P. 1
sistem ekskresi

sistem ekskresi

|Views: 1,470|Likes:

More info:

Published by: Ulfa Mustofa Nurfadillasari on Feb 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

Nama Ulfa Mustofa Nurfadilasari Kelas XI IPA-5

berkeringat. buang air kecil (urine) . seperti: menghembuskan gas CO2 ketika kita bernafas.Apa yang dimaksud dengan sistem ekskresi? Sistem ekskresi adalah sistem pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang tidak berguna bagi tubuh dari dalam tubuh.

Sebutkan organ-organ yang berperan dalam sistem ekskresi disertai dengan zat yang diekskresikan! -Ginjal (ren) zat yang diekskresikan urea. kadar gula -Hati (hepar) zat yang diekskresikan empedu -Kulit (integumen) zat yang diekskresikan keringat -Paru-paru (pulmo) zat yang diekskresikan CO2 dan uap air (H2O) . asam urat.

Tuliskan fungsi masing-masing organ ekskresi pada manusia! .

Membuang zat-zat yang membahayakan tubuh (urea.Membuang zat-zat yang berlebihan dalam tubuh (kadar gula) . asam urat) .Menyaring darah sehingga menghasilkan urine .Mempertahankan keseimbangan asam dan basa .Ginjal memiliki fungsi: .Mempertahankan tekanan osmosis cairan ekstraseluler .

‡ Hati menghasilkan empedu (bilus) yang mengandung zat sisa dari perombakan eritosit di dalam limpa ‡ Menyimpan gula dalam bentuk glikogen ‡ Mengatur kadar gula darah ‡ Tempat pembentukan urea dari amonia ‡ Membentuk vitamin A dari provitamin A ‡ Tempat pembentukan fibrinogen protrombin ‡ Tempat pembentukan dan pembongkaran protein. ‡ Tempat pembentukan dan perombakan sel darah merah. . ‡ Tempat penetralan racun.

Menerima rangsangan dari luar .Mengatur suhu tubuh .Mengeluarkan keringat . penyinaran.berfungsi sebagai: . kuman.Mengurangi kehilangan air .Melindungi bagian dalam tubuh dari gesekan. panas dan zat kimia .

sebagai organ pernafasan sekaligus organ ekskresi yaitu mengeluarkan CO2 + uap air .

glomerulus Pembuluh kapiler korteks Arteri ginjal Medula/ Sumsum ginjal Vena ginjal ureter Saluran pembawa Hasil penyaringan .

Nefron ini adalah unit operasional ginjal. Pembuluh darah arteri masuk ke dalam kapsula neprik membentuk suatu anyaman yang disebut glomerulus.Struktur ginjal: Setiap ginjal terdiri atas bagian luar adalah korteks renalis dan bagian dalam adalah medula renalis. Sebuah nefron banyak dikelilingi oleh pembuluh darah. Komponen yang tampak berupa tubula yang disebut tubula neprik (nephric tubule). Ujung akhir saluran ini adalah uretra. Pada akhir tubula neprik berhubungan dengan duktus koleduktus (collectingduct). bagian ujung tubula ini meluas disebut kapsula neprik (nephric capsule) yang terdiri atas 2 lapisan. Kumpulan beberapa ductus koleductus ini bersatu membentuk ureter. Saluran ini membawa urine menuju kantong urinaria. . yang mana duktus koleduktus ini menampung keluaran dari beberapa tubula nefrik. Pada bagian korteks dan medula terdapat ribuan nefron.

Granulosum spinosum Germinativum/basal Korneum lusidum Hipodermis .

b) Stratum lusidum Merupakan lapisan tidak berpigmen dan tidak berinti. d) Stratum germinativum Merupakan lapisan pembentuk sel-sel baru.Kulit terdiri atas: 1) Lapisan luar (epidermis) Terdiri atas: a) Stratum korneum atau lapisan zat tanduk. c) Stratum granulosum Merupakan lapisan berpigmen. Merupakan lapisan sel mati yang selalu mengelupas. 2) Lapisan dalam (dermis) Terdiri atas: a) Akar rambut b) Kelenjar keringat (glandula sudorifera) c) Kelenjar minyak (glandula sebasea) d) Pembuluh darah e) Saraf .

. 2) Pada hati terdapat pembuluh-pembuluh darah dan empedu yang disatukan oleh kapsula Glison.1) Hati diselaputi oleh kapsula hepatis. 3) Hati memperoleh darah dari pembuluh nadi hati dan vena porta hepatica.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->