P. 1
jenis-jenis teater

jenis-jenis teater

|Views: 10,572|Likes:
Published by intan_ismiyati

More info:

Published by: intan_ismiyati on Feb 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/03/2015

pdf

text

original

JENIS SENI PERTUNJUKAN

1. Musik Pementasan kesenian music dengan berbagai alat music baik modrn atau tradisional, atau dapat juga berupa akapela.

2. Tari Tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan.

3. Teater teater adalah suatu kegiatan manusia yang secara sadar menggunakan tubuhnya sebagai alat atau media utama untuk menyatakan rasa dan karsanya, mewujudkan dalam suatu karya (seni). Didalam menyatakan rasa dan karsanya itu, alat atau media utama yang ditunjang oleh unsur gerak, unsur suara, dan bunyi, serta unsur rupa. 4. Akrobat Akrobat dalam penyajiannya diiringi alat musik Genjring/Rebana dengan dilengkapi tari Rudat. Contohnya, Salah satu jenis kesenian tradisional masyarakat Indramayu adalah merupakan pertunjukan berupa akrobat/atraksi dengan media tangga, sepeda beroda satu dan sebagainya

5. Komedi / lawak merupakan suatu usaha untuk membuat orang lain tertawa, atau sekadar membuat orang lain gembira.

6. Opera sebuah bentuk seni, dari pentasan panggung dramatis sampai pentasan musik. Dalam mementaskan sandiwara, opera memakai elemen khas teater seperti pemandangan, pakaian, dan akting namun kata-kata dalam opera, atau kata-kata nyanyian, dinyanyikan daripada dituturkan.

7. Film Merupakan suatu gambar-hidup, juga sering disebut movie'. Gambar-hidup merupakan bentuk seni, bentuk populer dari hiburan, dan juga bisnis.

Jenis-jenis teater berdasarkan bentuknya ( HAM, Roderick, 1972, Theatre Planning, The Architectural, London ) : ‡Teater terbuka Pertunjukan seni dilakukan pada ruangan terbuka. ‡Teater tertutup Pertunjukan seni dilakukan pada ruangan tertutup. Jenis-jenis teater berdasarkan hubungan antara pertunjukan dengan penontonnya ( HAM, Roderick, 1972, Theatre Planning, The Architectural, London ) : ‡ Tipe arena Dimana penoton mengelilingi pertunjukan, tidak memerlukan penghayatan yang serius. ‡ Tipe Transverse Merupakan perkembangan dan variasi dari tipe arena, dimana penonton duduk pada dua sisi yang berlawanan menghadap panggung. ‡ Tipe ¾ arena Merupakan variasi dari tipe arena, dimana pemain atau aktor/aktris dapat ke naik ke pentas tanpa melalui ruang penonton. ‡ Tipe ¼ arena Dimana penonton menyaksikan pertunjukan dalam satu arah. Luasan pentaskecil. ‡ Tipe Procenium Merupakan perkembangan tipe ¼ arena akibat kurangnya luasan panggung. Penonton menyaksikan pertunjukan dalam satu arah di depan pentas. ‡ Tipe Calliper Stage/Extended Stage Dimana pertunjukan mengelilingi sebagian dari penonton.

Jenis Pertunjukan Teater
Drama Musikal Merupakan pertunjukan teater yang menggabungkan seni menyanyi, menari, dan akting. Drama musikal mengedepankan unsur musik, nyanyi, dan gerak daripada dialog para pemainnya. ‡Teater Boneka Boneka sering dipakai untuk menceritakan legenda atau kisahkisah religius. Contohnya, Boneka Bunraku dari Jepang mampu melakukan banyak sekali gerakan sehingga diperlukan tiga dalang untuk menggerakkannya. Atau, Dalam pertunjukan wayang kulit, wayang dimainkan di belakang layar tipis dan sinar lampu menciptakan bayangan wayang di layar. Penonton wanita duduk di depan layar, menonton bayangan tersebut. Penonton pria duduk di belakang layar dan menonton wayang secara langsung.

‡Teater Dramatik Istilah dramatik digunakan untuk menyebut pertunjukan teater yang berdasar pada dramatika lakon yang dipentaskan. Teater Gerak Teater gerak merupakan pertunjukan teater yang unsur utamanya adalah gerak dan ekspresi wajah serta tubuh pemainnya. Teater gerak yang paling populer dan bertahan sampai saat ini adalah pantomim.

Jenis-Jenis Gedung Pertunjukkan Teater ‡Gedung kesenian di Taman Ismail Marzuki Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki yang populer disebut Taman Ismail Marzuki (TIM) berlokasi dijalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat, merupakan sebuah pusat kesenian dan kebudayaan. Di sini terletak Institut Kesenian Jakarta dan Planetarium Jakarta. Selain itu, TIM juga memiliki enam teater modern, balai pameran, galeri, gedung arsip, dan bioskop

‡The National Grand Theater China's 'futuristic' National Grand Theater, di Beijing-China, mempresentasikan gedung opera yang super canggih, terbesar, termahal, termewah, terhigh-tech, memiliki tiga hall besar terdiri dari satu Opera House dengan kapasitas kursi sebanyak 2,416 ; dan dua Concert Hall dengan 2,017 dan 1,040 kapasitas kursi.The National Grand Theater dengan bentuk "the egg-shaped" eksteriornya berhiaskan titanium panels dan dikelilingi dengan air yang seolah seperti danau di sekitarnya dan "telur" itu mengapung diatasnya.

‡Sydney Opera House Sydney Opera House adalah sebuah tempat pertunjukan seni multi yang berada di pusat di kota Australia Sydney, dengan desain ekspresionis. Sydney opera house, terdiri dari : Concert Hall , dengan 2.679 kursi Opera Theatre , dengan 1.507 kursi Drama Theatre, sebuah proscenium teater dengan 544 kursi, Playhouse, sebuah akhir panggung teater dengan 398 kursi. Studio sebuah ruang yang fleksibel dengan kapasitas maksimal 400 orang, yang tergantung pada konfigurasi. Utzon Room , tempat multi-tujuan kecil, tempat duduk hingga 210 kursi. Forecourt , halaman depan, tempat terbuka yang fleksibel dengan berbagai pilihan konfigurasi, termasuk kemungkinan memanfaatkan Monumental Tahapan sebagai tempat duduk penonton, digunakan untuk berbagai acara komunitas dan pertunjukan outdoor utama.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->