P. 1
SISTEM PEMERINTAHAN

SISTEM PEMERINTAHAN

|Views: 2,216|Likes:
Published by Linda Widiachristy

More info:

Published by: Linda Widiachristy on Feb 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2013

pdf

text

original

Amerika serikat , Inggris , dan Cina

sekelompok bagian-bagian yang bekerja bersama-sama untuk melakukan suatu maksud (WJS. ‡ ‡ ‡ . Susunan.Definisi Sistem ‡ susunan kesatuan yang masing-masing tidak berdiri sendirisendiri tetapi berfungsi membentuk kestuan secara keseluruhan (KUBI). jaringan. Poerwadarminta). cara (KBII). suatu keseluruhan yang tersusun dari sekian banyak bagian. hubungan yang berlangsung antara satuan-satuan atau komponen-komponen secara teratur (Tatang M. Amirin).

dan yudikatif dalam menyelenggarakan pemerintahan suatu negara. Sistem pemerintahan negara : susunan yang teratur dari prinsip-prinsip yang melandasi berbagai kegiatan atau hubungan kerja antara lembaga legislatif. eksekutif. Rusaknya salah satu bagian akan mengganggu kestabilan sistem itu sendiri.SISTEM PEMERINTAHAN Sistem adalah kesatuan yang utuh dari suatu rangkaian. dan yudikatif ) . teori atau asas tentang pemerintahan negara. Sistem dapat juga berarti susunan yang teratur dari pandangan. Dalam konteks Pemerintahan negara. Sistem pemerintahan menyangkut bagaimana bekerjanya komponenkomponen utama dalam suatu negara ( legislatif. eksekutif. yang kait mengkait satu sama lain.

menurut Peraturan Pemerintah No.Kepemerintahan yang baik Ciri-ciri kepemerintahan yang baik. 101 Tahun 2000 : ‡ profesionalitas ‡ akuntabilitas ‡ transparansi ‡ pelayanan prima ‡ demokrasi ‡ efisiensi ‡ efektivitas dan ‡ supremasi hukum dan ‡ dapat diterima oleh seluruh masyarakat .

dan setelah melalui proses yang cukup panjang maka tahun 1787. Sidang Majelis Konstituante sampai pada satu titik yaitu menerima dasar demokrasi Amerika. Sistem pemerintahan Amerika Serikat berdasarkan konstitusi ini bermaksud menegakkan sistem demokrasi dengan sistem presidensial.AMERIKA SERIKAT Ibukota : Washington DC Kepala pemerintahan : Presiden Wilayah : 50 negara bagian Amerika Serikat adalah suatu negara raksasa (super power) yang mendapatkan kemerdekaannya melalui revolusi tahun 1776. yang tetap tegak sampai sekarang yakni Konstitusi (UUD) Amerika Serikat. .

6. yaitu partai Demokrasi dan partai Republik Kekuasaan legislatif pada parlemen yang disebut konggres terdiri atas 2 bagian : a. Eksekutif. 3. Pemerintah negara bagian memiliki kekuasaan yang tidak didelegasikan kepada pemerintah federal. . Senat : Perwakilan yang dipilih oleh rakyat di tiap negara bagian dengan masa jabatan 6 tahun b. dan Yudikatif baik mengenai organ pelaksana maupun fungsi kekuasaankekuasaan badan-badan tersebut yang saling membatasi satu sama lain dengan asas checks and balances Kekuasaan yudikatif . 5.Ciri-ciri penting pemerintahan Amerika Serikat antara lain: 1. 4. terdapat pemisahan kekuasaan yang tegas antara Legislatif. Badan Perwakilan 2. Amerika Serikat adalah suatu negara Republik Federasi yang demokratis. Presiden sebagai kepala pemerintahan dipilih langsung oleh rakyat (Government by the people) melalui proses pemilihan umum. yang bebas dari pengaruh badan lain Sistem kepartaian menganut dwipartai. Sistem pemilu menganut sistem distrik. Mahkamah Agung.

. Negara Inggris dikenal sebagai Mother of Parliaments . hukum . dan Wales. yaitu Inggris. Skotlandia. dan konvensi.INGGRIS Ibukota : London Kepala pemerintahan : Perdana menteri Wilayah : Pulau Britania Raya. yang merupakan bagian utama dari Kerajaan Inggris Raya (the United Kingdom) terbagi menjadi tiga bagian. Konstitusinya tidak terkodifikasi dalam satu naskah tetapi tersebar dalam berbagai peraturan . Sistem pemerintahannya berdasarkan konstitusi yang tidak tertulis ( konvensi ) .

merupakan salah satu prinsip fundamental dari konstitusi. Ia merupakan simbol keagungan. adalah kelompok inti menteri-menteri yang dikepalai oleh Perdana Menteri. 6. 5. Kabinet. 4. . bukanlah kekuasaan politik. sama seperti bendera dengan lambang Union Jack. 3. Badan Peradilan ditunjuk oleh Kabinet . Parliament Sovereingnity. Negara Kesatuan (unitary state) dengan sebutan United Kingdom. Parlemen adalah bicameral. Raja dan Ratu tidak memerintah . dengan kekuasaan ada di tangan Council yang dipilih oleh rakyat di daerah. tetapi menteri-menterilah yang sebenarnya memerintah. Mahkota hanyalah tituler. kedaulatan. partai konservatif dan partai buruh . Inggris berbentuk kerajaan ( monarki ) 2. Kekuasaan pemerintah terdapat pada parlemen ( perdana menteri dan menterinya ) sedangkan raja dan ratu hanya sebagai kepala negara . Inggris menganut sistem dwipartai . dan kesatuan nasional. 7. terdiri dari House of Commons atau Majelis Rendah ( perwakilan rakyat ) dan House of Lords atau Majelis Tinggi ( perwakilan bangsawan ). Konstitusinya adalah hukum dasar yang memberikan dan membatasi kekuasaan untuk memerintah dan tidak tertulis. Partai yang kalah dalam pemilihan membuat oposisi atau semacam kabinet tandingan untuk menggantikan kabinet partai yang menang apabila sewaktu waktu jatuh 8. Pemerintah Daerah sampai titik tertentu didesentralisasikan. 1.Beberapa ciri penting dari Pemerintahan Inggris adalah sebagai berikut.

Cina menerapkan sistem ekonomi pasar . Tetapi baru tahun 1954 konstitusi Cina ditetapkan dalam Konggres Rakyat Nasional yang menyebutkan demokrasi rakyat dipimpin oleh kelas pekerja / PKC sebagai inti pemerintahan . Dalam bidang ekonomi .Cina merupakan negara terbesar di Asia yang masih bertahan dengan sistem pemerintahan komunis . Dalam bidang politik Cina menerapkan sistem komunis yang ketat terhadap warganya . .RRC ( Republik Rakyat Cina ) Ibukota Kepala pemerintahan Kepala Negara : Beijing : Perdana menteri : Presiden RRC berdiri tahun 1949 setelah menumbangkan dinasti Cina .

Pokok sistem pemerintahan Cina : 1. Sedangkan jabatan perdana menteri biasanya diusulkan oleh Presiden 4. yaitu Konggres Rakyat Nasional dengan jumlah 2. Kepala negara adalah Presiden sedangkan kepala pemerintahan dipegan oleh perdana menteri .979 orang . Lembaga tertinggi adalah Konggres Rakyat Nasional yang bertindak sebagai Legislatif 6. Anggotanya merupakan perwakilan dari berbagai wilayah . 5. Bentuk negara adalah kesatuan dengan 23 provinsi 2. Presiden dipilih oleh Konggres Rakyat Nasional untuk masa jabatan 5 tahun . Bentuk pemerintahan adalah republik dengan sistem demokrasi komunis 3. Menurut sistem unikameral . Kekuasaan yudikatif dijalankan secara bertingkat dan kaku oleh pengadilan rakyat dibawah Mahkamah Agung Cina . .

dan salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia .INDIA Republik India ( ) adalah sebuah negara di Asia yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia. Jumlah penduduk India tumbuh pesat sejak pertengahan 1980-an. dan adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. dengan populasi lebih dari satu milyar jiwa. Ekonomi India adalah terbesar keempat di dunia dalam PDB. diukur dari segi paritas daya beli (PPP).

Berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna "hanya kebenaran yang berjaya". y Memiliki kekuatan militer yang tangguh bahkan potensi untuk mengadakan senjata nuklir . y Salah satu the big four dalam percaturan ekonomi dunia. Terbagi ke dalam 28 negara bagian.Sistem Pemerintahan India y Sistem pemerintahan India berbentuk republik federal. kepala pemerintah menjadi tugas perdana menteri. y Memiliki motto "Satyameva Jayate". Kepala negara dipegang oleh presiden . Sedangkan.

tetapi konstitusi Perancis lebih kaku Pemisahan kekuasaan : legislatif di tangan Parlemen.mengawasi pelaksanaan referendum Civil Service terdiri dari pegawai-pegawai karir yang menterjemahkan kehendak Parlemen ke dalam hak-hak kehidupan dan memaksakan kewajiban kepada orangorang Perancis. 2. Ketua Assemblee dan Ketua Senat.mengawasi ketertiban dalam proses pemilihan Presiden dan Parlemen. yaitu suatu dewan yang beranggotakan 9 orang yang diangkat secara sama oleh Presiden. 4. dan memiliki daerah-daerah yaitu departemen dan commune. terdiri dari Dewan Menteri-Menteri yang dipimpin oleh Perdana Menteri. Perancis adalah negara kesatuan Konstitusinya adalah tertulis. eksekutif di tangan Presiden dan yudicial di tangan badan kehakiman. 3. 6. Tugas utamanya ialah: a.PERANCIS Secara ringkas ciri-ciri pemerintahan Perancis sekarang ini adalah sebagai berikut : 1. . Dewan Konstitusi. 5. b. dilaksanakan dengan sistem dekonsentrasi bersamaan dengan desentralisasi. Kabinet. Pemerintahan Daerah. 7.

Sekian .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->