING SEKOLAH

Disusun Guna Memenuhi Tugas semester Pendek Mata Kuliah Bimbingan Konseling Dosen Pengampu: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si

Disusun Oleh: SIGIT TRI UTOMO 11107082

JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA 2011
BAB I PENDAHULUAN

bidang instruksional dan kurikuler.Pendidikan yang bermutu adalah yang mengintegrasikan tiga bidang kegiatan utamanya secara sinergi. Selamat membaca. dan bidang kepemimpinan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya. dan bidang membina siswa (bimbingan dan konseling). Penulis BAB II PEMBAHASAN . Dalam makalah ini akan dipaparkan tentang alasan dan pentingnya bimbingan konseling di sekolah. tujuan adanya bimbingan konseling bagi siswa dan guru serta yang berhak menjadi konselor. yaitu bidang administratif.

Beberapa permasalahan yang semakin kompleks baik dari segi jasmaniah. 2005:9). Khususnya bagi yang terakhir inilah bimbingan dan konseling sangat diperlukan (Prof. siswa di sekolah mampu menghadapi persaingan global terutama dalam menghadapi problematikaproblematika individu baik di lingkungan sekolah. 1984 : 9-11). social. baik dalam sifat maupun kemampuannya. Teknologi yang mengakibatkan variasi besar dalam kesempatan mendapatkan pekerjaan kita serta dapat menyebabkan pengangguran karena manusia diganti dengan mesin. 2. Kep. 3. keresahan hidup dikalangan . individu. Bimo. Manusia hidup satu dengan yang lain. berkaitan dengan potensi masingmasing serta mampu mengimprovisasikan potensi yang dimiliki. Demokrasi dalam bidang pendidikan yang mengakibatkan siswa dari berbagai lapisan dan suku dalam masyarakat akan saling bertemu di sekolah serta dihadapkan untuk saling mengerti dan menerima. Alasan Penerapan Bimbingan Konseling di Sekolah Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupan manusia.Dr. Walgito. persoalan yang satu dapat diatasi. demikian seterusnya. persoalan yang lain muncul. Beberapa dampak globalisasi antara lain. P dan K. dan agama mampu dihadapi siswa dengan adanya bimbingan konseling. Kenyataan menunjukkan bahwa manusia di dalam kehidupannya menghadapi persoalan-persoalan yang silih berganti. Dalam pedoman pembinaan program bimbingan di sekolah juga disebutkan sejumlah faktor yang menimbulkan kebutuhan akan pelayanan bimbingan disekolah yaitu: 1. rohaniah. Tetapi tidak sedikit manusia yang tidak mampu mengatasi persoalan bila tidak dibantu orang lain. Selain itu dengan adannya bimbingan konseling. Differensi dalam program-program pendidikan di sekolah yang dapat menimbulkan kesulitan bagi siswa untuk memilih program pendidikan yang sesuai dengan keyakinan pribadi masing-masing (Direktorat Pendidikan Guru dan Teknisi. Ada manusia yang sanggup mengatasi persoalan tanpa bantuan orang lain.A.

mewujudkan penghargaan kepentingan dan karya diri orang lain. keluarga. stress. Siswa dapat mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasikasi dan memecahkan masalah yang dihadapinya. Bagi Guru Bersifat preventif. Bagi Siswa Siswa dapat memperkembangkan pengertian dan pemahaman diri dan kemajuannya di sekolah. 2. B. Dewa Ketut Sukadi yang meliputi. Tujuan Bimbingan Konseling dalam Buku Organisasi Administrasi BK di Sekolah karya Drs. Siswa dapat mengembangkan pengetahuan tentang dunia kerja. Siswa kesempatan dapat kerja. Siswa dapat memiliki kemampuan untuk mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya dan lingkungan baik disekolah. Adapun yang membutuhkan bantuan orang lain tersebut perlu adanya bimbingan konseling. kecemasan dan frustasi. adannya pelanggaran disiplin adanya ambisi kelompok yang menimbulkan konflik psikis dan fisik. pelarian masalah melalui jalan pintas. dan kehidupan masyarakat. dengan tujuan menjaga jangan sampai . Persoalan yang timbul silih berganti tersebut antara manusia yang satu dengan yang lain tidak sama dalam mengatasi problem yang muncul. sesuai dengan tingkatan terhadap pendidikannya dan dalam lapangan kerja secara tepat. 1. yakni obat-obat terlarang dan seks bebas. ada yang membutuhkan bantuan orang lain dan ada yang tidak membutuhkan bantuan orang lain.masyarakat yang terus meningkatkan karena banyak konflik.

yaitu orang yang merupakan tenaga khusus untuk mengerjakan pekerjaan itu dengan tidak menjabat pekerjaan lain. yaitu guru yang disamping menjabat guru di sekolah. Bersifat korektif. C. Pembimbing di sekolah dipegang oleh orang khusus dididik menjadi konselor. yaitu menjaga yang baik agar tetap baik. Bimo Walgito dalam karyannya yang berjudul Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. yang tidak dapat dipecahkan sendiri. 2. jangan sampai keadaan yang telah baik menjadi tidak baik. Bersifat preservative. dengan membutuhkan bantuan orang lain. 1. . yaitu mengadakan konseling kepada siswa yang mengalami kesulitan. menghindari halhal yang tidak diinginkan.siswa mengalami kesulitan-kesulitan. memaparkan. Yang Berhak Menjadi Konselor di Sekolah menurut Drs. Pembimbing di sekolah dipegang oleh guru pembimbing (teacher conselor).

.BAB III PENUTUP Kesimpulan Dari uraian makalah di atas dapat disimpulkan bahwa bimbingan konseling perlu diaplikasikan dalam sekolah karena kesulitan-kesulitan praktisi pendidikan terutama disiswa dapat teratasi. selain itu juga dapat mengimprovisasikan potensi siswa sehingga siswa mampu mengenal pribadinya dan dapat mengaktualisasikan potensi yang dimiliki secara tepat. Demikianlah makalah ini penulis paparkan. saran dan kritik yang membangun bagi pembaca sangat diperlukan guna kesempurnaan makalah ini.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->