Nama : Sapti Martalia Nim : 0808102010023

A. Penjelasan Program If-Then-Else Program (if-then-else) merupakan program bersyarat. Program (if-then-else) digunakan untuk pengujian sebuah kondisi. Jika kondisi yang diuji tersebut terpenuhi, maka program akan menjalankan pernyataan-pernyataan tertentu. Jika kondisi yang diuji salah, program akan menjalankan pernyataan yang lain. If (syarat terpenuhi) then lakukan_A Elseif (syarat 2 terpenuhi) then Lakukan _B Else Lakukan_C Endif Contoh program: program if_then => kepala program integer i,jml_mhs => bilangan bulat, misalnya 1,2,3,4,… real angka => bilangan pecahan atau desimal character(len=2)nilai => panjangnya yaitu 2 character(len=30)nama => panjangnya yaitu 30 print*,"masukkan jumlah mahasiswa" => kalimat perintah untuk menjalankan program read*,jml_mhs => program yang yang dibaca berapa jumlah mahsiswa i=1 => nilai I diketahui 1

angka => computer akan membaca nama. maka Mahasiswa tersebut mendapat nilai C nilai="C" => Mahasiswa yang mendapat nilai C elseif(angka<=85)then => jika nilai <=85.nama.do while(i<=jml_mhs) => I lebih besar atau sama dengan jumlah Mahasiswa print*. maka Mahasiswa tersebut mendapat nilai E nilai="E" => Mahasiswa yang mendapat nilai E elseif(angka<=55)then => jika nilai <=55. read*.nilai. nilai ke dalam program agar program dapat dijalankan. maka Mahasiswa tersebut mendapat nilai D nilai="D" => Mahasiswa yang mendapat nilai D elseif(angka<=75)then => jika nilai <=75.nama => perintah menampilkan program dalam bentuk nama dan nilai ."masukkan nama dan nilai mahasiswa" => kalimat perintah untuk memasukkan nama. maka Mahasiswa tersebut mendapat nilai A nilai="A" => Mahasiswa yang mendapat nilai A endif => penutup program bersyarat i=i+1 => nilai I yang sudah diketahui di atas ditambah 1 print*. maka Mahasiswa tersebut mendapat nilai B nilai="B" => Mahasiswa yang mendapat nilai B else => jika nilai diatas 85. dan nilai pada saat program dijalankan if(angka<=35)then => jika nilai <=35.

for… 2. Penjelasan Program Looping Looping digunakan untuk mengerjakan suatu perintah secara berulang-ulang sesuai dengan yang diinginkan. Looping (bentuk perulangan) dapat dibuat dengan 3 cara. looping terbagi menjadi 2. goto 2. yaitu : 1. yaitu : 1. Looping while juga digunakan bila jumlah programnya belum diketahui. perulangan sederhana perulangan nested (bersarang) Kondisi looping yang digunakan adalah : 1. break Perulangan While (looping While) digunakan pada program yang tersusun. adalah memiliki pengecekan kondisi yang terletak setelah langkah perulangan. blok statement tidak harus ada. . 2. jika kondisi yang di cek bernilai benar maka perulanngan akan dilakukan. dilakukan pengecekkan kondisi terlebih dahulu sebelum dilakukan perulangan. Perbedaan dengan while do. 2. Karakteristik dari while adalah : 1. struktur tanpa statement akan tetap dilakukan selama kondisi masih benar.enddo => penutup program berulang end program if_then => penutup kepala program B. while… 3. dowhile Pada variasi perulangan.

jika kondisi benar maka perulangan masih akan tetap dilakukan.. 2. kemudian baru dilakukan pengecekkan terhadap kondisi. Perulangan dengan do.while() akan dilakukan sampai kondisi false. Perulangan akan dilakukan minimal 1x terlebih dahulu.. Dan program akan berhenti jika letaknya berada di bawah pernyataan berulang (enddo) . Pada program do while.x x=x+1 enddo end program program_while Karakteristik do ...Bentuk umum: program program_while x=1 do while (x<=199) print*. program akan berjalan secara terus menerus tanpa berhenti jika sudah berada diluar looping dan letaknya berada di bawah endif (penutup bersyarat). while() adalah: 1.