BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Tolong menolong merupakan kewajiban bagi setiap manusia, dengan tolong menolong kita akan dapat membantu orang lain dan jika kita perlu bantuan tentunya orangpun akan menolong kita. Dengan tolong menolong kita akan dapat membina hubungan baik dengan semua orang. Dengan tolong menolong kita dapat memupuk rasa kasih sayang antar tetangga, antar teman, antar rekan kerja. Singkat kata tolong menolong adalah sifat hidup bagi setiap orang. Dengan menolong orang lain kita akan mendapatkan kepuasan yang amat sangat, kebahagiaan yang tak terkira, juga ada rasa bahwa kita ini ada dan diperlukan oleh orang lain. Rasa bahwa kita ini berguna bagi orang lain. Juga dengan mau menolong orang lain, pasti ada orang yang mau menolong kita, berlaku hukum sebab akibat, jika kita menolong A belum tentu A yang akan menolong kita, bisa saja B yang menolong kita. Kita sering heran pada orang yang mampu untuk menolong seseorang tetapi tidak mau melakukannya, banyak orang kaya yang tidak mau memberi sebagian hartanya untuk orang miskin, banyak orang pintar yang tidak mau mengajarkan saudaranya yang bodoh, bahkan sebaliknya banyak orang kaya yang menipu orang miskin, banyak orang pintar membohongi orang bodoh demi keuntungan pribadinya. Dengan menolong orang lain sebenarnya kita menolong diri sendiri, itu yang kita yakini dalam agama kita, jadi janganlah sungkan menolong orang lain. Dengan menolong orang lain hidup kita akan terasa bermakna, jauh dari kehampaan hidup. Banyak orang yang sekarang ini merasa hampa, karena sudah dikuasai cara hidup individualistis. Menolong tidak harus dengan harta, bisa dengan tenaga, pikiran atau ide, bahkan dengan doa sekalipun. Mari kita tolong menolong.

C. google dll D. Daftar Pustaka . Bab III Berisi tentang bentuk-bentuk tolong menolong. Bab IV Penutup Berisi tentang kesimpulan & saran dari makna tolong menolong beserta penjelasannya. 5. tujuan. Pendahuluan: Berisi latar belakang. Bab I.B. Sistematika Penulisan Sistematika penulisan makalah ini adalah sebagai berikut: 1. Metode penulisan Penulisan mempergunakan metode observasi dan kepustakaan Cara-cara yang digunakan untuk pembuatan makalah ini adalah : Studi pustaka: Dalam metode ini penulis membaca buku dan melalui browsing internet dengan mesin pencari seperti wikipedia. tujuan dan manfaat tolong menolong 3. Tujuan Tujuan pembuatan makalah ini agar para pembaca dalam memiliki pengetahuan & sesamanya serta bermanfaat bagi semua. Bab II Pembahasan Berisi tentang pengertian tolong menolong. 2. metode penulisan dan sistematika penulisan. 4.

Sebagai makhluk social pula manusia membutuhkan orang lain. tetapi juga partner dalam melakukan sesuatu. budaya. Tak hanya sebagai teman dalam kesendirian. Sesungguhnya Allah amat keras dalam hukuman-Nya. Dan bertaqwalah kepada Allah.” Melalui ayat ini Allah swt. politik maupun amal perbuatan yang terkait dengan ibadah kepada Tuhan. Sebagai makhluk sosial. tetapi jika ia hidup sendirian tanpa orang lain yang menemani tentu akan kesepian pula. Pengertian Tolong menolong Gotong Royong Menurut Mubyarto Gotong royong adalah kegiatan bersama untuk mencapai tujuan bersama Tolong Menolong Menurut Mubyarto : Tolong-menolong atau bantu membantu menunjukkan pada pencapaian tujuan perorangan ”Hendaklah kamu tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan. menyuruh umat manusia untuk saling membantu. Sebaliknya Allah melarang kita untuk saling menolong dalam melakukan perbuatan dosa dan pelanggaran. dan janganlah saling membantu dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Di . Entah itu aktivitas ekonomi.BAB II PEMBAHASAN A. manusia tak bisa hidup sendirian. Kebahagiaan pun mungkin tak pernah ia rasakan. social. tolong menolong dalam mengerjakan kabaikan/kebajikan dan ketaqwaan. Meski segalanya ia miliki: harta benda yang berlimpah sehingga setiap apa yang ia mau dengan mudah dapat terpenuhi.

Menciptakan komunikasi yang baik anatar masyarakat d. Memberikan rasa ketenangan & bermanfaat bagi orang lain dalam segi apapun d. Manfaatnya diantara lain : a. Harus disadari bahwa egoisme adalah suatu penyimpangan dari jalan yang diridhoi-Nya. Meringankan beban orang lain. kita bisa saling memahami apa yang dirasakan oleh .masyarakat &bernegara. B. Untuk mengantisipasi sifat egoistik yang ada pada diri kita diperlukan suatu ikhtiar. Lupakan pula kesalahankesalahan orang lain pada diri kita. Mampu memehami pribadi masyarakat atas segala pertolongannya c. Namun ingatlah selalu kebaikan-kebaikan orang lain pada diri kita. kita telah melakukan praktek-praktek egoisme tersebut secara sadar ataupun tidak. menimbulkan rasa empati dan peduli b. yaitu dengan menumbuhkan empati. ” Fenomena kehidupan dunia saat ini sangat hedonis. f. Dengan empati. Orang bijak mengatakan. manusia mempunyai kecenderungan untuk bersifat egoistik. ” Lupakanlah kebaikan-kebaikan kita kepada orang lain.sinilah tercipta hubungan untuk saling tolong menolong antara manusia satu dengan yang lainnya. Menciptakan keharmonisan sesame manusia baik dikingkungan keluarga. Banyak contoh nyata egoisme yang ditemui sehari-hari dalam kehidupan. Empati merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam interaksi antar pribadi. e. Mampu bersosialisasi dengan baik antar sesamanya. Tujuan & manfaat Tolong menolong Yang pasti tolong menolong bertujuan untuk membina ukhuwah islamiyah atau persatuan yang antara lain: a. Memperat silahturahmi antar sesame masyarakat c. Bisa jadi. Lebih mementingkan diri sendiri dan mengabaikan kepentingan orang lain. Mendapatkan pahala. Menjalin kerja sama antar sesama manusia dalam menolong saudaranya demi kebaikan b. Dampaknya. sebaliknya ingatlah selalu kejelekan-kejelekan yang telah kita lakukan terhadap orang lain.

Akankah kita tega mendengar dan melihat orang-orang yang kelaparan sementara kita berpesta pora dengan makanan-makanan yang lezat dan ditempat-tempat yang mewah. kelaparan dan menderita sakit akibat kekurangan gizi. BAB III TOLONG MENOLONG A. .” (HR. Tolong menolong dalam bentuk kebendaan yakni dengan mengulurkan bantuan kepada yang menderita kekurangan. Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa memberi pertolongan kepada seseorang. maka ia telah membuka pintu dosa besar selebar-lebarnya.bentuk tolong menolong Bentuk Tolong menolong ada dua macam. Tolong menolong dalam bentuk mengajak berbuat baik dan taqwa. Menghentikan orang yang berbuat kemungkaran berarti kita menyelamatkannya dari jurang neraka. Sehingga kita tidak akan meraih tujuan yang menyebabkan penderitaan dan kesengsaraan pada orang lain. Menolong dan menasehati orang lain yang terjerumus dalam perilaku jahat. masih belum mendapat perhatiaan yang sungguh-sungguh dari umat Islam. yaitu: 1. lalu ia menerima hadiah itu. Suatu sunatullah yang telah dilekatkan pada penciptaan manusia oleh Allah SWT. Tolong menolong hendaklah dilakukan dengan penuh keikhlasan karena Allah semata-mata dalam mencari keridhaan-Nya. empati itu telah tertanam pada diri setiap manusia. Sebagai muslim yang baik tentu tidak akan tinggal diam melainkan akan menyisihkan sebagian hartanya untuk menolong sesamanya yang membutuhkannya. 2. Bentuk. Yaitu dengan memberikan bimbingan dan tuntunan atau mengajarkan yang baik dengan tulus ikhlas. kemudian ia diberi hadiah karenanya.orang lain. Membimbing dan memberi petunjuk kepada masyarakat untuk melakukan kebaikan dan menolak kejahatan. Padahal orang-orang yang berbuat jahat itu apabila dibiarkan maka dia akan menjalar dan menular kemana-mana sehingga dapat menimbulkan rusaknya kehidupan masyarakat. dan membiarkannya berarti kita telah menyeretnya keneraka. Abu Dawud). dan hendaklah tidak kita lakukan karena mengharapkan sesuatu dari yang kita tolong. Maka perbuatan menolong pada jenis yang kedua ini adalah lebih berat dari yang pertama. Pada dasarnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful