P. 1
LKS Praktikum Fisika : Gerak Melingkar Beraturan

LKS Praktikum Fisika : Gerak Melingkar Beraturan

|Views: 7,404|Likes:
Published by Mariano Nathanael

More info:

Published by: Mariano Nathanael on Feb 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/06/2014

pdf

text

original

LKS UJIAN PRAKTIKUM FISIKA KELAS XII IPA TAHUN 2010 ± SMAK BPPK KEBONJATI

GERAK MELINGKAR BERATURAN
I. TUJUAN
Mendefinisikan besaran-besaran dan sifat-sifat dari gerak melingkar beraturan (GMB).

II. TEORI
Agar suatu benda dapat bergerak melingkar, maka harus selalu ada gaya sentripetal yang berfungsi untuk membelokkan arah kecepatan benda. Arah gaya ini selalu menuju pusat lingkaran. Besar gaya sentripetal pada gerak melingkar adalah :

Dengan : FSP = gaya sentripetal (N), m = massa benda (kg), aSP = percepatan sentripetal (m.s-2), v = kecepatan linier (m.s-1), R = jari-jari gerak melingkar (m), = Kecepatan sudut (rad.s-1 ), T = Periode (s), f = frekuensi (Hz). Definisi Periode Definisi Frekuensi Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan satu putaran Jumlah putaran dalam satu detik.

Gerak Melingkar Beraturan (GMB) adalah gerakan dimana periode atau frekuensi benda selalu tetap (tidak berubah dalam waktu), atau percepatan sudut benda = 0, sehingga semua besaran yang ada juga memiliki nilai yang tetap.

III. ALAT-ALAT
Satu set Percobaan GMB (tabung putar, beban putar, beban gantung dan benang kasur) Penggaris Stop watch

IV. JALAN PERCOBAAN
1. Dengan beban gantung W yang tetap, putarlah alat ini agar melingkar beraturan (W tidak naik/turun). 2. Setelah beraturan, ukur waktu untuk 10 kali putaran ( t ) dan tentukan periodanya ( T ). benang jangan ditahan oleh tangan/jari, biarkan bebas berayun. 3. Setelah 10 putaran, tahan benang agar jari-jari R tidak berubah, ukur panjang R. 4. Ulangi percobaan ini 2 kali lagi dengan R yang berbeda-beda

V. DATA PENGAMATAN :
Waktu untuk 10 putaran Perc. 1. 2. 3. t1 = t2 = t3 =
2

Perioda T ( detik) T1 = T3 = T4 =

Jari-jari R ( cm ) R1 = R2 = R3 =

t (detik)

Massa beban putar mP (gr )

Massa beban gantung mG (gr)

g = 978 cm/detik

PRAKTIKUM FISIKA SMAK BPPK - BANDUNG

VI. PERTANYAAN :
1. Hitunglah kecepatan sudut benda putar dari setiap percobaan ! 2. Hitunglah kecepatan linier benda putar dari setiap percobaan ! 3. Hitunglah percepatan sentripetal benda putar dari setiap percobaan ! Berapa rata-ratanya! 4. Hitunglah gaya sentripetal benda putar tersebut ! (dari rata-rata percepatan sentripetal). 5. Sesuai hukum Newton, besar gaya sentripetal sama dengan gaya tegangan tali. Carilah besar tegangan tali (sama dengan berat beban gantung) dan bandingkan besarnya dengan gaya sentripetal (seharusnya sama). Jelaskan mengapa ada perbedaan!

VII. KESIMPULAN (minimal 3 baris)

CARA MEMBUAT LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA Tanggal Percobaan : Nama Anggota Kelompok : JUDUL PERCOBAAN I. II. III. IV. V. TUJUAN PERCOBAAN (salin yang ada di LKS) GAMBAR PERCOBAAN (jika ada) DATA PENGAMATAN (dalam bentuk Tabel) JAWAB PERTANYAAN (semua perhitungan harus dibuat) KESIMPULAN (minimal 3 baris)

PRAKTIKUM FISIKA SMAK BPPK - BANDUNG

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->