7

BAB II PROFIL LEMBAGA ATAU INSTANSI

2.1

Sejarah Singkat Instansi Polsek Jejawi didirikan pada tahun 1997 di kecamatan Jejawi yang

beralamatkan di Jalan Raya Sp. Padang-Palembang km. 44 Kabupaten Ogan Komering Ilir 30652. Polsek Jejawi adalah salah satu Polsek dibawah naungan Polres OKI Kayu Agung yang memiliki lokasi kantor yang sangat strategis di kecamatan Jejawi, karena Polsek Jejawi terletak di jalan raya dan istansi perkantoran lainya. sehingga mempermudahkan masyarakat dalam proses pelayanan dalam penegakan hukum. Polsek Jejawi didirikan tahun 2003 dengan Peraturan PerundangUndangan No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Polsek Jejawi dulunya adalah Pos Laka Lantas yang didirikan pada tahun 1997 untuk menangani kecelakaan lalu lintas karena pada saat itu Kecamatan Jejawi belum berbentuk sebuah Kecamatan, tapi masih sebuah Desa yang tergabung di Kecamatan Sp. Padang kabupaten OKI. Pada tahun 2003 Kecamatan Sp. Padang di pecah dan Desa Jejawi menjadi sebuah Kecamatan yang berdiri sendiri. Maka yang tadinya Pos Laka Lantas berubah menjadi sebuah Polsek agar lebih seimbang untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan terhadap masyarakat dalam penegakan hukum. Peraturan perundang-undangan mengenai pendirian Polsek Jejawi sebagai berikut : 1. TAP MPR RI NO.VI dan VII tahun 2000

7

Meningkatkan kegiatan “sanjo” masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hokum . Peraturan Pemerintah RI NO.1 Visi 1.23 Tahun 1997 5.8 2. Bersama masyarakat memelihara stabilitas kamtibmas agar tetap kondusif sehinnga terwujud keamanan dan ketentraman 2.1. Memberikan pengayoman. Undang-Undang RI NO.2 Tahun 2002 ( Sumber : Polsek Jejawi Jajaran Polres OKI Kayu Agung ) 2. Mampu menjadi pelindung. Menciptakan rasa aman dan mencegah timbulnya kejahatan setiap saat dengan tetap memperperhatikan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat demi lanrcarnya pembangunan di kabupaten OKI 2. Undang-Undang RI NO.pengayoman dan pelayanan masyarakat dalam kehidupan masyarakat ogan komering ilir yang demokratis 2.perlindungan dan pelayanan masyarakat dengan mudah dan tidak berbelit-belit sehingga terbebas dari rasa takut 3. Dipercaya oleh masyarakat dalam melakukan penegakan hukum secara propesional dengan tetap mengunjunjung tinggi nilai-nilai dan sopremasi hukum dan ham 3.1. Perundang-undangan tentang Hak Azazi Manusia ( HAM ) 4. Undang-Undang RI NO.9 Tahun 1998 6.2 Tahun 2002 3.2 Misi 1.

2 Struktur Organisasi dan Kewenangan Uraian Tugas 2. adapun struktur organisasi dan uraian tugas pada Polsek Jejawi Jajaran Polres OKI Kayu Agung adalah sebagai berikut : .9 4. dengan adanya struktur organisasi maka kegiatan pekerjaan manajemen suatu lembaga akan berjalan lancar serta terkoordinasi dan tersedianya pedoman kerja instansi tersebut untuk pengambilan suatu keputusan dalam menjalankan kegiatan instansi tersebut dan terhindar dari pekerjaan rangkap dalam menjalankan aktifitas kelembagaan sehingga dengan adanya organisasi suatu instansi akan terciptanya kerjasama yang baik antara personil dan masyarakat serta terwujudnya kegiatan yang harmonis dalam menjalankan kegiatan kelembagaan yang ada dalam instansi tersebut.1 Struktur Organisasi Organisasi lembaga atau instansi merupakan suatu bentuk atau wadah bagi orang-orang yang melakukan aktifitas. Menghormati hak asasi manusia dan menjunjung tinggi supremasi hokum dengan menegakkan secara opyektib. jadi pimpinan tertingi sampai orang yang berada pada jabatan yang terendah yang berhubungan dengan garis kewenangan.propesional dan transaparan dan akuntabel 2.aktifitas dalam ruang lingkup lembaga tersebut dalam mencapai suatu tujuan instansi. Organisasi garis adalah suatu organisasi terdapat garis kewenangan yang berhubung langsung secara tegak lurus atau vertikal antara atasan dan bawahan.2. Struktur organisasi yang digunakan pada Polsek Jejawi Jajaran Polres OKI Kayu Agung adalah organisasi garis.

Bentuk organisasi pada Polsek Jejawi Jajaran Polres OKI Kayu Agung adalah bentuk organisasi yang (line organization) dimana terlihat penting bagan–bagan yang ada pada Polsek Jejawi tersebut. dimana bawahan hanya mengenal satu atasan. Dari organisasi diatas dapat dilihat bahwa pimpinan merupakan pemegang puncak pimpinan yang mempuyai tanggung jawap penuh terhadap jalannya kegiatan organisasi dalam penyampaian tujuan yang diinginkan. Ciri-ciri organisasi garis adalah jumlah personil masih sedikit. antara pimpinan dan bawahan saling mengenal dan dapat berhubungan langsung spesikulasi belum begitu tinggi.10 Struktur Organisasi Polsek Jejawi Gambar 2.1 Struktur Organisasi Polsek Jejawi Struktur Organisasi mewujudkan garis wewenang atau saluran untuk memberikan perintah dari atasan sampai bawahan pada tingkat pelaksanaan dan memperlihatkan tanggung jawap atau tugas-tugas yang diberikan kepada personil. .

b.11 2. Mengadakan koordinasi dan pengawasan serta memberikan arahan dan bimbingan teknis terhadap pelaksanaan fungsi Kepolisian serta keamanan dan ketertiban masyarakat dalam wilayah sesuai dengan kedudukan serta batas wewenang dan tanggung jawab. Melakukan upaya untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan operasional Polsek. Kepala Kepolisian Sektor ( Kapolsek ) Tugas dan tanggung jawab : 1. Membina disiplin. Memimpin Polsek sehingga terjamin pelaksanaan fungsi-fungsi sebagaimana tercantum pada ayat b) pasal ini. Menyusun rencana dan program kegiatan Polsek sebagai penjabaran dari rencana program kegiatan Polres serta mengarahkan pengawasan dan dalam pelaksanaannya guna menjamin sasaran secara berhasil dan berdaya guna. Mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kapolres khususnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya. f. a.2. tata tertib dan kesadaran hukum dalam lingkungan Polsek. e. Kapolsek bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajibannya langsung kepada Kapolres. c. d. . 2.2 Pembagian Tugas dan wewenang 1.

Kepala Unit Reserse Kriminal ( Kanit Reskrim ) Tugas dan tanggung jawab : 1. kebersihan. Mengatur penyelenggaraan administrasi bagi pelaksana tugas operasional. keindahan. b. Taud Polsek : a. 2. Dalam rangka pelaksanaan tugas tersebut. perawatan personil dan pemeliharaan materil/fasilitas. Taud adalah unsur pelayanan pada Polsek yang bertugas menyelenggarakan dan melaksanakan pelayanan urusan ketatausahaan dan urusan dalam guna mendukung pelaksanaan tugas Polsek. 3. 3. Bagian Tata Usaha dan Urusan Dalam ( Bataud ) Tugas dan tanggung jawab : 1. Unit Reserse Kriminal Polsek yang disingkat Unit Reskrim Polsek adalah unsur pelaksana pada Polsek yang bertugas . Melaksanakan urusan ketata-usahaan yang meliputi korespondensi. dokumentasi termasuk pemeliharaan dan ketatalaksanaan perkantoran serta kearsipan. c. Taud Polsek dipimpin oleh Kepala Tata Usaha dan Urusan Dalam Polsek disingkat Ka Taud Polsek yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajibannya kepada Kapolsek.12 3. Melaksanakan pelayanan urusan dalam termasuk pelayanan keperluan personil yang berkenaan dengan kepentingan dinas.

c. 4. pemeriksaan. d. Menyelenggarakan dan melaksanakan upaya represif Kepolisian yang meliputi penindakan. e. Melaksanakan fungsi kriminalistik lapangan. pemotretan pemohon surat keterangan dan orang-orang yang tersangkut tindak pidana serta pemotretan tempat kejadian perkara. Melaksanakan kegiatan administrasi operasional termasuk administrasi penyidikan. Melaksanakan fungsi identifikasi khususnya pengambilan sidik jari. pemberkasan dan penyerahan berkas perkara dalam rangka peradilan pidana. Kepala Unit Intelijen dan Keamanan ( Kanit Intelkam ) Tugas dan tanggung jawab : .13 menyelenggarakan dan melaksakan upaya Represif Kepolisian dalam rangka penyelidikan dan penyidikan terhadap tindak pidana yang terjadi diwilayahnya. Membantu pelaksanaan koordinasi dan pengawasan atas PPNS. 2. Dalam rangka pelaksanaan tugas tersebut pada butir a) ayat ini dengan memperhatikan pengarahan Kapolsek dan petunjuk teknis pembina fungsi Unit Reskrim Polsek : a. Unit Reskrim Polsek dipimpin oleh Kepala Unit Reserse Kriminal disingkat Kanit Reskrim yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajibannya kepada Kapolsek. 3. b.

Membentuk jaringan informasi.14 1. 5. Laporan Informasi. 4. Membuat rencana kegiatan harian. Informasi Khusus dan Telaahan Intelijen. Sosial budaya d. Unit Intelkam Polsek dipimpin oleh Kepala Unit Intelijen dan Keamanan disingkat Kanit Intelkam yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajibannya kepada Kapolsek. Sosial ekonomi c. Dalam rangka pelaksanaan tugas tersebut pada butir a) ayat ini. Keamanan 3. dan rencana kegiatan bulanan. 6. Sosial politik b. rencana kegiatan mingguan. dengan memperhatikan arahan Kapolsek dan petunjuk teknis pembina Fungsi Unit Patroli Polsek : . Kepala Unit Patroli ( Kanit Patroli ) Tugas dan tanggung jawab : 1. Unit Intelijen dan Keamanan Polsek yang disingkat Unit Intelkam merupakan implementasi dari Polsek sebagai basis deteksi dini. Membuat Intel Dasar. 2. 2. Unit Patroli Polsek adalah unsur pelaksana pada Polsek yang bertugas melaksanakan Fungsi Kesamaptaan Kepolisian. Sebagai organ pelaksana deteksi dan monitoring kegiatan dalam masyarakat yang berfotensi menimbulkan kerawanan dibidang : a. 5.

Melaksanakan kegiatan administrasi operasional. Dalam rangka pelaksanaan tugas tersebut pada butir a) ayat ini. 6. Menyelenggarakan dan melaksanakan upaya Preventif Kepolisian yang meliputi Penjagaan. 2. penerangan dan penyuluhan c. Unit Patroli Polsek dipimpin oleh Kepala Unit Patroli disingkat Kanit Patroli yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajibannya kepada Kapolsek. Patroli. b. 3. Mengadakan kegiatan sambang desa b.15 a. Memberikan ceramah. dengan memperhatikan pengarahan Kapolsek dan petunjuk teknis pembina fungsi Babinkamtibmas Polsek yaitu : a. Pengawalan dan Pengaturan serta Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara ( TPTKP ). Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Polsek yang disingkat Babinkamtibmas adalah unsur pelaksana pada Polsek yang bertugas menyelenggarakan dan melaksanakan fungsi bimbingan masyarakat dalam wilayahnya. Mengadakan tatap muka dan kerja sama dengan tokohtokoh masyarakat . c. Membantu pelaksanaan Fungsi Lalu Lintas. Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat ( Babinkamtibmas ) Tugas dan tanggung jawab : 1.

Membina dan menyiapkan komponen rakyat terlatih khususnya yang membantu f. Melaksanakan segala upaya untuk mengintensifkan pelaksanaan pengaman lingkungan oleh masyarakat e.16 d. Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian ( Ka SPK ) Tugas dan tanggung jawab : 1. Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian disingkat Ka SPK membawahi petugas operator komunikasi atau Komlek ( Komunikasi Elektronik ). pemuda dan pelajar terutama dalam rangka mencegah dan menanggulangi kenakalan remaja serta mengarahkan kegiatan yang positif khususnya dalam membantu tugas Kepolisian 3. Sentra Pelayanan Kepolisian yang disingkat SPK adalah unsur pelaksanaan pada Polsekyang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk penerimaan laporan atau pengaduan dan Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara ( TPTKP ). 7. Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian disingkat Ka SPK di jabat oleh Komandan Jaga yang bertugas atas dasar ” SHIFT ” Penjagaan. Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat disingkat Babinkamtibmas bertanggung jawab penuh dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya kepada Kapolsek. Membina dan membimbing remaja. 3. . 2.

adapun nama-nama Polsek yang berada dijajaran Polres OKI adalah : 1. Polsek Air Sugian 2. Polsek Mesuji Makmur 15. Polsek Pedamaran 9. Polsek Tulung Selapan 6.4 Kinerja Lembaga Kepolisian Kinerja lembaga kepolisian Pada Polsek Jejawi Jajaran Polres OKI Kayu Agung yang bergerak dibidang keamanan sebagai pelindung. Polsek Cengal 16. Polsek Sp Padang 4. Polsek Pedamaran Timur 10. Polsek Tanjung Lubuk 7.17 4. pengayom dan pelayan masyarakat dalam penegakan hukum. yang berpegang pada program . Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian disingkat Ka SPK bertanggung jawab penuh dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya kepada Kapolsek. Polsek Mesuji 13. Polsek Lempung Jaya 12. Polsek Sungai Menang 17. Polsek Pampangan 5. Polsek Mesuji Raya 14. 2. Polsek Jejawi 3. Polsek Teluk Gelam 8. Polsek Lempuing 11.3 Jaringan Instansi Polsek Jejawi merupakan salah satu instansi yang berada dibawah naungan Polres OKI Kayu Agung yang mengawasi 17 Kecamatan. Polsek Kota Kayu Agung 2.

Transparansi penerbitan SIM. Program Unggulan yang dipilih Polsek Jejawi ( Quick Wins ) a.4 Rencana kegiatan Adapun kegiatan atau rencana perubahan yang akan di kerjakan oleh Polsek Jejawi jajaran Polres OKI Kayu Agung sebagai berikut: 1. Membangun Kepercayaan ( Trust Building ). surat keterangan hilang. STNK dan BPKB c. Quick Respons Patroli Samapta b. . Surat Izin Keramaian c.18 unggulan Polda Sumsel yang disebut Quick Wins kemudian diperkecil menjadi program unggulan Polsek Jejawi. Program unggulan tersebut adalah : 1. Quick Respons Unit Patroli Samapta Transparansi penerbitan surat pengantar SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian ). Transparansi Penyidikan tindak pidana melalui pemberian SP2HP d. ( SIK ) Transparansi penyidikan tindak pidana melalui pemberian SP2HP 2. b. Transparansi rekruitmen anggota Polri (Akpol. Program unggulan Polda Sumsel ( Quick Wins ) a. keberhasilan POLRI dalam menjalankan tugasnya memerlukan dukungan dan kerja sama masyarakat dengan landasan kepercayaan. PPNS dan Bintara) 2.

3. Pelayanan yang baik ( Strive For Excellence ). . kelanjutan dari tahap pertama dimana perlu membangun kerja sama yang erat dengan berbagai pihak yang terkait dengan kerjasama POLRI.19 2. membangun kemampuan pelayanan public yang unggul dan dipercaya masyarakat. Kerjasama ( Partnership ).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful