P. 1
PENGERTIAN TELEKOMUNIKASI

PENGERTIAN TELEKOMUNIKASI

1.0

|Views: 3,078|Likes:
Published by irdefebrimudhakarta

More info:

Published by: irdefebrimudhakarta on Feb 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2013

pdf

text

original

PENGERTIAN TELEKOMUNIKASI

Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'Telekomunikasi' bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga : * Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager, televisi, dan radio. * Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP. * Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, FAX, dan Chat Room Komponen dasar Untuk bisa melakukan telekomunikasi, ada beberapa komponen untuk mendukungnya yaitu : * Informasi : merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara, gambar, file, tulisan * Pengirim : merubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim * Media transmisi : alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah lagi / dimodulasi agar dapat terkirim jarak jauh. * Penerima : menerima sinyal listrik dan merubah kedalam informasi yang bisa dipahami oleh manusia sesuai yang dikirimkan. Analog dan digital Dalam merubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim, ada dua model yang dipakai. Pertama adalah merubah informasi ke sinyal analog dimana sinyal berbentuk gelombang listrik yang kontinue (terus menerus) kemudian dikirim oleh media transmisi. Kedua adalah sinyal digital, dimana setelah informasi diubah menjadi sinyal analog kemudian diubah lagi menjadi sinyal yang terputus-putus (discrete). Sinyal yang terputus-putus dikodekan dalam sinyal digital yaitu sinyal "0" dan "1". Dalam pengiriman sinyal melalui media transmisi, sinyal analog akan terkena gangguan, sehingga di sisi penerima sinyal tersebut terdegradasi. Sementara untuk sinyal digital, selama gangguan tidak melebih batasan yang diterima, sinyal masih diterima dalam kualitas yang sama dengan pengiriman. Perkembangan sistem telekomunikasi

Sejak ditemukan telephone oleh Graham Bell. Integrated Circuit (IC).Macam informasinya Jaringan telekomunikasi terbesar didunia adalah Telepon. Bagaimana menyambungkan terminal-terminal tersebut dan bagaimana mengontrol atau mengendalikan penyambungan dari terminal-terminal tersebut. Masalah-masalah yang timbul pada telekomunikasi : 1. karena memerlukan banyak switching dan terminal.Jaringan bintang (star network) Disini jumlah saluran berkurang menjadi sama dengan: b=n–1 Sistem telekomunikasi dibatasi kemampuannya oleh: 1. Bentuk dasar dari jaringan telekomunikasi : .Jaringan mata jala . Jumlah seluruh saluran (b) pada jaringan bentuk ini : . Jumlah seluruh saluran pada jaringan bentuk ini : b = ½ n (n – 1) .Jaringan bintang Jaringan Mata Jala Terbagi atas dua jenis : . hingga menjadi8 satu mata jala saja.Terminalnya . bahkan bija jadi tercepat diantara sistem lain. Power dari signal yang tersedia 2. Keharusan membatasi bandwidth .Jaringan mata jala penuh (fully mesh network) Setiap terminal disambungkan langsung dengan terminal lainnya. Masalah terminal 2. Jaringan Telekomunikasi Jaringan telekomunikasi terdiri dari bermacam-macam bentuk tergantung dari : . dan sistem penyimpanan. telekomunikasi telah berkembang pesat. sistem prosesor. Prinsip Dasar dari Telekomunikasi : dua buah terminal yang dihubungkan oleh saluran transmisi. Masalah transmisi 3. Latar belakang noise yang tidak dapat dielakkan 3. Terutama setelah ditemukan transistor.Jaringan sebuah mata jala (single mesh network) Suatu bentuk jaringan dimana jumlah salurannya diantara terminal dikurangi seminimal mungkin.

Penelitian ini dilakukan pada ujung penerima saja. Terminal Terminal adalah suatu electrical interface antara suatu saluran dengan sumber berita. Shannon meneliti dengan cara : Jika diketahui suatu berita. Penyandian (coding) sebagai cara untuk mendayagunakan saluran agar dapat berkapasitas penuh. Kapasitas saluran komunikasi untuk menyalurkan informasi 3. 2. Terminal untuk penyaluran signal-signal gambar. Pengukuran dari informasi 2. yaitu: . Teori informasi adalah suatu pelajaran matematik yang terbagi menjadi 3 bagian konsep dasar. yaitu: . Pendekatan ini disebut sebagai “Teori Informasi”. Terminal untuk penyaluran signal-signal data. meskipun interface ini tidak memproduksi signal-signal itu sendiri. yaitu: . lalu bagaimanakah kita memperkirakan keadaan signal tersebut pada waktu sebelum dan sesudah diterima. yaitu: . Terminal untul penyaluran signal-signal suara.Modem Terminal untuk Suara .Teleprinter 3. Setelah Perang Dunia II dilakukan oleh : 1.Telegrafi . melainkan informasinya yang terkandung didalam signal tersebut. Terminal yang tergantung dari signal yang akan disalurkan untuk dikirimkan adalah sebagai berikut: 1. lalu diteliti bagaimana berita tersebutdapat terwakilkan sedemikian rupa sehingga dapat membawa informasi melalui suatu sistem yang diberikan dengan keterbatasan-keterbatasannya.Sebelum tahun 1940 penelitian mengenai telegrafi dilakukan oleh Nyquist dan Hartley. Terminal untuk penyaluran signal-signal tulisan.Televisi 4. Teori ini disebut sebagai “Detection Theory”.Telepon 2. Claude Shannon (1948) Bekerja sesuai dengan prinsip dari komunikasi. dimana signal processing dapat terjadi baik pada penerima maupun pada pengirim. yaitu: 1.Radio penerima . Wiener meneliti dengan cara : Jika diketahui suatu signal kemudian ditambahkan dengan noise yang ada.Facsimile . Dengan cara ini yang dipentingkan bukan signalnya. Nobert Wiener (1949) Telah mengembangkan konsep baru yang sampai sekarang masih tetap dipakai.

1. 2. Setelah gelombang mempunyai frekwensi sebesar audio kemudian diperkuat dengan Audio Frequency Amplifier. Selektivitas ini dapat diperbaiki dengan Band Pass Filter. Sensitivitas Adalah kemampuan dari suatu radio penerima untuk menangkap signal-signal yang kuat maupun yang lemah sampai didapatkan daya output tertentu (standard) pada output penerima tersebut. Kemudian gelombang yang masih termodulasi ini oleh Detector di demodulasikan. yaitu dipisahkan antara gelombang yang memodulasikan yaitu informasi yang dikirim dengan gelombang yang dimodulasikan yaitu gelombang pembawa. Fidelitas Adalah kemampuan radio penerima untuk menjaga keaslian informasi yang dikirimkan oleh pengirim signal. Karena gelombang yang diterima ini besarnya hanya beberapa mV saja. TC merupakan suatu rangkaian filter yang frekwensi resonansinya sama dengan frekwensi yang diterima. Superheterodyne Receiver • Straight Amplification Receiver Gambar berikut adalah blok diagram dari radio penerima model straight amplification. Straight Amplification Receiver 2. maka akan didapatkan superposisi dari fr dengan fo (oleh karena itu disebut superheterodyne). 3. Radio penerima ini harus mempunyai karakteristik-karakteristik tertentu yang menentukan kwalitas dari radio penerima tersebut. Pesawat penerima radio siaran dapat digolongkan menjadi dua golongan besar yaitu: 1. Radio Penerima Radio penerima adalah suatu terminal untuk menerima signal-signal suara. Jadi radio penerima juga menerima penyaluran segala macam bentuk signal. karena radio penerima ini dalah suatu peralatan untuk menerima segala macam signal yang dikirimkan melalui udara. maka perlu diperkuat oleh Radio Frequency Amplifier. • Superheterodyne Receiver Cara Kerja: Gelombang diterima oleh antena kemudian diperkuat dahulu oleh Radio-Frequency Amplifier kemudian dicampur dengan suatu frekwensi fo di dalam suatu Mixer. gambar maupun data. Cara kerja: Gelombang elektromagnetik diterima oleh antena kemudian oleh tuning circuit gelombang yang diperlukan akan dipisahkan atau diseleksi dari gelombang-gelombang lainnya yang tidak diperlukan. sehinnga outputnya juga terdistorsi. Berarti hanya menerima signal dengan frekwensi band yang tertentu. Karakteristik itu adalah : 1. Sebagai perbaikan dari sistem ini adalah jenis superheterodyne receiver. Hasilnya adalah . Pada sistem ini banyak timbul gangguan-gangguan tidak stabil. Namun dapat juga untuk menerima signal-signal yang berbentuk tulisan. yang disalurkan ke Loudspeaker untuk dirubah menjadi gelombang akustik. yang tujuannya selain memperkuat juga meredam gelombang-gelombang lainnya yang datangnya dari pemancar lain yang masih tercampur dalam gelombang tadi. Selektivitas Adalah kemampuan radio penerima untuk membedakan antara signal yang diinginkan dengan signal-signal lain yang berdekatan.

maka radio penerima siaran untuk FM mempunyai tambahan komponen yaitu limiter dan pemakaian discriminator frekwensi sebagai ganti dari discriminator amplitudo limiter untuk membatasi perubahan tegangan yang timbul oleh bermacam-macam hal misalnya interface dan internal receiver noise.Telepon : Tranduceryang mengubah gelombang listrik menjadi gelombang akustik. Telepon Telepon adalah suatu bentuk terminal untuk menerima dan mengirimkan signal suara atau signal yang berbentuk gelombang akustik. Kekerasan suara adalah besarnya kebisingan suara yang diakibatkan oleh amplitudo dari suara itu sendiri yang ditangkap oleh telinga manusia. .Elektro magnetis Jika arus listrik dari mikropon mengalir ke magnet kumparan.fo disamping fr itu sendiri.Mikropon kondensator • Telepon Dilihat dari prinsip kerjanya. 2. Level kekerasan suara (Loudness Level) : LL = 10 log I /10-12 phon Dimana I = intensitas suara dalam watts/m2. Sistem ini untuk radio penerima siaran yang mempunyai modulasi amplitudo (AM) sedangkan jika modulasinya adalah Frequency Modulation (FM) maka pada dasarnya hampir sama seperti pada blok diagram dibawah ini: Dibandingkan dengan radio penerima siaran untuk AM. Dimana 1 sone didefinisikan sebagai kekerasan suara dari tone dengan frekwensi 1000 Hz pada level intensitas suara 40 dB. Pada sistem telepon. • Mikropon Dilihat dari prinsip kerjanya maka macam-macam mikropon misalnya : .gelombang dengan frekwensi baru yaitu fr + fo dan fr . tranducernya adalah electroaccoustical tranducer yaitu alat yang mengubah gelombang akustik menjadi gelombang listrik dan sebagainya. Selain itu dipakai juga satuan Phon.Mikropon : tranducer yang mengubah gelombang akustik menjadi gelombang listrik. Pada IF akan mendapatkan suatu gelombang yang lebih stabil. misalnya: . Dimana 1 phon adalah level kekerasan suara untuk suatu tone dengan frekwensi 1000 Hz pada level intensitas suara 1 dB. Gelombang dengan frekwensi fr .4 KHz. Batas frekwensi suara manusia adalah dari 300 Hz – 3. Selain itu perbedaanperbedaan yang lain adalah jumlah IF amplifier pada FM biasanya lebih banyak karena signalnya disini lebih lebar dibandingkan AM. Kekerasan suara sebesar 0.fo ini disebut intermediate frekwensi. medan magnet akan dibangkitkan yang menimbulkan gaya yang akan menarik membran. Amplitudo menentukan kekerasan suara atau loudness. Satuan unit untuk menentukan kekerasan suara ini adalah sone. yang merupakan modulated wave dengan frekwensi pembawa yang lebih kecil dari fr. • Tranducer Tranducer adalah alat untuk mengubah suatu bentuk gelombang menjadi suatu bentuk lainnya yang tertentu yang sesuai dengan kebutuhan. Tranducer pada sistem telepon dibagi dua yaitu : .0001 sone atau 1msone adalah batas ambang pendengar manusia. Getaran membran ini akan memproduksi .Mikropon arang . maka ada bermacam-macam telepon.

Dari kode morse yang dikirimkan. • Kode Transmisi Data Kode ini dipakai untuk transmisi data.Gambar diam .Elekro dinamis Prinsip kerjanya yaitu dengan adanya arus listrik yang berubah menyebabkan perubahan medan listrik yang akan berinteraksi dengan magnet permanen. dan nol sertamempunyai kombinasi yang sama dari arus-arus panjang dan pendek seperti kode morse. Sistem pengiriman informasi yang dipakai di Amerika Serikat dan beberapa hasil industri adalah sebagai berikut: • Full Duplex Jika ada kemungkinan pengiriman kedua belah arah secara bersamaan.Gambar bergerak 1. Sehingga membran keluar dan kedalam sesuai dengan frekwensi dari arus listrik yang diberikan dan akan menimbulkan getaran akustik dari membran. BCD. Kode ditentukan dengan plus. minus. • Kode Undulator Kode ini dikembangkan untuk komunikasi yang menggunakan kabel laut. Facsimile Prinsip kerja dari pengiriman gambar diam dari facsimile adalah: . . • Simplex Jika hanya dapat mengirim kesatu arah saja. • Kode Telegrap Printing Kode ini digunakan oleh teleprinter.2 Terminal untuk Tulisan Terminal untuk tulisan informasi yang dikirimkan dan yang diterima berbentuk tulisan atau huruf-huruf.gelombang suara. 2. telegrafi dapat dibagi menjadi dua macam yaitu : • Telegrafi arus searah • Telegrafi arus bolak-balik Terminal untuk Gambar Terminal untuk gambar dapat dibagi menjadi dua bagian besar yaitu: . Telegrafi Sistem telegrafi diwakili oleh kode-kode yang dapat diklasifikasikan sebagai berikut: • Kode Morse Merupakan kombinasi dari kedua elemen-elemen titik-titik dan garis-garis. Kode transmisi data seperti ASCII. 3. Tiap-tiap huruf-huruf diwakili oleh kombinasi dari simbol-simbol tertentu. EBCDIC. • Half Duplex Jika ada kemungkinan pengiriman kedua arah akan tetapi pada satu saat hanya dapat mengirim ke satu arah saja.

Sinyal gambar. dipergunakan untuk dimodulasikan oleh sinyal suara dan untuk dimodulasikan oleh sinyal gambar. Blok diagram dari penerima televisi : Filter dan amplifier disambungkan dengan antena yang merupakan tuned circuityang gunanya untuk memilihchannel pemancar yang dibutuhkan. Untuk menimbulkan kesan “gambar hidup”.Cara Kerja: Gambar yang akan dikirim ditempelkan mengelilingi sebuah drum D. Pada televisi sinkronisasi juga sangat penting untuk mensinkronisasikan waktu kecepatan dan fasa dari perabaan. Seluruh bagian gambar akan kena diraba (scanning). Bedanya ialah pada televisi gambar yang dikirimkan adalah gambar bergerak. Televisi Prinsip dasar dari facsimile kemudian dikembangkan menjadi prinsip dasar dari sistem televisi. 2. informasi yang dikirimkan akan diproses atau diolah sehingga akan diterima oleh terminal yang dituju adalah hasil dari pengolahan atau pemrosesan informasi. Kedua gelombang pembawa yang sudah dimodulasikan ini kemudian disatukan sebelum dipancarkan lewat antena pemancar. Pulsa-pulsa sinkronisasi yang dipisahkan dari sinyal gambar dan dipergunakan untuk mengendalikan oscilator yang berhubungan dengan proses perabaan. Refleksi sinar ini akan diterima oleh PEC (Photo Electric Cell). 2. Terminal untuk Data Sesuai dengan namanya maka informasi yang dikirimkan berupa data-data. Data-data ini dapat berupa tulisan. Sumber cahaya yang melewati lensa akan menyinari gambar tersebut. Jadi satu gambar mempunyai waktu diperlihatkan selama 1/25 detik. Arus dari photocell akanberubah-ubah sesuai dengan perubahan intensitas yang diterima. Sinyal radio frekwensi diproses didalam demodulator yang terdiri dari tiga macam sinyal yaitu: 1. Dua buah gelombang pembawa berfrekwensi radio (radio frequency carrier). Pada terminal untuk data. Sinyal suara yang kemudian diperkuat dan disalurkan ke loudspeaker. dimana komputer itu terdiri dari bagian-bagian . Komponen dasar pemancar dan penerima televisi Blok diagram dari pemancar televisi : Pulsa-pulsa sinkronisasi yang diberikan ke sinyal gambar (video) juga diperlukan untuk dasar waktu bagi proses perabaan yang dipakai pada camera. Konfigurasinya dapat terlihat sebagai berikut: Blok diagram tersebut dapat diperinci lagi. yang dipergunakan untuk mengendalikan arus pada electron beam dari cathode ray tube (CRT) 3. maka diperlukan pergantian gambar sebanyak 25 gambar perdetik detik. grafik maupun gambar-gambar. sinar direfleksikan akan berubah-ubah intensitasnya sesuai warna gambar yang disinari. Pusat pengolahan data dapat disebut juga dengan komputer. yang sesuai dengan output dari camera. Dengan berputarnya Drum.

Sistem ini dapat memancarkan teks. suara. -Penyedia Komunikasi Data Suatu perusahaan yang menyediakan jasa atau layanan komunikasi data. Networking . Kuliah . data. yaitu suatu alat yang menghitung dan memproses informasi yang masuk maupun yang disimpan dalam storage yang disebut diatas. Server. -Jaringan Komunikasi Jalur antar komputer dan alat komunikasi Perangkat Lunak Komunikasi Perangkat lunak yang mengendalikan sistem telekomunikasi dan keseluruhan proses transmisi. atau video. grafik. e-mail.lainnya. teleconferencing. • Ingatan utama ini dapat dibantu oleh ingatan tambahan yang disebut dengan auxiliary storage. reproduksi. -Media Komunikasi Media fisik. dokumen._Untuk memancarkan dan menerima informasi. seperti dibawah ini: • Main Storage adalah suatu ingatan utama yaitu untuk menyimpan segala macam informasi yang diperlukan untuk mengolah data. -Protokol Komunikasi Aturan untuk mengirimkan informasi pada sistem Aplikasi Komunikasi Pertukaran data secara elektronik. Sistem telekomunikasi terdiri dari dua sisi : 1. • Input/Output ini adalah yang disebut sebagai terminal dari data. News | 1 comments Sistem telekomunikasi terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang mamancarkan informasi dari satu tempat ke tempat lain. under internet . 2010. dan perpindahan data secara elektronik. piringan (disk) dan sebagainya. dan ini dapat berupa pita magnetik.Media Telekomunikasi Posted by Handi Priyono(mentallist) Selasa. dimana sinyal elektronik dialirkan. • CPU adalah otak dari sistem komputer ini. termasuk media tanpa kawat (digunakan dengan Cell Phone dan satelit). Mainframe) dan pengolah komunikasi (modems atau komputer kecil yang digunakan untuk komunikasi).Pengirim Informasi (Tansmitter of Information) Penerima Informasi (Receiver of Information) Sistem telekomunikasi harus melakukan hal-hal berikut : --Memancarkan informasi Membangun/Membuat interface antara pengirim dan penerima Mengirimkan pesan melalui rute yang efisien Memastikan bahwa pesan yang benar diterima oleh penerima yang berhak Memeriksa kesalahan yang terjadi pada pesan dan melakukan penyusunan kembali terhadap format pesan jika perlu. videconferencing. Pengertian Sistem Telekomunikasi. Komponen utama suatu sistem telekomunikasi meliputi hal-hal berikut : -Perangkat Keras Semua jenis komputer (Desktop. Konversi pesan dari satu kecepatan ke kecepatan lain . Juni 01. • Control Unit adalah suatu unit untuk mengatur atau mengendalikan urutan tugas didalam sistem ini. suatu sistem telekomunikasi harus melaksanakan sejumlah fungsi terpisah yang transparant kepada pengguna.

Februari 11. dan semakin tinggi frekuensi. 2009 Perangkat Terminal Telekomunikasi. Semakin tinggi gelombang (atau amplitudo). Menjaga keamanan informasi setiap saat.Menerima saja Sinyal yang berasal dari sumber terlebih dahulu diubah ke dalam bentuk sinyal yang sesuai dengan karakteristik saluran transmisi.23 0 comments Rabu. alat penerima dan jalur komunikasi beroperasi. dimana fungsinya untuk: . atau biasa disebut pesawat yang berfungsi sebagai antarmuka antara sumber informasi di pengguna dengan sistem. Memastikan bahwa alat pengiriman. adalah denyut nadi terpisah baik dalam keadaan menyala atau tidak. . dengan kata lain bahwa pesawat biasanya bekerja sebagai transducer (alat yang mampu mengubah suatu bentuk energi menjadi bentuk energi lainnya) Posted by roedig at 16. Terminal merupakan perangkat yang menjadi end-user dalam suatu sistem telekomunikasi. April 14.Memanggil saja .(komputer pada umumnya lebih cepat dari media komunikasi). Materi kuliah Sistem Telekomunikasi Selasa. Hal ini memungkinkan sinyal digital untuk menyampaikan informasi dalam suatu format biner yang dapat dengan jelas ditafsirkan oleh komputer.Memanggil dan menerima secara bergantian. Sinyal analog adalah gelombang kontinyu yang memancarkan informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Media Telekomunikasi Media Telekomunikasi menghantar dua jenis sinyal. 2009 Konsep Dasar Sistem Telekomunikasi . . digital dan analog. maka semakin kuat bunyi suara. yaitu amplitudo dan frekuensi. Sinyal analog mempunyai 2 parameter. Melainkan. Sinyal digital tidak mempunyai bentuk karakteristik gelombang.

optik. Bentuk informasi . isyarat. IEEE : the transmission of signals over long distance 3. pengiriman.36/1999: setiap pemancaran. gambar. dan atau penerimaan dari setiap informasi dalam bentuk tanda. Definisi Informasi adalah suatu pesan atau keterangan berupa suara.text → telegraph . atau cahaya yang dengan cara tertentu dapat diterima oleh sasaran. Webster : communications at a distance 2. 5. suara dan bunyi melalui sistem kawat. dari suatu tempat ke tempat lain dalam bentuk komunikasi jarak jauh 4. Wikipedia: teknik pengiriman atau penyampaian infomasi. UU No.Definisi Telekomunikasi menurut: 1.data → teletext . radio atau sistem elektromagnetik lainnya. isyarat. tulisan. yakni pihak yang menerima yang dapat berupa mahluk hidup atau mesin. Umum: penyampaian atau pertukaran informasi atau hubungan antara satu titik dengan titik yang lainnya yang berjarak jauh menggunakan suatu media atau perangkat elektrik.voice → telephone .

serat optik.. Sink : tujuan/penerimadata . Transmitter : mengubah data menjadi sinyal listrik Receiver : mengubah kembali sinyal listrik yang diterima menjadi data Transmission : media untuk menyalurkan sinyal informasi dari source/pengirim ke sink/penerima (contoh: kabel tembaga. modem). data. komputer. gambar).picture → television .picture & video → videophone Sumber informasi:   Analog → suara manusia Dicreate → output komputer Bagan Telekomunikasi: Konsep Dasar Telekomunikasi terdiri dari:       Source system : membangkitkan data (contoh: suara. udara). Transducer : mengubah data menjadi sinyal listrik (contoh: telepon.music → radio .

bertindak sebagai pengirim dan penerima. . .komputer dll. Terminal dapat berupa: . Jaringan telekomunikasi terdiri dari link & node serta trafik: Perangkat terminal adalah suatu piranti yang berada disisi user yang akan mengirimkan suatu informasi ke suatu tujuan tertentu. Fungsi utama dari terminal ini adalah mengubah informasi dari user ke signal electric sehingga dapat dikirimkan sesuai dengan persyaratan sistem atau jaringan telekomunikasi yang dipergunakan.Jaringan telekomunikasi adalah suatu rangkaian perangkat telekomunikasi dan kelengkapannya yang digunakan dalam bertelekomunikasi atau suatu sistem yang terbentuk dari interkoneksi fasilitas-fasilitas yang dirancang untuk membawa trafik dari beragam sumber telekomunikasi.pesawat telepon.Interface (antar muka) antara network/jaringan dan manusia/ mesin. atau biasa disebut CPE (Customer Premises Equipment).

Jaringan akses satelit : VSAT . Fiber Optic. teleprinter Gambar : televisi Data : modem Jaringan akses merupakan suatu penghubung antara CPE dengan Core Network yang fungsi berguna untuk menyalurkan informasi/data dari CPE ke Core Network. . & LAN Topologi PSTN terdiri dari: . sehingga dapat sampai ke tujuan yang sesuai.Adapun jenis-jenis terminal berupa:     Suara : telepon. ISDN.kabel tembaga (primer → sekunder → dropwire → kabel pvc (IKR). Wireless / non-kabel / udara:: . hybrid Fiber Coax 2. dimana jenis jaringan: 1.Jaringan akses : Wifi/WiMAX Sedangkan bentuk jaringan terdiri atas jaringan mesh & star. atau sebaliknya. Wireline / kabel: .tembaga & serat optik: PSTN.Broadband Services : Coaxial. Core Network (Jaringan Inti).Jaringan akses selular : GSM/CDMA . dimana Komponen-komponen dalam core network (salah satu atau gabungan) :     Switching Node Application/Service Node Database Node Backbone . Merupakan bagian yang akan memproses aliran informasi/data. radio penerima Tulisan : Telegraphy.

aplikasi dan perangkat untuk membantu seorang manajer jaringan dalam memantau dan memelihara jaringan. dari Inggris ke Perancis 1915 : Panggilan telepon antar benua yang pertama di USA 1929 : Kabel coaxial ditemukan 1947 : Transistor ditemukan 1951 : Hubungan langsung jarak jauh 1956 : Kabel telepon transatlantik yang pertama 1960 : Pengujian sentral elektronis yang pertama kali 1963 : Layanan tombol tekan diperkenalkan 1965 : Percobaan collect call yang pertama 1970 : Penemuan sinar laser 1976 : Pemasangan sentral digital yang pertama 1977 : Pemasangan sistem optik yang pertama 1988 : Kabel serat optik transatlantik yang pertama 1989 : Pengujian FTTH (Fiber To The Home) yang pertama. menempatkan. . 1990 : Demonstrasi link serat optik 2000 km menggunakan amplifier optik tanpa repeater.Strowger menemukan sentral telepon & telepon dial 1891 : Kabel telepon bawah laut.Network Management (Manajemen Jaringan) Merupakan pelaksanaan dari seperangkat fungsi-fungsi yang diperlukan untuk mengendalikan. merencanakan. menerapkan. Fungsi Dasar Manajemen Jaringan:      Manajemen Kesalahan (Fault Management) Manajemen Konfigurasi (Configuration Management) Manajemen Performansi (Performance Management) Manajemen Keamanan (Security Management) Manajemen Akuntansi (Accounting Management) Sejarah Telekomunikasi: 1844 : Morse mengirimkan pesan telegraph untuk pertama-kali 1876 : Alexander Graham Bell menemukan telepon 1877 : Telepon pertama yang ada di rumah pelanggan 1881 :Saluran jarak jauh yang pertama di US 1889 : A.B. mengkoordinasikan dan memantau semua sumber daya dari jaringan Secara umum Manajemen jaringan merupakan sebuah layanan yang mempergunakan beberapa alat bantu.

Jaringan tetap: lokal. . CCIR (Comite Consultatif International des Radiocommunications) Eropa → ETSI.Jaringan bergerak: terestrial.Organisasi Telekomunikasi       ITU (International Telecommunication Union) CCITT (Comite Consultatif International Telegraphique et Telephonique). Penyelenggaraan telekomunikasi meliputi:  Jaringan telekomunikasi . sambungan langsung jarak jauh.Penyiaran Penyelenggaraan Telekomunikasi sendiri memiliki pengertian sebagai kegiatan penyediaan dan pelayanan telekomunikasi sehingga memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi . 52 / 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi.Teleponi dasar: tetap (domesitk & internasional) dan bergerak (selular) . FCC & EIA. IEEE. selular & satelit.Jasa multimedia: Interactive multimedia & Internet  Telekomunikasi khusus . Amerika Utara → Bellcore Regulasi Telekomunikasi di Indonesia diatur oleh Undang-undang No. DIN. premium call . US → TIA.Keperluan sendiri . SFS. 39 / 1999 tentang Telekomunikasi dan Peraturan Pemerintah No.  Jasa telekomunikasi .Pertahanan keamanan negara . BSI.Jasa nilai tambah telepon: Jasa tambahan yang disalurkan melalui jasa teleponi dasar Mis : voice mail. sambungan internasioanl & tertutup.

Jaringan telekomunikasi .koperasi.instansi pertahanan keamanan negara. . . Sedangkan penyelenggaraan telekomunikasi meliputi: .badan usaha milik negara.perseorangan.Jasa telekomunikasi .Telekomunikasi khusus Badan Penyelenggara Telekomunikasi merupakan suatu layanan telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan bertelekomunikasi dengan menggunakan suatu jaringan telekomunikasi. . dimana penyelenggara jasa telekomunikasi merupakan penyelenggaraan telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan Penyelenggaraan jasa telekomunikasi adalah suatu kegiatan penyediaan dan atau pelayanan jasa telekomunikasi yang memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi.instansi pemerintah. premium call . Jenis-jenis jasa telekomunikasi terdiri dari:  Jasa teleponi dasar .Telepon bergerak  Jasa nilai tambah telepon: Jasa tambahan yang disalurkan melalui jasa teleponi dasar Mis : voice mail. .Penyelenggara telekomunikasi dapat berupa: .badan usaha swasta. dan . .badan usaha milik daerah.Telepon tetap (fixed): Domestik (Lokal & SLJJ) dan Internasional (SLI) .

00 1 comments Labels: Kuliah Sistem Telekomunikasi Posting Lama Beranda Langgan: Entri (Atom) Mengenai Saya Roedi Goernida Lihat profil lengkapku Label   Kuliah Sistem Telekomunikasi (1) Silabus kuliah (1) Arsip Blog  ▼ 2009 (3) o ▼ April (1)  Perangkat Terminal Telekomunikasi. Jasa multimedia: Interactive multimedia & Internet Posted by roedig at 13. o ► Februari (2)  Konsep Dasar Sistem Telekomunikasi  Silabus Sistem Telekomunikasi Pengikut .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->