PRINSIPPRINSIP-PRINSIP DASAR PENELITIAN SEJARAH



1. 2.

SEBELUM MELAKUKAN PENELITIAN SEORANG SEJARWAN HARUS MELAKUKAN DUA HAL: PENCARIAN INFORMASI SEJARAH PENGUMPULAN SUMBER SEJARAH

tersebut disebut kritik. Verifikasi (pengujian) pengujian) Yaitu usaha untuk menguji kebenaran materi atau keaslian sumber sejarah. lisan dengan melakukan observasi ke obyek (lapangan.PrinsipPrinsip-prinsip Dasar Penelitian sejarah  LangkahLangkah-langkah dalam penelitian sejarah 1. Heuristik (menemukan) menemukan) Yaitu usaha untuk mencari. lapangan. Kritik intern yaitu kritik terhadap isi sebuah sumber sejarah Kritik ekstern yaitu kritik terhadap keaslian sebuah sumber sejarah. tulisan maupun benda. sejarah. . Kritik ada 2 macam yaitu : kritik. menemukan dan mengumpulkan mencari. museum. Dalam sejarah menguji keaslian sumber sejarah. perpustakaan) perpustakaan) 2. sumber sejarah baik berupa sumber benda.

 Untuk melakukan kritik ekstern ada 3 ilmu Bantu yaitu : 1. . Kimiawi yaitu penentuan umur elatif suatu benda dengan berdasarkan unsure-unsur kimia unsureyang terkandung dalam benda tersebut. 2. Stratifikasi yaitu penentuan umur relative suatu benda peninggalan berdasarkan lapisan tanah dimana benda tersebut diketemukan 3. Tipologi yaitu penentuan ketuaan sebuah sumber sejarah berdasarkan tipe sumber sejarah tersebut.

Sikap berat sebelah pribadi .3. Interpretasi (penafsiran) Yaitu penafsiran terhadap sumber-sumber sumbersejarah sebagai bukti penelitian 4.Prasangka kelompok .Pandangan hidup yang berbeda dengan penggerak sejarah . Historiografi (penulisan sejarah) Yaitu penulisan sejarah sesuai dengan norma dalam disiplin ilmu sejarah. Dalam penulisan sejarah kadang muncul subyektivitas penulis karena dipengaruhi oleh: .

gerabah dll . Contoh : cerita seorang pejuang 45 yang menceritakan peristiwa yang dialaminya 3. Sumber tertulis yaitu sumber sejarah yang diperoleh dari benda peninggalan yang tertulis . Contoh : prasasti. naskah dll 2. candi. perhiasan . Sumber benda yaitu sumber sejarah yang berupa benda peninggalan/kebudayaan. Sumber lisan yaitu keterangan dari pelaku atau saksi langsung dari peristiwa sejarah yang terjadi. dokumen.Sumber sejarah berdasarkan wujudnya  Berdasarkan wujudnya sumber sejarah meliputi : 1. Contoh kapak.

Sumber sejarah berdasarkan keterpercayaan sumber ( reliability )  Berdasarkan keterpercayaan sumber maka sumber sejarah dibedakan menjadi : 1. Sumber sekunder yaitu keterangan/kesaksian dari seseorang yang tidak langsung mengalami peristiwa sejarah yang terjadi . Sumber primer yaitu keterangan/ kesaksian langsung dari pelaku atau saksi langsung dari peristiwa sejarah yang terjadi termasuk benda/alatbenda/alat-alat yang berkaitan dengan peristiwa tersebut. 2.

Fakta sosial yaitu kondisi sosial yang berkembang di suatu masyarakat pada suatu zaman yang meliputi struktur sosial. konsep. Contoh : kapak. dll 2. Artefak yaitu alat-alat yang digunakan oleh alatmanusia untuk memenuhi kebutuhannya. Di masa lampau.Fakta sejarah Fakta sejarah terdiri dari : 1. Fakta mental yaitu keseluruhan tatanan mental yang berkembang dimasyarakat pada suatu zaman yang menjadi penggerak pada zamannya berkaitan dengan batin. opini. inspirasi .paham dan ideology. rohani dan watak manusia yang meliputi ide gagasan.lembaga sosial. golongan sosial. semangat. mobilitas sosial dll . 3. gerabah.

penemuan. Penelitian lapangan yaitu penelitian sejarah yang dilakukan dengan cara datang langsung ke tempat terjadinya peristiwa sejarah untuk mencari sumber di lapangan dengan cara interview. perpustakaan dll. Penelitian kepustakaan yaitu penelitian sejarah dengan cara mencari data sejarah lewat museum. JenisJenis-jenis sejarah menurut bidang kajian .Bentuk Penelitian Sejarah 1. penggalian dll 2.

Sejarah kebudayaan yaitu sejarah yang mempelajari perkembangan tingkat kebudayaan suatu masyarakat dari yang sederhana ke tingkat yang maju yang meliputi artefak. Sejarah Geografi yaitu sejarah yang mempelajari tentang geografi suatu wilayah yang berkaitan dengan peristiwa sejarah yang terjadi pada suatu masa yang di dalamnya meliputi peta.fauna. Sejarah Ekonomi yaitu sejarah yang mempelajari tentang aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam rangka memenuhi kebutuhannya dari tingkat sederhana sampai tingkat yang maju. nilai . Sejarah ekonomi juga mempelajari tentang tingkat perkebangan ekonomi di suatu wilayah atau Negara. tulisan. bangunan. norma dll dari masa ke masa 5. Sejarah Politik/ketatanegaraan yaitu sejarah yang mepelajari tentang perkembangan politik atau ketatanegaraan suatu bangsa/Negara/sekelompok manusia yang meliputi system pemerintahan. tatanan sosial . geologi. system kenegaraan dari masa ke masa. Sejarah sosial yaitu sejarah yang mempelajari perkembangan suatu masyarakat berkaitan dengan system sosial. flora. sastra dll dari masa ke masa . 3. 4. system kekuasaan.JenisJenis-jenis sejarah menurut bidang kajian 1. manusia dll 2.

. berbangsa dan bernegara 3.JenisJenis-jenis sejarah berdasarkan ruang lingkupnya 1. Sejarah Dunia yaitu sejarah yang mempelajari peristiwa yang berkaitan dengan perkembangan dunia dengan penekanan pada peristiwa yang berpengaruh dalam hubungan internasioal. Sejarah lokal yaitu sejarah yang mempelajari tentang peristiwa sejarah yang terjadi pada suatu wilayah tertentu yang bersifat lokal 2. Sejarah nasional yaitu sejarah yang mempelajari peristiwa sejarah yang berkaitan dengan perkembangan suatu bangsa/Negara yang menyangkut kehidupan bermasyarakat.

Namun keterangan yang disampaikan hendaknya di uji dulu kebenaranya karena unsur subyektif dari saksi sejarah tersebut atau karena ketidakutuhan dalam melihat rangkaian peristiwa yang terjadi. Pelaku merupakan unsur utama / berperan dalam suatu peristiwa sejarah. .Prinsip dasar penelitian sejarah lisan  Langkah ±langkah dasar dalam penelitian sejarah lisan meliputi : 1. Dalam penulisan sejarah lisan pelaku merupakan sumber sejarah yang akan memberikan keterangan langsung peristiwa sejarah yang terjadi dengan sejelassejelas-jelasnya 2. Sumber sejarah dari pelaku sejarah. Sumber sejarah dari saksi sejarah Saksi sejarah juga dapat menjadi sumber sejarah dalam penulisan sejarah.

3. tempat peristiwa sejarah merupakan unsure yang sangat penting karena menyangkut sumber benda yang berkaitan dengan suatu peristiwa. Oleh karena itu dalam penelitian sejarah lisan akibat dan pengaruh sutau peristiwa sejarah akan menentukan sejauhmana peristiwa tersebut berpengaruh bagi kehidupan masyarakat .Tempat peristiwa sejarah Dalam penelitian sejarah lisan. Pengaruh dan akibat peristiwa sejarah Suatu peristiwa sejarah yang telah terjadi pasti akan membawa akibat dan pengaruh bagi masyarakat . Untuk meneliti tempat peristiwa sejarah yang sudah berlangsung sangat lama maka diperlukan adanya penafsiran. 4. Latar belakang munculnya peristiwa sejarah Latar belakang sebuah peristiwa sejarah dalam penelitian sejarah lisan diperlukan untuk mengungkapkan factor pendorong munculnya suatu peristiwa sejarah sekaligus sebagai pembanding unsure yang lain dalam penelitian sejarah lisan 5.

selesai .