Tugas Pendidikan Lingkungan Hidup

PENYUSUN: 1.BEATRIX 2.WIDYA.HAYUNING.TYAS 3.WULAN.AYU 4.JENNY.RAHMAWATI 5.STHALYS.ANDA.ELYZA CETAKAN: JANUARI 2011

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah Kewarganegaraan ini dengan baik. Makalah ini diharapkan mampu membantu saya dalam memperdalam mata Pelajaran Kewarganegaraan dalam kegiatan belajar. Selain itu, makalah ini diharapkan agar dapat menjadi bacaan para pembaca agar menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab karena materi ini disajikan mengarah pada terbentuknya arah globalisasi yang berpengaruh terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu,, makalah ini diharapkan agar bangsa Indonesia memiliki sikap yang kritis terhadap situasi dan kondisi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang selalu berubah. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca yang sudah berkenan membaca makalah ini dengan tulus ikhlas. Semoga makalah ini bermanfaat, khususnya bagi saya dan pembaca. Amin

2. Bangunan bersejarah ini menjadi ikon bangsa yang sarat dengan nilai-nilai sejarah dan budaya sekaligus mempersatukan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.mengapa candi borobudur menjadi bangunan bersejarah versi CJNO? alasan utama karena umur dari candi ini yang sangat amat tua dan karena hingga detik ini candi borobudur masih berdiri tegak.DAFTAR ISI Bab 1 peninggalan social budaya A.Monumen Nasional (Monas) tak hanya identik dengan Kota Jakarta. tapi juga Indonesia. Sebagian warga Jakarta bahkan nyaris tak mengenal lagi bangunan bersejarah ini.Baju Daerah BANGUNAN BERSEJARAH 1.Bangunan Bersejarah B. candi ini didirikan sekitar tahun 800an silam masehi. . Namun Monas saat ini tenggelam di antara gedunggedung tinggi di kawasan Jakarta Pusat.Lagu Daerah C. waw gak kebayangkan berapa tua nya candi ini? bisa dibilang sih candi ini merupkan salah satu saksi bisu pesatnya perkembangan negara indonesia dari dulu hingga saat ini.

gedung ini dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907.masjid ini merupakan masjid terbesar di kawasan asia tenggara. arsitek .3. jaman dahulu. jam gadang ini dibangun pada tahin 1826 sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur atau Sekretaris Kota Bukittinggi saat itu. Dimulainya pembangunan masjid yang sangat besar ini dilakukan oleh Ir. maka di bilang 1000 pintu. masyarakat setempat menyebutnya lawang sewu karena gedung ini memiliki banyak sekali jendela jendela besar yang menyerupai pintu. jam gadang merupakan bangunan khas yang hanya ada di kota Bukittinggi. pembangunan ini diselesaikan oleh arsitek bernama Yazin dan Sultan Gigi Ameh. tapi karena terlalu banyak. Soekarno pada tanggal 24 agustus 1951. gedung ini sering disebut Wilhelmina Plein 4. biaya pembangunan jam gadang ini memakan 3. jumlahnya sendiri tidak sampai 1000. 5.bangunan ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah bagi negara indonesia.000 gulden pada saat itu. bangunan ini berbentuk tugu dengan tinggi 26 meter dengan ditambah bulatan jam di keempat sisi bagian atasnya. ROOK MAKER.

masjid ini adalah Frederich Silaban.Provinsi Papua / Irian Jaya Hee yamko rambe yamko aronawa kombe Hee yamko rambe yamko aronawa kombe Teemi nokibe kubano ko bombe ko Yuma no bungo awe ade Teemi nokibe kubano ko bombe ko Yuma no bungo awe ade Hongke Hongke Hongke Hongke hongke hongke riro jombe jombe riro hongke hongke riro jombe jombe riro 2. LAGU DAERAH 1.Yamko Rambe Yamko . Waw gak kebayang gimana susahnya membangun masjid Istiqlal ini. bangunan utama masjid ini terdiri atas 5 lantai dan masjid ini mempunyai kubah yang mempunyai diameter sebesar 45 meter.Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Suwe ora jamu Jamu godhong tela Suwe ora ketemu Ketemu pisan gawe gela Suwe ora jamu Jamu godhong tela Suwe ora ketemu Ketemu pisan gawe gela .Suwe Ora Jamu .

jangan mama marah beta dia cuma cuma pegang beta ayo mama.Ayo Mama .3. jangan mama marah beta lah orang muda punya biasa 4.Provinsi Maluku / Ambon ayam hitam telurnya putih mencari makan di pinggir kali sinyo hitam giginya putih kalau ketawa manis sekali ayo mama.Anak Kambing Saya .Tokecang .Provinsi Jawa Barat / Sunda Tokecang tokecang bala gendir tosblong Angeun kacang sapependil kosong Aya listrik di masigit meuni caang katingalna Aya istri jangkung alit karangan dina pipina Tokecang tokecang bala gendir tosblong Angeun kacang angeun kacang sapependil kosong .Provinsi Nusa Tenggara mana dimana anak kambing saya anak kambing tuan ada di pohon waru mana dimana jantung hati saya jantung hati tuan ada di kampung baru caca marica he hei caca marica he hei caca marica ada di kampung baru caca marica he hey caca marica he hey caca marica ada di kampung baru 5.

Pandeglang. Selendang yang dipakai tersebut sebaiknya terbuat dari batik.Baju kebaya dipakai dengan kain sinjang jarik/ tapih dimana pada bagian depan sebelah kiri dibuat wiron (lipatan) yang dililitkan dari kiri ke kanan. Untuk menutupi stagen digunakan selendang pelangi dari tenun ikat celup yang berwarna cerah. sutera maupun nilon yang bersulam. Garut. 2. Cirebon. busana kebaya. Beberapa daerah yang terkenal akan industri batik meliputi Yogyakarta. busana berkoteka dari Papua dan sebagainya.BAJU DAERAH 1. baju kebaya panjang merupakan pakaian untuk upacara perkawinan. Kelengkapan perhiasannya dapat dipakai yang sederhana berupa subang kecil dengan kalung dan liontin yang serasi. baju bodo dari Sulawesi Selatan. Surakarta. busana khas Dayak di Kalimantan. cincin.Di bidang busana warisan budaya yang terkenal di seluruh dunia adalah kerajinan batik. Dewasa ini. brokat. biru sedang dengan hitam. Dan umumnya digunakan juga oleh mempelai wanita Sunda. . Selain kain lurik. kuning tua dengan hitam dan merah bata dengan hitam. ungu dengan hitam. Baju kebaya panjang biasanya menggunakan bahan beludru. gelang dan sepasang tusuk konde pada sanggul. Tasikmalaya dan juga Pekalongan. kain ulos dari Sumatra Utara (Batak). dapat juga memakai kain gabardine yang bercorak kotak-kotak halus dengan kombinasi warna sebagai berikut: hijau tua dengan hitam. Bali dan Madura. Kerajinan batik ini pun diklaim oleh negara lain dengan industri batiknya. kain lurik yang serasi atau kain ikat celup. Busana asli Indonesia dari Sabang sampai Merauke lainnya dapat dikenali dari ciri-cirinya yang dikenakan di setiap daerah antara lain baju kurung dengan songketnya dari Sumatera Barat (Minangkabau).

biasanya berlengan pendek."Rupanya cara memakai baju bodo ini masih berlaku di tahun 1930-an. Sehelai sarung [menutupi pinggang] hingga kaki dan baju tipis longgar dari kainmuslin (kasa). baju bodo mulai direvitalisasi melalui acara lainnya seperti lomba menari atau menyambut tamu agung.3.Indonesia. Dulu.. Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia. memperlihatkan payudara dan leluklekuk dada. Sulawesi. Tetapi kini.. . yaitu setengah atas bagian siku lengan.Baju bodo adalah pakaian tradisional perempuan Bugis. Hal ini sudah sempat diperhatikan James Brooke (yang kemudian diangkat sultan Brunei menjadi raja Sarawak) tahun 1840 saat dia mengunjungi istanaBone : "Perempuan [Bugis] mengenakan pakaian sederhana.pakaian ini kerap dipakai untuk acara adat seperti upacara pernikahan. Baju bodo berbentuk segi empat. baju bodo bisa dipakai tanpa penutup payudara.

Daerah Solok dalam Tambo Minangkabau dikenal dengan nama Kubuang Tigo Baleh yang merupakan bagian dari Luhak Tanah Datar.Mereka itu adalah Matondang. Si Raja Toruan (Hutatoruan). baPadang ba-Aia Haji. Hutatoruan anak-anaknya Hutapea dan Lumbantobing. Panggabean anak-anaknya Panggabean dan Simorangkir. Bonda dan Habeahan. Si Raja Gabe (Panggabean).Daerah Tarutung yang menjadi ibukota Tapanuli Utara dahulu merupakan wilayah Silindung. Pauah Limo Pauah Sambilan. Si Raja Galung (Hutagalung).Kota Tarutung sendiri mulai dikenal saat marga Hasibuan mulai datang dan menikah dengan boru Pasaribu yaitu Guru Mangaloksa Hasibuan. Kumpulan marga-marga yang serumpun dengan Pasaribu disebut Siopat Pusoran. Dari naskah Tjuraian Asal Mula Negeri Solok dan Salajo. .Setelah itu GM Hasibuan mempunyai anak-anak yaitu Si Raja Nabarat (Hutabarat). 5. Tarihoran. Bondar. Dalam pepatah adat disebut. malah mempunyai Rantau dan Pesisirnya sendiri. Gorat dan Saruksuk. Hutagalung. Lubuak Bagaluang Nan Duo Puluah. diperoleh keterangan bahwa nama Kubuang Tigo Baleh berasal dari datangnya 73 orang dari daerah Kubuang Agam ke daerah yang sekarang disebut Kabupaten dan Kota Solok. Sebuah wilayah yang dihuni oleh marga Pasaribu. Daerah ini tidak berstatus ´Rantauµ (daerah yang membayar upeti). Berafiliasi menjadi Hutabarat. Namun entah kenapa pada masa sekarang berdasarkan rapat Pasaribu Saruksuk mereka yang disebut Opat Pusoran tersebut adalah Habeahan. Daerah Rantaunya adalah Alam Surambi Sungai Pagu (Solok Selatan) dan pesisirnya adalah daerah Padang Luar Kota dan sebagian daerah Pesisir Selatan.4. Aso Solok duo Salayo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful