KUESIONER PENELITIAN ´Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Organisasi Pemerintah Kelurahan´ Assalamu¶alaikum Wr. Wb.

Maksud diadakannya penelitian ini adalah sebagai syarat untuk memperoleh gelar kesarjanaan dalam Ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat di Fakultas.......... Demi tercapainya tujuan penelitian ini, peneliti berharap Bapak/Ibu mengisi kuesioner ini dengan lengkap dan jujur, identitas dan jawaban Bapak/Ibu dijamin kerahasiaannya dan semata-mata hanya akan digunakan untuk kepentingan penulisan skripsi ini. Peneliti juga mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas kesediaan Bapak/Ibu yang telah meluangkan waktunya untuk mengisi kuesioner ini dan tidak lupa peneliti mohon maaf apabila terdapat pertanyaan yang kurang berkenan. Wassalamu¶alaikum Wr. Wb. Identitas Responden 1. Nama : 2. Umur : 3. Jenis Kelamin : Laki-laki/Perempuan* 4. Pendidikan : 5. Golongan / Jabatan : Keterangan : * Coret yang tidak perlu Petunjuk Pengisian : Berilah tanda silang (×) pada jawaban pertanyaan yang sesuai dengan pilihan Bapak/Ibu. Gaya Kepemimpinan 1. Bagaimanakah cara pemimpin (Lurah) dalam pemecahan masalah berkaitan dengan kesejahteraan pegawai? 1. Pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dilakukan oleh pemimpin. 2. Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah dilakukan oleh pemimpin setelah mendengarkan masukan/saran dari bawahan. 3. Pemimpin dan bawahan sama-sama terlibat dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. 4. Pemimpin mendelegasikan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah kepada bawahan. 2. Bagaimanakah cara pemimpin (Lurah) anda, ketika anda memberikan saran/masukan? 1. Tidak menerima saran/masukan. 2. Menerima tetapi keputusan sepenuhnya ditentukan pemimpin. 3. Menerima dan mendiskusikan saran/masukan dengan pegawai. 4. Menerima saran/masukan dan keputusan sepenuhnya ditentukan pegawai. 3. Bagaimanakah cara pemimpin terhadap pengaturan dalam pemberian gaji/upah terhadap pegawai? 1. Pengaturan dilakukan oleh pemimpin.

Pemimpin melakukan pengawasan pekerjaan yang ketat. 4. Pemimpin menyerahkan penyelesaiannya kepada pegawai. Bagaimanakah cara pemimpin (Lurah) ketika memperoleh tugas dari instansi Pemerintahan yang lebih tinggi seperti Kecamatan? 1. 3. Bagaimana cara pemimpin dalam pengambilan keputusan pelaksanaan pekerjaan berkaitan dengan pelayanan Kelurahan kepada masyarakat? 1. Bagaimanakah cara pemimpin ketika terjadi konflik diantara sesama pegawai? 1. 3. 4. Bawahan memiliki kebebasan dalam melaksanakan pekerjaan. Pemimpin dan bawahan sama-sama terlibat dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah dilakukan oleh pemimpin setelah mendengarkan masukan/saran dan bawahan. 2. Pemimpin dan bawahan sama-sama terlibat dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. 4. Pemimpin mendelegasikan tugas dan pengambilan keputusan kepada bawahan. Pemimpin mendelegasikan pengaturan kepada bawahan. Pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dilakukan oleh pemimpin. Pengambilan keputusan dilakukan oleh pemimpin. 3. 6. 3. 7. 3. bagaimanakah tindakan Pemimpin? 1. 9. 4. Bagaimanakah perlakuaan yang anda terima ketika sedang melaksanakan tugas pekerjaan? 1. 5. Pemimpin memberikan tanggung jawab pekerjaan kepada pegawai tetapi dalam pengawasan pemimpin. Pemimpin bersama pegawai menyelesaikan konflik dengan musyawarah. Pemimpin memberi hukuman kepada pegawai yang terlibat konflik. 3. Pemimpin memberikan keleluasaan bawahan dalam melaksanakan pekerjaan. 3. 4. 2. 2. 4. Bawahan memiliki kebebasan dalam melaksanakan pekerjaan. Pemimpin dan bawahan sama-sama terlibat dalam pengambilan keputusan. Pemimpin melaksanakan dan mengambil keputusan sendiri. Pemimpin mendelegasikan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah kepada bawahan. Pemimpin melakukan pengawasan pekerjaan yang ketat. Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yang berkaitan dengan tugas tersebut dilakukan oleh pemimpin setelah mendengarkan masukan/saran dari bawahan. Ketika anda mengerjakan tugas yang diberikan Pemimpin. 8. Pengaturan dilakukan oleh pemimpin setelah mendengarkan masukan/saran dari bawahan. 2. 4. Bagaimanakah tindakan pemimpin ketika terdapat pegawai yang melakukan kesalahan kerja? . Pemimpin memberikan tanggung jawab pekerjaan kepada pegawai tetapi dalam pengawasan pemimpin.2. Pemimpin memberikan keleluasaan bawahan dalam melaksanakan pekerjaan. 2. Bagaimanakah cara pemimpin (Lurah) dalam pengambilan keputusan ketika terdapat musibah/bencana yang terjadi di lingkungan? 1. 4. 10. Pemimpin mendiskusikan penyelesaian konflik yang terjadi tetapi tetap memberikan hukuman kepada pegawai yang terlibat konflik. Pemimpin dan bawahan sama-sama terlibat dalam pengaturan pemberian upah/gaji. 2. Pemimpin mendelegasikan pengambilan keputusan kepada bawahan. Pengambilan keputusan dilakukan oleh pemimpin setelah mendengarkan masukan/saran dan bawahan.

Pemimpin memberi hukuman kepada pegawai. Apakah setiap pegawai pernah dituntut untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan cepat dan baik? a. c. < 75 % b. Kinerja Pegawai a. c. Apakah hasil kerja Bapak/Ibu selalu menghasilkan pekerjaan yang rapi? a. Pemimpin bersama pegawai menyelesaikan masalah dengan musyawarah. 2. Selalu rapi. b. c. 4. Tepat. Pemimpin mendiskusikan penyelesaian masalah yang terjadi tetapi tetap memberikan hukuman kepada pegawai. Tidak pernah bersih b. c. Bersih. c. Apakah hasil kerja Bapak/ibu selalu mengahasilkan pekerjaan yang bersih? a. Tidak pernah rapi. Tidak pernah tepat 2. c. Teliti. 5. Pemimpin menyerahkan penyelesaiannya kepada pegawai. Seberapa besar persentase Bapak/Ibu dalam menunda pekerjaaan? a. 90 ± 76 % . Kadang-kadang dituntut. Selalu dituntut. b. < 75 % 8. Apakah Bapak/Ibu teliti dalam memeriksa kembali pekerjaan yang telah diselesaikan sebelum pekerjaan tersebut diperiksa pemimpin? a. Tidak dituntut 7. > 90 % b. b. Tidak pernah teliti 3. Selalu bersih. Seberapa besar persentase jumlah pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam sehari? a. Apakah hasil kerja Bapak/Ibu memiliki ketelitian dalam menjalankan tugas sesuai dengan pekerjaan? a. Selalu teliti. Teliti. Rapi. 3. Tidak pernah teliti 4.1. Kuantitas hasil kerja 6. Kualitas hasil kerja 1. b. Apakah hasil kerja Bapak/Ibu memiliki ketepatan dalam menjalankan tugas sesuai dengan pekerjaan? a. b. 90 ± 76 % c. b. Selalu teliti. Selalu tepat.

c. 10. Selalu mendapat teguran . Selalu tepat waktu. Tidak pernah tepat waktu. Apakah Bapak/Ibu pernah mendapatkan teguran dari pimpinan karena tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu? a. Apakah Bapak/Ibu selalu melaksanakan tugas pekerjaan yang diberikan oleh pemimpin dengan tepat waktu? a. c. Kadang-kadang. > 90 % 9.c. Kadang-kadang tepat waktu. b. b. Tidak pernah.

berikan contohnya! 3. apakah situasi dapat memiliki pengaruh terhadap kekuatan anggota organisasi sebagai pegawai? . apakah pengambilan keputusan dilakukan secara bersama antara pemimpin dengan pegawainya? Jika iya. Pada kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan. Menurut Bapak/Ibu. bagaimanakah cara pemimpin (Lurah) dalam pengambilan keputusan? 2. Pada kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan. Apakah suasana atau iklim kerja serta suasana organisasi secara keseluruhan dapat memiliki pengaruh terhadap gaya kepemimpinan yang diterapkan Lurah? Panduan Pertanyaan Untuk Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi karakteristik pegawai 1. Apakah pendidikan atau pengalaman. apakah motivasi kerja pegawai dapat memiliki pengaruh terhadap kekuatan anggota organisasi sebagai pegawai? 3. Menurut Bapak/Ibu. pribadi. motivasi kerja atau berprestasi dan tanggung jawab pegawai dalam bekerja dapat memiliki pengaruh terhadap gaya kepemimpinan yang diterapkan Lurah? 9. Apakah Bapak/Ibu diberikan bimbingan dan pengarahan dari pimpinan dalam melaksanakan tugas? 5.Panduan Pertanyaan Untuk Gaya Kepemimpinan (Pegawai dan Lurah) 1. apakah pengambilan keputusan dilakukan oleh pimpinan semata? Jika iya. Menurut Bapak/Ibu. Apakah pemimpin Bapak/Ibu bekerja. Apakah latar belakang pendidikan. dalam pengambilan keputusan lebih banyak diserahkan kepada pegawai? 6. Faktor-faktor apa sajakah yang memiliki pengaruh terhadap gaya kepemimpinan yang diterapkan pemimpin (Lurah)? Sebutkan sebanyak-banyaknya! 7. berikan contohnya! 4. apakah pendidikan pegawai dapat memiliki pengaruh terhadap kekuatan anggota organisasi sebagai pegawai? 2. pengalaman dan nilai-nilai yang dianut pemimpin memiliki pengaruh terhadap gaya kepemimpinan yang diterapkan pemimpin (Lurah)? 8. Menurut Bapak/Ibu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful